Profile
All Topic

Pusat Informasi Kesehatan Mental

Tentang Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyesuikan diri dengan diri sendiri, dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan di mana ia hidup. Selain itu kesehatan mental adalah pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi, bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin, sehingga membawa kepada kebahagian diri dan orang lain, serta terhindar dari gangguan-gangguan dan penyakit jiwa.

Gejala

Berikut ciri-ciri seseorang yang memiliki kesehatan mental:

  • Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan
  • Mampu merubah perilakunya melalui proses belajar
  • Mampu melihat suatu perilaku dengan sebab dan akibatnya
  • Mampu membedakan antara impian dan kenyataan
  • Mempunyai orientasi waktu, tempat dan ruang serta mengerti tentang situasi dan lingkungan yang dihadapi

Penyebab

Kesehatan mental dicapai dengan terwujudnya keharmonisan antara fungsi-fungsi jiwa, serta kesanggupan untuk menghadapi problem-problem biasa yang terjadi dan merasakan secara positif kebahagiaan dan kemampuan dirinya.

Faktor Resiko

Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap tingkat kesehatan mental yakni sebagai berikut:

  • Biologis. Aspek biologis yang secara langsung berpengaruh terhadap kesehatan mental, diantaranya: otak, sistem endokrin, genetik, sensori, kondisi ibu selama kehamilan.
  • Psikologis. Aspek psikis manusia merupakan satu kesatuan dengan dengan sistem biologis.
  • Sosial budaya. Lingkungan sosial sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan mental. Lingkungan sosial tertentu dapat menopang bagi kuatnya kesehatan mental sehingga membentuk kesehatan mental yang positif, tetapi pada aspek lain kehidupan sosial itu dapat pulan menjadi stressor yang dapat mengganggu kesehatan mental.
     

Komplikasi Akibat

Dampak seseorang dengan kesehatan mental yaitu tidak mengalami perasaan bersalah terhadap dirinya sendiri, memiliki estimasi yang relistis terhadap dirinya sendiri dan dapat menerima kekurangan atau kelemahannya, kemampuan menghadapi masalah-masalah dalam hidupnya, memiliki kepuasan dalam kehidupan sosialnya, serta memiliki kebahagiaan dalam hidupnya. 

Diagnosa

Terdapat beberapa cara dalam mendefenisikan kesehatan mental (mental hygiene) yaitu:

  • karena tidak mengalami gangguan mental
  • tidak jatuh sakit akibat stessor
  • sesuai dengan kapasitasnya dan selaras dengan lingkungannya
  • tumbuh dan berkembang secara positif.

Pengobatan

Penganganan pada gangguan kesehatan mental meliputi terapi psikofarmakologi, psikoterapi, psikososial, psikoreligius dan rehablitasi  
 

Pencegahan

Cara praktis yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan mental kita:

  • Konsumsi makanan dan minuman sehat
  • Tidur yang cukup dan berkualitas
  • Olahraga teratur
  • Menerima dan menghargai diri sendiri
  • Menjaga hubungan baik
  • Aktif berkegiatan
  • Bercerita kepada orang lain
  • Lakukan kegiatan yang disukai

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Sulit Berkonsentrasi , Marah Pada Diri Sendiri, Usia 20an

    Mohon sarannya : Akhir akhir ini saya sangat sulit berkonsentrasi dan mudah lupa, seperti contoh yang cukup klasik saya mencari kabel data hape kemana mana dan ternyata kabel sudah nyolok di hape yang dipegang dari tadi. Seringkali saya mendengar seseorang memanggil nama saya tapi ketika saya menoleh tidak ada satupun yang memanggil saya termasuk ketika saya sedang berjalan sendirian. Saya kesulitan bangun dengan perasaan positif bahkan kerap saya bangun dan merasa ingin menangis, sering merasa ingin marah sampai saya lihat tangan saya gemetar seperti ada sesuatu yang ingin dikeluarkan entah apa. Meski hanya berlangsung sebentar, tidak banyak yang sadar, dikarenakan frekuensi yang cukup sering, bisa dibilang menganggu. Teman saya mengajarkan teknik afirmasi dengan berbicara di depan cermin, entah kenapa kalimat yang keluar aku akan membunuhmu dan aku membencimu, dan itu tidak saya sadari sampai saya mengatakannya,biasanya saya akan berkata aku memaafkanmu meski terasa janggal.

    Detail Answer
  • Penis Keluar Nanah Lalu Darah

    Dok sehabis intim pas saya haid , 3harinya suami saya alat vitalny mengeluarkan nanah lalu darah , dan untuk kencing selalu sakit nyeri . Itu kenapa dok? Harus bagaimana apa ada obatny?

    Detail Answer
  • Help Me

    Dok, saya tidak bisa mengingat dengan baik apa yang telah saya lakukan atau kejadian yang berhubungan dengan saya. Jika saya melihat foto atau rekaman atas apa yang pernah saya lakukan saya merasa kalau itu bukan saya atau itu tidak pernah terjadi. Seringnya kerasa kalau saya cuma mimpi. Lalu saya juga merasa jika saya berada di tempat umum, orang orang melihat saya dengan tatapan yang aneh, yang menyebabkan saya merasa tidak nyaman dan capek, sehingga saya lebih sering di dalam rumah. Beberapa waktu yang lalu saya juga sempat merasa bahwa orang orang disekitar saya hanya memanfaatkan saya saja untuk keuntungan mereka sehingga saya tidak menghiraukan telepon sms dsb. Apakah gejala yang saya alami bisa dikategorikan sebagai mental illness dan harus menemui psikiater?

    Detail Answer
  • Psikologis

    Selamat malam dokter. Saya ingin berkonsultasi, selama ini saya tahu betul bahwa saya bukan orang yang suka update status, atau membawa permasalahan real saya ke dunia maya atau media sosial. Namun akhir - akhir ini saya sering sekali menggunakan media sosial dan mengupdate status dan sebagainya. Bahkan terkadang saya tidak berfikir tentang tulisan atau status yang saya tulis di dunia maya ini. Dalam keseharian pun saya menjadi orang yang sangat mudah marah, tidak sabaran dan terkadang saya memilih untuk pura2 tidak mendengar ketika dipanggil dan sebagainya. saya merasa ingin menutup akses sosialisasi saya. Saya merasa terbebani dengan beberapa hal disekitar saya, saya tidak sering curhat atau berbagi tentang hal ini. Jika sudah tidak tahan saya biasanya menangis sendiri. bahkan saya sering membayangkan hal yang tidak terjadi dan sebagainya. Apakah hal ini termasuk gangguan psikis dan sebagainya? Bagaimana cara saya mengatasi hal ini ? mohon bantuannya salam terimakasih

    Detail Answer
  • Tanda Depresi

    Slmt malam dok, saya mengalami hal yg berat dok. Akhir2 ini saya merasa lemas, cemas berlebihan dan trs menangis. Dan rasa sakit dibagian jantung sampai sesak nafas, sakit kepala, smp gemetar. Apakah saya gejala jantung dok? Apa saya pny kemungkinan depresi atau gangguan kejiwaan? Adakah hubunganny dgn keguguran yg baru saya alami? Lalu saya harus memeriksakan diri secara fisik/psikis dok? Atau apakah ada obat yg bisa saya konsumsi utk mengatasi masalah saya? Terimakasih banyak dokter sebelumny, mohon jawabannya..

    Detail Answer
  • Standar Keamanan Berkendara

    Dok saya mau tanya. Otak manusia kan mengambang oleh cairan otak di dalam tengkorak nah sewaktu terjadi benturan atau goncangan otak akan bergerak membentur dinding tulang tengkorak yang menyebabkan gegar otak. Nah artinya walaupun kita memakai helm kepala tidak terkena benturan, otak tetap membentur dinding tengkorak akibat goncangan karena perlambatan/ diselerasi yang terlalu cepat. Misalnya saat kita mengalami tabrakan memakai helm tubuh terpelanting sehingga kecepatan untuk jatuh menjadi sangat cepat lalu kepala mengenakan helm membentur aspal. Karena terjadi perlambatan yang terlalu cepat maka otak akan mengalami gaya kelambanan/hukum newton 1 sehingga otak akan membentur tulang tengkorak yang mengakibatkan cedera. Nah pertanyaanya apakah helm yang berlapis karet lebih aman dari helm biasa? Kan secara logika bahan tersebut selain meredam benturan juga mengurangi diselerasi sehingga perlambatan akan terjadi secara perlahan karena sifat karet itu lentur. Terima kasih sebelumnya

    Detail Answer
  • Susah Nafas Dan Dada Terasa Sesak

    dok, kenapa ya saya sekarang, kadang2 tiba2 merasa susah bernafas dan dada terasa sesak, pada hal saya sedang gk ngapa2in sedang santai aja baca novel kadang saat sedang main game (gamenya pun game hay day). klu dulu saat saya sedang ada tekanan aj merasa seperti itu, namun sekarang saat sedang tenang juga. itu kenapa ya dok.

    Detail Answer
  • ?

    malam dokter. saya sedang merasa cemas yg berlebih. saya sangat takut hamil. padahal saya sudah 2x menstruasi setelah hubungan terakhir. sekitar 2-3 hari lagi adlh tanggal haid saya pd bulan ini. saya sangat merasa cemas krn takut hamil, sampai saya merasa ingin buang air kecil terus menerus. selain itu saya jg merasa mual jadinya. kemarin sy ke dokter dan di periksa seperti pd umumnya tp tidak periksa darah/urin/usg. dokter hanya menekan bbrp titik di perut saya dan memang tdk ada yg terasa sakit dok. kemudian dokter blg saya hanya bermasalah dengan pikiran sampai akhirnya saya diberi obat valisanbe. saya cm mau tanya dok, apakah sbnrnya mungkin saya hamil? sy sudah haid 2x stlh hubungan terakhir dan tidak prnh berhubungan lagi. tp kenapa sy merasa ingin buang air terus menerus dan merasa mual dok? apakah itu hanya krn gangguan mental seperti apa yg dikatakan dokter yg sy datangi? tolong sy dok, sy sgt cemas. sangat ketakutan hamil. terima kasih

    Detail Answer
  • Emosi Tidak Terkendali

    Halo Dokter, saya perempuan berusia 26th-bekerja-memiliki 1 suami dan 3 anak saya seringkali mendapatkan kekerasan (pukulan, cacian, pelecehan seksual yang dilakukan oleh saudara2 dari ayah tiri saya, dsb) dan saya sangat trauma, saya tidak ingin berada di dekat mereka, saya sll merasa lebih aman dan damai ketika berada jauh dari mereka. Bagaimanakah saya mengatasi trauma tsb? Karena saya merasakan semakin bertambahnya usia, trauma tsb semakin kuat dan sangat mengganggu karena membuat emosi saya tidak stabil. Seringkali saya hilang kendali terhadap anak2 saya, memukul, memarahi dan mencaci mereka seperti apa yang saya dapatkan dari orang tua saya dulu. Jika ada pengobatan ttg trauma saya, kemanakah saya harus berobat? Tolong, bantu saya dokter, saya tidak ingin jiwa dan mental anak2 saya terancam karena saya ... Terima kasih.

    Detail Answer
  • Antisosial

    Dok mulai dari tahun ini saya merasakan pribadi saya berubah yang diawali dari banyaknya orang yg menusuk dari belakang dan bermuka dua didepan saya. Hal ini menyebabkan rasa tidak percaya kepada orang-orang dan menutup diri. SIkap saya kepada teman juga berubah dan menyebabkan dijauhi teman. saya juga sering merasa cemas karena perbuatan orang-orang yang bermuka dua, sering berasumsi negatif dan merasa tidak punya teman. Apakah ada saran untuk mengatasi sikap saya ini?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kesehatan Mental

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mental ?
Ask Doctor