Profile
All Topic

Pusat Informasi Buta Warna

Tentang Buta Warna

Buta warna adalah kondisi gangguan persepsi warna pada daya penglihatan. Penderita buta warna biasanya mengalami kesulitan dalam memaknai warna merah, hijau, biru dan warna-warna yang merupakan turunan dari ketiga warna dasar cahaya tsb. Perihal gangguan persepsi warna ini dapat sangat mempengaruhi hidup anda, bahkan beberapa jenis pekerjaan mutlak tak mungkin digeluti. Buta warna biasanya dialami sebab faktor genetik.

Gejala

Gejala buta warna bervariasi, si penderita terkadang tak menyadari keterbatasaannya karena merupakan keadaan yang  terkondisikan sejak lahir. Beberapa penderita tak mampu mengenali salah satu dari ketiga nuansa warna dasar cahaya. Meskipun jarang, ada juga penderita buta warna yang sama sekali tidak mampu mengenali warna selain hitam, putih dan abu-abu. 

Penyebab

Ada beberapa faktor penyebab buta warna, yaitu:

  • Bawaan lahir.
     
  • Kurangnya jumlah sel pada retina yang biasanya merupakan keadaan yang diwariskan dari orang tua ke anaknya, mengakibatkan perbedaan daya tangkap warna dibanding orang lain.
     
  • Masalah medis semisal glaucoma, katarak hingga diabetes juga dapat menimbulkan kondisi sulit mencerna ragam warna.
     
  •  Dampak penuaan.

Faktor Resiko

Faktor resiko buta warna :

  • karena faktor genetika pengaruh kromosom x lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita
  • Faktor Usia Pengaruh degradasi komosom yang berkurang seiring dengan penambahan usia
  • Bahan kimia seperti Pupuk
  • Faktor akibat penyakit tertentu seperti alzheimer, anemia, dan diabetes,
  • Efek samping dari berbagai jenis pengobatan tertentu Seperti Chloroquin untuk pengobatan malaria, Ethambutol pengobatan TBC Paru, dan jenis pengobatan Penyakit jantung contoh obatnya digoxin.

Komplikasi Akibat

Komplikasi buta warna antara lain :

  • Dampak pada Keseharian penyandang buta warna Penyandang buta warna mengalami kesulitan untuk membedakan warna pakaian, warna lampu lalu lintas, dan simbol-simbol tertentu.
  • Dampak pada bidang pendidikan Buta warna mempengaruhi penderitanya dalam memilih program study untuk melanjutkan pendidikannya, bahkan dalam memilih karir selanjutnya, karena beberapa program study dan pekerjaan mensyaratkan mahasiswa atau karyawan tidak buta warna.
  • Dampak pada Psikologi Deskriminasi terhadap orang-orang penyandang buta warna masih seringterjadi, ketidakmampuan dalam membedakan warna sering kali menjadi bahan ejekan, yang dapat penyandang buta warna merasa dikucilkan dan tidak percaya diri.

Diagnosa

Pemeriksaan buta warna dilakukan dengan uji anomaloskop, uji Farnsworth Munsell 100 hue, uji Holmgren, dan uji Ishihara. Defek penglihatan warna merah hijau secara kualitatif dievaluasi dengan tes Pseudoisokromatik (Ishihara). Defek penglihatan biru-kuning dengan tes Farnsworth Munsell. Evaluasi defek penglihatan kuantitatif dapat menggunakan Anomaloskop nagel. Uji Farnsworth dan Ishihara sering digunakan sebagai pemeriksan optamologis.

Pengobatan

Dini ini, banyak macam pola pengujian untuk mengetahui seberapa baik persepsi warna anda. Salah satunya pengujian buta warna berupa tes melihat suatu pola gambar yang terdiri dari banyak titik dalam rangkaian suatu bentukan. Selain tes gambar titik berwarna ada juga pengujian kemampuan menyusun gradasi warna.

Buta warna sebab faktor keturunan musykil diperbaiki. Namun, buta warna sebab faktor eksternal semisal katarak, atau akibat luka mata dapat dilakukan penanganan atau tindakan pengembalian penglihatan.

Gangguan buta warna sebenarnya bisa diminimalisir dengan cara memakai kacamata berwarna atau softlense jenis tertentu. 

Pencegahan

Oleh karena sebagian besar buta warna disebabkan faktor genetis, saat ini belum ada obat atau metode untuk mencegah buta warna. Namun demikian terdapat beberapa cara untuk membantu penderitanya, antara lain:

  • Menggunakan kacamata lensa warna (agar penderita dapat membedakan warna dengan mudah)
  • Menggunakan kacamata dengan lensa yang dapat mengurangi warna lebih jelas (jika cahaya tidak terlalu terang atau menyilaukan)
  • Jika tidak dapat melihat warna sama sekali (buta warna total), penderita dianjurkan menggunakan kacamata lensa gelap dan mempunyai pelindung cahaya pada sisinya.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Buta Warna Parsial

    Dok mau nanya, apakh penyakit buta warna bisa di sembuhkan ? Soal.y d berbagai perusahaan besar pelayaran membutuhkan test medical ceck up.

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Buta Warna

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Buta Warna ?
Ask Doctor