Profile
All Topic

Pusat Informasi Gigi & Kesehatan Mulut

Tentang Gigi & Kesehatan Mulut

Jangan anggap enteng perihal kebersihan dan kesehatan gigi pun rongga mulut. Selain dapat mempengaruhi sistem pencernaan, ternyata terdapat banyak saraf di rongga mulut yang dapat mempengaruhi sistem saraf pada otak. Memelihara kebiasaan baik menyikat gigi sehari dua kali dan rutin periksa ke dokter gigi enam bulan sekali merupakan awal menuju kebaikan. Bukankah semua hal baik bermula dari rongga mulut.

Gejala

Berikut beberapa gejala yang dapat timbul apabila Anda tidak memperhatikan atau menjaga kesehatan gigi dan mulut :

  • Bau mulut
  • Ginggivitis (Radang gusi atau gusi bengkak)
  • Abses Gusi (Gusi bernanah)
  • Stomatitis (Sariawan)
  • Karies gigi (Gigi berlubang)

Penyebab

Makanan yang manis bila tidak segera menyikat gigi atau berkumur setelah mengkonsumsinya, akan tertinggal dan menyebabkan kerusakan gigi. Begitu konsumsi minuman seperti teh, kopi, minuman bersoda serta merokok dapat menimbulkan lapisan tipis di gigi yang disebut stain sehingga warna gigi menjadi kusam, kecolat-coklatan. Lapisan stain yang kasar itu mudah ditempeli sisa-sia makanan dan kuman, yang akhirnya membentuk plak. Jika tidak dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi dan bisa merambat ke akar gigi. Akibatnya gigi gampang goyang, dan mudah tanggal. Juga bisa terjadi abses atau gusi bengkak pada gigi tersebut.

Faktor Resiko

Tidak rutin membersihkan gigi merupakan faktor resiko utama timbulnya masalah pada gigi dan mulut. Faktor lainnya adalah,kebiasan merokok, kurang asupan vitamin di dalam tubuh, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi karbohidrat, serta konsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin.

Komplikasi Akibat

Masalah kesehatan mulut juga bisa menyebabkan banyak penyakit lainnya, seperti penyakit periodontal, endokarditis, masalah kehamilan hingga kanker.

Diagnosa

Diagnosa masalah pada gigi dan mulut ditegakkan berdasarkan wawancara medis, pemeriksaan langsung untuk melihat kelainan pada gigi dan mulut dan pemeriksan penunjang bila diperlukan.

Pengobatan

Bila mengalami masalah dengan gigi dan mulut sebaiknya melakukan pemeriksaan kedokter gigi dan menghindari hal-hal yang memperburuk atau memicu timbulnya keluhan.

Pencegahan

Agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut, berikut beberapa tips yang mudah Anda yaitu:

  • Bersihkan gigi secara teratur
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang manis dan lengket
  • Hindari rokok
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang berserat dan berair yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingi
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Sakit Gigi Geraham Pojok Kanan

    Dok saya mau bertanya, gigi geraham pojok bawah kanan saya bolong, pernah sakit rasanya tetapi hilang, tetapi setelah itu saya sakit membuka mulut saya cuma 2 jari sebelumnya bisa lebar seperti biasa, kenapa ya dok saya jadi susah makan dan membuka mulut dengan normal. Apakah harus cabut gigi geraham bungsu? Atau ada keluhan lain? Thanks.

    Detail Answer
  • Gigi Susu Patah

    Dok, anak saya berusia 16 bulan. Berjenis kelamin laki laki, tadi siang giginya bagian atas dikit patah karena terbentur meja, tapi gusinya tidak berdarah. Saya takut kalau gigi anak saya tidak beraturan atau tidak rapi lagi soallnya giginya gempil dok. Apa yang harus saya lakukan dok? Harus kah saya bawa ke dokter gigi? Terimakasih

    Detail Answer
  • Gigi Bayi Tak Kunjung Tumbuh

    selamat sore dok, semoga sehat selalu, dok saya mau tanya anak saya umur 14 bulan 9 hari,, sampe sekarang belum ada giginya,, bahkan tanda tandanya aja belum,, saya sdh konsul ke bidan di kasih vit+kalsium,, sampai berapakah batasan normalnya??? apa saya harus ke dokter gigi??

    Detail Answer
  • Gigi Busuk

    Selamat pagi dok,saya baru saja mengalami gigi busuk,sy cb mau cari solusi apa bisa gigi sy bagian belakang kiri itu ga do cabut alias d rawat atau di tambal dok,tolong solusinya dok?

    Detail Answer
  • Gigi Tidak Berlubang

    Gigi belakang saya bagian kiri tidak bolong tp aga menghitam dok,terkadang kalo di pakai kunyah sakit ,klo ditekan ga terlalu skt tp sdikit skt,ada apa ya dok dngn gigi sy,dpt sy bw ke dokter kt dokter gusi sy rapuh,tolong penjelasanya dok dan solusinya,krn ini sdh berlangsung 1 thnan,dulu lbh sk dok pas mkn stelah sy cb pk pasta gigi sensitif,aga menghilang sktnya,tp sy merasa khawatir kok ga kunjung hilang,akhirnya sy menghentikan pemakaian pasta gigi tersebut,tolong ya dong solusinya

    Detail Answer
  • Sariawan Hbs Cabut Gigi

    dok gigi rahang atas saya udah 1minggu dicabut tp pas dicabut gigi saya patah jd agak sulit ambil nya kok setelah itu kok ada putih kayak sariwan kulit ya sobek

    Detail Answer
  • Sakit Gigi Hingga Demam Tinggi

    Selamat malam dok, Bulan lalu tgl 22nov saya tambal gigi bungsu. Setelah ditambal, gigi saya baik2 saja hingga kemarin tgl 11des saya meminum air jahe. Kemudian gigi saya langsung nyut2an dan sakitnya hingga membuat saya demam tinggi. Kemudian saya tidak bisa tidur karena demam dan sakit gigi namun saat itu saya minum ponstan. Hingga pada saat saya bangun pagi, bagian bawah mulut saya sebelah kiri terasa kebas. Setelah itu saya ke dokter gigi, beliau bilang giginya terdapat lubang sedikit dan terjadi peradangan gigi. Sehingga gigi saya tidak bisa diperbaiki terlebih dahulu sampai radangnya sembuh dengan obat. 3 hari setelah pengobatan, saya dibongkar dan tambal sementara. Namun hingga saat ini gigi saya masih sakit kalau terjadi benturan dengan gigi atasnya. Tindakan yg terbaik seperti apa ya dok? Mengenai gigi saya yang masih sakit dan ngilu, dan juga rasa kebas di bawa mulut saya. Mohon pencerahannya dok. Terima kasih

    Detail Answer
  • Lidah Putih Disertai Bau Mulut Dan Nafas Bau

    Assalamualaikum . Saya memiliki keluhan nafas bau yang sudah lama saya alami mulai dari smp kelas 1 sampai sekarang yang sudah mau lulus smk. saya sudah cari tahu bagaimana cara mengatasi nafas bau dan mulut yang berbau tidak sedap tapi yang saya lakukan tidak ada hasilnya. Mohon jawabannya bagaimana saya harus mengatasi masalah ini. Terima Kasih

    Detail Answer
  • Gigi Geraham Bungsu Belakang Tumbuh Miring Ke Arah Pipi

    Dok gigi geraham belakang saya tumbuh miring ke arah pipi,tetapi tidak terasa nyeri apapun di daerah tersebut,apakah wajib dicabut dok memngingat tidak terasa nyeri dan tidaj terlalu bersinggungan dengan gigi di depannya

    Detail Answer
  • Pendarahan Setelah Cabut Gigi

    dear team meetdoctor, semalam sekitar jam setengah 9 saya melakukan cabut gigi geraham di dokter gigi, karena lubang sudah tidak bisa ditambal. saya sudah mengikuti anjuran dokter tsb dengan menggigit kapas selama setengah jam dan minum air dingin. namun hingga sekarang masih terjadi pendarahan di gusi bekas gigi yang dicabut itu. dan terasa nyeri. saya sudah minum obat yang diberikan berupa : antibiotik (holimox-500 amoxicillin) obat nyeri (cargesik-asam mefenamat) obat peradangan (kalmethasone-dexa) yang ingin saya tanyakan, kenapa masih terus terjadi pendarahan hingga sekarang. karena dari yang saya googling pendarahan terjadi sekitar 1-2 jam. dan bagaimana dengan nyeri yang juga saya rasakan apakah efek dari pencabutan / ada hal yang lainnya? terima kasih sebelumnya.

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Gigi & Kesehatan Mulut

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor