Profile
All Topic

Pusat Informasi Gigi & Kesehatan Mulut

Tentang Gigi & Kesehatan Mulut

Jangan anggap enteng perihal kebersihan dan kesehatan gigi pun rongga mulut. Selain dapat mempengaruhi sistem pencernaan, ternyata terdapat banyak saraf di rongga mulut yang dapat mempengaruhi sistem saraf pada otak. Memelihara kebiasaan baik menyikat gigi sehari dua kali dan rutin periksa ke dokter gigi enam bulan sekali merupakan awal menuju kebaikan. Bukankah semua hal baik bermula dari rongga mulut.

Gejala

Berikut beberapa gejala yang dapat timbul apabila Anda tidak memperhatikan atau menjaga kesehatan gigi dan mulut :

  • Bau mulut
  • Ginggivitis (Radang gusi atau gusi bengkak)
  • Abses Gusi (Gusi bernanah)
  • Stomatitis (Sariawan)
  • Karies gigi (Gigi berlubang)

Penyebab

Makanan yang manis bila tidak segera menyikat gigi atau berkumur setelah mengkonsumsinya, akan tertinggal dan menyebabkan kerusakan gigi. Begitu konsumsi minuman seperti teh, kopi, minuman bersoda serta merokok dapat menimbulkan lapisan tipis di gigi yang disebut stain sehingga warna gigi menjadi kusam, kecolat-coklatan. Lapisan stain yang kasar itu mudah ditempeli sisa-sia makanan dan kuman, yang akhirnya membentuk plak. Jika tidak dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi dan bisa merambat ke akar gigi. Akibatnya gigi gampang goyang, dan mudah tanggal. Juga bisa terjadi abses atau gusi bengkak pada gigi tersebut.

Faktor Resiko

Tidak rutin membersihkan gigi merupakan faktor resiko utama timbulnya masalah pada gigi dan mulut. Faktor lainnya adalah,kebiasan merokok, kurang asupan vitamin di dalam tubuh, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi karbohidrat, serta konsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin.

Komplikasi Akibat

Masalah kesehatan mulut juga bisa menyebabkan banyak penyakit lainnya, seperti penyakit periodontal, endokarditis, masalah kehamilan hingga kanker.

Diagnosa

Diagnosa masalah pada gigi dan mulut ditegakkan berdasarkan wawancara medis, pemeriksaan langsung untuk melihat kelainan pada gigi dan mulut dan pemeriksan penunjang bila diperlukan.

Pengobatan

Bila mengalami masalah dengan gigi dan mulut sebaiknya melakukan pemeriksaan kedokter gigi dan menghindari hal-hal yang memperburuk atau memicu timbulnya keluhan.

Pencegahan

Agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut, berikut beberapa tips yang mudah Anda yaitu:

  • Bersihkan gigi secara teratur
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang manis dan lengket
  • Hindari rokok
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang berserat dan berair yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingi
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • PTM

    Dok, saaya ingin bertanya. apakah untuk perawatan ortho dengan menggunakan behel perlu untuk membuat persetujuan secara tertulis (informed consent)?

    Detail Answer
  • Obat Kamaflam Apakah Aman Untuk Ibu Menyusui

    Sejak hamil saya sering mengalami sakit gigi dok. Sewaktu saya kontrol ke dokter kandungan, saya diberi obat diflam utk meredakan nyeri pada gigi. Baru-baru ini beredar kabar kalau diflam sudah tdk ada stok lagi. Apa kamaflam atau cataflam juga aman dikonsumsi utk ibu menyusui dok? Mengingat kandungannya juga sama dgn diflam

    Detail Answer
  • Sakit Gigi Ketika Ditekan Setelah Tambal Sementara

    Siang dokter, Saya nella usia 25th mau tanya ngilu digigi saya bagian bawah ketika ditekan setelah 3hr ditambal sementara terasa ngilu dan sakit, awalnya gigi saya ini sakit krna lubang digigi saya pas baru2 sakit saya hanya minum obat ponstan dan hilang sakit digigi saya tetapi akhir2 ini hampir setiap hari gigi saya sakit dan setelah seminggu saya memutuskan periksa ke dokter gigi dan gigi saya langsung dibersihkan, diberi obat dan ditambal sementara dan saya dijadwalkan dtng kembali setelah 7 hari untuk tambal permanent tetapi baru hari ke 3 gigi yg ditambal tsb jika ditekan atau berbenturan dgn gigi atas terasa ngilu dan sakit.. Yg ingin saya tanyakan apakah saya menunggu sd jadwal yg dokter berikan yaitu hr kamis tgl 11 jan atau besok saya udh balik lg ya ke dokter? Dan menurut dokter apakah yg saya rasakan ini normal atau adanya hal lain dok mohon penjelasan nya ya dok terima kasih

    Detail Answer
  • Sakit Gigi

    Malam dokter.. saya sedang hamil. Dan saya sakit gigi. Ini sudah ke 3x nya saya sakit gigi.. besok saya baru ke dokter gigi di rsia tempat saya check up.. Untuk malam ini saya ga kuat banget.. boleh kah saya mengoleskan counterpain cool analgesic gel pada pipi saya? Karena jika saya baca di google.. koyo panas tidak baik untuk kulit jika terlalu sering. Terimakasih dokter.

    Detail Answer
  • Gigi Geraham Yang Copot

    Malam Dok, Saya tanti umur saya 21 mau 22 hari ini gigi geraham saya copot apakah di umur sya yg 21th bisa tumbuh lagi dok? terima kasih

    Detail Answer
  • Gigi Patah Dan Ngilu

    Siang Dok mau nanyak, Gimana caranya menanggalkan sisa gigi patah dok, karna sangat menganggu lidah dok

    Detail Answer
  • Mulut Tidak Bisa Terbuka Sepenuhnya

    Assalamualaikum Dok saya mau tanya, kenapa mulut saya tidak bisa terbuka dengan sempurna hanya sampai 2 jari yg bisa masuk & geraham saya sakit jika saya memaksa untuk membuka lebar. Sebelumnya saat mengunyah atau membuka mulut geraham saya sering bunyi berketuk apalagi kalau pagi. Dan sebelumnya juga gigi atas saya yg sudah di tambal permanen pernah sakit parah seperti sakit gigi yg berlubang sebelumnya tapi sekarang agak sakit tapi tidak separah dulu setelah dokter memberi obat pengurang rasa sakit dan dokter sarankan agar kontrol kembali ke dokter yg pernah menambal gigi saya tapi sampai saat ini saya tidak pergi untuk mengontrolnya karna saya pikir gigi saya tidak sakit lagi? Makasih sebelumnya Dok.

    Detail Answer
  • Gigi Patah Dan Ngilu

    Dok, saya sudah ada hampir sebulan kecelakan motor. Dimna gigi atas saya bagian depan patah. Sebelumnya saya tidak merasakan ngilu. Tetapi ahir ahir ini rasa nyeri dan ngilu mulai saya rasakan. Gigi saya patah tetapi tidak copot jdi gigi saya terbelah dua dan sama sama masih belom copot dr gusinya. Yg saya tanyakan yaitu 1. Solusinya apa dok? 2. Bagaimna cara menghilangkan nyerinya? Saya hanya mengatasinya dngan minum obat asam mefenamat. Terima kasih

    Detail Answer
  • Gigi Seri Berwarna Lain

    Dok, salah satu gigi seri saya berwarna berbeda dengan yang lain.. Yang lain warnanya agak kekuningan, sedangkan salah 1 gigi berwarna agak kecoklatan.. Saya 27thn, sudah berhenti merokok 2thn an dan sangat jarang minum kopi skrng.. Mohon petunjuknya

    Detail Answer
  • SAKIT PIPI KIRI

    Saya terasa sakit di pipi kiri dekat telinga terasa kaku sekali dan sakit sampai ketelinga kalo makan keras, menguap dan ketika membuka mulut .

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Gigi & Kesehatan Mulut

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor