Profile
All Topic

Pusat Informasi Kesehatan Pria

Tentang Kesehatan Pria

Sama halnya dengan wanita, pria juga memiliki permasalahan kesehatan yang khas yang harus mereka hadapi. Meski ada yang serupa, beberapa organ tubuh pria memiliki fungsi yang berbeda dengan wanita dan membutuhkan penanganan tersendiri. Sikap acuh, pola hidup yang tidak teratur dan tidak peduli akan kesehatan seringkali menjadi penyebab terciptanya permasalahan kesehatan pada pria. Bagian ini akan menyingkap segala urusan kesehatan pria sekaligus mengajak pria untuk dapat mengerti pentingnya arti hidup sehat.

Gejala

Terdapat beberapa penyakit yang rentan menyerang pria antara lain, penyakit jantung, penyakit pernapasan atau paru-paru, penyakit akibat alkohol, penyakit organ hati, diabetes, kanker kulit dan HIV atau AIDS.

Penyebab

Gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi alkohol, kebiasaan merokok dan sering gonta-ganti pasangan menjadi faktor yang meningkatkan resiko terjadinya gangguan kesehatan yang telah disebutkan diatas.

Faktor Resiko

Menurut American Lung Association, setiap tahunnya banyak pria yang terdiagnosis terkena kanker paru-paru karena memiliki riwayat merokok di masa lalunya. Walaupun kanker paru-paru bisa terjadi karena beberapa faktor, namun merokok tetap menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kanker paru-paru. Beberapa penyakit yang muncul akibat mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama sangat berisiko terhadap pria. Contohnya saja seperti risiko keganasan pada mulut, tenggorokan, kerongkongan, hati, dan usus besar. Alkohol juga dapat menggangu fungsi organ dalam memproduksi hormon pada pria sehingga dapat mengakibatkan impotensi dan infertilitas. Selain itu menurut American Cancer Society, alkohol dan tembakau dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit pada organ hati. Hal lainnya, Menurut Skin Cancer Foundation, pria di atas 50 tahun berada pada risiko tertinggi untuk terkena kanker kulit dua kali lipat dibandingkan perempuan. Hal ini dikarenakan pria lebih sering terkena paparan sinar matahari dibandingkan wanita. Terakhir, pria lebih beresiko terkena HIV-AIDS disebabkan kebiasaan bergonta-ganti pasangan dan hubungan dengan sesama jenis. Infeksi ini paling banyak berkembang dikalangan gay, biseksual, dan homo.

Komplikasi Akibat

seorang pria yang mengidap diabetes maka pria tersebut akan mengalami risiko yang lebih besar mengalami impotensi dan kadar testoteron yang rendah. Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan depresi atau kecemasan yang berlebihan. Komplikasi lainnya sesuai dengan penyakit yang mendasari.

Diagnosa

Diagnosa penyakit pada pria pada dasarnya sama dengan wanita. Dokter memerlukan wawancara medis (anamnesis), pemeriksaan fisis dan penunjang bila diperlukan.

Pengobatan

Diagnosa penyakit pada pria pada dasarnya sama dengan wanita. Dokter memerlukan wawancara medis (anamnesis), pemeriksaan fisis dan penunjang bila diperlukan.

Pencegahan

Penting untuk menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi, menghindari kebiasaan konsumsi minuman beralkohol, rokok, berganti-ganti pasangan dan seks dengan sesama jenis. Selain itu penting untuk rutin berolahraga agar tubuh tetap fit serta cek kesehatan rutin.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Cairan Di Paru Paru

    Dok bapak saya sakit radang empedu di rs udh 1minggu lebih dia suka minum air hangat,kmarin hasil thorax ada cairan di paru paru... Kira kira bahya gak dok ada cairan di paru parunya??

    Detail Answer
  • Seks Sehat

    Dok, saya mau tanya. Saya pasangan baru suami istri. Saya kmrin berhubungan badan 5x dalam 12 jam. Apakah kualitas sperma tiap orgasme itu sama? Karena sperma orgasme 1-4 saya keluarkan di luar, dan orgasme ke 5 saya ga sengaja keluar di dalam. Apakah bisa hamil dok? Karena kami bermaksud menunda kehamilan. Terima kasih

    Detail Answer
  • Varikokel

    Hai dok, suami saya ada varikokel di testisnya dan sperma yg dikeluarin bercampur dengan darah,penyebabnya knp ya dok?apakah itu berbahaya?

    Detail Answer
  • Nyeri Dan Ngilu Pada Pergelangan Kaki

    dok, kenapa kaki saya jika digunakan banyak berjalan mengalami nyeri dan ngilu di bagian pergelangan kaki? padahal saya hanya berjalan kira2 50-100 langkah, tapi jika saya berhenti sebentar dan kemudian berjalan lagi maka nyeri tersebut hilang dan jika saya kembali berjalan lagi makanya kaki akan nyeri kembali dan begitulah seterusnya, mohon dibantu dok....

    Detail Answer
  • Buah Zakar Gatal

    Saya punya pengalaman kenapa di setiap saya semprot air melalui selang ke arah buah zakar saya, rasanya nikmat sekali dokter, apakah hal demikian normal adanya atau tidak ?? Terima kasih

    Detail Answer
  • Ada Luka Di Testis Saya

    Dok 2 hari yg lalu ada luka di testis saya. Hari sblmnya area penis saya sangat gatal sehingga saya garuk terus. Apakah luka itu krn garukan atau ada penyebab lain ? Saya coba obati dgn salep 88 tp blm kering juga. Luka masih merah

    Detail Answer
  • Cairan Pelumas Atau Pre-Cum

    Selamat Pagi dok, sebenarnya cairan pelumas atau pre-cum atau lebih dikenali dengan cairan mazi apakah mempunyai sperma yang bisa membuat seseorang itu hamil ??

    Detail Answer
  • Bagaimana Cara Menyembuhkan Impotensi Karena Onani

    Dok saya mau tanya..umur saya 27 tahun belum menikah ,gak merokok gak minum alkohol n saya kira gak ada penyakit kolestrol jantung atau diabetes kencing manis,karena hasil medical 3 bulan yang lalu baik2 saja.yang saya mau tanyakan dok kenapa penis saya sekarang gak bisa ereksi sama sekali setelah melakukan onani terakhir kali 1 setengah bulan yang lalu..tiap hari gak ada ereksi pagi,apa saya kena impoten dok..baru 5 hari yang lalu ada ereksi pagi tapi lembek..tapi kalau di buat onani lagi dirangsang pakai tangan mau pun berfantasi erotis dan melihat video porno penis saya tidak bisa ereksi ,gairah seksual saya turun drastis.kadang ada gairah seksual memuncak tapi penis tidak mau ereksi sama sekali,sampai sekarang pun gak bisa ereksi sama sekali..bisa ereksi cuman pas waktu bangun pagi,tapi ereksi nya lembek..apa saya kena impotensi dok .saya melakukan onani 5 kali dalam seminggu itupun cuman berlangsung 1 bulan.bagaimana cara mengatasinya?apakah dengan obat herbal bisa disembuhkan?

    Detail Answer
  • Apakah Normal Penis Saya???

    sya berusia 21 thn tetapi ukuran penis saat tidak ereksi 5 cm saat ereksi 12 cm apakah normal???? sebagai catatan dulu sewaktu umur 6 thn pernah trjadi peradangan penis sya sehingga penis amat besar ( ereksi orng dewasa ).waktu itu tidk sempat ke dokter spesial anak,..

    Detail Answer
  • ML Cuma Sebentar.

    Dok kenapa ya suami saya sangat lemah? Padahal awal menikah 3 tahun lalu suami saya masih kuat ml nya, bisa sampai 30 menit. Tapi skrang suami saya sperma nya cepat keluar hanya dengan 5-10 gesekan, kadang dia minder dan mulai minum alkohol atau pil untuk memperkuat stamina seks nya, tapi saya kasihan sama dia dok. Dia itu skrang lebih giat bekerja di kantor nya dan sering lembur, apa itu penyebabnya?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kesehatan Pria

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Pria ?
Ask Doctor