Profile
All Topic

Pusat Informasi Fitness & Exercise

Tentang Fitness & Exercise

Ungkapan "Anima Sana end Corpore Sano" menjabarkan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, sungguh benar adanya. Tubuh yang bugar akan memudahkan kita dalam beraktivitas. Hidup sehat dengan tubuh bugar tentu memerlukan pergerakan olah tubuh yang rutin. Berolahraga demi menjaga kebugaran sangat dianjurkan. Tentukan sendiri mana yang lebih menjawab kebutuhan anda. Berolahraga independen ala rumahan atau justru mencoba lebih berdisplin diri di bawah pengawasan pelatih yang mengontrol olah tubuh di Gym alias tempat fitnes.

Olahraga

Olahraga adalah suatu bentuk kegiatan fisik yang ternyata telah diakui memberikan pengaruh baik terhadap tingkat kemampuan fisik manusia bila dilaksanakan dengan tepat dan terarah. Dalam arti bahwa telah diperhitungkan pelaksanaannya berdasarkan adanya keterbatasan tubuh manusia menghadapi beban kerja fisik dan keletihan tubuh manusia menghadapi tekanan-tekanan (stress) yang semakin meningkat. Status gizi juga sangat mempengaruhi tingkat kebugaran seseorang, karena status gizi menyebabkan tingkat kesehatan seseorang baik, tingkat kesehatan seseorang dapat dipengaruhi oleh kecukupan makanan yang dikonsumsi.

 

Fitness

Pada umumnya program fitness bertujuan untuk mencapai kebugaran puncak dan pembentukan tubuh yang ideal, meliputi:

 

Lima Tahap Program Fitness

Suatu dasar program umum untuk mendapat hasil secara aman pada latihan latihan sesuai yang diharapkan, yang terdiri dari:

1. Pemanasan (Warm-up)

2. Pembakaran kalori (Aerobic)

3. Kelenturan

4. Pembentukan serta penguatan tubuh secara total

5. Pendinginan 

Faktor Resiko

Dengan olahraga dapat menjaga Kebugaran. Kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan meliputi:

a) Daya Tahan Jantung atau Cardiovasculer Endurance

Adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan sistem paru dan peredaran darah secara efisien dan efektif untuk menjalankan kerja.

b) Kekuatan otot atau muscular strenght

Adalah kemampuan otot untuk mengatasi beban pada suatu kontraksi maksimal. c) Keseimbangan tubuh atau body composition tergantung pada ratio perbandingan ketebalan lemak dalam tubuh dengan serabut-serabut otot serta tulang. d) Daya tahan otot atau muscular endurance adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan ototnya untuk berkontraksi secara terus menerus dalam waktu yang relatif lama dengan beban tertentu.

e) Kelentukan atau fleksibility

Adalah keefektifan seseorang dalam dirinya untuk melakukan aktifitas tubuh secara maksimal dengan latihan yang lebih baik maka secara anatomis perkembangan tubuh juga lebih baik. Latihan fisik ini erat hubungannya dengan mempertahankan kondisi fisik yang mutlak diperlukan bagi seseorang yang ingin menjaga dan meningkatkan kebugarannya.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Whey Protein Expired

    Hi dok, Sy punya whey protein sdh dibuka dan masih ada sekitar 8 scoop saja, tapi sdh expired 3/18, jd sdh kelewat hampir 1 bulan. Apakah masih aman untuk dikonsumsi ? Apa yang membedakan ? Thanks

    Detail Answer
  • 1000 Calorie Each Day

    Hi dok, Pria, 18 tahun, 122 kg, 184 cm Mau tanya ttg diet, kalo BMR rate sy kan 2200, berartikan calorie intake sy juga 2200. Kalo misal setiap Senin - Jumat aku buat intake ku 1000 kcal/day gmn dok ? Tapi makanan nya aku ganti ke makanan yg berkualitas (seperti salmon, tuna, turkey, dll (Hi-protein, mod-fat, low-to-mod-carb)) Is it okay or still unsafe dok ? Thanks

    Detail Answer
  • Penyakit Fodyspot Bibir

    Perkenenalkan nama saya Ahmad dari Blitar Pak/ bu mau tanya, bibir saya mengalami bintik bintik seperti fodyce spot . Apakah perlu di laser co2 bila iya berapa biayanya ,dan dimana tempat saya bisa melakukan hal tersebut

    Detail Answer
  • Menambah Tinggi Badan Di Usia 18 Tahun

    Hi dok, Saya pria, 110 kg, umur 18 tahun, dan tinggi saya sekarang 185 cm tapi saya ingin tinggi saya mencapai 195 cm, Apakah mungkin menambah tinggi di usia saya ? Dan Caranya bagaimana ? Apakah berenang bisa membantu ? Thanks

    Detail Answer
  • Kapan Diperbolehkan Main Bola Kemabali ?

    Selamat siang dokter, Saya iqbal Umur saya 21 tahun , saya telah mengalamai patah tulang fibula fan tibia ,dan 1 bulan yang lalu PEN saya telah di lepas ,yang saya tanyakan berapa bulan kah saya di perbolehkan maen bola lagi pasca oprasi pengambilan PEN ?dan terapi apa yang tepat pasca oprasi pengambilan pen suapaya bisa bermain bola lagi

    Detail Answer
  • Susah BAB Pada Anak

    anak saya usia nya 4 bulan jenis kelamin laki2,, sudah hampir seminggu ini anak saya jarang buang air kecil (keluar nya sedikit2) begitupun juga BAB nya keluarnya sedikit2... mnurut sy ini sdh tdk wajar... pada saat itu sy sempat demam disertai dengan pilek, anak sy tetap minum asi pda saat itu.. apakah ad pengaruh dengan asi yg anak saya minum pada saat sy demam tsb, mohon penjelasannya.. terima kasih..

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Fitness & Exercise

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Fitness & Exercise ?
Ask Doctor