Profile
All Topic

Pusat Informasi Hipertiroid

Tentang Hipertiroid

Hipertiroid adalah kondisi berlebihnya jumlah hormon tiroid. Hipertiroid bisa menyebabkan segala sesuatu yang ada didalam tubuh bekerja dengan terlalu cepat (mempercepat metabolisme tubuh), misalnya, berat badan turun dengan cepat, jantung berdetak kencang, banyak berkeringat, gugup. Kelenjar tiroid terletak di bagian depan leher dan berfungsi untuk mengontrol metabolisme tubuh, mengolah makanan menjadi energi. Metabolisme juga mempengaruhi kerja jantung, tulang, otot dan kolestrol. Tiroid memproduksi 2 hormon utama, yaitu tiroksin (T-4) dan triodotironin (T-3), hormon yang mengatur penggunaan lemak dan karbohidrat, mengatur suhu tubuh, kecepatan jantung dan produksi protein. Tiroid juga memproduksi kalsitonin, hormon yang mengatur kadar kalsium dalam darah. Jika tidak segera diobati, hipertiroid akan sangat berbahaya bagi jantung, tulang dan dapat mengakibatkan thyroid storm.

Gejala

Beberapa gejala hipertiroid adalah sebagai berikut :

  • Cepat lelah, lemah, gugup, moody.
  • Tangan bergetar (tremor), jantung berdetak dengan cepat, kesulitan bernapas.
  • Mudah berkeringat, kulit gatal dan kemerahan.
  • Pergerakan usus (fungsi kerja) yang tidak biasa.
  • Rambut rontok.
  • Bisa jadi berat badan menurun walaupun sudah makan dengan teratur.
  • Perubahan jadwal menstruasi.
  • Sensitiv terhadap suhu panas, sulit tidur.

Penyebab

Hipertiroid disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh alami yang menyerang kelenjar tiroid dan kelenjar tersebut ‘melawan’ kembali dengan menproduksi banyak tiroid. Seperti penyakit tiroid lainnya, umumnya hipertiroid adalah penyakit turunan. Hipertiroid juga dapat disebabkan oleh pembengkakan kelenjar tiroid atau tumbuh membesar dan toxic adenoma (tumor).

Diagnosa

Diagnosis yang dilakukan adalah uji fisik, misalnya cek jantung, bagian leher, kepala dan tes darah untuk mengetahui kadar tiroid.

Pengobatan

Perawatan hipertiroid sangat tergantung dengan apa yang menjadi penyebab hipertiroid Anda, usia, pengobatan yang sedang dijalani dan kadar tiroid.

Initial treatment :

  • Radioaktiv iodin akan menghancurkan kelenjar tiroid tapi tidak berbahaya bagi bagian tubuh lain. Perawatan ini hanya bisa dilakukan jika usia penderita diatas 50 tahun dan terjadi pembengkakan. Radioaktiv tidak dapat digunakan jika penderita sedang hamil, menyusui dan terkena tiroiditis.
  • Obat anti atiroid dapat diberikan jika gejala hipertiroid masih ringan dan pembengkakan masih relativ kecil. Obat anti tiroid tidak merusak kelenjar tiroid dan berlaku bagi penderita yang berusia dibawah 50.
  • Pembedahan, jika kelenjar sudah sangat besar, mengakibatkan penderita kesulitan menelan dan bernapas atau jika radioaktiv dan obat tidak dapat membantu.

Ongoing treatment :

  • Tes darah untuk mengecek kadar hormon tiroid.

Efek samping dari pengobatan-pengobatan ini adalah kemungkinan penderita menjadi hipotiroid (kadar tiroid menjadi terlalu rendah), yang gejalanya adalah : berat badan naik dan cepat lelah.

Pencegahan

Untuk mencegah hipertiroid bertambah parah, segera berhenti merokok, olahraga teratur, relaksasi, konsumsi vitamin D dan kalsium.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Penderita Hipertiroid

    saya wanita umur 29th... saya menderita hipertiroid ,,,, dokter saya menyarankan untuk tidak mengkonsusmsi yodium, sedangakan yodium itu sendiri tidak hanya ada pada garam dapur saya. seafood, rumput laut,daging sapi dan daging ayam serta telur dan sayur serta buah mengandung yodium yang tinggi, pertanyaan saya ,,,,, bagaimana pola saya untuk mengkonsumsi makanan??? agar saya teteap menghindari yodium dan juga tetap mendapatkan vitamin dari makanan yang saya konsumsi ,,,, karena sebagian besar makanan tidak dapat saya konsumsi karena yodium. terima kasih

    Detail Answer
  • Makanan Yang Boleh Di Makan Penderita Hipertiroid

    makanan apa saja yang mengandung yodium ,,,, saya penderita hipertiroid ,,, jdi diet yodium

    Detail Answer
  • Hipertiroid

    Apa aja anjuran dan pantangan makan bagi penderita hipertiroid? Garam tidak beryodium beli dmn ya dan kandungan garam non yodium apa ya?Terima kasih dok Saya usia 37 taun

    Detail Answer
  • Sakit Hipertiroid

    Dear dok, Saya divonis hipertiroid 2 minggu yg lalu dan diberi obat thyrozol (2x sehari), propanolol (2x sehari) dan opizolam (1x sehari saat malam), FT3 4.62 (2.3-4.2), FT4 1.4 (0.82-1.51), dan TSHs 0.005. Sakit di leher kiri dan kanan ditekan sudah dari sebelum lebaran, tetapi saat itu tidak ada rasa pusing atau gangguan kesehatan lain, saya sempt diberi obat tenggorokan. Mulai setelah lebaran sakit pusing & cekot2 di gigi/gusi sangat menganggu aktivitas sampai badan panas demam. Tapi sakit yg kanan sudah tidak berasa jika ditekan. Jika sakit cekot2 kambuh saya minum ibuprofen 400mg. Apakah saat pengaruh ibuptofen hilang, maka sakit digigi/gusi bawah paling bawah, persis diatas leher yang sakit jika ditekan yaitu sebelah kiri. Pertanyaan saya, apakah saya akan terus tergantung pada ibuprofen setiap kali terasa sakit di gigi/gusi? Sampai saat ini saya tidak ada keluhan lain, yang sering mengganggu aktivitas sehari2. Atau adakah cara lain agar gigi/gusi bawah kiri tidak sakit?.

    Detail Answer
  • Tiroid

    Dok, ibu saya punya penyakit hipertiroid, dulu kelenjar tiroidnya membengkak dan alhamdulilah sekarang sudah tidak membengkak lagi. Setelah beberapa bulan mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter, kemudian baru baru ini ibu saya didiagnosa hipotiroid oleh dokter. Itu gimana ya dok? Dan dokter meresepkan levotiroksin tablet no vii. Mohon penjelasannya dok,

    Detail Answer
  • Hipertiroid

    Saya wanita 33 tahun,punya riwayat penyakit bronkitis dan berat badan hanya 32kg.Akhir2 ini setiap. Selesai makan malam ataupun minum air putih tengah malam saya mengalami sesak nafas apa solusi untuk penyakit saya dok,saya mengalami ini sudah hampir 8tahun

    Detail Answer
  • Gemetaran Badan

    Permisi dok, saya mau tanya, saya udah lama sekali sekitar 3tahun mungkin, tangan saya ini kalo megang barang kaya gemetaran tapi saya ga begitu kerasa yg bisa liat org lain katanya kalo saya megang barang itu suka gemetar, padaal saya biasa ga lagi gugup atau apa, saya sering presentasi didepan kelas terus saya tanya ke dia, katanya saya kaya org gugup sebenernya saya biasa aja dok, jadi saya ga ngapa ngapa tu gemetar sendiri kaya org gugup, trs klo ada apa apa itu saya kagetan wlpun sm hal hal kecil, kalo saya inget inget dok awal mula saya gemetar gini tu dulu saya klo dikamar mandi tu lama trs seringnya bude saya ngetok kamar mandi keras sampe saya kaget , itu berulang kali dok, jd setelah itu saya gampang kagetan sm kaya keliatan gugup gitu dok, jadi ini yg salah sama saya apa ya dok ? Apa saraf saya atau gimana dok, terima kasih.

    Detail Answer
  • Hipertiroid

    Tanya dokter, hasil lab endokrin, tsh 0.8,t4:17.83, F3: 3.76 rujukan 4.83. detak jantung cepat,sering mshlapar meskipun baru mkn. Bagaimana hasil lab tersebut? Ari

    Detail Answer
  • Penggunan POVIDONE IONDINE Pada Penderita Tiroid

    Dok, kemarin saya membeli obat Kumur BETADINE, yg kandungnnya povidone iodine 1%. Saat membeli sy tdk membaca, kalau pnderita gangguan fungsi tiroid tdk boleh memakai. 5 tahun yg lalu sy HIPERTIROID dan sudah sembuh saat ini. Apa pemakaian obat kumur tsb bs mempengaruhi kembali hipertiroid saya? Terimakasih

    Detail Answer
  • Hipertiroid

    Siang dok Saya punya keluhan jantung berdebar dan saya di sarankan dokter untk tes FT4..dan hslnya saya kurang mengerti dok Diketerangan di tuliskan sprt ini : Hasil : 1.31 Nilai rujukan : 0.82 - 1.51 Satuan : ng/dl Ket : dewasa Apa mksd dngn hasil d ats dok..apa saya positif hipertiroid? Mohon penjelasannya dok Terima kasih.

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Hipertiroid

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Hipertiroid ?
Ask Doctor