Profile
All Topic

Pusat Informasi Kesehatan Bayi

Tentang Kesehatan Bayi

Kesehatan Bayi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi ibu yang baru melahirkan. Menjaga kesehatan si buah hati adalah hal yang utama. Dapatkan berbagai informasi mengenai kesehatan bayi disini.

Pertumbuhan Bayi

Masa bayi dimulai dari usia 0-12 bulan yang ditandai dengan pertumbuhan dan perubahan fisik yang cepat disertai dengan perubahan dalam kebutuhan zat gizi. Pemberian nutrisi pada bayi harus sudah dimulai sejak dalam kandungan yaitu dengan pemberian nutrisi yang cukup dan memadai pada ibu hamil. Setelah lahir, harus diupayakan pemberian ASI secara eksklusif.

Makanan pertama dan utama bagi bayi adalah air susu ibu (ASI). ASI mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi yang sangat sempurna, bersih, serta mengandung zat kekebalan yang sangat dibutuhkan bayi. ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna baik kualitas maupun kuantitasnya.

Manfaat ASI bagi bayi adalah sabagai nutrisi yang memiiliki komposisi yang seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi, meningkatkan daya tahan tubuh bayi karena mengandung zat kekebalan untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi bakteri, virus, parasit, dan jamur, meningkatkan jalinan kasih sayang, meningkatkan daya penglihatan dan kepandaian bicara, mengurangi risiko terkena penyakit kencing manis, kanker pada anak, dan penyakit jantung, menunjang perkembangan motorik.

Pemberian ASI selama 6 bulan tanpa dicampur dengan tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, bubur nasi tim disebut sebagai ASI Eksklusif. Kenapa kita dianjurkan untuk tidak memberi makanan selain ASI pada bayi yang masih berusia 0-6 bulan, hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi belum dapat bekerja dengan maksimal. Karena hal inilah sistem pencernaan si bayi tidak dapat mencerna makanan selain ASI yang di berikan oleh si ibu.

Pemberian makanan tambahan yang terlalu dini berbahaya karena bayi belum memerlukan makanan tambahan saat ini dan makanan tersebut dapat menggantikan ASI lebih sedikit, menyebabkan risiko terjadinya infeksi meningkat, selain itu tidak ditemukan bukti bahwa pemberian makanan tambahan pada usia empat atau lima bulan lebih menguntungkan, bahkan mempunyai dampak negatif untuk kesehatan bayi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Susu Formula Yang Baik Buat Bayi

    siang dok... saya bingung anak saya usia 1 th sering susah bab nya. keras gt mengejan smpe nangis kdg sampai muntah... sya coba gnti susu formula dari sgm ke laktogrow... masih sama aja.... syur byam suka dikasih ,,, knp y dok? susu formula yg mngandung byk serat ada gak sih dok

    Detail Answer
  • Perkembangan Bayi

    Selamat mlm dok.. Dok..pd usia berapakah, bentuk kepala bayi bulat sempurna dok??dan apakah setiap bayi akn terbentuk bulat sempurna dok?? Mohon penjelasanny dok.. Terima kasih...

    Detail Answer
  • Kesehatan Bayi

    Slmt sore dok... Dok apakah wajar jk bayi usia hampir 3bln....jarang BAB dok??apakah umumny penyebab ny dok??dan apa yg hrs dilakukan jk bayi mengalami tdk BAB bbrp hari dok.. Mohon penjelasannya dok... Trm ksh...

    Detail Answer
  • Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Bayi

    Siang dok.. Aku mau tanya dok, bayiku sejak usia 2 minggu sering mengguliat dan mengejan seperti sakit kadang smpai menangis, sekarang usia 7minggu, mengguliat dan mengejannya sudah agak berkurang, namun sering bersuara keras, misal saat bersin, batuk dan menguap sering mengeluarkan kata seperti jengkel, saat akan digendong dan lepas gendongan bersuara seperti orang yg pegal dn menghela nafas gitu, bab cm sehari sekali tp banyak, apakah tergolong normal?

    Detail Answer
  • Umur Bera Bayi Makan Nasi

    dok..anak saya tgl 12 juni 2016 umur 1 tahun apa sudah bisa diberi makan nasi? idealnya umur berapa?

    Detail Answer
  • Bayi 2 Bulan Digendong Posisi Duduk

    Dok, saya mau tanya. anak saya 2 bulan di gendong sering posisi duduk. kata ibu saya ga boleh tapi anaknya terlihat nyaman. anak saya dari 2 minggu udah angkat kepala apalagi sekarang udah bisa tengkurep angkat kepala dengan tegap. makanya saya percaya gpp. tapi bgmna menurut dokter? apa akan ada efek samping lain pada tulang bayi? terimakasih dok sebelumnya atas jawabannya.

    Detail Answer
  • Imunisasi Pcv

    dok sekarg anak saya bulan juni tgl 12 udah 1 tahun di mei tgl 26 ini mau imunisasi pcv iii pertanyaannya petingkah imunisasi pcv?brpa kali di imunisasi pcv. manffat untuk anak saya apa? thnk

    Detail Answer
  • Kesehatan Bayi

    Siang dok, saya rifka ibu dari 3 anak, mohon informasi dari dokter, saat ini anak ke3 saya umurnya 5bulan, dari lahir hingga saat ini pub nya berlendir kira2 apa ya penyebabnya dok? Pernah saat berumur 1 bulan saya bawa konsul ke dokter anak karna dia juga sering muntah saat selesai menyusu (terjadi dari lahir sampai umur 2blnan) sekarang sudahtidak lagi muntah. Kata dokternya penambahan berat badannya terlalu sedikit (bb lahir 3,1. ,bb saat konsul 3,7) dan penyebab lendir karna alergi, saya dilarang minum susu sapi, kacang2an, ikan, telur,seafood, hindari baju dan selimut berbulu, makanan dengan vetsin, pewarna dan pengawet, sudah saya coba laksanakan dengan tidak mengkonsumsi makanan diatas selama 3 hari tapi tidak ada sedikitpun perubahan, pubnya tetap berlendir seperti sebelumnya. Setelah itu saya konsumsi lagi ikan, telur dsb karna saya bingung harus makan dengan lauk apa Tapi saya tetap menjaga dengan memasak sendiri lauk dan sayur tanpa vetsin sampai saat ini.

    Detail Answer
  • Hip Displasia

    Halo dok, apakah hip displasia itu? Bagaimana jika terjadi pada bayi? Tindakan apa yang harus dilakukan? Terimakasih

    Detail Answer
  • Imunisasi

    Halo dok, bayi yang tidak pernah di imunisasi apakah pasti penyakitan? Saya ini jadi takut mengimunisasi bayi saya setelah ada bayi yang meninggal setelah imunisasi dan sekarang rumah sakitnya tutup. Bayi saya waktu imunisasi pertama kali juga bengkak bernanah pada bekas suntikannya. Bagaimana mengetahui imunisasi yang diberikan aman? Apakah jika bayi tidak di imunisasi akan mempengaruhi kesehatannya? Terimakasih

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kesehatan Bayi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor