Profile
All Topic

Pusat Informasi Menopause

Tentang Menopause

Menopause mempengaruhi setiap wanita. Gejala menopause dini mencakup menstruasi yang tidak teratur. Tanda-tanda lain menopause termasuk berkeringat di malam hari, kesulitan tidur, dan iritabilitas.

Gejala

Kebanyakan wanita mengalami gejala menopause seperti masalah tidur, dan perubahan dalam minat dan respon seksualitas. Pelajari lebih lanjut tentang tanda-tanda menopause agar dapat meminimalisir rasa tidak nyaman yang kerap hadir bersamaan dengan masa menopause.

Faktor Resiko

Memasuki masa menopause beberapa orang mengalami penurunan berat badan yang drastis. Gangguan sulit tidur pun kerap dikeluhkan. Selain itu, perubahan mood banyak terjadi pada beberapa individu. Bahkan beberapa kasus berujung pada kondisi depresi.

Diagnosa

Masa menopause tidak dapat dihindari, tapi ada beberapa kondisi ketika masa menopause tidak terjadi sebagaimana wajarnya, antara lain:

  • Menopause Prematur Menopause dimulai sebelum usia 40 dikenal sebagai menopause "dini"
     
  • Menopause sebab pemedahan
    Selain sebagai efek samping dari suatu tindak medis serupa kemoterapi dan terapi radiasi, pun pengangkatan indung telur, dapat menyebabkan perempuan mengalami menopause buatan.

Pengobatan

Pengobatan menopause termasuk terapi hormon pengganti, meskipun hal ini tidak selalu cocok bagi setiap wanita. Obat herbal untuk menghadapi ketidak-nyamanan memasuki masa menopause, antara lain dengan mengonsumsi makanan yang sarat kedelai dan suplemen alami.

Jika Anda mengalami pendarahan setelah menopause, hubungi dokter karena mungkin mengindikasikan masalah yang lebih serius

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Menopouse Dini

    Dok, bagaimana cara mengatasi vagina kering. Saat sya berhubungan intim dgan suami, saat penetrasi dan saat berlangsung vagina saya sakit sekali dok, perih dan sprti rasa terbakar. Apakah itu tanda vagina kering dok? Saya sebenrnya pasien kanker yg bru selesai menjalani kemo dan sdah 1 thun tidak menstruasi. Apakah saya menopouse dini dok? Saya baru berusia awal 30thn. Dan bagaimana cara mengatasi agar saat berhubungan intim tidak menderita? Trima kasih dok.

    Detail Answer
  • Tanda Menopause

    dok saya mau tanya.. ibu saya usia 53 tahun,setiap hari minum pil KB.terakhir menstruasi sebulan yg lalu tetapi hanya berlendir dan 3 hari saja haid nya.saat d tespek ada 2 garis namun blur.saat di USG tdk ada kantung kehamilan.. yang ingin saya tanyakan.apakah ibu saya hamil atau ini tanda akan menopause.terimakasih dok.

    Detail Answer
  • Manepous Dini

    Saya sempat KB implan selama tiga tahun dan jarang mens setelah lepas kurang lebih satu tahun saya msh belum lancar mens empat bulan yg lalu sempat mens lancar tiga bulan tp sekarang sdh empat bulan saya tidak mens....apa saya mengalami manepous dini padahal saya msh ingin hamil lagi

    Detail Answer
  • Menopause Dini

    Hay dok.. Saya wanita usia 42 tahun. Sudah setahun saya tidak mendapat haid. Apakah saya sudah menopause. Bisakah saya terapi obat provera dan ovustin . krn saya baca di artikel itu bisa meluruhkan haid. Dan adakah suntikan hormon yg harus saya lakukan untuk mendapat haid lagi?

    Detail Answer
  • Am I About To Experience Menopause?

    I am 45 years old. I am experiencing palpitation (90-100bpm) almost everyday (just this month). Walking in the thread mill makes me feel better. I am also suffering from gas from time to time. I can easily get bloated if I eat fast, too much or if I ate something gassy. My menstruation is already 17days late but I am not pregnant. Im having pain (or pressure) on my lower abdomen and feels urge to pee but sometimes let out little urine. I feel discomfort in my abdomen if a walk, laugh or sit down. Is this UTI or has something to do with my hormone? What is wrong with me? I also sometimes experience nausea and dizziness. My blood pressure is basically normal. I weigh 54.5kilo What doctor should I see? Thank you

    Detail Answer
  • Mentruasi

    Selamat malam dok, saya mau konsultasi tetang mentruasi dok,saya 2 mnggu lebih 3 hari yang lalu baru saja men. Skrg sdh men lagi dok. Sya tes pack hasil (-). Apa a dok penyebabnya?

    Detail Answer
  • Terlambat Hari Tetapi Tidak Ada Tanda Hamil

    Dok, saya wanita berusia 42 tahun dan belum dikaruniai anak. Saya mendapat haid pertama di usia 12 tahun, haid saya selalu teratur dengan siklus 28 s/d 30 hari sampai bulan desember 2017. Pada tanggal 15 januari 2018 sampai 2 februari 2018 saya mengkonsumsi lutenyl untuk keperluan ibadah umroh. Saya konsumsi lutenyl 15 hari sebelum jadwal haid dengan dosis 1 kali sehari 1 tablet. Setelah itu tanggal 8 februari saya baru mendapat haid selama 7 hari, setelah itu sampai hari ini tanggal 19 maret saya belum mendapat haid lagi. Saya sudah lakukan tes kehamilan pribadi pada tanggal 16 maret tapi hasilnya negatif. Apakah saya mengalami menopause? Apakah lutenyl bisa mempercepat menopause? Usia berapakah normalnya menopause?

    Detail Answer
  • Terjadi Flek Dari Vagina

    Ass.dok ibu saya 2 thn lalu mengalami flek dr vaginanya.setalah perikasa didokter kandungan hasilnya dinyatakan sehat.usia ibu saya 66 thn

    Detail Answer
  • Flek

    Dok saya mengalami flek kecoklatan sebelum haid itu normal gak ya dok? Sebelumnya saya gak pernah dok.

    Detail Answer
  • Rahim Kecil

    Selamat sore, dok. Aq udh menikah sekitar 8 tahun. Diawal pernikahan krn haid gak lancar aq memeriksakan diri ke dokter dan diberi obat dan akhirnya haid datang tiap bln selama kontrol. Dan menurut dokter rahim saya semakin kebelakang semakin kecil. Setelah berhenti kontrol g prnh lg haid sampai sekarang. Minggu yang lalu aq kembali ke dokter kandungan. Hasilnya rahim aq ukurannya kecil yang membuat tifak haid. Dok...apa nggak ada obat yang bs membuat rahim bisa normal atau haid dapat lancar ?Oh iy aq dikasi pil kb wkt periksa minggu lalu. Tlg solusinya dok...

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Menopause

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Menopause ?
Ask Doctor