Profile
All Topic

Pusat Informasi Menopause

Tentang Menopause

Menopause mempengaruhi setiap wanita. Gejala menopause dini mencakup menstruasi yang tidak teratur. Tanda-tanda lain menopause termasuk berkeringat di malam hari, kesulitan tidur, dan iritabilitas.

Gejala

Kebanyakan wanita mengalami gejala menopause seperti masalah tidur, dan perubahan dalam minat dan respon seksualitas. Pelajari lebih lanjut tentang tanda-tanda menopause agar dapat meminimalisir rasa tidak nyaman yang kerap hadir bersamaan dengan masa menopause.

Faktor Resiko

Memasuki masa menopause beberapa orang mengalami penurunan berat badan yang drastis. Gangguan sulit tidur pun kerap dikeluhkan. Selain itu, perubahan mood banyak terjadi pada beberapa individu. Bahkan beberapa kasus berujung pada kondisi depresi.

Diagnosa

Masa menopause tidak dapat dihindari, tapi ada beberapa kondisi ketika masa menopause tidak terjadi sebagaimana wajarnya, antara lain:

  • Menopause Prematur Menopause dimulai sebelum usia 40 dikenal sebagai menopause "dini"
     
  • Menopause sebab pemedahan
    Selain sebagai efek samping dari suatu tindak medis serupa kemoterapi dan terapi radiasi, pun pengangkatan indung telur, dapat menyebabkan perempuan mengalami menopause buatan.

Pengobatan

Pengobatan menopause termasuk terapi hormon pengganti, meskipun hal ini tidak selalu cocok bagi setiap wanita. Obat herbal untuk menghadapi ketidak-nyamanan memasuki masa menopause, antara lain dengan mengonsumsi makanan yang sarat kedelai dan suplemen alami.

Jika Anda mengalami pendarahan setelah menopause, hubungi dokter karena mungkin mengindikasikan masalah yang lebih serius

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Rahim Kecil

    Selamat sore, dok. Aq udh menikah sekitar 8 tahun. Diawal pernikahan krn haid gak lancar aq memeriksakan diri ke dokter dan diberi obat dan akhirnya haid datang tiap bln selama kontrol. Dan menurut dokter rahim saya semakin kebelakang semakin kecil. Setelah berhenti kontrol g prnh lg haid sampai sekarang. Minggu yang lalu aq kembali ke dokter kandungan. Hasilnya rahim aq ukurannya kecil yang membuat tifak haid. Dok...apa nggak ada obat yang bs membuat rahim bisa normal atau haid dapat lancar ?Oh iy aq dikasi pil kb wkt periksa minggu lalu. Tlg solusinya dok...

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Menopause

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Menopause ?
Ask Doctor