Profile
All Topic

Pusat Informasi Kesehatan Bayi

Tentang Kesehatan Bayi

Kesehatan Bayi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi ibu yang baru melahirkan. Menjaga kesehatan si buah hati adalah hal yang utama. Dapatkan berbagai informasi mengenai kesehatan bayi disini.

Pertumbuhan Bayi

Masa bayi dimulai dari usia 0-12 bulan yang ditandai dengan pertumbuhan dan perubahan fisik yang cepat disertai dengan perubahan dalam kebutuhan zat gizi. Pemberian nutrisi pada bayi harus sudah dimulai sejak dalam kandungan yaitu dengan pemberian nutrisi yang cukup dan memadai pada ibu hamil. Setelah lahir, harus diupayakan pemberian ASI secara eksklusif.

Makanan pertama dan utama bagi bayi adalah air susu ibu (ASI). ASI mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi yang sangat sempurna, bersih, serta mengandung zat kekebalan yang sangat dibutuhkan bayi. ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna baik kualitas maupun kuantitasnya.

Manfaat ASI bagi bayi adalah sabagai nutrisi yang memiiliki komposisi yang seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi, meningkatkan daya tahan tubuh bayi karena mengandung zat kekebalan untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi bakteri, virus, parasit, dan jamur, meningkatkan jalinan kasih sayang, meningkatkan daya penglihatan dan kepandaian bicara, mengurangi risiko terkena penyakit kencing manis, kanker pada anak, dan penyakit jantung, menunjang perkembangan motorik.

Pemberian ASI selama 6 bulan tanpa dicampur dengan tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, bubur nasi tim disebut sebagai ASI Eksklusif. Kenapa kita dianjurkan untuk tidak memberi makanan selain ASI pada bayi yang masih berusia 0-6 bulan, hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi belum dapat bekerja dengan maksimal. Karena hal inilah sistem pencernaan si bayi tidak dapat mencerna makanan selain ASI yang di berikan oleh si ibu.

Pemberian makanan tambahan yang terlalu dini berbahaya karena bayi belum memerlukan makanan tambahan saat ini dan makanan tersebut dapat menggantikan ASI lebih sedikit, menyebabkan risiko terjadinya infeksi meningkat, selain itu tidak ditemukan bukti bahwa pemberian makanan tambahan pada usia empat atau lima bulan lebih menguntungkan, bahkan mempunyai dampak negatif untuk kesehatan bayi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Badan Bayi Lembek

    Anak sy tgl 18 in dah 6 bulan,,,dia sangat aktf dan rajin minum susu,,,cma badannya lembek?ap yang menyebabkan badan lembek??

    Detail Answer
  • Daging Tumbuh Di Antara Anus Dan Vagina

    Selamat siang dokter, anak saya umur 11 bulan , dari lahir memang ada seperti benjolan di antara anus dan vagina tapi tidak besar , akan tetapi sekarang tumbuh besar seperti daging tumbuh kira2 0,3 cm . Apakah ini berbahaya dok? Atau hanya pembengkakan akibat mengedan saat BAB.

    Detail Answer
  • Hidung Mampet

    selamat malam dok Anak saya umur 2bl sering susah nafas krn hidung mampet padahal ga pilek, jadi susah tidur, lebih sering saat hawa kamar dingin. Apa mungkin alergi dingin? Bagaimana cara mengatasinya ?

    Detail Answer
  • Ruam Popok

    Selamat sore dok, penggunaan salep Hydrocortisone 2,5% pada bayi dalam jangka waktu panjang, apakah berbahaya? Saya memakai salep tersebut jika terjadi ruam popok saja. Trimakasih

    Detail Answer
  • Bayi Saya Mengalami Banyak Hal Yg Tdk Saya Ketahui

    Dok, bayi saya baru berumur 9hari, skr bayi saya sering kentut, beruntus pada kepala, perut bunyi, sering cegukan, sering ngulet, sering ngeden sampe mukanya merah dan nangis, perut buncit, disamping itu juga bayi saya sdg mengalami sakit kuning. Dan BAB bayi kuning seperti mentega, bayi juga terlihat lemas... Bayi saya minum ASI tapi pernah di beri susu formula di awal lahir nya bayi, krn ASI blm keluar. Bagaimana cara menanganinya, dok? Apakah itu berbahaya??? Mohon penjelasan dan arahannya dok..

    Detail Answer
  • Bayi 4 Bln Mogok Makan

    Halo dok mau tanya. Bayi saya berumur 4 bln 2 minggu dengan berat badan 7.5kg. Berat lahir 2,6kg. Berat badan pada saat 3 bln 7.2kg. Saat ini dia mogok minum susu maunya ngempeng baru bisa minum susu pada saat tidur itu pun hanya 60 ml -90 ml per 3 jam. Pernah minum seharian hanya 400 ml. Ada riwayat alergi sekarng susunya susu nutrilon royal yg khusus alergi.

    Detail Answer
  • Kesehatan Anak

    Maaf dok mau tanya, anak saya didaun telinganya yang belakang ada lubang kecil ( titik) begitu.. Apakah bahaya?? Jika iya.. Apa tindakan yang harus saya lakukan?? Dan jika tidak .. Apa yang akan terjadi pada anak saya .. Terimakasih

    Detail Answer
  • Bayi

    ank sy tgl 18 ini dah 6 bln tp bdnx lembek padahal dia rajin minum susu,,,sy pake sufor soalx asi sy g ada,dia sangat aktif. . . Ap penyebab badannya lembek??

    Detail Answer
  • Kesehatan Bayi

    Dok anak sy berusia 50hr anak sy sering sekali gumoh, kalau mau gumoh anak sy keliatan eneg bgt dan kyk kesakitan muka merah, itu knp ya dok,,, Oya dok anak sy jg berak berbusa, knp ya dok...

    Detail Answer
  • 1 Minggu Setelah Selesai Menstruasi

    dok, saya mau tanya saya selesai menstruasi tanggal 3 desember2017 setelah seminggu tanggal 11 desember2017 saya berhubungan dg suami saya dan di kluarkan di dalam...apakah itu trmasuk masa subur dok..dan kapan saya bisa tes pack untuk mengetahui klo sya hamil thank

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kesehatan Bayi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor