MeetDoctor - Topic Mental Health https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Awas! Risiko Depresi Lebih Tinggi Bagi Pengguna Media Sosial https://www.meetdoctor.com/article/awas-risiko-depresi-lebih-tinggi-bagi-pengguna-media-sosial https://www.meetdoctor.com/article/awas-risiko-depresi-lebih-tinggi-bagi-pengguna-media-sosial Penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Snapchat telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu, menjadi sangat intens di kalangan remaja. Bahkan, sebuah studi Ontario baru-baru ini menunjukkan bahwa 80 persen dari remaja  menggunakan media sosial setiap hari, dengan hampir 50 persen menggunakannya selama lebih dari dua jam per hari.

Lalu apa dampak penggunaan sosial media bagi kesehatan mental remaja? Studi dari Universitas Pittsburgh menunjukkan bahwa pengguna media sosial yang terlalu sering hampir tiga kali lebih mungkin mengalami depresi daripada yang tidak.

Karena, semakin banyak remaja terlibat dengan media sosial, maka semakin besar risiko mengalami gangguan tidur, tidak percaya diri, depresi atau mengalami kecemasan. Menggunakan sosial media di malam hari dapat mendapatkan risiko "signifikan" yang lebih tinggi untuk kualitas tidur yang buruk.

Pengguna media sosial yang berlebihan membuat seseorang lebih sering duduk di kursi, diam di kamar mereka, dan terpaku pada layar mereka. Akibatnya, tidak sedikit dari mereka yang melewatkan makan, karena tidak mau terlepas dari sosial medianya. Ini sangat mengkhawatirkan mengingat hal itu dapat menggangu kesehatan mental.

Tidak percaya diri bukan satu-satunya dampak dari tingginya tingkat penggunaan media sosial. Ada juga sebuah studi yang dilakukan oleh psikolog Dr Paula Durlofsky, yang dilakukan dengan tujuan menggali ke dalam bagaimana membangun keseimbangan yang sehat antara hubungan real-time dan koneksi virtual. Penelitian ini menunjukkan korelasi antara penggunaan media sosial dan depresi.

Jadi, apakah Anda sedang terpengaruh oleh media sosial? Berikut adalah beberapa tanda-tandanya.

  • Tingkat percaya diri yang rendah.
  • Merasa tidak percaya diri ketika melihat foto dan gaya hidup orang lain.
  • Iri dengan orang lain atau ingin hidup Anda seperti orang lain.
  • Menemukan media sosial sebagai pilihan pertama dan hanya Anda kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan.
  • Tidak memiliki banyak waktu untuk berkumpul atau bercengkrama dengan keluarga dan teman-teman.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Mon, 06 Feb 2017 16:34:38 +0700Kesehatan Mental