Profile
All Topic

Pusat Informasi Fibrocystic Breast

Tentang Fibrocystic Breast

Fibrocystic Breast adalah adanya benjolan atau gumpalan pada payudara. Kondisi ini membuat payudara terasa agak bengkak, dan terkadang nyeri. Fibrocystic Breast tidak berbahaya dan merupakan kondisi normal. Namun, saat menjelang menstruasi kemungkinan nyerinya akan bertambah. Setiap perempuan biasanya akan mengalami fibrocystic breast pada suatu waktu.

Gejala

Penderita Fibrocystic Breast akan mengalami gejala berikut :

  • Benjolan di payudara, atau ada bagian payudara yang menebal.
  • Payudara terasa nyeri atau terasa melunak.
  • Payudara membesar.
  • Keluar cairan berwarna hijau atau coklat tua dari puting.
  • Kedua payudara terasa berubah.
  • Payudara bertambah nyeri atau semakin melunak menjelang menstruasi.

Fibrocystic Breast lebih sering terjadi pada perempuan berumur 20-50 tahun. Perempuan yang sudah menopause sangat jarang mengalaminya. Kecuali yang sedang melakukan terapi hormon.

Walaupun Fibrocystic Breast ini sangat normal, tapi tetap perlu waspada. Perhatikan apakah benjolan tetap ada setelah menstruasi lewat. Perhatikan juga kalau-kalau ukurannya membesar atau berubah. Jika kedua hal itu terjadi, segera hubungi dokter.

Penyebab

Penyebab pasti Fibrocystic Breast belum dapat diketahui, namun kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen.

Komplikasi Akibat

Fibrocystic Breast tidak akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara (breast cancer) . Kecuali, jika Fibrocystic Breast tersebut berkaitan dengan atypical hyperplasia (atypia). Atypia adalah kelainan bentuk dan pertumbuhan sel pelapis lobula payudara dan saluran susu.

Mereka yang memiliki atypia memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan biopsi (pengambilan sampel jaringan) payudara atau pemeriksaan lainnya.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis Fibrocystic Breast mencakup :

  • Pemeriksaan payudara dan pemeriksaan fisik.
  • Mammography.
  • Ultrasound.
  • Biopsi payudara.

Pengobatan

Fibrocystic Breast yang sedang dan ringan tidak memerlukan perawatan. Sementara, untuk yang kasusnya lebih parah penanganannya dapat berupa mengeluarkan cairan kista dari payudara dan operasi.

Dokter akan menggunakan jarum kecil untuk mengeluarkan cairan kista sehingga kista kempes. Jika tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi pengangkatan kista.

Sedangkan, untuk mengatasi nyeri payudara penderitanya dapat menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sejenis acetaminophen atau ibuprofen untuk pereda nyeri. Pil KB untuk menurunkan hormon yang berkaitan dengan Fibrocystic Breast. Dokter juga dapat meresepkan obat yang menyerupai hormon testosteron untuk meredakan nyeri payudara.

Untuk membantu meredakan gejala Fibrocystic Breast, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan sendiri. Gunakan bra yang tepat, gunakan sports bra saat berolahraga dan tidur, batasi konsumsi kafein, dan batasi konsumsi lemak.

Menambah konsumsi asam linoleat juga dapat membantu meredakan nyeri dan membuat jaringan payudara lebih kebal terhadap perubahan hormon. Asam linoleat dapat didapatkan dari suplemen evening primrose oil yang marak di pasaran.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Payudara Beda Ukuran

    hai dok, saya mau tahu dan mau nanya, kok ukuran payudara saya beda sebelah ya? Yg kiri lebih kecil drpd yg kanan, saya juga pernah merasa sakit di payudara sebelah kiri, padahal sedang tida mens, knp ya dok? Apa itu termasuk kanker payudara?

    Detail Answer
  • Perkembangan Payudara

    Haloo dok saya seorang wanita berusia 17 tahun tinggi badan 160 dan berat 45kg. Pertama menstruasi usia 14 tahun. Yang saya ingin tanya kan, saya merasa payudara saya tidak membesar seperti teman teman saya relatif kecil, terbentuk tapi tidak besar. Apa payudara saya bisa lebih besar seperti layaknya usia 17 tahun. Saya tidak pd seperti ini, apa yang semestinya saya lakukan?

    Detail Answer
  • Cara Memperbesar Payudara Dan Bokong Secara Alami

    Selamat malam dok , .. Umur saya 20 tahun , bagaimanna ya dok cara memperbesar payudara dan bokong dengan cepat secara alami tanpa operasi ? Terima kasih

    Detail Answer
  • Bercak Putih Dan Benjolan Dipayudara

    Dok, ada bercak putih disekitar puting payudara kanan saya tapi tidak gatal dan bila diraba terasa ada benjolan kecil sekitar 1/2 cm, kadang terasa sakit disekitar payudara tapi tidak lama sakitnya,kadang terasa nyeri.beberapa hari kemarin sakitnya terasa sampai ketiak tapi sekarang dah hilang.baru sekitar 2 minggu ini. Mohon penjelasannya dok dan apa yang harus saya lakukan ?

    Detail Answer
  • Payudara Kecil

    Dok saya mau tanya, umur saya 20tahun, tapi payudara saya kecil, bisa di bilang rata dok, sedangkan saya mau menikah saya takut suami saya nanti merasa tidak puas karna ukuran payudara saya kecil dan saya takut kenapa kenapa dok, saya mau periksa k dokter , tapi bagian apa ya dok? Terima kasih

    Detail Answer
  • Saat Dihisap Payudara Ada Cairan Sedikit Dan Terasa Asin

    Dear Ibu/Bapak Dokter, Saya wanita berusia 24 tahun dan belum menikah. Saat ini saya memiliki pacar dan sesekali kami melakukan aktivitas KNPI. Pada saat saya sedang menstruasi hari ke 2, pacar saya (maaf) menghisap puting payudara saya dan dia berkata seperti ada cairan dan terasa asin. Kenapa hal tsb bisa terjadi ya dok? Berbahayakah? Jika ASI tidak mungkin krn status saya tsb. Apa penyebabnya dan apa yg harus saya lakukan? Terimakasih.

    Detail Answer
  • Payudara Yang Berukuran Kecil

    Saya itu mengalami payudara gagal tumbuh dok, dan puting dominan masuk kedalam, sya berusia 22, dan itu sangat mempengaruhi psikologis sya dok, apakah diusia segitu saya masih mampu mendapatkan pyudra ideal? Mengingat sya jg sudah memkai alat tpi tidak berhasil jg..mohon bntuannya dok..:(

    Detail Answer
  • Pertumbuhan Payudara

    Saya seorang pelajar sma, usia saya 17 tahun. Pada umumnya perempuan seusia saya sudah memiliki payudara yang sudah hampir tumbuh matang, tapi saya merasa payudara saya justru tidak ada perubahannya, masih seperti anak anak. Awalnya saya mengira itu hanya telat saya, namun saya mulai khawatir saat saya menginjak usia 17tahun. Pasalnya semua saudara saya dan keluarga memiliki payudara yang normal bahkan adik saya memiliki payudara yang lebih besar. Saya juga penderita skoliosis, apakah itu ada hubungannya? Namun setahu saya teman teman saya yang menderita skoliosis tidak mengalami hal yang sama dengan saya. Jadi apa yang harus saya lakukan dok? Dan apakah ada cara untuk mengobatinya?

    Detail Answer
  • Payudara Mengecil

    Dok saya remaja berumur 16 tahun, saat ini saya baru menjalani puasa selama 5 hari tapi saya merasa berat badan saya turun drastis, tulang pinggul saya sgt terasa, dan perubahan yang paling menonjol adalah dibagian dada, dada saya mengecil, sangat mengecil dok, saya sangat takut dan khawatir:( Pertanyaan nya, apakah ini normal? Dan apakah ukuran nya bisa kembali seperti semula? Thx dok, pls answer my question:(

    Detail Answer
  • Pasca Operasi FAM

    Dok, kira2 perlu waktu berapa Lama untuk proses penyembuhan pasca operasi FAM? Mengingat jarak operasi saya yg pertama dan k2 hanya berjarak 3bln? Sampai saat ini saya masih sering merasakan nyeri d payudara kanan yg bekas operasi hingga puting juga terasa nyeri, saya masih merasakan mual dan juga pusing. Apakah tumor jinak pada payudara bisa menyebabkan kanker?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Fibrocystic Breast

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor