Profile
All Topic

Pusat Informasi Gagal Jantung

Tentang Gagal Jantung

Gagal jantung adalah kondisi ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal. Pergerakan darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lambat dan tekanan di jantung meningkat. Akibatnya, oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak dapat dialirkan dengan sempurna. Bilik dan serambi jantung kemudian merespon keadaan ini dengan memompa lebih lambat atau beradaptasi menjadi lebih tebal dan kaku. Namun, hal ini akan membuat dinding jantung melemah dan kehilangan kemampuan memompa darah secara maksimal. Hasilnya, ginjal akan merespon dengan membuat tubuh menahan cairan dan sodium yang seharusnya diserap. Jika zat-zat itu menumpuk di lengan, kaki, tumit, telapak kaki, paru-paru, dan organ-organ lainnya, maka tubuh akan membengkak.

Gejala

Penderita gagal jantung terkadang tidak mengalami gejala apapun. Terkadang pula, gejala yang dialami tidak membahayakan. Berikut adalah tanda-tanda gagal jantung:

  • Paru-paru membengkak. Cairan yang tertahan di paru-paru dapat membuat penderitanya mengalami kesulitan bernapas, napas pendek, bahkan ketika beristirahat ataupun berbaring. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan batuk kering atau bengek.
     
  • Tubuh membengkak karena cairan berlebih. Berkurangnya pasokan darah ke ginjal memaksa tubuh menyimpan cairan yang seharusnya dibuang. Hasilnya, tumit, kaki, bagian dada membengkak, dan berat bertambah.Kondisi ini terkadang membuat frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering. Kondisi ini juga bisa membuat kembung, yang berakibat pada hilangnya nafsu makan atau mual.
     
  • Pusing dan kelelahan. Kurangnya suplai darah membuat tubuh menjadi lemah dan otak pusing.
     
  • Detak jantung tidak beraturan. Jantung memompa darah dengan lebih cepat ke seluruh tubuh, akibatnya detak jantung menjadi tidak beraturan.

  

Penyebab

Gagal jantung disebabkan oleh rusak atau cederanya otot jantung, yang diakibatkan oleh:

  • Penyakit jantung koroner.
    Penyakit ini disebabkan tersumbatnya pembuluh darah oleh lemak dan zat-zat dalam darah lainnya, sehingga oksigen dan nutrisi lainnya tidak bisa masuk ke jantung.
     
  • Serangan jantung.
    Serangan jantung terjadi ketika pembuluh darah tiba-tiba tertutup sepenuhnya, dan menghentikan suplai darah ke jantung. Akibatnya, otot jantung cedera.
     
  • Cardiomyopathy atau penyakit otot jantung.
    Ini adalah kondisi ketika otot jantung mengalami cedera akibat infeksi, konsumsi alkohol berlebihan, atau penggunaan obat-obatan terlarang.
     
  • Kelelahan jantung.
    Kelelahan pada jantung bisa dipengaruhi oleh tekanan darah tinggi, penyakit pada katup jantung, penyakit pada kelenjar tiroid, penyakit ginjal, diabetes, atau kelainan jantung bawaan.  

Diagnosa

Gagal jantung dapat didiagnosis melalui tes darah, X-Ray, echocardiogram, ejection fraction (EF), electrocardiogram (EKG/ECG), kateterisasi jantung, dan tes tingkat stres. 

Pengobatan

Pengobatan terhadap gagal jantung akhir-akhir ini semakin berkembang. Obat-obatan yang dikontrol ketat serta pengawasan gaya hidup penderita adalah faktor yang sangat penting. 

Pencegahan

Bagi penderita gagal jantung, ada beberapa langkah penting untuk mencegah kondisinya memburuk. Mengontrol tekanan darah, memonitor gejala yang dialami, mengontrol cairan tubuh, membatasi asupan garam, menjaga berat badan ideal, mengonsumsi obat yang diresepkan, dan rutin berkonsultasi dengan dokter adalah langkah mudah namun penting.

Berhenti merokok dan mengonsumsi tembakau, tidak mengonsumsi alkohol, mengontrol tekanan darah, kolesterol serta diabetes, dan berolahraga teratur juga dapat menyelamatkan jantung Anda. Jika keadaan sudah parah, operasi atau prosedur lain yang serupa bisa dilakukan.

  

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Anemia

    Dok, apakah ada anemia tertentu yang bisa menyebabkan gagal jantung? Atau semua anemia memungkinkan gagal jantung?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Gagal Jantung

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Gagal Jantung ?
Ask Doctor