Profile
All Topic

Pusat Informasi Kanker Serviks

Tentang Kanker Serviks

Kanker serviks atau dikenal juga dengan Kanker leher rahim adalah terjadinya perubahan struktur sel menjadi suatu keganasan di daerah mulut rahim (biasa disebut sebagai serviks). Semua wanita berisiko terkena kanker serviks. Kanker ini disebabkan oleh virus HPV dan biasanya ditularkan melalui hubungan seksual.

Gejala

Pada tahap awal, kanker serviks tidak menampakkan gejala. Namun pada kasus kanker serviks stadium lanjut, beberapa gejala dapat muncul seperti: perdarahan, keputihan yang berbau, sulit buang air kecil, dan nyeri panggul.

Penyebab

Penyebab kejadian kanker serviks adalah suatu virus yaitu HPV (Human Papilloma Virus). Dari sekian banyak tipe HPV, diteliti bahwa HPV nomor 16 dan 18 merupakan 70% penyebab kasus kanker serviks di dunia.

Faktor Resiko

Beberapa faktor risiko yang menyebabkan seorang wanita relatif lebih berisiko terkena kanker serviks adalah:

  • Hubungan seksual pertama kali saat usia muda
  • Berganti-ganti pasangan seksual
  • Infeksi menular seksual
  • Angka kehamilan tinggi
  • Penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang

Komplikasi Akibat

Pada stadium lanjut, kanker serviks dapat menyebar ke organ tubuh sekitar, dan hal ini adalah hal yang sangat tidak diinginkan. Tingkat penyebaran kanker serviks ini jugalah yang akan menentukan level stadium penyakit tersebut.

Diagnosa

Sebagian besar kasus kanker serviks ditemukan pada stadium lanjut. Hal ini disebabkan oleh karena tidak didapatkannya gejala pada stadium awal yang membuat pasien wanita tidak waspada.

Cara mendiagnosis adalah dengan memeriksakan secara teratur kondisi organ reproduksi ke dokter. Sangat disarankan bagi wanita yang telah menikah atau telah aktif secara seksual, untuk secara teratur (setahun sekali) melakukan screening dengan metode pap smear.

Pengobatan

Operasi
Stadium awal kanker serviks biasanya diobati dengan pembedahan untuk mengangkat rahim (histerektomi). Sebuah histerektomi dapat menyembuhkan stadium awal kanker serviks dan mencegah kekambuhan. Tetapi menghapus rahim tidak memungkinkan untuk hamil.
Radiasi
Terapi radiasi menggunakan sinar energi bertenaga tinggi, seperti sinar-X, untuk membunuh sel-sel kanker. Terapi radiasi dapat digunakan sendiri atau dengan kemoterapi sebelum operasi untuk mengecilkan tumor atau setelah operasi untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa.
Kemoterapi
Kemoterapi menggunakan obat-obatan, biasanya disuntikkan ke pembuluh darah, membunuh sel-sel kanker. Dosis rendah kemoterapi sering dikombinasikan dengan terapi radiasi, kemoterapi karena dapat meningkatkan efek radiasi. Dosis tinggi kemoterapi digunakan untuk mengendalikan kanker serviks stadium lanjut yang mungkin tidak dapat disembuhkan

Pencegahan

Cara pencegahan terdiri dari Pencegahan Primer dan Pencegahan Sekunder.

Pencegahan primer meliputi: kegiatan edukasi dan vaksinasi. Vaksinasi dapat diberikan pada wanita mulai usia 10 hingga 55 tahun. Vaksin tersebut dapat memberikan proteksi terhadap infeksi HPV.

Pencegahan sekunder meliputi kegiatan screening (dengan metode Pap Smear atau IVA) secara teratur, untuk mendeteksi secara dini apakah ada perubahan di daerah mulut rahim yang mengalami perubahan ke arah keganasan.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Tanya Hasil Pap Smear

    Saya baru dapat hasil lab tapi dokternya cuti sampai minggu depan, hasil lab saya : jenis spesimen konvensional, sumber apusan serviks, adekuasi spesimen cukup memuaskan, alasan jumlah sel epitel cukup, interpretasi ASCUS terdapat beberapa sel skuamosa yang atipik. Bisa tolong jelaskan apa arti nya, apakah hasilnya bagus atau tidak ? Thanks

    Detail Answer
  • Gatal Dan Muncul Bintik Seperti Jerawat Diarea Vagina

    Sekitar 2minggu lalu saya & suami saya melalukan oral seks. Tapi sehari sesudah itu area vagina saya gatal & muncul bintik seperti jerawat diatas vagina saya. Apakah itu karna oral seks yg dilakukan atau ada hubungannya pasca saya turun rahim? Karna sekarang perut bagian bawah saya terasa sakit lagi seperti ada beban.

    Detail Answer
  • Iva Positif Dan Pap Smear Baik

    Sore saya tgl. 7 agustus 2016 test iva hasilnya IVA(+), Erosiportio (+) lalu saya jalani perawatan tutul abotil 2 kali, dan saya di suruh pap smear tgl 6 september hasilnya spesimen pap smeae konvensional, spesimen adekuat di dapatkan sel epithel squamous metaplasia, tidak terdapat lesi intraepithelial maupun keganasan (NILM), proses keradangan Saya di suruh beli obat yg di masukan ke (maaf) vagina selama 6 hari ... setelah itu di suruh kembali pap smear 12bulan lagi ... kata dokter yg saya pap smear hasil baik ... tp bisa bantu di jelaskan lebih jelas ... antara hasil IVA dan PAP SMEAR koq beda ?? Terimakasih tolong penjelasan nya

    Detail Answer
  • Mohon Bantu Untuk Baca Hasil Papsmear Saya, Makasih Dok.

    Mohon dibantu membaca hasil pap smear saya, bunyinya : Sediaan apus terdiri dari sel superficial, Sel Intermediate dan Sel parabasal. Sel radang PMN dan limfosit banyak. Bakteri jenis coccen. Trichomonas, monilia. infeksi HPV dan sel tumor ganas tidak ditemukan. Kesimpulan Cervisitis kronis non spesifik Negatif keganasan

    Detail Answer
  • Keputihan Bercampur Darah Menstruasi

    Dok saya astri listiani ,umur 20 tahun,tinggi 168 bb 80 kg ,dok saya kenapa ya ,tadi malam saya kencing dan ada darah haid seperti biasa ,tapi kenapa pagi ini hanya keputihan tapi bercampur darah ya dok . (Keputihan bening merah) ,saya takut dok . Satu bulan ini saya keputihan juga banyak sekali dok ,sampe (maaf) celana saya basah dok ,trimakasih dok

    Detail Answer
  • Sakit Perut Bagian Kiri Bawah

    saya selalu mengkonsumsi pil tuntas & kiranti sebelum & saat haid agar tidak telat haid. hingga sampai pada bulan april saya mengalami nyeuri yg hebat pada perut saya sampai pinggang saya terasa panas sekali, dan saya pun sering buang air kecil dengan rasa panas seperti dibakar & pedih, namun setelah 2minggu sakit itu hilang & saya haid, namun saat bulan mei saya kembali meminum pil tuntas & kiranti, alhasil perut saya sakit lagi sampai badan saya terasa ngilu sekali. saya berobat ke bidan dan kata bidan ada "tegang2an" saya tidak mengerti maksudnya apa karna tidak dijelaskan saya pun diberi obat tanpa ada penjelasan, setelah seminggu habis obat saya haid dengan darah haid yg sangat banyak sekali sehari bisa sampai 3-5pads. setelah beres haid saya langsung pergi ke bidan ternyata lambung saya kena & rahim saya turun. Saya belum tau pasti mengapa rahim saya turun, karna selama ini aktivitas saya normal & saya pun belum pernah melaHirkan

    Detail Answer
  • Selamat Malam Dokter, Saya Mau Bertanya Soal Keputihan

    saya mengalami keputihan dan sudah berobat ke dokter kandungan. saya dikasi obat Floragyn, flucoral, cetirizine, dan lactacyd utk cebok. tp stlah itu keputihan saya berkurang dan tidak banyak lagi. tp msh keluar apalagi ketika akan haid. bayang2 tentang kanker serviks membuat sy takut. tp waktu di USG keadaan uterus dan adneksa saya normal dan baik kata dokter. saya hrs bagaimana dok spaya bsa tau sy bebas kanker serviks atau tidak. apakah hx dg usg cukp?

    Detail Answer
  • Penyakit Kewanitaan

    siang dok,,saya mau nanya akhir2 ini saya mengalami keputihan yang berlebihan dan keluarnya lendir tapi warnanya normal bening,,tapi gatal,,dan kalau pipis juga sedikit2 jarang bab juga dan periode haid saya juga gak teratur,kalo abis hubungan sama suami pasti sakit klo mau pipis akibatnya pipisnya jd sedikit2,kira2 itu gejala apa ya dok???terimakasih

    Detail Answer
  • Anyeng Anyengan

    Dook, saya mau bertanya. Setelah berhubungan sexsual, Saya sakit anyeng-anyengan, pipis sedikit dikit, dan pada saat pipis mengeluarkan darah. Apa itu tanda dari kanker serviks ya dok?

    Detail Answer
  • Kanker Serviks Atau Bukan

    Selamat siang dok. Saya rianti 21 thn. Saya ingin menanyakan soal gatal dan rasa perih pada vagina saya setelah berhubungan seks. Saya baru menikah selama 1 minggu. Sebelum saya menikah saya memang sudah tdk v dan saya suka keputihan berwarna dengan bau tidak sedap. Pada pagi itu tidak seperti biasanya saya mengalami perih hebat lalu beralih menjadi gatal yang membuat saya ingin menggaruknya terus (setelah malam nya saya berhubungan) Dan ms v saya menjadi seperti tebal hingga bibir vagina saya tidak terlihat. Apakah saya menderita kanker serviks? Saya tidak pernah mengalami pendarahan dan sakit saat berhubungan seks. Terima kasih dok.

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Kanker Serviks

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Serviks ?
Ask Doctor