Profile
All Topic

Pusat Informasi Gigi & Kesehatan Mulut

Tentang Gigi & Kesehatan Mulut

Jangan anggap enteng perihal kebersihan dan kesehatan gigi pun rongga mulut. Selain dapat mempengaruhi sistem pencernaan, ternyata terdapat banyak saraf di rongga mulut yang dapat mempengaruhi sistem saraf pada otak. Memelihara kebiasaan baik menyikat gigi sehari dua kali dan rutin periksa ke dokter gigi enam bulan sekali merupakan awal menuju kebaikan. Bukankah semua hal baik bermula dari rongga mulut.

Gejala

Berikut beberapa gejala yang dapat timbul apabila Anda tidak memperhatikan atau menjaga kesehatan gigi dan mulut :

  • Bau mulut
  • Ginggivitis (Radang gusi atau gusi bengkak)
  • Abses Gusi (Gusi bernanah)
  • Stomatitis (Sariawan)
  • Karies gigi (Gigi berlubang)

Penyebab

Makanan yang manis bila tidak segera menyikat gigi atau berkumur setelah mengkonsumsinya, akan tertinggal dan menyebabkan kerusakan gigi. Begitu konsumsi minuman seperti teh, kopi, minuman bersoda serta merokok dapat menimbulkan lapisan tipis di gigi yang disebut stain sehingga warna gigi menjadi kusam, kecolat-coklatan. Lapisan stain yang kasar itu mudah ditempeli sisa-sia makanan dan kuman, yang akhirnya membentuk plak. Jika tidak dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi dan bisa merambat ke akar gigi. Akibatnya gigi gampang goyang, dan mudah tanggal. Juga bisa terjadi abses atau gusi bengkak pada gigi tersebut.

Faktor Resiko

Tidak rutin membersihkan gigi merupakan faktor resiko utama timbulnya masalah pada gigi dan mulut. Faktor lainnya adalah,kebiasan merokok, kurang asupan vitamin di dalam tubuh, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi karbohidrat, serta konsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin.

Komplikasi Akibat

Masalah kesehatan mulut juga bisa menyebabkan banyak penyakit lainnya, seperti penyakit periodontal, endokarditis, masalah kehamilan hingga kanker.

Diagnosa

Diagnosa masalah pada gigi dan mulut ditegakkan berdasarkan wawancara medis, pemeriksaan langsung untuk melihat kelainan pada gigi dan mulut dan pemeriksan penunjang bila diperlukan.

Pengobatan

Bila mengalami masalah dengan gigi dan mulut sebaiknya melakukan pemeriksaan kedokter gigi dan menghindari hal-hal yang memperburuk atau memicu timbulnya keluhan.

Pencegahan

Agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut, berikut beberapa tips yang mudah Anda yaitu:

  • Bersihkan gigi secara teratur
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang manis dan lengket
  • Hindari rokok
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang berserat dan berair yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingi
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Gigi

    Dok saya mau tambal gigi, tapi gigi saya masih bolongnya ringan gak sakit juga, kalau tambal gigi itu bisa langsung tambal permanen gak ya dok apa semua tambal gigi harus tambal sementara dulu?

    Detail Answer
  • Lepas Behel Dan Pasang Retainer

    Dok hari minggu ini saya baru saja melepaskan behel dan ternyata retainer tidak langsung dipasang hari minggu ini,melainkan menunggu sampai retainer tersebut dibuat.Apakah gigi saya nanti berubah posisinya dok karena tidak ada retainer yang dapat menahan posisi gigi? Sebaiknya apa yang saya lakukan selama menunggu retainer tersebut dibuat ?apakah perasaan ngilu di gigi setelah lepas behel biasa terjadi ? Menurut dokter gigi saya retainer bisa diambil hari minggu depan.terima kasih dok

    Detail Answer
  • Tambal Gigi

    Dok hari ini saya baru tambal gigi, tapi baru tambal sementara, 2minggu nanti datang lagi untuk di tambal permanen. Yang mau saya tanyakan dok kenapa gigi saya tidak bisa di tambal permanen langsung dan kenapa haru menunggu sampai 2minggu ya dok? (gigi saya berlubang hanya pada daerah email, lubangnya tidak besar dan tidak ngilu, pas di bersihkan kotorannya saya tidak merasa ngilu, dari sebelum sampai sesudah tambal sementara ini dok)?

    Detail Answer
  • Mulut Terasa Asin

    Assalamualaikum dok, sudah 3 hari ini saya merasakan lidah saya terasa asin sekali, ini penyakit atau apa ya dok? Saya juga sedang mengandung 11 minggu apa ada hubungannya dengan kehamilan? Lalu bagaimana cara mengatasi atau mengobatinya, sebelumnya sudah saya coba untuk makan makanan yg manis maupun asam,tapi tidak berpengaruhnya sama sekali

    Detail Answer
  • Berapa Lama Bisa Pesangan Gigi Setelah Dicabut

    Selamat malam dok, saya nova 24th, saya habis cabut gigi depan bagian atas dok, alasan saya mencabut gigi dikarnakan posisinya yg sangat mengganggu karena termasuk salah satu gigi yg tidak rata dari gigi yang lainnya dan didalam nya juga hitam maka dari itu saya cabut, Berapa lama ya dok saya bisa lakukan pemasangan gigi palsu pasca pencabutan? Dan adakah solusi lain dok selain gigi palsu?

    Detail Answer
  • Bau Mulut

    Dok kalo bau mulut tdk sedap itu kenapa ya? Saya gosok gigi sehari 2x dan sering pakai obat kumur tapi mulut masih bau.. Terima kasih

    Detail Answer
  • Benjolan Pada Gusi

    Dok saya mau bertanya, di gusi saya tepatnya di gusi depan bagian bawah terdapat benjolan kurang lebih 1 mm, dan jika berdarah selalu banyak tetapi tidak sering berdarahnya, benjolan itu juga jika di pijit keluar nanah dan kadang beserta darah, ini sudah terjadi beberapa bulan, bagaimaina ini dok ??

    Detail Answer
  • Robekan Dinding Mulut

    3 hari terakhir ini terlihat ada robekan di dinding mulut dekat dengan pangkal gigi geraham atas. sekitar 1 cm. hanya sedikit nyeri jika dirating 1-10: tingkat nyeri 2. tidak terlihat seperti lesi tapi seperti gusi yang membuka saat mau tumbuh gigi. jika melihat lokasi dan usia saya yang 21 tahun. saya mengira itu bukanlah tumbuh gigi. apakah itu merupakan gejala suatu penyakit?

    Detail Answer
  • Merapikan Bekas Gigi Tanggal Dengan Behel.

    Dok, beberapa tahun lalu saya kecelakaan menyebabkan beberapa Gigi saya tanggal alias ompong. Bisa g Gigi saya di rapikan dg behel tanpa harus memakai Gigi palsu? Oia, posisi saya yg tanggal itu di depan (Gigi seri ompong 1).

    Detail Answer
  • Sakit Gigi

    Selamat pagi dok, apakah gigi sakit yang sudah melalui proses perawatan dengan mematikan saraf dan kemudian ditambal masih bisa terjadi abses/ pemicu sakit gigi lainnya?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Gigi & Kesehatan Mulut

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor