Profile
All Topic

Pusat Informasi Hipertensi

Tentang Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit kardiovaskular yang sangat umum. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menekan dinding arteri, akan sangat berbahaya bagi jantung dan meningkatkan resiko stroke. Semakin tinggi aliran darah yang dipompa jantung, semakin sempit arteri, semakin tinggi tekanan darah. Tekanan darah yang normal adalah 115/75 mm Hg sampai 120/80 mm Hg.

Gejala

Tekanan darah tinggi dapat terjadi bertahun-tahun tanpa dirasakan gejalanya. Adapun gejala dari hipertensi adalah pusing dan mimisan (darah yang keluar melebihi normal).

Penyebab

Penyebab hipertensi dibagi dalam 2 tipe :

  • Primary (essential) hypertension
    Tidak ada penyebab hipertensi jenis ini. Tekanan darah cenderung naik dan bertahan selama bertahun-tahun.
  • Secondary hypertension
    Tekanan darah naik dengan tiba-tiba. Bisa disebabkan karena adanya gangguan ginjal, tumor kelenjar adrenal, cacat lahir pada pembuluh darah, pengaruh obat (misalnya pil KB) dan obat berbahaya (misalnya kokain dan amfetamin).

Faktor Resiko

Beberapa faktor yang memicu seseorang terkena hipertensi adalah :

  • Usia.
    Umumnya tekanan darah akan terus meningkat, seiring dengan bertambahnya usia. Pada pria, tekanan darah akan terus meningkat sejak memasuki usia paruh baya, dan setelah menopause pada wanita. 
  • Ras.
    Lebih beresiko tinggi bagi kulit hitam.
  • Faktor keturunan.
  • Obesitas.
    Semakin berat, badan seseorang, semakin banyak kadar oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh jaringan. Semakin bertambah aliran darah yang melewati pembuluh, semakin banyak juga tekanan pada dinding arteri.
  • Jarang beraktivitas. 
  • Tembakau.
    Baik dalam bentuk rokok maupun permen. Selain itu, zat kimia dari tembakau juga dapat menyebabkan kerusakan pada dinding arteri. Dinding jadi menjadi sempit.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi garam (sodium) atau kekurangan potassium dan vitamin D.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.
  • Stress, kehamilan dan akibat dari penyakit lainnya, seperti diabetes, kolesterol tinggi dan gangguan ginjal.

Komplikasi Akibat

Tekanan pada pembuluh darah dapat merusak dinding arteri dan organ tubuh lainnya. Misalnya :

  • Serangan jantung atau stroke.
  • Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penebalan dan pengerasan arteri (atau aterosklerosis).
  • Aneurisma adalah pembuluh darah yang melemah dan menonjol.
  • Gagal jantung.
  • Pembuluh darah di ginjal menjadi lemah dan menyempit. Akibatnya ginjal tidak berfungsi dengan baik.
  • Pembuluh darah di mata menjadi lemah dan menyempit. Penglihatan menjadi kabur.
  • Metabolik sindrom misalnya meningkatnya kadar trigliserida atau insulin.
  • Gangguan memori, misalnya ksesulitan mengingat, berpikir dan belajar.

Diagnosa

Untuk mendiagnosa hipertensi, dilakukan tes urin, tes darah dan electrocardiogram (ECG).

Pengobatan

Contoh obat untuk perawatan hipertensi, diantaranya adalah :

Thiazide diuretics, Beta blockers, Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitors, Angiotensin II receptor blockers, Calcium channel blockers, Renin inhibitors.

Pencegahan

Hal-hal yang wajib dilakukan untuk mencegah hipertensi adalah : 

  • Mengkonsumsi makanan sehat.
  • Mengurangi konsumsi garam. 
  • Mengatur berat badan.
  • Olahraga teratur. 
  • Mengurangi konsumsi alkohol. 
  • Menghindari rokok. 
  • Mengelola stress dengan baik.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Hipertensi Saat Hamil

    Hallo dokter yg baik Saat ini Saya hamil 35 mingu umur 27 th,tensi saya selalu naik turun 130-150 saat masuk usia kehamilan 6bln,dan diberi obat aspilet setelah itu adalat oros 30 apakah obt tsb aman untuk ibu hamil serta janinya ya?

    Detail Answer
  • Hipertensi Dan Olahraga Beban

    Selamat malam dok, panggil saja saya ray umur saya 22thn saya mengidap penyakit hipertensi dengan tensi di atas 140/100 atau terkadang bisa mencapai 170/110 klo malam hari saya penggila gym dok latihan angkat beban dan juga futsal dalam seminggu saya biasa gym dalam 5hr (3hr latihan 1hr rest dan 2 hr latihan kembali) dan 1hr untuk futsal jd dalam seminggu saya hanya punya 1hr tanpa olahraga pertanyaan saya saya dengar kata orang kalo hipertensi tidak boleh melakukan olahraga berat apakah itu benar dok? terus bagaimana solusi terbaik bagi saya yang sudah sgt maniac sekali dengan olahraga gym bahkan jika sehari saja saya tdk gym terasa kurang dok bahkan terkadang dalam seminggu saya bisa full olahraga gym dan futsal terima kasih sebelumnya jika dokter berkenan menjawab pertanyaan saya

    Detail Answer
  • Keliyengan Selama Sebulan Tidak Kunjung Sembuh

    Selamat pagi dok , nama saya Randy Toni umur 25 thn . sebulan yg lalu saya mengalami rasa Keliyengan dan badan mudah lelah sekali kg di tenggorokan terasa tidak nyaman . Setelah saya periksakan kata dokter memang radang tenggorokan . Seminggu Lagi saya coba cek lab dan hasil menunjukkan Tipes lama saya kambuh juga ada infeksinya . Terakhir saya periksa di dokter yg lain hari Sabtu kemarin tensi saya tinggi 150 dok . Kenapa kok Keliyengan saya masih belum hilang dok setelah diberikan obat2 dari dokter2 tersebut ? Terkadang juga akhir2 ini saya mengalami saat tidur tiba2 terbangun seperti kaget perut sakit , kadang tenggorokan tidak enak juga . Mohon jawabannya dok

    Detail Answer
  • Injek Neurobion

    Dok saya mau tanya apakah pasien dengan tensi 150 bisa di suntik neurobion atau tidak ? Bahaya gk dok klau di suntik?

    Detail Answer
  • Masalah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    Saya Henry usia 44 thn...tekanan darah sistolik saya berkisar 140-150 sementara diastolik 90-105...dari keluarga ada yg hipertensi. Berat badan 84 kg dgn tinggi 172 cm. Tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman keras/beralkohol, hanya sesekali minum kopi, memang belakangan ini jarang berolah raga. Saya suka sekali makan sayuran, buah, dan makansn berserat lainnya, seperti rutin mskan oatmeal dgn susu low fat hampir setiap pagi. 2 bln belakangan ini, karena tekanan darah saya dinyatakan tinggi oleh dokter, mska saya diberi obat Irbesartan 150 mg, yg diminum dgn dosis 1/2 kapsul setiap pagi DAN Bisoprolol 5mg dg dosis 1/2 tablet yg diminum tiap malam. Setiap hari saya rutin mengkonsumsi keduanya sesusi dosis yg dianjurkan, memang sih kadang bolong juga, lupa minum. Yg ingin saya tanya, apakah dosis yg diberikan sdh tepat ? Mengingat tekanan darah masih berkisar di 145/105, atau karena beberapa faktor lain seperti yg sdh saya sebutkan tadi, menyebabkan tekanan darah sy blm normal ?Thx

    Detail Answer
  • Tensi 130/80 Tinggi Atau Tidak?

    Sore dok, saya fitri umur 25. Saat ini keadaan saya sedang haid tadi saya ke dokter karna pusing dan mual. Saat di tensi darah saya 130/80 apakah tensi segitu dikatakan hipertensi atau tidak?

    Detail Answer
  • Hipertensi Dan Sesak Napas

    Selamat malam dok saya ingin bertanya mengenai gangguan penyakit yang di derita ibu saya akhir ini. Jadi ibu saya sering mengalami hipertensi dok bahkan sewaktu itu mencapai 234, dan sempat di rawat di rumah sakit. Dan harus mengkonsumsi obat dengan jumlah yang banyak. Tapi akhir ini tensi ibu saya relatif stabil dok tapi ibu saya sering mengalami gangguan pernapasan, seperti sesak nafas dan jantung yang berdebar debar. Apa kah ini ada hubungannya dengan obat yang selalu di konsumsi ibu saya? Atau mungkin ini adalah gejala penyakit jantung? Mohon penjelasannya, jawaban dokter amat saya nantikan. Terimakasih, wassalamualaikum. Wr. Wb

    Detail Answer
  • Hipertensi Dan Nyeri Ulu Hati

    Dok... Tante saya mengalami tekanan darah tinggi, sering sakit perut dan nyeri pada lambung. Tekanan darah biasa 200/100 dan biasa langsung tiba-tiba turun 140/70... Apakah Tante saya mengalami juga gangguan jantung???

    Detail Answer
  • Suka Sesak Nafas

    Siang dok. Saya ahmad 23 thn. Desember lalu saya terkena hipertensi dok sampai 170/110. Kondisi badan saya tdk nyaman sekali. Mata buram, jantung berdebar dan mudah sekali lelah sampai saya tidak dapat beraktivitas keluar rumah. Sekarang kondisi saya sudah membaik dok, sudah bisa aktivitas keluar rumah walau blm bisa terlalu cape. Sampai saat ini sayaasih menjaga pola makan dan rajin berolahraga. Cuma yg saya mau tanyakan adalah ketika badan saya mulai terasa lelah saya merasakan sesak nafas dok dan pandangan mata suka kabur. Itu kenapa ya dok? Terima kasih ..

    Detail Answer
  • Jantung, Hipertensi Atau Hipotensi ?

    Hi dok. Saya faisal 23 thn. Tinggi 175, bb 87kg. Saya baru mengetahui kalau saya terkena hipertensi awal desember kemaren. Dengan tensi 170/110. Saya langsung ubah pola hidup olahraga serta diet dan terapi obat captopril 25 mg. Tgl 20 desember tensi saya 130/80. Tapi ada satu gejala yang belum hilang sampai sekarang dok. Ketika saya duduk diam saat berkendara kenapa kaki saya dingin, lalu badan saya lemas dan rasa mau pingsan dok. Tapi ketika saat sepedaan, senam dan home workout saya aman2 saja dok padahal saya capeknya luar biasa keringat banyak. Menurut dokter saya kenapa ya? Saya bingung dok. Mohon jawabannya, terima kasih dokter..

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Hipertensi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Hipertensi ?
Ask Doctor