Profile
All Topic

Pusat Informasi Keguguran

Tentang Keguguran

Abortus yang terjadi tanpa tindakan mekanis atau medis untuk mengosongkan uterus, maka abortus tersebut dinamai abortus spontan. Kata lain yang luas digunakan adalah keguguran (miscarriage).

Gejala Keguguran

  • Pendarahan mungkin hanya bercak sedikit, atau bisa cukup parah
  • Nyeri dan kram terjadi di perut bagian bawah
  • Anda mungkin tidak lagi memiliki tanda-tanda kehamilan seperti mual atau payudara bengkak atau nyeri jika Anda telah mengalami keguguran.

Penyebab Keguguran

1. Kelainan dalam pertumbuhan, contohnya seperti kelainan pada kromosom yaitu kelainan paling sering pada abortus spontan, bisa juga karena pengaruh virus, obat-obatan, radiasi

2. Kelainan pada plasenta

3. Penyakit ibu seperti seperti pneumonia, malaria, anemia dan lain lain

Faktor Resiko

Jumlah paritas (jumlah anak yang telah dilahirkan), usia ibu Resiko secara relatif lebih rendah pada wanita usia dibawah 30 tahun, dan Pada wanita berusia antara 30-34 tahun, lalu meningkat tajam pada wanita berusia antara 35-40 tahun dan pada wanita berusia 40 keatas, dan hamil dengan jarak kurang dari 3 bulan dari kehamilan sebelumnya dan keadaan umum dan gizi ibu.

Komplikasi Akibat Keguguran

  • perdarahan

  • syok

  • emboli udara

  • infeksi

Diagnosa Keguguran

Untuk mendiagnosi abortus spontan dengan anamnesis atau wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

1. Anamnesis

  • Adanya amenore pada masa reproduksi
  • Perdarahan pervaginam disertai jaringan hasil konsepsi
  • Rasa sakit atau keram perut di daerah atas simpisis

2. Pemeriksaan Fisik     

Pemeriksaan panggul. Pemeriksaan dilakukan untuk melihat apakah leher rahim sudah mulai membesar.

3. Pemeriksaan penunjang:

  • Pemeriksaan USG (Ultrasonografi). Hal ini membantu dokter untuk memeriksa detak jantung janin dan menentukan apakah embrio berkembang normal.
  • Pemeriksaan darah. Jika mengalami keguguran, pengukuran hormon kehamilan, HCG beta, kadang-kadang bisa berguna dalam menentukan apakah Anda telah benar-benar melewati semua jaringan plasenta.
  • Pemeriksaan jaringan. Jika telah melewati jaringan, dapat dikirim ke laboratorium untuk mengkonfirmasi bahwa keguguran telah terjadi - dan bahwa gejala tidak berhubungan dengan penyebab lain dari perdarahan kehamilan.

 

Pengobatan Keguguran

Pengobatan miscarriage atau abortus spontan adalah dengan memperbaiki keadaan umum.

1. Bila perdarahan banyak, berikan transfusi darah dan cairan yang cukup.

2. Pemberian antibiotika yang cukup tepat atau antibiotika spektrum luas.

3. 24 sampai 48 jam setelah dilindungi dengan antibiotika atau lebih cepat bila terjadi perdarahan yang banyak, lakukan dilatasi dan kuretase untuk mengeluarkan hasil konsepsi.

4. Pemberian infus dan antibiotika diteruskan menurut kebutuhan dan kemajuan penderita.

Pencegahan Keguguran

Seperti sudah diketahui bahwa abortus spontan / keguguran  ditandai dengan adanya pendarahan. Maka dari itu setiap ibu hamil disarankan, jika mengalami pendarahan sedikit atau banyak harus segera menghubungi dokter agar segera bisa ditangani dan hindari stress, menjaga berat badan berhenti merokok, berhenti minum minuman beralkohol.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Qw

    Sya mau tnya nich, kmrin tmn sya mnggurkn kndugannya krn tkut, dan dia mnum obat, stlah 3 jam prutya mlai kram dan sdkit dmi sdkit ad drah kluar, stlah itu ad gumplan wrn glap, dan 4 hri dia mnglami pndrhan, tp knp ko msih sring mual dan sring skit kpla yah.. itu bgaimna yah soalnya sy ksihan tmn sya. Tlong d jwab

    Detail Answer
  • Keguguran Tapi Masih Mual Dan Perut Masih Sakit

    Dok sya mau tanya mhon jawabannya ya dok..saya sudah minum obat gastrul stlah 30 mnit sya mengeluarkan darah yg banyak sperti haid namun setelah 3 hari darah yg keluar hanya flek atau bercak,stelah itu darah yg kluar sdah tdak ada..saya TP hasilnya masih positif kira kira usia kandungan saya skitar 2 bulanan dok.. Terimakasih dok..mohon dibantu

    Detail Answer
  • Flek Coklat Setelah Keguguran 40 Hari

    Sy seorang ibu berusia 29 thn. Sudah sebulan lalu saya mengalami keguguran anak pertama tanpa di kuret dan sy belum memeriksakan diri ke dokter bgm kondisi rahim saya.. Selama sy keguguran, darah yg keluar sekitar 2 minggu. Setelah seminggu tidak keluar darah, hr berikutnya sy haid, dan darahnya banyak sekali dan lancar. Tepat tgl 14 2017 kemarin sy genap 40hr paska keguguran, Tp smpai hari ini masih ada cairan menyerupai darah yg tidak kental warnanya, tp berwarna sperti coklat. Yg ingin saya tanyakan apakah hal ini wajar atau tidak dokter ?? Trima kasih atas penjelasannya dokter..

    Detail Answer
  • Mual Setelah Mengalami Keguguran

    Selamat pagi dok, saya hamil 5 minggu namun 2 hari yang lalu mengalami keguguran namun masih mengalami mual. Apakah normal dok? dan darah yang keluar belum lancar.

    Detail Answer
  • Efek Nanas

    Pagi, Dok saya mau tanya apa sih dampak bila umur kandungan kurang dari 1 minggu dan kita mengkonsumsi nanas muda setiap hari dalam jumlh yang tidak sedikit (misalnya satu buah)? apakah bisa menyebabkan keguguran? apakah janin langsung mati? mohon dijawab. trmksh banyak

    Detail Answer
  • Pendarahan Seperti Orang Haid Saat Hamil 6w

    Sy usia 26 thun. Sy TP dan hsilx positif. Cman sdh 2 hari ini keluar darah seperti orang haid. Sy sd h ke dokter kndungan dan sdh usg ktx blm terlihat kntong rahim dan dianjurkan 2 mnggu lagi untk usg ulang. Apakah sy mngalami keguguran??? Tpi sy tdk mersakn kram pert atw apapun i2 hx sja sya sperti orng haid yang kluar darah.

    Detail Answer
  • Keguguran Usia 5 Minggu

    Dok,,mau tanya,,saya kemarin keguguran usia 5 minggu,,sudah keluar dua kali gumpalan darah sebesar kelingking.. Apakah msh akan ad sisa janin di rahim?? Dan saya tidak ngrasain sakit sperti keguguran yg lain,,hnya kram dan nyeri pd prut saja..

    Detail Answer
  • Keguguran Tanpa Kuret

    Dok saya mau tanya,, saya keguguran tanpa kuret tgl19 april selesai pndarahan tgl 28 april, ,kok saya belum menstruasi smpai sekarang ya dok,, terimakasih dok mohon jwaban nya,,

    Detail Answer
  • Keguguran, 1 Minggu Kemudian Haid

    Saya mau bertanya, saya keguguran dengan umur kehamilan 6minggu, saya tidak kuret melainkan pakai obat saja, setelah 6 hari sudah tidak keluar darah lagi, saya cek ke dokter katanya sudah bersih, tetapi 1 minggu setelah darah tidak keluar, saya haid.. apakah ini normal dok? Terimakasih

    Detail Answer
  • Kuretase

    Dok sy 1bln yg llu kguguran n hrus d kuret... N skrg sy sudah menstruasi... Bnyak d luaran sn sy mndgr untuk tdk hmil dlu minml 3 bln.... Prtnyaan sy.. Bolehkh jk sy 1bln pasca kuret untuk promil... N bhaya tdk kah untuk kandungn sy nnt....

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Keguguran

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Keguguran ?
Ask Doctor