Profile
All Topic

Pusat Informasi Gigi & Kesehatan Mulut

Tentang Gigi & Kesehatan Mulut

Jangan anggap enteng perihal kebersihan dan kesehatan gigi pun rongga mulut. Selain dapat mempengaruhi sistem pencernaan, ternyata terdapat banyak saraf di rongga mulut yang dapat mempengaruhi sistem saraf pada otak. Memelihara kebiasaan baik menyikat gigi sehari dua kali dan rutin periksa ke dokter gigi enam bulan sekali merupakan awal menuju kebaikan. Bukankah semua hal baik bermula dari rongga mulut.

Gejala

Berikut beberapa gejala yang dapat timbul apabila Anda tidak memperhatikan atau menjaga kesehatan gigi dan mulut :

  • Bau mulut
  • Ginggivitis (Radang gusi atau gusi bengkak)
  • Abses Gusi (Gusi bernanah)
  • Stomatitis (Sariawan)
  • Karies gigi (Gigi berlubang)

Penyebab

Makanan yang manis bila tidak segera menyikat gigi atau berkumur setelah mengkonsumsinya, akan tertinggal dan menyebabkan kerusakan gigi. Begitu konsumsi minuman seperti teh, kopi, minuman bersoda serta merokok dapat menimbulkan lapisan tipis di gigi yang disebut stain sehingga warna gigi menjadi kusam, kecolat-coklatan. Lapisan stain yang kasar itu mudah ditempeli sisa-sia makanan dan kuman, yang akhirnya membentuk plak. Jika tidak dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi dan bisa merambat ke akar gigi. Akibatnya gigi gampang goyang, dan mudah tanggal. Juga bisa terjadi abses atau gusi bengkak pada gigi tersebut.

Faktor Resiko

Tidak rutin membersihkan gigi merupakan faktor resiko utama timbulnya masalah pada gigi dan mulut. Faktor lainnya adalah,kebiasan merokok, kurang asupan vitamin di dalam tubuh, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi karbohidrat, serta konsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin.

Komplikasi Akibat

Masalah kesehatan mulut juga bisa menyebabkan banyak penyakit lainnya, seperti penyakit periodontal, endokarditis, masalah kehamilan hingga kanker.

Diagnosa

Diagnosa masalah pada gigi dan mulut ditegakkan berdasarkan wawancara medis, pemeriksaan langsung untuk melihat kelainan pada gigi dan mulut dan pemeriksan penunjang bila diperlukan.

Pengobatan

Bila mengalami masalah dengan gigi dan mulut sebaiknya melakukan pemeriksaan kedokter gigi dan menghindari hal-hal yang memperburuk atau memicu timbulnya keluhan.

Pencegahan

Agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut, berikut beberapa tips yang mudah Anda yaitu:

  • Bersihkan gigi secara teratur
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang manis dan lengket
  • Hindari rokok
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang berserat dan berair yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingi
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Tentang Gigi

    Dok saya mau tanya,gigi geraham saya udah goyang goyang,terus saya cabut sendiri eh malah sebagian yang copot , sebagian gigi geraham saya yang masih tersisa saya paksain di cabut pake tangan,tapi kenapa ya dok ,yang saya rasain pas mau cabut gigi saya yang sebagian itu kerasa dalem nya tuh masih keras susah di cabut padahal udah dikit lagi mau copot,tapi malah ngebuat gusi saya bengkak,apakah tunggu dulu gusi saya sampai ga terasa sakit atau cabut ke dokter saja?

    Detail Answer
  • Gigi Depan Kelinci Ditambal

    Dok, apakah gigi depan kelinci yang di tambal jika tambalanya sudah hilang apakah bakalan ompong atau bolong?

    Detail Answer
  • Bau Mulut

    dokter, saya jngin bertanya, saya sepertinya bermasalah dengan bau mulut menahun. saya mengalaminya sudah cukup lama, ketika saya bicara saya cukup minder bahkan walau saya tidak bicara pun teman di sebelah saya terasa terganggu begitu, bagaimana mengatasinya dok? saya cukup menderita sebenernya

    Detail Answer
  • Impaksi Gigi

    Dok, ketika kita mengalami impaksi gigi, apa bisa menyebabkan kesemutan di bagian leher dan wajah?

    Detail Answer
  • Gigi Hampir Patah

    dok gigi saya hampir patah , hampir seluruh bagian sudah hampir terlepas dri gusinya tapi tgl sedikit dri.akar nya yg belum terlepas bagaimana cara yg aman untuk mencabut nya

    Detail Answer
  • Masalah Pada Gigi

    Halo Dok umur saya sekarang 21 tahun gigi paling belakang saya baru tumbuh tapi gigi nomor 2 dari belakang suda berlubang dan sudah agak goyang yang saya mau tanyakan jika gigi yg berlubang di biarkan lepas sendiri apakah masih bisa tumbuh lagi, jika gigi yg berlubang setelah lepas masih bisa tumbuh saya rela menahan sakit dok tapi jika tidak tumbuh lagi apakah harus segera di cabut terimakasih

    Detail Answer
  • Tambalan Gigi Sementara Terasa Pahit

    Dokter gigi saya baru di tambal sementara untuk yg ke 3x sebelum di tambal permanen, tetapi setelah di tambal kenapa terasa obatnya seperti merembes ke luar tambalan terasa pedis dan pahit jika bersentuhan dengan lidah, dan berbau obat, apakah itu bocor?? Karna tembelan semntara kemarin tidak seperti ini. Terimakasih dokter

    Detail Answer
  • Bibir Dagu Bawa Kanan Terasa Kebas

    Assalamualaikum wr wb...selamat pagi dok...saya rahmi mau menanyakan..asal mula ny sakit gigi geraham bawa sebelah kanan dan saya sdh konsultasi kedokter gigi..kata ny ad gigi yg mau tumbuh dn mendorong gigi lain nyaa..makanya terasa sakit skl..pertanyaan sy dok bibir bawa sebelah kanan dan dagu jg terasa kebas itu pengaruh dari gigi tersebut atau kebanyakan minum obat...saya jadi takut..dan juga untuk mangab agak sakit ap pengaruh dari sakit gigi itu tadi ya dok..tolong konfirmasi nya dok..trimakasih..

    Detail Answer
  • Sakit Gigi Ketika Ditekan Setelah Tambal Sementara

    Siang dokter, Saya nella usia 25th mau tanya ngilu digigi saya bagian bawah ketika ditekan setelah 3hr ditambal sementara terasa ngilu dan sakit, awalnya gigi saya ini sakit krna lubang digigi saya pas baru2 sakit saya hanya minum obat ponstan dan hilang sakit digigi saya tetapi akhir2 ini hampir setiap hari gigi saya sakit dan setelah seminggu saya memutuskan periksa ke dokter gigi dan gigi saya langsung dibersihkan, diberi obat dan ditambal sementara dan saya dijadwalkan dtng kembali setelah 7 hari untuk tambal permanent tetapi baru hari ke 3 gigi yg ditambal tsb jika ditekan atau berbenturan dgn gigi atas terasa ngilu dan sakit.. Yg ingin saya tanyakan apakah saya menunggu sd jadwal yg dokter berikan yaitu hr kamis tgl 11 jan atau besok saya udh balik lg ya ke dokter? Dan menurut dokter apakah yg saya rasakan ini normal atau adanya hal lain dok mohon penjelasan nya ya dok terima kasih

    Detail Answer
  • Pembengkakan Pipi Sebelah Tanpa Sakit

    Dok,sy mau tanya bbrp bulan yg lalu sy barusan operasi gigi bungsu pipi bagian kanan dan berjalan dengan baik dok,tapi sebelum saya operasi gigi itu kan pipi yg sbelah kanan,dokter heran kog pipi sebelah kiri bengkak tpi saya tidak merasakan sakit,sejak itu saya perhatikan ternyata betul wajah saya kog penceng bengkak sebelah kiri,tpi tdk skit dok,itu penyebabnya apa ya dok??apa ada pengaruh wktu dlu ya...sy dlu sering sakit gigi sblh kiri krna gigi saya lubang sampai bengkak,krna situasi dompet tidak mendukung,hehehe,jd sy cuma minum obat amoxsilin dan catafalm, lalu kempes,tp skrg sdh saya cabut gigi itu,karna di tambal tidak mungkin,apa bisa pengaruh dari situ ya dok ?trimakasih

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Gigi & Kesehatan Mulut

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor