MeetDoctor - Topic Sexual Health https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Ragam Alat Kontrasepsi https://www.meetdoctor.com/article/ragam-alat-kontrasepsi https://www.meetdoctor.com/article/ragam-alat-kontrasepsi Ada beragam alat kontrasepsi atau alat pengontrol kehamilan yang beredar di pasaran. Saking banyaknya ragam pilihan, terkadang orang pun bingung memilih alat kontrasepsi mana yang akan dipakai. Masing-masing alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum menentukan mana alat kontrasepsi yang cocok untuk Anda dan pasangan Anda, sebaiknya Anda mengetahui lebih detil kelebihan dan kelemahan masing-masing alat kontrasepsi tersebut.

Pilihan alat kontrasepsi dan kelebihan serta kelemahannya :

  • Pil kontrasepsi
    Pil ini mengandung hormon yang bisa mencegah ovarium perempuan mengeluarkan sel telur sehingga mencegah kehamilan. Perempuan yang menggunakan kontrasepsi ini harus mengkonsumsi pil tersebut setiap hari, bahkan pada waktu yang sama setiap harinya.

Kelebihan :
Perempuan bisa tetap mendapatkan siklus menstruasi yang teratur dan bisa diprediksi, meskipun ada juga yang tidak mendapatkan siklus teratur.

Kelemahan :
Menimbulkan efek samping, seperti keinginan seksual yang berubah, mual dan muntah.

  • Spiral atau intrauterine device (IUD)
    Pemakaiannya dengan memasukkan alat berbentuk “T” ke dalam rahim yang dilakukan oleh ginekolog, kontrasepsi ini hanya sekali pemasangannya.

Kelebihan :
Efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan untuk jangka waktu 5-10 tahun.
Selain paling efektif, metode ini sifatnya tidak permanen sehingga bisa dilepas jika ingin punya anak lagi.

Kelemahan :
Memiliki risiko infeksi jika terjadi kesalahan dalam pemasangan. Beberapa pengguna IUD juga mengalami perdarahan dan keram dalam beberapa bulan pertamanya.

  • Suntik Hormon
    Suntik hormon dilakukan dengan cara melepaskan hormon ke dalam darah untuk mencegah ovulasi yang bisa mengakibatkan kehamilan. Kelebihan alat kontrasepsi ini adalah tidak perlu repot memasang setiap kali akan berhubungan seks. Kekurangan dari alat kontrasepsi ini adalah bisa menyebabkan iritasi ruam kulit, rasa tidak nyaman dan biasanya menyebabkan kenaikan berat badan.

     
  • Diafragma
    Alat kontrasepsi ini terbuat dari bahan karet yang fleksibel seperti mangkuk yang dipasang di atas leher rahim. Diafragma membuat sperma yang akan masuk ke rahim terhalang di leher rahim. Kelemahan alat kontrasepsi ini adalah penggunaan yang repot. Perempuan yang ingin menggunakan diafragma harus dicocokkan dulu ukurannya oleh dokter kandungan.

​Ragam alat kontrasepsi yang lain dapat diketahui pada bagian selanjutnya.


Kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling murah, mudah didapat, bisa digunakan kapan saja dan mudah untuk digunakan. Namun, kondom mengurangi kenyamanan laki-laki.

  • Vasektomi
    Vasektomi adalah alat kontrasepsi bedah untuk pria dengan cara memutus saluran spermanya. Operasi vasektomi menghambat saluran spermatozoa yang membawa sperma keluar.

     
  • Tubektomi
    Tubektomi adalah alat kontrasepsi bedah untuk perempuan yang mana saluran tubanya diblokir atau dihambat sehingga sel telur yang dikeluarkan tidak bisa masuk ke dalam rahim. 

]]>
Tue, 21 Feb 2017 11:33:42 +0700Kesehatan Seksual
Usia Ibu Hamil Berpengaruh Pada Perkembangan Janin https://www.meetdoctor.com/article/hamil-di-usia-dini https://www.meetdoctor.com/article/hamil-di-usia-dini Kehamilan atau hamil di usia dini memiliki risiko tinggi. Selain dari segi medis juga dari segi emosional. Hal ini dapat membawa pengaruh buruk bagi ibu hamil maupun perkembangan bayi yang dikandung.

Dari segi emosional, perempuan yang mengandung di usia muda memiliki emosi yang belum stabil sehingga mudah tegang. Penolakan secara emosional dapat memicu timbulnya dampak negatif pada kehamilan, tidak saja dari sisi psikologis, bahkan juga gangguan fisik.

Keguguran pada ibu hamil yang mengandung di usia muda dapat terjadi sebagai akibat dari faktor psikologis maupun fisik. Misalnya disebabkan karena rasa cemas dan stres yang berlebihan. Walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi keguguran yang sengaja dilakukan yang dapat menimbulkan efek yang fatal semisal infeksi.

Bayi yang dikandung oleh ibu berusia antara 14- 17 tahun lebih rawan terlahir prematur. Hal ini disebabkan tingkat kematangan alat reproduksi sang ibu yang belum maksimal. Ibu hamil yang berusia muda pun biasanya minim kesadaran dan pengetahuan tentang asupan nutrisi yang dibutuhkan selama proses masa kehamilan.

Kematian ibu pada saat melahirkan banyak disebabkan oleh:

Pendarahan dan infeksi.
Pendarahan saat melahirkan disebabkan karena otot rahim yang terlalu lemah yang menyebabkan perdarahan relatif lebih sulit berhenti. Kondisi lambatnya proses pembekuan darah juga bisa turut memperparah. Penanganan proses persalinan yang tidak steril dapat mengakibatkan terjadinya infeksi yang bisa berakibat fatal.

Proses persalinan yang memakan waktu lama dan sulit.
Pengaruh letak janin dan pertumbuhan panggul sang ibu yang belum sempurna mengakibatkan sang ibu harus mengejan lebih berat.


 


Bahaya bagi bayi yang dilahirkan antara lain:
Kelainan struktur organ janin dari semasa dalam kandungan yang disebabkan kurangnya asupan gizi.
Rentan mengalami kelainan genetik ataupun terinfeksi virus semacam rubella, tokso, dan lain-lain. Kondisi ini disebabkan antibodi dan kematangan organ reproduksi sang ibu yang belum sempurna untuk mengantisipasi sang janin dari ancaman-ancaman penyakit, semasa dalam kandungan.

Dengan memperhitungkan usia yang tepat untuk mengandung, selain akan menjaga kesehatan sang ibu juga dapat menjaga keselamatan sang buah hati. Segala sesuatu yang dipersiapkan secara matang dan penuh perencanaan diharapkan dapat meminimalisasi kemungkinan buruk yang dapat terjadi selama masa kehamilan maupun pada proses persalinan.


]]>
Tue, 14 Feb 2017 14:17:01 +0700Kesehatan Seksual
Kehidupan Seks yang Aktif Bikin Kulit Lebih Kencang https://www.meetdoctor.com/article/kehidupan-seks-yang-aktif-bikin-kulit-lebih-kencang https://www.meetdoctor.com/article/kehidupan-seks-yang-aktif-bikin-kulit-lebih-kencang Selain menyehatkan jantung, kehidupan seks yang aktif juga memberi manfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Mulai dari kulit hingga jauh ke dalam hati Anda. 

1. Meningkatkan suasana hati
Orang yang teratur melakukan hubungan intim setiap minggu, terbukti lebih bahagia. Ini menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Toronto-Mississauga terhadap sekitar 30.000 relawan di Amerika. Pemimpin penelitian,  Amy Muise, mengatakan "Temuan kami menemukan bahwa menjaga keintiman dengan pasangan adalah salah satu faktor kebahagiaan. Seks adalah salah satu cara menjaga keintiman. Tetapi, Anda tidak perlu melakukan hubungan seks setiap hari selama Anda menjaga koneksi dengan pasangan."

Jika jadwal pekerjaan Anda sulit untuk diajak kompromi, tiap hubungan intim yang bisa Anda lakukan tetap sangat berarti. Bercinta dapat membuat tubuh Anda dibanjiri hormon serotonin, dopamin dan oksitosin. Semua itu adalah hormon yang membuat Anda merasa bahagia dan dapat memerbaiki suasana hati.  

2. Kognisi yang lebih baik 
Sebuah studi tahun 2010 menemukan bukti bahwa aktivitas seksual merangsang pertumbuhan sel di hippocampus, suatu wilayah otak yang memainkan besar dalam kemampuan memori jangka panjang. Para peneliti di Rutgers University meneliti tentang orgasme wanita selama lebih dari 25 tahun. Mereka menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk melihat kondisi otak wanita pada saat orgasme. Peneliti menemukan bahwa ada lebih dari 30 area otak yang aktif saat orgasme. Ketigapuluh daerah otak ini mereka mengalami peningkatan aliran darah, yang berarti asupan nutrisi dan oksigen juga. Seks adalah makanan untuk otak. 

3. Migrain
Para peneliti di University of Munster, Jerman menyimpulkan bahwa seks bisa membantu mengatasi migrain. Lain kali Anda merasa pusing dengan disertai gejala visual seperti melihat spiral berputar-putar misalnya, lupakan ibuprofen dan sentuh Si Dia di tempat-tempat yang sensitif sebagai gantinya. 

4. Kulit sehat
Hormon lain yang dipicuboleh aktivitas bermesraan adalah dehydroepiandrosterone, atau DHEA. DHEA diproduksi oleh kelenjar adrenal sebagai bagian dari respon stres. Seks termasuk dalam kategori stres tapi stres yang membahagiakan dan menyehatkan. DHEA memainkan peran dalam banyak aspek kesehatan termasuk kulit, rambut, berat badan dan kesehatan adrenal. Seks juga dapat meningkatkan kadar kolagen sehingga kulit nampak lebih muda dan kenyal.  

5. Mengurang kecemasan 
Peneliti di University of Groningen di Belanda melakuan scan PET atau positron emission tomography pada para wanita relawan selama mereka orgasme. Dari hasil scan terlihat bahwa daerah hippocampus dan amygdala menjadi tidak aktif saat orgasme. Keduanya adalah area otak yang berperan dalam mengatur kewaspadaan dan kegelisahan. Penulis penelitian mengatakan, temuan mereka mendukung kepercayaan umum selamaini yang mengatakan bahwa stres dan kecemasan akan menurun dengan aktivitas seksual. Para peneliti memiliki scan otak untuk membuktikannya!

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 


]]>
Fri, 17 Feb 2017 14:20:21 +0700Kesehatan Seksual