Profile
All Topic

Pusat Informasi Jerawat

Tentang Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat sering dijumpai. Bahkan tak jarang problem kulit ini dapat sangat mengganggu, karena sangat berkaitan dengan penampilan kita. Faktor hormonal dipercaya memegang peran yang cukup penting akan terjadinya jerawat. Jerawat seringkali muncul di daerah wajah, yang mana tentulah sangat mengganggu. Selain di wajah, jerawat juga sering muncul di daerah leher, dada, punggung dan bahu. Daerah tersebut berkaitan dengan banyaknya kelenjar minyak, sebagai penyebab terjadinya jerawat.

Gejala

Jenis jerawat dapat berbentuk :

  • Komedo (dengan kepala putih maupun hitam), disebabkan oleh tersumbatnya sekresi minyak ditambah dengan terkumpulnya sel kulit yang mati dan terkadang disertai infeksi bakteri.
  • Papula yang biasanya berbentuk benjolan kecil dengan warna kemerahan, dikarenakan proses radang.
  • Pustula yang berwarna merah dengan puncak berisi nanah keputihan.
  • Nodula yang biasanya lebih keras, berukuran lebih besar dan menimbulkan rasa nyeri, dan terletak di bawah kulit.
  • Kista yang menimbulkan rasa nyeri dan berisi nanah akibat infeksi.

Penyebab

Ada tiga faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat :
a.    Produksi minyak yang berlebih
b.    Sel kulit mati yang berlebihan akan menimbulkan iritasi pada pori-pori.
c.    Berkembangnya bakteri pada kulit

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Sumbatan ini dapat menjadi penyebab tonjolan pada pori-pori dan menjadi komedo yang berwarna putih. Atau, sumbatan dapat terbuka di permukaan kulit dan menghitam dan menjadi komedo yang berwarna hitam.

Jerawat akan menimbulkan titik merah dengan pusat berwarna putih yang tumbuh ketika pori-pori tersumbat meradang dan terinfeksi. Penutupan dan peradangan ini terjadi di dalam pori-pori kulit yang menghasilkan benjolan dibawah permukaan kulit yang disebut dengan kista.

Tidak diketahui apa yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak yang menimbulkan jerawat. Tetapi beberapa hal – hormon, bakteri, perawatan medis tertentu dan keturunan – memainkan peran.

Jerawat bukan disebabkan oleh kotoran. Faktanya, menggosok kulit terlalu keras atau membersihkan wajah dengan sabun yang kasar atau zat kimia lain akan membuat iritasi pada kulit dan dapat menyebabkan jerawat bertambah parah. Pembersihan kulit secara sederhana untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati adalah hal yang diperlukan.
 

Faktor Resiko

Perubahan hormon pada tubuh dapat memicu atau memperburuk jerawat. Perubahan ini biasa terjadi pada :

  • Remaja, baik laki-laki maupun perempuan
  • Wanita maupun anak gadis, pada dua sampai tujuh hari sebelum periode mentruasi
  • Wanita hamil
  • Orang-orang yang menggunakan pengobatan medis tertentu, termasuk adalah cortisone


Faktor risiko lain yang termasuk adalah :

  • Penggunaan secara langsung zat yang mengandung minyak pada kulit, atau penggunaan kosmetik tertentu secara langsung pada kulit.
  • Catatan dalam keluarga – jika orang tua anda memiliki jerawat, maka kemungkinan anda juga akan memiliki jerawat.
  • Gesekan atau tekanan pada wajah yang disebabkan oleh berbagai benda, seperti telepon ataupun telepon genggam, helm, kerah yang ketat dan tas punggung.
     

Pengobatan

Saat jerawat yang anda alami membaik atau hilang, Anda dapat melanjutkan pengobatan medis atau perawatan lainnya untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Berkonsultasi dengan dokter guna menanyakan bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat baru dapat menjadi solusi terbaik. Di luar itu, mmebersihkan kulit secara rutin dengan pembersih yang lembut serta menghindari bersentuhan dengan area jerawat juga dapat membantu pencegahan munculnya jerawat

 

Pencegahan

Tips lain untuk mencegah timbulnya jerawat adalah :

  • Bersihkan area kulit yang memiliki kencenderungan jerawat akan timbul dua kali sehari. Membersihkan kulit akan menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati. Gunakanlah produk perawatan kulit yang berbahan dasar air dan bebas dari kandungan minyak
     
  • Gunakan krim atau jel penghilang jerawat untuk membantu kulit tetap kering dari minyak yang berlebih. Gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid sebagai bahan aktif.
     
  • Hindari alas bedak makeup yang tebal. Gunakan kosmetik krim sebagai alas sebelum kosmetik bubuk dipakai.
     
  • Bersihkan makeup sebelum tidur. Tidur dengan kosmetik yang masih menempel pada kulit dapat menyumbat pori-pori kulit. Pastikan juga Anda tidak menggunakan kosmetik lama.
     
  • Bersihkan peralatan kosmetik anda secara berkala dengan air sabun guna mencegah datangnya bakteri berbahaya.
     
  • Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang ketat dapat menyimpan panas dan uap air dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Hindari juga tali / karet, tas punggung, helm atau peralatan olahraga yang ketat untuk mencegah tekanan pada kulit.
     
  • Mandilah setelah berolahraga atau melakukan aktifitas yang mengeluarkan banyak keringat . Minyak dan keringat pada kulit dapat menahan kotoran dan bakteri.

 

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Jerawat Karena Pcos

    Dokter.. Bagaimana cara menyembuhkan jerawat karena pcos?

    Detail Answer
  • Jerawat Pertanda Ingin Haid

    pagi dok, saya ingin bertanya, apakah jika ada timbul jerawat di muka setiap bulannya, itu pertanda akan datang waktu haid. karena saya wanita yang sudah menikah dan menantikan kehamilan. Trims,

    Detail Answer
  • Kulit Kusam

    dok kenapa ya kulit wajah saya kusam sekali pdhl suka pake produk pencerah wajah kulit wajah dan leher beda jauh sekali.. apakah karena jerawat

    Detail Answer
  • Jerawat

    dokter.. Kenapa jika berjerawat saya cendrung berbekas, membuat saya risih, bagaimana solilusinya dokter..

    Detail Answer
  • Kulit Wajah

    Dokter apa yang harus saya lakukan, kulit wajah saya berminyak dan berjerawat, apa sudah harus ke dokter kulit?

    Detail Answer
  • Jerawat Komedo Hilang Timbul

    Selamat siang dokter. Saya mempunyai masalah kulit wajah saya dok, cenderung kering dan timbul jerawat kecil2 seperti papule. Saya dulu pernah ke dokter kulit dan katanya jerawat komedonal dan saya d beri cream malam yg isinya kombinasi antibiotik. Tapi hasilnya tetap dok, kulit saya jerawat hilang tp disertai timbul lagi jerawat yang baru, ini terus menerus siklusnya sehingga kadang saya berpikir apakah perlu saya peeling saja dok? Saya ingim wajah saya bebas jerawat kecil2 ini. Padahal saya sudah menjaga makanan saya yg berlemak lebih, sering cuci wajah. Mohon sarannya dokter..

    Detail Answer
  • Cara Berhenti Pakai Cream Pemutih

    dok,, saya sudah pakai pemutih 2 tahun yang lalu, kemaren saya sudah coba berhenti hasil nya kusam, kucel, hitam.. bagaimana cara berhenti yang benar dok?

    Detail Answer
  • Jerawat

    selamat malam dok kapan kita mulai tumbuh jerawat dan apakah makanan yang tidak boleh di makan?

    Detail Answer
  • Apakah Kunyit Baik Untuk Kulit?

    Dokter, apakah sudah teruji klinis bahwa pasta dari kunyit kalau digunakan sebagai masker bisa meredakan jerawat meradang dok?

    Detail Answer
  • Indikasi Obat

    Dok saya beberapa hari yg lalu kena alergi ikan dan berobat ke dokter spesialis kulit kelamin, dokternya meresepkan curlive tablet 30 kapsul 3x1 dan juga kapsul yg diracik. Yg ingin saya tanyakan, curliv tablet indikasinya untuk kulit apa ya dok?krn yg saya baca di internet, curliv tablet indikasinya untuk pengobatan penyakit hati dok? Oya dok 3 bulan sebelumnya juga saya berobat ke beliau dg keluhan jerawat di pipi dan beliau juga meresepkan culrliv tablet ini dok dg dosis dan jumlah yg sama. Mhn jawabannya ya dok. Terima kasih

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Jerawat

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Jerawat ?
Ask Doctor