Profile
All Topic

Pusat Informasi Kehamilan Ektopik

Tentang Kehamilan Ektopik

Normalnya dalam sebuah proses kehamilan, sel telur yang telah dibuahi melakukan perjalanan dari ovarium menuju rahim melalui jalur yang disebut tuba falopi. Tapi dalam kehamilan ektopik, sel telur yang dibuahi alih-alih bertandang ke rahim malah menempel di tempat selain rahim, umumnya menempel di jalur tuba falopi, atau juga di dalam ovarium, serviks maupun perut. Sel telur yang terlanjur menempel di bagian tubuh selain rahim, sulit diubah menjadi kehamilan yang normal. Apabila sel telur yang menempel di tuba falopi dibiarkan terus bertumbuh, nantinya dikhawatirkan akan menyebabkan pendarahan sebab rusaknya tuba falopi.

Gejala

Beberapa minggu di awal kehamilan ektopik, biasanya timbul gejala-gejala yang serupa kondisi pada kehamilan normal.

Namun, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai sebagai penanda kehamilan ektopik, semisal:

  • Nyeri pada panggul pun perut
    Rasa nyeri biasanya begitu mendera, dan terasa lebih menyiksa di saat sang ibu bahkan hanya melakukan gerakan-gerakan ringan.
     
  • Pendarahan pada organ kewanitaan
    Saat tengah hamil dan terjadi pendarahan, itulah saatnya anda menyadari ada sesuatu yang abnormal pada kandungan anda.

 

Penyebab

Ada pun hal yang dapat menyebabkan kehamilan ektopik bermula dari rusaknya tuba falopi. Sel telur akan mengalami kesulitan melewati saluran tuba falopi yang rusak, sehingga alih-alih melaluinya malah menempel dan berkembang di tuba falopi.

Faktor Resiko

Faktor-faktor pemicu kerusakan tuba falopi, adalah:

  • Merokok
    Semakin sering intensitas anda merokok, kemungkinan terjadi kerusakan dalam perangkat reproduksi anda, akan semakin besar
     
  • Radang Panggul
    Biasanya merupakan efek dari infeksi klamidia atau gonore.
     
  • Endometriosis, peradangan yang terkait dengan ketidak seimbangan hormon esterogen
    Efek samping dari endometriosis dapat menyebabkan luka parut di sekitar tuba falopi, luka tersebut mengakibatkan terhambatnya perjalanan sel telur
     
  • Efek Samping Pengobatan
    Beberapa langkah medis ternyata selain dapat menyembuhkan suatu gejala, dapat juga menimbulkan gejala penyakit yang lain. Tindakan operasi di seputar daerah panggul, bila tak berhati-hati dapat memicu beberapa kerusakan jaringan kewanitaan.

Diagnosa

Untuk mengetahui adanya proses kehamilan, biasanya dilakukan pemeriksaan sampel air seni. Sedangkan untuk memastikan apakah perkembangan kehamilan anda merupakan kehamilan ektopik, dokter akan melakukan beberapa rangkaian pemeriksaan, serupa:

  • Pemeriksaan Panggul
    Tahap pemeriksaan ini untuk memastikan dimana gejala nyeri yang mendera bersumber
     
  • Pemeriksaan sampel darah
    Pemeriksaan darah bertujuan untuk menimbang kandungan hormon selama masa kehamilan, yang biasanya meningkat. Bila kandungan hormon justru menurun, bisa diasumsikan ada sesuatu yang abnormal dalam kehamilan, seperti kehamilan ektopik atau masalah kehamilan lainnya
     
  • USG
    Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan sebutan USG bisa memfasilitasi penggambaran dari apa yang ada di perut anda.

Pengobatan

Umumnya dokter akan meresepkan obat-obatan dan tindakan operasi. Pengangkatan sel telur yang terlanjur berkembang di tuba falopi harus dilakukan segera sebelum menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada organ-organ reproduksi lainnya.

Walau sebenarnya kehamilan ektopik tidak mempengaruhi perihal kesuburan. Namun, perlu anda perhatikan, biasanya pada proses kehamilan berikutnya beresiko terjadi kembali kehamilan ektopik.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Minum Postinor Setelah Berhubungan

    Dokter saya bersenggama tgl 18 sept dengan memakai kondom sekitar jam 11 siang. Takut ada kebocoran kondom saya minum postinor2 jam 3 sore 1 tablet setelah itu 1 tablet lg tgl 19 jam 7 pagi. Efektifkah saya minum pistinor2 utk mencegah kehamilan karena pada tablet ke2 saya minum jarak 16 jam setelah tablet pertama yg harusnya 12 jam setelah tablet pertama. Makasih dokter

    Detail Answer
  • Di Usia Berapa Minggu Janin Sudah Siap Dilahirkan

    Dok perut sy membesar, didalam perut sprti ada senggolan sy telat 4 bulan. Apakah itu hamil? Krn sy 3-4kebelakang smpai skrg ini mengalami tekanan/stres smpai sakit skrg2 nafsu makan sy bertambah, dan suka makan pedas namun sy lbh sring setres nya dok prasaan lbh sering tak ingin memiliki benan.. Sprti ini trauma atau hamil??

    Detail Answer
  • Janin Belum Masuk Ke Panggul

    Selamat malam Dokter, Saya ingin tanya, saya sedang hamil anak pertama dgn usia kandungan 37minggu, posisi bayi saya kepala sudah di bawah, hanya saja belum masuk panggul. Dan tanpa observasi mendalam seperti USG (untuk mengetahui apakah berat bayi saya terlalu besar, terlilit tali pusar, atau memang panggul saya yg kecil) dokter tempat saya dirujuk langsung memutuskan persiapan SC. Sebagai informasi berat bayi saya terakhir usg saat 32minggu sebesar 2000gr. Saya juga tidak memiliki riwayat penyakit yang bisa mengganggu persalinan normal. Yang saya tanyakan apakah keputusan persiapan SC tersebut wajar? Sedangkan HPL saya masih 6 oktober 2017 (3minggu lagi) bukankah kemungkinan masuk panggul msh bisa terjadi? Lalu sebenarnya apa yg dimaksud dgn persiapan SC dalam istilah para dokter? Hanya mengambil darah untuk jaga-jaga apabila kelahiran normal sdh dilakukan namun tdk memungkinkan/tidak sanggup lahir normal maka dokter punya data untuk SC? Atau sudah pasti di SC? Terimakasih.

    Detail Answer
  • Kenapa Saya Susah Hamil

    saya berusia 21 tahun dan suami saya usia 28 tahun.. menikah sudah 5 bulan tapi belum hsmil juga . saya bulan kemarin terlambat datang bulan 3 minggu tpi saya tes ke dokter kndungan negatif .. bulan ini saya terlambat 10 hari ada bercak darah setelah brhubungan intim dengan suami tes ke dokter kndungn tapi hasilnya negatif .. knpa saya negatif pdhl sudah terlambt dtng bulan dua kali berturut turut

    Detail Answer
  • Keputihan Saat Hamil

    Salam kenal dok, saat saya sedang hamil dan memasuki usia kandungan 8 bulan. Sekitar tiga hari yang lalu setelah buang air kecil saya di bagian vagina saya mengeluarkan cairan putih susu yang lumayan banyak dan itu terasa sangat gatal dan itu berlangsung setiap hari dan pasti setelah buang air kecil kemudian oleh dokter kandungan saya diresepkan prolic 300mg. Pertanyaan saya amankah saya mengkonsumsi prolic? Bukankah itu antibiotik? Bukankah berbahaya jika ibu hamil minum antibiotik ? Trm ksh

    Detail Answer
  • Telat Menstruasi 19 Hari Lalu Keluar Flek Kecoklat

    Dok saya sudah telat haid 19hari tapi setelah itu sore nya keluar flek kecoklatan sedikit lalu tidak keluar lagi dok.sebelum keluar flek sudah pernah TP 2x tp hasil nya negativ.pertanyaan nya flek itu darah haid atau tanfa kehamilan ya dok? Lalu kapan baik nya saya coba TP lagi??

    Detail Answer
  • Kehamilan

    Saya bulan lalu haid tanggal 13 dok. Kmudian di akhir bulan saya melakukan hubungan intim dengan suami saya. Skrg sudah tanggal 12 namun tanda2 mau mens belum ada dok. Padahal biasanya tiap bulan tnggal saya mens selalu maju seminggu.

    Detail Answer
  • 1 Hari Beres Haid Apa Hamil

    dok haid aku kan kisaran 24 hari. apakah beres 1 hari haid dan besoknya berhubungan intim dengan pacar saya ,apakah akan terjadi hamil. waktu hari pertama saya haid itu pada tgl 27 juli ,dan selesai pada tgl 31 , tgl 1 agustus sudah bersih , pada tanggal 2 itu lah saya berhubungan intim dengn pacar saya , tapi tidak pake pengaman , dan ejakulasi pun di bagian pantat atas. tgl 17 agustus saya tes peck hasil negatif tgl 19 saya haid . akan tetapi cuman 2 hari , itu pun hanya flek saja. sesudah itu saya belum mendapatkan haid lagi sampai sekarang ini, seharusnya tgl 11 aku haid lg , tapi ini tak kunjung datang . yang saya rasakan saat ini hanyalah mual yang tidak berlebihan , eneuk , pusing . kencing berbau obat.

    Detail Answer
  • Kemungkinan Hamil?

    Haii dokk , Awalnya saya merasa badan bagian belakang saya pegal-pegal dr pinggang, belikat dan leher itu ngilu sekali dokk , ditambah merembet ke kepala sakit dan perut juga sakit disertai mual dan muntah serta air liur yg berlebih samapi saya tidak bisa tidur krna mual dan air liur berlebih ini dok,dan ketika muntah ada dhak bercampur darah dok , , 😭😭😭 tapi sakit badan saya alhamdullilah cuma berlangsung satu hari , tapi pusing ,sakit perut mual dan muntah itu sampai sekarang (5 hari ) masih ada , sakit perut ini perih tapi klo makan mual , sbntr perih lagi begitu terus dok , sudah kepuskesmas tapi tidak di bilang penyakitnya apa , ato magh ato asam lambung , jadi saya binggung dok , cuma di kasih obat paracetamol 500mg , vitamin b12 dan domperidone,tpi mual muntah berkurag Apa ada kemungkinan saya hamil dok ,Haid saya tgl 1 september berlgsung 4 hari (siklus 28)dok dan wktu dipuskesmas dokter menekan perut saya tapi tidak merasa sakit saya dok pdhal perust saya suka perih

    Detail Answer
  • Apakah Wanita Hamil Bisa Datang Bulan

    Pagi dok saya mau tanya apakah wanita hamil bisa mestruasi atau datang bulan ? Klo bisa biasanya beransur brp lama ? Soalnya saya keluar darah seperti darah menstruasi dn ada gumpalan kecil dn keluar banyak , padahal saya sudah hamil 2 bulan dok , trimakasih

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kehamilan Ektopik

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor