Profile
All Topic

Pusat Informasi Kesehatan Mata dan Pengelihatan

Tentang Kesehatan Mata dan Pengelihatan

Mata adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Melalui mata, kita bisa melihat benda-benda dan menikmati keindahan dunia. Kita menggunakan mata di hampir setiap kesempatan, baik saat bekerja, membaca, menonton televisi, mengendarai mobil, dan aktivitas lain yang tak terhitung jumlahnya. Mata yang sehat akan mempengaruhi daya penglihatan. Sebagai organ yang sensitif, kondisi mata memang lebih rawan terluka ketimbang organ tubuh lainnya. Hal kecil semisal debu atau goresan kecil pun bisa mengakibatkan kerusakan pada indra penglihatan ini. Dengan memperhatikan perkembangan indera penglihatan, niscaya terjaga juga kualitas pandangan, sebab mata adalah jendela jiwa. Mengingat pentingnya kita memiliki mata yang sehat, maka kita harus senantiasa menjaga kesehatannya agar tetap berfungsi optimal. Maka itu, kita tidak bisa sembarangan memasukkan sesuatu pada mata karena bisa berakibat fatal. Termasuk di dalamnya penggunaan lensa kontak (sofllens). Sesuai dengan fungsinya, kontak lensa digunakan oleh mereka yang memiliki masalah pada mata namun enggan memakai kacamata. Namun seiring dengan perkembangan zaman, fungsi lensa kontak pun bertambah menjadi penunjang penampilan. Meski begitu, tidak berarti kita boleh mengabaikan peran utamanya yaitu untuk membantu penglihatan. Penggunaan lensa kontak yang tidak benar justru dapat menimbulkan masalah lain pada mata, seperti iritasi, infeksi, bahkan yang paling fatal, bisa mengakibatkan kebutaan. Oleh karena itu, Anda mesti berhati-hati dalam memilih . Pilihlah lensa kontak yang aman, berkualitas baik, dan terpercaya. Karena taruhannya adalah mata indah Anda. Yuk, kita jaga mata indah dan sehat kita dengan selalu memberikannya yang terbaik.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Mata Sering Berair Seperti Menangis.

    Dok, mau tanya nih. Mata saya sering berair setiap kali habis main hp dan kelamaan melihat monitor komputer. Dan setelah langsung kabur mata saya. Knp ya dok?

    Detail Answer
  • Kantung Mata

    Dok , cara menghilangkan kantung mata yang bersarna hitam di bawah mata gimana y dok ?

    Detail Answer
  • Penyakit Mata

    Dok, saya mahasiswa berumur 19 tahun. Akhir2 ini mata saya sering banyak mengeluarkan air. Bahka saat saya diam pun kadang2 mata terasa pedas dan mengeluarkan air begitu saja. Dan juga mata kanan saya bisa mengeluarkan suara yang menurut saya aneh. Seperti di dalam mata saya terlalu banyak air. Dan mata saya juga sering gatal. Apa solusinya ya dok? Terimakasih.

    Detail Answer
  • Mata

    dok apakah sering menggunakan softlens bisa menyebabkan mata mines ?

    Detail Answer
  • Faktor Penyebab Kalazion Pada Mata

    Selamat sore, dok.. Saya mau tanya apa saja penyebab tinbulnya kalazion pada mata?? Dan apakah alaergi juga bisa menjadi penyebabbya??

    Detail Answer
  • Pasca Insisi Kalazion Mata

    Pada bekas luka insisi mata saya terdapat 2 titik putih lalu agak sedikit bengkak itu normal atau tidak dok?? Terima kasih

    Detail Answer
  • Mata Lelah

    Dok,mata saya sering lelah,dan kadang saya merasa pusing saat melihat. Apakah ini efek samping karna sering menatap hp?atau ada penyakit tertentu? Thanks :)

    Detail Answer
  • Operasi Lasik Mata

    Slmt malm dok saya mau bertanya mengenai operasi lasik mata minus.. Proses nya otu seperti apa? Apakah hasilnya akan 100 persen berhasil/dapat gagal dok? Mata kanaln saya minus 9 dan kiri 7.. Mohon bantuan nya terimakasih dokter

    Detail Answer
  • Mata Anak Kelilipan Potongan Kuku

    Anak daya berusia 8 bulan. Tadi pagi ketika sedang memotong kukunya,gak sengaja ada potongan kuku yg masuk ke dalam matanya. Ketika sy coba utk keluarkan potongan kukunya sudh tidak ada. Apa mgkn masuk ke dalam mata?apa yg harus sy lakukan dokter?krn smp skrg mata anak saya gak ada merah2 atau gatal2 atau reaksi lainnya. Tp saya yakin potongan kuku tsb masuk ke mata anak saya. Tolong saya dokter. Terimakasih!!

    Detail Answer
  • Gangguan Mata

    Dok, kemarin malam setelah saya tertidur sebentar mata kanan saya banyak mengeluarkan kotoran yang lengket bahkan sampai sebelum saya tidur malam. Pagi tadi ketika saya bangun kotoran dari kedua mata saya banyak sehingga mata sulit dibuka. Hari ini, mata kanan saya membaik namun yang kiri berair dan keluar kotoran lengket yang banyak, kadang berwarna kuning. Namun, mata saya tidak merah, hanya tadi pagi saja, setelah di atas jam 9 warna mata kembali normal. Kira2 karena apa dan bagaimana pengobatannya ya dok? Tks

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Kesehatan Mata dan Pengelihatan

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mata dan Pengelihatan ?
Ask Doctor