Profile
All Topic

Pusat Informasi Keguguran

Tentang Keguguran

Abortus yang terjadi tanpa tindakan mekanis atau medis untuk mengosongkan uterus, maka abortus tersebut dinamai abortus spontan. Kata lain yang luas digunakan adalah keguguran (miscarriage).

Gejala Keguguran

  • Pendarahan mungkin hanya bercak sedikit, atau bisa cukup parah
  • Nyeri dan kram terjadi di perut bagian bawah
  • Anda mungkin tidak lagi memiliki tanda-tanda kehamilan seperti mual atau payudara bengkak atau nyeri jika Anda telah mengalami keguguran.

Penyebab Keguguran

1. Kelainan dalam pertumbuhan, contohnya seperti kelainan pada kromosom yaitu kelainan paling sering pada abortus spontan, bisa juga karena pengaruh virus, obat-obatan, radiasi

2. Kelainan pada plasenta

3. Penyakit ibu seperti seperti pneumonia, malaria, anemia dan lain lain

Faktor Resiko

Jumlah paritas (jumlah anak yang telah dilahirkan), usia ibu Resiko secara relatif lebih rendah pada wanita usia dibawah 30 tahun, dan Pada wanita berusia antara 30-34 tahun, lalu meningkat tajam pada wanita berusia antara 35-40 tahun dan pada wanita berusia 40 keatas, dan hamil dengan jarak kurang dari 3 bulan dari kehamilan sebelumnya dan keadaan umum dan gizi ibu.

Komplikasi Akibat Keguguran

  • perdarahan

  • syok

  • emboli udara

  • infeksi

Diagnosa Keguguran

Untuk mendiagnosi abortus spontan dengan anamnesis atau wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

1. Anamnesis

  • Adanya amenore pada masa reproduksi
  • Perdarahan pervaginam disertai jaringan hasil konsepsi
  • Rasa sakit atau keram perut di daerah atas simpisis

2. Pemeriksaan Fisik     

Pemeriksaan panggul. Pemeriksaan dilakukan untuk melihat apakah leher rahim sudah mulai membesar.

3. Pemeriksaan penunjang:

  • Pemeriksaan USG (Ultrasonografi). Hal ini membantu dokter untuk memeriksa detak jantung janin dan menentukan apakah embrio berkembang normal.
  • Pemeriksaan darah. Jika mengalami keguguran, pengukuran hormon kehamilan, HCG beta, kadang-kadang bisa berguna dalam menentukan apakah Anda telah benar-benar melewati semua jaringan plasenta.
  • Pemeriksaan jaringan. Jika telah melewati jaringan, dapat dikirim ke laboratorium untuk mengkonfirmasi bahwa keguguran telah terjadi - dan bahwa gejala tidak berhubungan dengan penyebab lain dari perdarahan kehamilan.

 

Pengobatan Keguguran

Pengobatan miscarriage atau abortus spontan adalah dengan memperbaiki keadaan umum.

1. Bila perdarahan banyak, berikan transfusi darah dan cairan yang cukup.

2. Pemberian antibiotika yang cukup tepat atau antibiotika spektrum luas.

3. 24 sampai 48 jam setelah dilindungi dengan antibiotika atau lebih cepat bila terjadi perdarahan yang banyak, lakukan dilatasi dan kuretase untuk mengeluarkan hasil konsepsi.

4. Pemberian infus dan antibiotika diteruskan menurut kebutuhan dan kemajuan penderita.

Pencegahan Keguguran

Seperti sudah diketahui bahwa abortus spontan / keguguran  ditandai dengan adanya pendarahan. Maka dari itu setiap ibu hamil disarankan, jika mengalami pendarahan sedikit atau banyak harus segera menghubungi dokter agar segera bisa ditangani dan hindari stress, menjaga berat badan berhenti merokok, berhenti minum minuman beralkohol.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Apakah Sya Bisa Hamil Lagi Setelah Kuret Dan Menst

    Pagi dok, Wktu Bulan 7 sya mengalami keguguran terus saya di kuret dan baru Bulan ini bln 10 tgl 3 sya menstruasi tapi yg keluar darah hitam? Bgmna ini dok apakah setelah haid Bulan ini, saya bisa hamil lagi?

    Detail Answer
  • Keguguran Tanpa Kuret

    siang dok, saya mengalami keguguran 2minggu yang lalu tanpa kuret karna janin saya sudah keluar dg sendirinya dan saya blum diperiksa kembali karna saya merasa saya baikbaik saja. namun sudah 3hari ini saya mengalami sakit perut mulas dibawah perut bagian kanan padahal darah merah sudah tidak keluar lagi cmn keluar cairan bening yang tak berbau.. itu kirakira knp ya dok??

    Detail Answer
  • Darah Yang Keluar Setelah Keguguran?

    Dok.. Saya mau nanya, usia kndungan saya 7 minggu.. Kmarin kluar gumpalan darah besar2, tapi hanya sehari setelah itu berhenti.. Apakah kndungan saya aman?

    Detail Answer
  • Belum Hamil Setelah Keguguran

    Apa penyebab belum hamil setelah keguguran selama 6 bulan.?

    Detail Answer
  • Habis Kuret

    Dok..saya punya teman..sekitar 4 bulan yang lalu dia keguguran..kemudian dikuret..saat kuret 1 ternyata belum brsih sehingga dikuret untuk ke 2 kalinya..tapi dok sampai sekarang dia masih sering mengeluh sakit perut bawahnya dan masih sering berdarah..kemaren sempat berhenti darahnya tapi sekarang muncul lagi..sudah di bawa ke dokter dan di usg..kata dokter masih ada luka di rahimnya.kemudian dok kemaren katanya ada bakteri di kandung kemih sehingga infeksi.kata dokter rahimnya harus diangkat. Apakah benar dok harus diangkat??apakah tidak ada jalan lain buat kesembuhannya??apakah itu jalan satu2nya.dokter masih ngasih pilihan 1 lagi kalau dia harus rutin minum obat dan suntik hormon agar rahimnya bisa menebal lagi. Apakah benar begitu dok??mohon pencerahannya..

    Detail Answer
  • Vlek Coklat Dan Kram Perut

    Asslamualaikum dok..saya mau nanya..kehamilan usia 6 minggu keluar vlek coklat dan berbau amis di sertai kram perut..mohon penjelasanya dok..

    Detail Answer
  • Keguguran Tanpa Curet

    Selamat siang dok, saya baru saja mengalami keguguran di usia kandungan 5w pada tanggal 25 september 2017. Krn termasuk keguguran komplit dan dokter saya bilang masih tersisa sedikit akhirnya saya hanya dikasih obat peluruh. Setelah satu mingguan saya sudah tidak pendarahan lg. Tapi setelah saya cek USG dokter saya bilang rahim saya blm bersih masih tersisa beberapa jaringan. Dokter kembali memberi saya obat peluruh tp saya tunggu sampai satu hari blm jg keluar darah. Pertanyaan saya mengapa bisa begitu dok? Padahal saya sudah tidak pendarahan sedikitpun tetapi ternyata di usg blm bersih? Apa yg harus saya lakukan agar rahim saya bersih dan dapat progran hamil kembali? Mohon sarannya dok terimakasih.

    Detail Answer
  • Pasca Keguguran 3 Minggu Tp Masi Keluar Darah

    selamat malam dok, saya mau nanya saya pernah keguguran setelah 7 hari saya langsung menggunakan obat kb suntik 3 bulan dan waktu itu masi dua gari merah yang satu garisnya agak kekaburan dan sayapun takut hamil lagi jadi saya langsung gunakan obat kb suntik 3 bulan dan sampai skrangpun darahnya belum berhenti tetap masi keluar tiap hari walaupun cuman sedikit itu bagemana ya dok, apakah harus kb ulang?? trimakasih

    Detail Answer
  • Keguguran Setelah Minum Obat Penguat Kandungan

    Haii dok, Saya baru 4 hari mengalami keguguran, usia kandungan saya baru 7 minggu Saya mengeluarkan flek dan dokter bilang harus bedrest dan dirawat Saya di beri obat penguat yg dinasukan lewat anus dan diberi vitamin 1 kali sehari selama 2 hari. Tetapi saya tetap mengalami keguguran lalu saya usg janin nya sudah keluar dan masih ada sisa darah dalam rahim ternyata dokter bilang harus kuret tapi saya tidak mau Apakah saya tetap harus kuret atau tidak Atau cukup minum obat saja? Ukuran hasil usg sisa darah kegugurannya hanya 1.24 cm

    Detail Answer
  • Berapa Lama Bisa Berhubungan Intim Setelah Kuret

    Dok sya mau nanya,,, Sya habis kuret kmarin tgl 30 september,,, sehabis kuret sya tdak ad kluar drah.,,hrus nunggu brpa lama sya boleh brhubungan bdan lagi psca kuret,,,??? Trmksh dok.

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Keguguran

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Keguguran ?
Ask Doctor