Profile
All Topic

Pusat Informasi Insomnia

Tentang Insomnia

Insomnia merupakan suatu masalah tidur secara umum yang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Orang-orang dengan insomnia akan mengalami kesulitan tidur atau tetap tertidur. Mereka mungkin bangun pada malam hari atau bangun terlalu pagi keesokan harinya.

Gejala

Berikut gejala-gejala insomnia  :

  • Anda menjadi lebih sulit tidur. Hal ini dapat berarti berbaring di tempat tidur sampai satu jam atau lebih, bolak-balik, hingga menunggu untuk jatuh tertidur.
  • Bangun pada malam hari dan mengalami kesulitan untuk tidur kembali.
  • Bangun terlalu dini di pagi hari.
  • Merasa lelah ketika mereka bangun, seperti mereka tidak cukup tidur.
  • Merasa kesal, mengantuk, atau cemas, dan tidak mampu mendapatkan sesuatu dilakukan pada siang hari.

Penyebab

Insomnia dapat disebabkan oleh banyak hal. Berikut beberapa penyebab terjadinya insomnia pada seseorang :

  • Stres
  • Depresi
  • Kebiasaan tidur yang buruk
  • Perubahan kebiasaan tidur Anda atau lingkungan
  • Masalah kesehatan lainnya
  • Stimulan
  • Kurang olahraga teratur

Faktor Resiko

Resiko terkena insomnia antara lain:

  • Wanita dua kali lebih besar kemungkinannya mengalami insomnia. Perubahan hormon saat siklus dan menopause memainkan peran
  • Berusia lebih dari 60 tahun
  • Mengalami gangguan kesehatan mental
  • Mengalami stress
  • Bekerja pada malam hari
  • Konsumsi kafein, nikotin, atau alkohol

Komplikasi Akibat

Dampak yang ditimbulkan oleh insomnia kronik yaitu gangguan mood, konsentrasi, daya ingat.

Diagnosa

Penegakan diagnosis insomnia bisa didapat melalui anamnesis, dan pemeriksaan tambahan seperti sleep wake diaries, aktigrapi, polisomnograpi.

Pengobatan

Beberapa orang mungkin perlu obat sementara untuk membantu mereka tertidur. Dokter sering meresepkan obat untuk waktu yang singkat jika pengobatan lainnya tidak bekerja. Tetapi obat tidak bekerja dengan baik dari waktu ke waktu sebagai perubahan gaya hidup dan perilaku.

Pengobatan yang terbaik sebagai pengobatan jangka pendek dikombinasikan dengan perubahan gaya hidup dan perilaku. Biasanya, dokter akan menyarankan konseling, yang dapat membantu Anda mempelajari kebiasaan baru yang dapat membantu Anda tidur lebih baik.

Pencegahan

Untuk mencegah insomnia, anda dapat menerapkan beberapa tips berikut:

  • Hilangkan semua kecemasan sebelum anda ingin memulai tidur
  • Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.
  • Mengatur ruang tidur senyaman mungkin. Lalu, ciptakan suasana yang tenang dan gelap, dan gunakanlah bantal atau selimut yang bersih dan segar dan jaga suhu ruangan senyaman mungkin (jangan terlalu panas atau dingin).
  • Hindari mengkonsumsi zat terlarang dan minuman keras.
  • Hindari konsumsi kafein dalam segala bentuk setelah makan siang.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Insomnia

    Dok kemaren sy seharian tidak bisa tidur hanya sore 1,5 jam trus mlm smpai pgi smpai besoknya lgi jam 9 mlam br bsa tdur, hal itu bermula pda saat ada suatu masalah yg begitu membebani pikiran dan perasaan sehingga membuat tubuh tidak bisa tidur..bagaimna dok ini apa bhaya? Trs kok fases sya jg jd hitam tdi pgi..

    Detail Answer
  • Kadang-kadang Terbangun Sendiri Di Tengah Malam / Subuh Ketika Sedang Tidur

    Hal ini sudah saya alami selama setahun, kadang-kadang saya suka terbangun sendiri tanpa saya sadari, saya akan sadar sekitar 5-10menit. Kadang-kadang pun saya membuka lampu kamar sendiri dan langsung duduk di meja komputer tanpa melakukan apapun, lalu 5-10menit kemudian saya baru sadar. Hari ini pun kembali terjadi, saya rasa ada 2x terbangun tapi yang saya paling ingat adalah saya membuka lampu kamar dan mengganti pakaian saya, lalu duduk. Apakah ini membahayakan saya untuk kedepannya, lalu penyakit apa yang saya derita sekarang ini ? Terima kasih #Maaf sebelumnya, topiknya saya tidak tahu, maka saya pilih Insomnia sebagai topik pertanyaan ini.

    Detail Answer
  • Kenapa Selalu Pusing?

    Saya usia 22 thun.. sering sekali merasa sakit kepala.. badan juga selalu lemas dan lesu memang tiap di tensi 95/70 paling segitu aja.. tapi tiap malam memang susah tdr.. bahkan siang saya tdak pernah merasa mengantuk.. malam tdr juga tidak pulas.. kebangun terus dan selalu merasa kaget bahkan suka teriak .. knpa ya dok?

    Detail Answer
  • Sulit Tidur & Napsu Makan Berkurang

    Sudah hampir 2 minggu belakangan ini saya sulit untuk tidur bisa di hitung rata" perhari untuk tidur 2-4jam/hari dan untuk nafsu makan pun berkurang biasanya 2 Kali sehari namun belakangan ini 1 Kali bahkan sering tidak makan berat hanya makan buah atau snack saja, Kira" adakah kolerasi dengan tingkat stress? Dan apa kiranya solusi terbaik ? Regards

    Detail Answer
  • Kurang Tidur

    Dok, saya mau bertanya. Saya remaja usia 15 tahun, duduk di bangku SMA. Karena kegiatan yang padat, mengharuskan saya beraktivitas terlalu banyak, seperti ekstrakulikuler, bimbel, les privat, dan lain-lain. Saya biasa berangkat sekolah jam setengah 6 pagi, dan sampai ke rumah lagi jam 7 malam. Saya juga jarang tidur karena malam hari saya selalu dipakai untuk mengerjakan tugas. Belakangan ini, karena sering tidak tidur, mata saya selalu kelelahan. Sekalinya tidur pun, paling hanya 3 sampai 4 jam. Saya kurang konsentrasi pada saat belajar. Saya juga lebih sering terserang sakit (demam, flu, dll). Apakah ada dampak negatif yang besar jika saya kekurangan tidur secara berkala (misalnya mempengaruhi otak atau syaraf dan lain sebagainya)? Terima kasih, dok.

    Detail Answer
  • Cara Mengatasi Insomnia

    sore dokter setiap hari saya kan selalu insomnia karena terlalu seringnya sampai sampai saya bisa tidur jam 4 kalau tidak jam 7 pagi dan terkadang saya tidur hanya sekitar 4 jam saja itu sangat tidak mengenakan dok bagaimana caranya agar saya bisa menghilangkan insomnia saya ini

    Detail Answer
  • Sulit Tidur Dan Berat Badan Menurun

    Dok saya berumur 18th . 2 hari ini saya sulit tidur dok , saya suka tidur jam 3 pagi dan bangun jam 8 pagi. Saya ingin sekali tidur teratur tetapi sulit kalo dipaksakan untuk tidur . Dan akhir2 ini berat badan saya semakin menurun. Solusi nya gimana dok ? Menurut dokter apa yang harus saya lakukan ?

    Detail Answer
  • Akibat Histerektomi Jadi Insomnia? Bgmn Caranya Supaya Sembuh Dari Insomnia & Pegal2 Di Punggung?

    Halo Dok..saya pada bulan Maret 2016, 1 tahun yg lalu harus melahirkan secara caesar karena ada myom di kandungan saya. Lalu ternyata saat operasi caesar dilakukan, myom menutupi jln lahir sehingga hrs dilakukan proses pengangkatan myom terlebih dahulu baru bayi dpt dikeluarkan dari rahim. Setelah proses SC, terjadi atonia utery sehingga dilakukan operasi kembali, yg memerlukan tindakan histerektomi. Selama proses tersebut sempat mengalami kondisi koma selama 1malam (selama 3 hari, total transfusi darah 16 kantong). Sempat MRI dan konsultasi dgn bbrp dokter, dan ada diagnosis hipoksi di otak. Sejak kejadian tersebut sy jd susah tdr, sempat konsultasi ke psikiater dan mnm obat, karena takut ketergantungan obat, maka skrg mencoba obat herbal. Namun susah tdr msh dialami dan juga pegal2 di punggung saya. Saya ingin menanyakan bagaimana caranya supaya saya bisa sehat kembali (tidak mengalami insomnia lagi & tidak merasa sakit di punggung) ? Olahraga apa yg sebaiknya saya lakukan? Trims Dok

    Detail Answer
  • SUSAH TIDUR

    malem dok, saya udah hampir 5 bulan susah tidur, tiap udah mau tidur kebanyakan mikir, gara2 gak bisa tidur langsung main gadget, tapi pas berhenti dan usaha tidur malah susah. udah usaha buat gak tidur siang, minum susu seblm tidur, tapi pas dikasur susah tidurnya dari jam yg udah ditetapkan. kadang bisa sampe pagi baru bisa tidur, malah ada yg gak tidur sama skali. udah mau niat minum obat tidur tapi katanya harus hati2. kira2 ada penanganan yg lebih ampuh gak dok? soalnya ini mulai mengganggu rutinitas saya. makasih.

    Detail Answer
  • Susah Tidur

    dok kalo malam sering banget susah tdr knp ya dok?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Insomnia

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Insomnia ?
Ask Doctor