Profile
All Topic

Pusat Informasi Kesehatan Pria

Tentang Kesehatan Pria

Sama halnya dengan wanita, pria juga memiliki permasalahan kesehatan yang khas yang harus mereka hadapi. Meski ada yang serupa, beberapa organ tubuh pria memiliki fungsi yang berbeda dengan wanita dan membutuhkan penanganan tersendiri. Sikap acuh, pola hidup yang tidak teratur dan tidak peduli akan kesehatan seringkali menjadi penyebab terciptanya permasalahan kesehatan pada pria. Bagian ini akan menyingkap segala urusan kesehatan pria sekaligus mengajak pria untuk dapat mengerti pentingnya arti hidup sehat.

Gejala

Terdapat beberapa penyakit yang rentan menyerang pria antara lain, penyakit jantung, penyakit pernapasan atau paru-paru, penyakit akibat alkohol, penyakit organ hati, diabetes, kanker kulit dan HIV atau AIDS.

Penyebab

Gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi alkohol, kebiasaan merokok dan sering gonta-ganti pasangan menjadi faktor yang meningkatkan resiko terjadinya gangguan kesehatan yang telah disebutkan diatas.

Faktor Resiko

Menurut American Lung Association, setiap tahunnya banyak pria yang terdiagnosis terkena kanker paru-paru karena memiliki riwayat merokok di masa lalunya. Walaupun kanker paru-paru bisa terjadi karena beberapa faktor, namun merokok tetap menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kanker paru-paru. Beberapa penyakit yang muncul akibat mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama sangat berisiko terhadap pria. Contohnya saja seperti risiko keganasan pada mulut, tenggorokan, kerongkongan, hati, dan usus besar. Alkohol juga dapat menggangu fungsi organ dalam memproduksi hormon pada pria sehingga dapat mengakibatkan impotensi dan infertilitas. Selain itu menurut American Cancer Society, alkohol dan tembakau dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit pada organ hati. Hal lainnya, Menurut Skin Cancer Foundation, pria di atas 50 tahun berada pada risiko tertinggi untuk terkena kanker kulit dua kali lipat dibandingkan perempuan. Hal ini dikarenakan pria lebih sering terkena paparan sinar matahari dibandingkan wanita. Terakhir, pria lebih beresiko terkena HIV-AIDS disebabkan kebiasaan bergonta-ganti pasangan dan hubungan dengan sesama jenis. Infeksi ini paling banyak berkembang dikalangan gay, biseksual, dan homo.

Komplikasi Akibat

seorang pria yang mengidap diabetes maka pria tersebut akan mengalami risiko yang lebih besar mengalami impotensi dan kadar testoteron yang rendah. Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan depresi atau kecemasan yang berlebihan. Komplikasi lainnya sesuai dengan penyakit yang mendasari.

Diagnosa

Diagnosa penyakit pada pria pada dasarnya sama dengan wanita. Dokter memerlukan wawancara medis (anamnesis), pemeriksaan fisis dan penunjang bila diperlukan.

Pengobatan

Diagnosa penyakit pada pria pada dasarnya sama dengan wanita. Dokter memerlukan wawancara medis (anamnesis), pemeriksaan fisis dan penunjang bila diperlukan.

Pencegahan

Penting untuk menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi, menghindari kebiasaan konsumsi minuman beralkohol, rokok, berganti-ganti pasangan dan seks dengan sesama jenis. Selain itu penting untuk rutin berolahraga agar tubuh tetap fit serta cek kesehatan rutin.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Penis

    salam saya ingin bertanya,saya laki laki berumur 20 tahun saya tidak pernah melakukan onani dan penis saya berukuran kecil seperti ibu jari dan berkeriput apakah itu normal?

    Detail Answer
  • Kesemutan Di Wajah, Lengan Dan Kaki?

    Selamat malam, Umur saya 25tahun, beberapa waktu saya sering mengalami kesemutan di bagian wajah sebelah kiri trus menjalar ke mata sebelah kiri, dan sekitaran kuping kiri. Trus kaki kiri, kedua telapak lengan. Indikasi apa yaa dok?? Dan jika kesemutan efek nya terasa cukup lama. Terkadang juga setelah makan yaa pedas, seluruh muka kesemutan hingga wajah kaku dan sulit digerakkan. Mohon bantuan nya dok.

    Detail Answer
  • Sakit Pada Iga

    Maaf pak, ini mungkin sudah bapak jawab sblm.y dr pertanyaan orang lain selain saya, cuman saya merasa belum puas karena ada penyakit yg berkenaan dengan penyakit yg sy derita 5 thn lalu yaitu peradangan paru-paru, nah saekarang iga sy sakit lagi sperti dulu sebelum operasi, tp gejala lain sperti sesak nafas blm saya alami saat ini.. nah kira-kira apa obat.y dok untuk mencegah penyakit saya agar tidak harus sampai operasi lagi... apakah ada pengaruh cukup besar krn saya merokok lgi setelah 1 thn pas operasi... Terimakasih sblm.y dok...

    Detail Answer
  • Nyeri Dada Kanan Dan Punggung

    Selamat siang dok saya mau tanya,dada kanan atas saya nyut nyutan kadang sakit kadang nggak tp ketika dada kanan sakit punggung saya juga sakit dok. Saya tidak batuk tp sekali batuk kambuh lg,batuknya kering. Bagaimana mnurut dokter mhon solusinya dok. Nafsu makan normal berat badan normal. TB 178 BB 71. Tp saya khawatir dok

    Detail Answer
  • Onani

    Dok, apakah onani menghambat faktor pertumbuhan ?

    Detail Answer
  • Tentang Haid

    Dok mau tanya ...sya kemaren baru haid 5 hari tp cuma sedikit keluarny g kyakk biasane ..trus setelah 5 hari bersih kok sekrang keluar lg darahny ...

    Detail Answer
  • Permasalahan Haid

    Kenapa ya dok saya kalau haid suka ga beraturan dan kadang 2bulan sekali.

    Detail Answer
  • Ingin Tau Apa Sbb Haid Tidak Tratur Dan Kenapa Terbawa Mengantuk

    met mlm dok mau tanya.. dok klo orang abis suntik kb sebulan.sekli. terus datang bulan gk lancar.. apa itu bahaya dan kenapa slma haid tidak lancar kok stiap hari pagi mengantuk..kenap ya dok.... skian. trimaksih dok..

    Detail Answer
  • Nyeri Perut Kanan Atas

    Dok kenapa ya perut kanan atas pas tulang rusuk nyeri terus menerus. Nyerira perih dn panas. Udh 1 bln sy rasakan. Kadang mual, pusing, lemas dan kadang nyerinya menjalar ke perut kanan bawah.

    Detail Answer
  • Sakit Di Pinggang Dekat Tulang Rusuk Kanan

    saya mengalami sakit di bagian kanan pinggang. sakitnya terasa bila menarik nafas dalam2. jika saya memaksakan, sakitnya bahkan sampai membuat bahu kanan saya merasa ngilu. kira2 hal tersebut gejala sakit apa ya dok? terima kasih.

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kesehatan Pria

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Pria ?
Ask Doctor