Profile
All Topic

Pusat Informasi Kesehatan Bayi

Tentang Kesehatan Bayi

Kesehatan Bayi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi ibu yang baru melahirkan. Menjaga kesehatan si buah hati adalah hal yang utama. Dapatkan berbagai informasi mengenai kesehatan bayi disini.

Pertumbuhan Bayi

Masa bayi dimulai dari usia 0-12 bulan yang ditandai dengan pertumbuhan dan perubahan fisik yang cepat disertai dengan perubahan dalam kebutuhan zat gizi. Pemberian nutrisi pada bayi harus sudah dimulai sejak dalam kandungan yaitu dengan pemberian nutrisi yang cukup dan memadai pada ibu hamil. Setelah lahir, harus diupayakan pemberian ASI secara eksklusif.

Makanan pertama dan utama bagi bayi adalah air susu ibu (ASI). ASI mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi yang sangat sempurna, bersih, serta mengandung zat kekebalan yang sangat dibutuhkan bayi. ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna baik kualitas maupun kuantitasnya.

Manfaat ASI bagi bayi adalah sabagai nutrisi yang memiiliki komposisi yang seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi, meningkatkan daya tahan tubuh bayi karena mengandung zat kekebalan untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi bakteri, virus, parasit, dan jamur, meningkatkan jalinan kasih sayang, meningkatkan daya penglihatan dan kepandaian bicara, mengurangi risiko terkena penyakit kencing manis, kanker pada anak, dan penyakit jantung, menunjang perkembangan motorik.

Pemberian ASI selama 6 bulan tanpa dicampur dengan tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, bubur nasi tim disebut sebagai ASI Eksklusif. Kenapa kita dianjurkan untuk tidak memberi makanan selain ASI pada bayi yang masih berusia 0-6 bulan, hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi belum dapat bekerja dengan maksimal. Karena hal inilah sistem pencernaan si bayi tidak dapat mencerna makanan selain ASI yang di berikan oleh si ibu.

Pemberian makanan tambahan yang terlalu dini berbahaya karena bayi belum memerlukan makanan tambahan saat ini dan makanan tersebut dapat menggantikan ASI lebih sedikit, menyebabkan risiko terjadinya infeksi meningkat, selain itu tidak ditemukan bukti bahwa pemberian makanan tambahan pada usia empat atau lima bulan lebih menguntungkan, bahkan mempunyai dampak negatif untuk kesehatan bayi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Cara Menaikkan Berat Badan Pada Bayi

    Selamat pagi dok .. Sy mau tanya tentang berat badan bayi , anak sy usia 5 bln 7 hari berat badannya 6,4 kg, ketika asi sy tdk lancar , berat badan anak sy naiknya cuma sedikit , kadang tetap kadang hanya 1 on naiknya tiap bulan , bagai mana carax agar bayi sy naik bert badanx dengan pesat sedangkan asi sy tidak lancar , dy lebih sering konsumsi susu formula ?

    Detail Answer
  • Kenapa Lidah Bayi Putih

    dear dokter ... umur bayi saya sekarang 3 bulan , dr umur 1 bulan lidah bayi saya putih sampe sekarang .. yg saya ingin tanyakan apakah itu gak masalah ? apakah terasa sakit ke bayi nya soalnya bayi saya nyusu nya sangat sebentar paling habis ASI 10-20 ml ... obat apa dok biar lidah nya gak putih lagi ? terima kasih ..

    Detail Answer
  • Bayi Yang Seing Menguarkan Suara Semacam Sesak Naf

    Begini kadang kandang saat nangis ngeluarin suara semacam sesak nafas atau bengek kira kira itu kenapa ya dok?

    Detail Answer
  • MPASI

    Saya working mom... apakah boleh saya membuat mpasi langsung untuk 1 minggu terus saya bekukan di freezer...

    Detail Answer
  • Kotoran Bayi Encer Dan Berwarna Kuning

    Selamat siang dok. Anak saya dari usia 2 bulan sudah minum susu formula. Dan sekarang sudah berumur 7 bulan dan sudah mendapat MPASI. Ketika usia di bawah 6 bulan kotoran anak saya padat dan lunak. Dan sekarang kotorannya berubah tekstur menjadi encer dan berwarna kuning ketika sudah memasuki usia 7 bulan dan berganti sufor lanjutan dan mendapat MPASI berupa bubur Tim saring dan pure buah. Durasi BAB menjadi 3 kali sehari. Apakah hal tersebut normal atau anak saya tidak cocok dengan sufor lanjutan atau pengaruh dari pemberian MPASI. Mohon solusinya dok. Terima kasih

    Detail Answer
  • Menggeliat Pada Bayi

    Selamat siang dok. Saya punya anak Usia 1bln 2hari sudah 2-3mgg ini dia selalu menggeliat. Setiap menggeliat lama sekali seperti menggedan dan muka memerah bahkan Kalau sedang tdr bisa sampai terbangun, Sudah sambil di elus2 halus Tp tetap tidak berhasil juga. Sehingga Kalau tdr Maunya di gendong trs. Saya khawatir mengganggu jam Tdrnya dok. Apakah kondisi seperti ini normal Atau ada penanganan khusus??

    Detail Answer
  • Mengapa Bayi Selalu Mengedan Tapi Tidak BAB

    Dokter, saya ingin bertanya. Pada saat bayi saya berusia 18 hari dia tidak BAB selama 7 hari, saya kira itu normal krn saya hanya memberi ASI pd bayi saya. Dan akhrnya bayi saya BAB pd hari ke 8. Tp keesokan harinya dia tidak BAB lg sampai skrng usianya 30 hari dan setiap saat selalu mengedan kuat sampai menangis, terlebih pd malam hari. Meski terus mengedan, BAB tidak pernah keluar dan ia sering sekali kentut dan kentutnya sangat berbau. Kira2 apa yg dialami bayi saya dok, bagaimana supaya BABnya lancar dan mengedannya berhenti. Terima kasih dok.

    Detail Answer
  • Merk Susu Bayi Yang Bagus Untuk Bayi Itu Apa

    Selamat siang dok. Dok sy mau tanya bayi saya berusia 2 bulan kira2 susu formula merk apa yg baik untuk pertumbuhan serta perkembangan otak bayi sy Terimakasih

    Detail Answer
  • Cara Ngeluarin Dahak

    Dok sy mau tanya.. anak sy umur 4bln, suara nafas ny kaya bunyi segrok2 gt.. cara ngluarin dahakny itu gmn ya? Mksh

    Detail Answer
  • Kembung

    dokter usia anak saya 9bulan...ketika perutnya saya ketuk berbunyi bug bug..seperti kembung..tapi tidak membuncit...tidak juga muntah..bab mencret..bhkan dia tidak tidak rewel atau menangis...apakah normal perut bayi saya berbunyi seperti itu..???anak saya Asi dan mpasi....tolong pemjelasannya dokter..apakah ada anak yang bisa menahan rasa sakit ada perutnya..??

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Kesehatan Bayi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor