Profile
All Topic

Pusat Informasi Gigi & Kesehatan Mulut

Tentang Gigi & Kesehatan Mulut

Jangan anggap enteng perihal kebersihan dan kesehatan gigi pun rongga mulut. Selain dapat mempengaruhi sistem pencernaan, ternyata terdapat banyak saraf di rongga mulut yang dapat mempengaruhi sistem saraf pada otak. Memelihara kebiasaan baik menyikat gigi sehari dua kali dan rutin periksa ke dokter gigi enam bulan sekali merupakan awal menuju kebaikan. Bukankah semua hal baik bermula dari rongga mulut.

Gejala

Berikut beberapa gejala yang dapat timbul apabila Anda tidak memperhatikan atau menjaga kesehatan gigi dan mulut :

  • Bau mulut
  • Ginggivitis (Radang gusi atau gusi bengkak)
  • Abses Gusi (Gusi bernanah)
  • Stomatitis (Sariawan)
  • Karies gigi (Gigi berlubang)

Penyebab

Makanan yang manis bila tidak segera menyikat gigi atau berkumur setelah mengkonsumsinya, akan tertinggal dan menyebabkan kerusakan gigi. Begitu konsumsi minuman seperti teh, kopi, minuman bersoda serta merokok dapat menimbulkan lapisan tipis di gigi yang disebut stain sehingga warna gigi menjadi kusam, kecolat-coklatan. Lapisan stain yang kasar itu mudah ditempeli sisa-sia makanan dan kuman, yang akhirnya membentuk plak. Jika tidak dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi dan bisa merambat ke akar gigi. Akibatnya gigi gampang goyang, dan mudah tanggal. Juga bisa terjadi abses atau gusi bengkak pada gigi tersebut.

Faktor Resiko

Tidak rutin membersihkan gigi merupakan faktor resiko utama timbulnya masalah pada gigi dan mulut. Faktor lainnya adalah,kebiasan merokok, kurang asupan vitamin di dalam tubuh, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi karbohidrat, serta konsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin.

Komplikasi Akibat

Masalah kesehatan mulut juga bisa menyebabkan banyak penyakit lainnya, seperti penyakit periodontal, endokarditis, masalah kehamilan hingga kanker.

Diagnosa

Diagnosa masalah pada gigi dan mulut ditegakkan berdasarkan wawancara medis, pemeriksaan langsung untuk melihat kelainan pada gigi dan mulut dan pemeriksan penunjang bila diperlukan.

Pengobatan

Bila mengalami masalah dengan gigi dan mulut sebaiknya melakukan pemeriksaan kedokter gigi dan menghindari hal-hal yang memperburuk atau memicu timbulnya keluhan.

Pencegahan

Agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut, berikut beberapa tips yang mudah Anda yaitu:

  • Bersihkan gigi secara teratur
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang manis dan lengket
  • Hindari rokok
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang berserat dan berair yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingi
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Lapisan Putih Lunak Di Lobang Bekas Cabut Gigi

    Pg dok, 2hr lalu saya cabut gigi. Sblmnya kondisi gigi sy berlobang besar dan sakit apabila digigitkan ke makanan, serta ada rasa gatal di bagian akar gigi. Dokter yg merawat mengatakan itu krn ada infeksi akar gigi. Stlh dicabut, tumbuh lapisan putih yg menutupi lobang bekas cabutan gigi td. Tidak sakit, tp kadang ada rasa gatal di bag dalam nya. Mohon bantuan jawaban dokter. Tksh.

    Detail Answer
  • GUsi Bengkak Pada Gigi Berlubang

    Dok obat apa yang pas untuk sakit gigi ku ini Gusi sampai membengkak hingga pipi terlihat tembem sevelah dok

    Detail Answer
  • Nyeri Di Langit Langit Mulut

    Selamat siang doang, saya punya keluhan nyeri sekali di ujung langit2 mulut bagian depan, terdapat kemerahan kecil di langit2 mulut. Nyerinya menjalar ke bagian gigi atas dan bawah, jadi gigi saya jadi sakit semua. Kira2 kenapa ya dok?

    Detail Answer
  • Cabut Gigi Geraham Atas Dan Bawah

    Dokter,seminggi yang lalu saya pergi ke dokter gigi untuk periksa gigi berlubang saya. Dokter menyarankan untuk mencabut gigi geraham atas dan bawah pada sisi kanan untuk di cabut bersamaan. Yang saya tanyakan apakah boleh mencabut 2 gigi geraham atas dan bawah secara bersamaan? Terima kasih

    Detail Answer
  • PIPI BENGKAK SETELAH SAKIT GIGI REDA

    Dokter,saya DWI umur 26 tahun. Saya mempunyai keluhan pada pipi kiri ,dengan kronologi setelah gigi berlubang saya tidak nyeri / sakit penyakitnya pindah ke pipi saya bengkak sebelah kiri ,sakit di gendang telinga dan tengorokan beserta ada benjolan kelenjar di bawah rahang. Pertanyaan saya apa gigi bungsu saya mau tumbuh apa cuma efek sakit gigi? Terimakasih dokter.

    Detail Answer
  • Melepas Behel

    Selamat siang dok, saya 3 hari yg lalu pasang behel promo dgn harga 2,7jt di dokter gigi umum yg bersertifikat kursus ortho. Tapi setelah pemakaian saya merasa salah langkah utk mengambil ke dokter umum yg harusnya sp ortho, karena saya terlalu terburu buru. Yang ingin saya tanyakan apakah saya perlu konsul ke dokter sp ortho utk menentukan tindakan lepas behel atau tidak? Karena saya khawatir tidak bagus hasilnya nanti, maka saya ingin stop dahulu utk pemakaian behel ini. Dan apakah saya boleh meminta lepas ke dokter gigi saya karena alasan takut tidak sesuai? Karena saya takut menyinggung beliau dgn alasan tsb. Saya takut ini berefek ke depannya, struktur gigi saya renggang dibawah dan crossbite. Beliau akan mancabut gigi saya setelah 1 bulan, apakah itu wajar? Maaf dok pertanyaan saya banyak dan terima kasih semoga ada jawaban terbaik.

    Detail Answer
  • Sakit Gigi Berpindah Pindah

    Gigi saya sakit berpindah pindah

    Detail Answer
  • Lepas Behel Sebelum Waktunya

    Dok, saya mau tanya kalau saya lepas behel yang baru sebulan karena saya pasang di dokter gigi umum yg bersertifikat ortho. Apakah ada efek pada gigi saya? Kalau saya baca di artikel, gigi akan goyang dan ngilu. Apakah goyangnya gigi bisa menyebabkan gigi akan copot dok? Karena khawatir kalau sampai copot. Terima kasih dok.

    Detail Answer
  • Pipi Bagian Dalam Sobek Kecil

    halo dok, 3 hari terakhir ini saya terganggu dengan sakit pada pipi bagian dalam, dan setelah saya lihat ternyata ada luka kecil seperti sayatan, dan warna mukosa sekitarnya menjadi agak pucat putih, saya rasa sayatan di akibatkan karena gigi bungsu bagian atas yg tumbuh agak miring yg dimana mahkota nya menempel ke bagian pipi. Hal ini membuat saya sulit mengunyah makanan karena ketika mengunyah, gigi langsung bersentuhan dengan pipi bagian dalam yg luka. Apakah ada obat untuk pereda nyeri, dan haruskah saya mencabut gigi bungsu tsb? terima kasih dok sebelumnya

    Detail Answer
  • Benjolan Di Gusi Bagian Atas Tepat Dibawah Hidung

    Selamat malam dok Saya mau bertanya, di gusi atas tapi posisinya sudah ddalam hidung tapi bagian bawah ada benjolan keras, apabila ditekan maka gigi kelinci saya bagian depan itu nyeri, beberapa bulan lalu pernah di tambal, tapi ada rasa sakit setelah 1 bulan tambal dok, dan sekarang benjolan itu masih ada. Kira kira apa penyebabnya ya dok? Apa pula nama penyakitnya, apakah itu biasa karena sensitif, atau gimana..saya takut dok . Mohon penjelasannya dok Terimaksih

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Gigi & Kesehatan Mulut

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor