MeetDoctor - Topic Health A Z https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Demam, Ini Sebabnya https://www.meetdoctor.com/article/demam-ini-sebabnya https://www.meetdoctor.com/article/demam-ini-sebabnya Demam bisa muncul tiba-tiba tanpa diketahui sebabnya. Seseorang disebut demam ketika suhu tubuhnya meningkat di atas 38 derajat Celcius. Demam umumnya terjadi sebagai perlawanan tubuh terhadap infeksi yang menyerang tubuh. Umumnya penyebab demam bisa diketahui setelah tiga hari, melalui pemeriksaan darah.

Demam biasanya disertai beberapa gejala seperti; sakit kepala, nyeri otot, menggigil, lemas, pusing, dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa penyebab demam dan efek sampingnya:

1.    Demam akibat virus
Demam akibat virus adalah jenis demam yang paling sering dialami oleh orang dewasa. Biasanya, tidak hanya demam, penderitanya juga akan mengalami hidung meler, sakit tenggorokan, batuk, suara serak, dan rasa sakit pada otot. Selain itu, virus juga dapat menyebabkan terjadinya diare, muntah, dan rasa tidak nyaman pada perut.

Demam akibat virus, akan sembuh dengan sendirinya. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah konsumsi obat yang mengandung decongestan dan obat anti demam yang tidak memerlukan resep. Tidak diperlukan antibiotik dalam proses penyembuhan demam akibat virus. Jika disertai diare dan mual, segera ganti cairan tubuh dengan mengonsumsi minuman elektrolit. Demam yang diakibatkan virus ini, biasanya akan berlangsung selama sekitar dua minggu. 


2.    Demam akibat bakteri
Infeksi bakteri dapat menyebabkan demam, serta mempengaruhi organ apa saja yang ada di dalam tubuh. Pengobatan yang paling efektif adalah dengan konsumsi antibiotik. Berikut ini beberapa organ yang dapat terinfeksi bakteri:

  • Sistem saraf sentral, yaitu otak dan saraf tulang belakang. Infeksi di organ tersebut dapat menyebabkan demam, sakit kepala, kaku leher, dan penurunan kesadaran. Penderitanya dapat merasa lelah dan mudah terganggu konsentrasinya, misalnya terkena cahaya yang menyorot mata. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan terjadinya meningitis atau infeksi otak. Segera periksakan diri ke dokter jika hal ini terjadi.
  • Infeksi pada sistem saluran pernapasan bawah, seperti pneumonia atau bronkitis, disertai gejala demam. Demam juga akan diikuti batuk, sesak napas, produksi lendir yang kental, dan rasa sakit di area dada.
  • Infeksi pernapasan atas, bisa mengenai hidung, sinus disertai, tenggorokan disertai gejala sakit kepala, batuk dengan demam. Meski demikian, infeksi pernapasan ini umumnya lebih sering diakibatkan oleh penularan virus.
  • Infeksi pada saluran kencing,  menyebabkan timbulnya rasa terbakar saat buang air kecil, bisa disertai darah pada air seni, dorongan untuk kencing terus-menerus dan sakit pinggang disertai demam. Hal ini biasanya menandakan adanya infeksi bakteri pada saluran kemih. Untuk proses penyembuhan, diperlukan pengobatan dengan antibiotik yang sesuai.
  •  Infeksi pada sistem reproduksi ditandai dengan keluarnya cairan dari alat kelamin, serta timbulnya sakit pada panggul bersamaan dengan terjadinya demam. Pada wanita, munculnya demam dan rasa sakit menandakan adanya pelvic inflammatory disease atau PID. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ reproduksi. Sebaiknya, segera periksakan diri Anda dan pasangan seksual Anda.
  • Sistem pencernaan yang mengalami infeksi ditandai dengan timbulnya diare, muntah, mual hingga feses yang berdarah. Hal ini pun menandakan adanya infeksi bakteri atau penyakit serius lainnya. Jika timbul sakit perut di bagian bawah kanan, kemungkinan terjadi infeksi pada usus buntu.
  • Sistem sirkulasi tubuh seperti jantung dan paru-paru, juga dapat mengalami infeksi bakteri. Gejala yang timbul selain demam adalah tubuh yang terasa pegal dan nyeri, menggigil, terasa lemas atau muncul kebingungan. Infeksi pada katup jantung akan mengakibatkan terjadi reaksi peradangan yang dapat dialami, karena adanya riwayat operasi dan mereka yang pernah diinfus. 
  • Infeksi bakteri pada kulit, juga dapat menjadi sumber infeksi bakteri, sehingga timbul demam bersama dengan kulit yang berubah kemerahan, bengkak, bernanah dan terasa sakit di area infeksi. Akan terjadi infeksi, jika kulit sebelumnya mengalami trauma atau mengalami penyumbatan pori-pori kulit penyebab abses. Penyebaran dapat terjadi dari jaringan lunak atau selulitis di bawah kulit, yang kadang perlu dikeluarkan cairannya. Pengobatan dengan antibiotik diperlukan dalam kasus ini. 

3.   Demam akibat infeksi jamur
Infeksi pada jamur dapat mengenai sistem organ dan dapat dikenali melalui pemeriksaan fisik. Pemeriksaan lebih lanjut biasanya harus dilakukan dan diperlukan biopsi untuk mendiagnosis infeksi yang terjadi. Obat-obatan anti jamur diperlukan untuk mengatasi masalah ini.


4.   Demam akibat terpapar hewan
Hal ini biasa dialami oleh mereka yang bekerja di lingkungan dengan banyak hewan ternak atau hewan peliharaan, sehingga dapat tertular bakteri langka penyebab demam. Selain demam, menggigil, sakit kepala dan rasa sakit pada sendi-sendi dan otot juga dapat terjadi. Bakteri-bakteri langka tersebut dapat ditemui pada ternak, produk susu yang belum terpasteurisasi dan di dalam air seni hewan.

5.   Demam setelah traveling
Traveling ke luar negeri berisiko terserang demam, karena makanan, racun, serangga, hingga berbagai penyakit menular. Karena itu, sebelum bepergian ke luar negeri, ada baiknya melakukan vaksinasi.

Tips lain  saat bepergian ke luar negeri, hindari konsumsi air yang tidak tertutup, dan makanan yang tidak terlalu matang, karena hal tersebut  dapat menyebabkan demam dan diare. Jika terjadi demam yang lebih tinggi dari 38.3 derajat Celcius dan muncul darah pada feses, kondisi ini perlu segera diperiksakan ke dokter. 

Penyebab lain demam juga bisa disebabkan oleh gigitan serangga. Yang harus diwaspadai adalah penyakit malaria, yang dapat menyebabkan demam yang kadang muncul dan kadang pergi. Diperlukan tes darah untuk memastikan diagnosis tersebut. (PA)

 

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P 


]]>
Tue, 07 Feb 2017 17:17:35 +0700Health A-Z
Waktu Terbaik Untuk Tidur, Makan, Olahraga, dan Bercinta https://www.meetdoctor.com/article/waktu-terbaik-untuk-tidur-makan-olahraga-dan-bercinta https://www.meetdoctor.com/article/waktu-terbaik-untuk-tidur-makan-olahraga-dan-bercinta Jika kita bicara tentang pola hidup sehat yang kekinian, sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari pengetahuan tentang ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah waktu biologis tubuh untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan tubuh itu sendiri. Ritme sirkadian tersebut terkait dengan alam semesta. Ini bukan mistik tapi ilmiah. Misalnya ketika hari gelap, mata kita menerima sedikit cahaya, maka otomatis produksi hormon melatonin meningkat dan kita jadi mengantuk, di samping memang tubuh butuh istirahat. 

"Jamur, lalat, anjing, ikan, manusia punya ritme sirkadian," kata  Dr. Michael Howell, ahli syaraf  University of Minnesota. “Apa yang tubuh Anda kerjakan pada pukul 8 pagi berbeda dari apa yang terjadi pada tubuh pada pukul 10 pagi. Lambung Anda bereaksi terhadap makanan dengan cara yang berbeda pada waktu yang berbeda. Kemampuan kita berolahraga juga berbeda di waktu yang berbeda setiap harinya."

Ritme sirkadian dimiliki oleh semua makhluk hidup dan memengaruhi respons hormon, suhu tubuh, detak jantung dan siklus tidur. Memahami ritme tubuh akan membantu Anda optimal dalam beraktivitas, sekaligus optimal juga dalam menjalankan pola hidup sehat. 

Waktu untuk tidur
Tidak ada waktu yang bisa dibilang tepat untuk tidur atau bangun karena siklus tidur orang berbeda-beda. Tapi menemukan waktu natural kapan biasanya Anda tidur sangatlah penting. 
Jadwal tidur yang dianggap ideal adalah tidur enam jam di malam hari dan kemudian tidur siang selama dua jam di sore hari. Jadwal tidur siang itu sendiri dapat bervariasi tergantung pada jadwal bangun pagi Anda; pada umumnya jadwal tidur siang yang baik adalah 6 jam berselang setelah Anda bangun tidur. Jadi jika Anda bangun pukul 7 pagi maka waktu alami Anda untuk tidur siang adalah pukul satu.

Waktu untuk berolahraga
Beberapa ahli fisiologi memiliki gagasan bahwa sore adalah waktu yang tepat untuk berolahraga dengan intensitas tinggi. "Itu karena tubuh Anda sudah melakukan pemanasan sepanjang hari. Berbeda ketika pagi terbangun dengan sendi kaku dan aliran darah [pagi] tidak seperti pada akhir hari. Meskipun demikian hendaknya jadwal berolahraga dapat disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari dan tidak terpatok hanya pada sore hari. Kapanpun Anda sempat berolahraga maka lakukanlah latihan fisik. 

Waktu untuk makan
Ketika bicara soal makan, para ahli berbeda pendapat. "Dari sudut pandang ilmiah, telah ada penelitian yang mengatakan makan porsi kecil tapi sering sangat bermanfaat. Jadi, makanlah setiap dua jam, "kata Katherine Zeratsky, seorang ahli diet di Mayo Clinic di Rochester. "Ada penelitian juga yang mengatakan makan tiga kali sehari sudah memadai."

Meskipun demikian, sarapan tetap berperan penting untuk mempersiapkan aktivitas harian Anda. Sarapan membuat pikiran Anda tajam dan dapat mencegah makan berlebihan nantinya. Beberapa ahli mengatakan, Anda harus sarapan satu jam setelah bangun, sementara yang lain mengatakan dua jam setelah bangun adalah waktu yang sangat ideal. Lalu kapan waktu yang tepat Anda harus berhenti makan? Banyak pakar diet melarang makan setelah pukul 7 malam sebagai cara untuk mencegah kebiasaan ngemil makanan yang tidak sehat. Kebiasaan makan yang terlalu larut, terutama yang mengandung kafein, akan meningkatkan denyut jantung dan mencegah Anda tertidur pulas. 


Di lain pihak, Darlene Kvist, pendiri Nutritional Weiht and Wellness di Twin Cities justru merekomendasikan konsumsi camilan 1 jam sebelum pergi tidur, Anda harus mengonsumsi camilan dengan sedikit lemak dan sedikit karbohidrat. Lemak membantu untuk menstabilkan gula darah sepanjang malam sehingga dapat tidur lebih nyenyak dan segar di pagi hari. 

Waktu untuk meditasi
Erik Storlie pengajar meditasi di University of Minnesota’s Center for Spirituality and Healing, mengatakan setiap orang harus mencari waktu terbaiknya sendiri. Tapi umumnya, meditasi paling baik dilakukan pagi hari ketika suasana masih sepi.  Ia juga menyarankan agar Anda melakukannya sejenak di siang hari dan sebelum tidur malam.


Waktu untuk bercinta
Ritme sirkadian juga mengatur kebaikan Anda di bidang yang lain: Hubungan romantis Anda dengan pasangan. Level oksitosin atau hormon cinta paling deras diproduksi pada pagi hari; begitu juga dengan level hormon testosteron seorang pria. Jadi, jika ingin maksimal dalam bercinta, lakukanlah di pagi hari setelah bangun tidur.

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan


]]>
Fri, 20 Jan 2017 14:51:26 +0700Health A-Z
Olahraga Pembakar Banyak Kalori https://www.meetdoctor.com/article/olahraga-pembakar-banyak-kalori https://www.meetdoctor.com/article/olahraga-pembakar-banyak-kalori Tak ada satu orang pun yang bisa meragukan kehebatan dari olahraga. Selain dapat membuat tubuh lebih segar dan bugar, berolahraga juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.Tak hanya itu, berolahraga juga efektif membakar kalori. 

Namun, tidak semua jenisnya dapat efektif membakar banyak kalori. Dan, anggapan yang salah pula bila semakin lama berolahraga, maka akan semakin banyak lemak yang terbakar. Kenyataannya tidak demikian. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa yang terpenting dalam aktifitas tersebut adalah rutinitas, bukan berapa banyak waktunya. 

Nah, mau tahu jenis olahraga yang cepat membakar kalori? Yuk simak dibawah ini:

Lari
Jenis ini dipercaya sebagai kegiatan fisik yang paling banyak membakar kalori karena dengan berlari seluruh organ tubuh kita bergerak. Tak hanya itu, berlari juga dapat melatih kekuatan kaki dan daya tahan otot secara maksimal. Selain itu, lari juga ternyata bermanfaat untuk tubuh bagian atas. Untuk menghindari cidera, lakukan pemanasan serta stretching, memakai sepatu yang tepat dan berlarilah secara konstan dalam kecepatan sedang. 


Bersepeda
Bersepeda adalah salah satu latihan tanpa menahan beban yang sangat baik. Bersepeda dapat membakar energi hingga 1000 kalori per jam tapi hal tersebut tergantung pada kecepatan Anda mengayuh sepeda. Tak hanya itu, bersepeda juga dapat memberikan latihan kardio dan membangun serta membentuk paha dan betis.

Berenang
Banyak orang yang memilih berenang sebagai olahraga andalan dalam proses proses penurunan berat badan atau diet. Bagi sebagian orang, kolam adalah media latihan tubuh yang sangat baik secara menyeluruh, karena dapat membakar energi hingga 360 dalam setengah jam. Namun, kebanyakan orang mengalami kesulitan mempertahankan waktu latihan yang reguler. Oleh karena itu, saat latihan sebaiknya perhatikan hal-hal berikut, yaitu gerakan yang tepat, napas dan waktu latihan itu sendiri.


Badminton
Latihan badminton akan membuat tubuh tetap fit dan juga dapat menjaga bentuk tubuh Anda. Tidak seperti sesi berolahraga yang melelahkan, badminton merupakan permainan yang menyenangkan apalagi bila bermain dengan teman atau pasangan. Jenis ini dapat membakar sekitar 300 kalori dalam 30 menit. Selain itu badminton juga dapat memberikan latihan kardio respirasi yang luar biasa dan juga dapat membangun kekuatan serta daya tahan tubuh. Selain bermanfaat bagi tubuh, latihan ini juga akan melatih kecepatan serta ketangkasan Anda.

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian semua orang. Selain mengubah pola makan, Anda juga tidak boleh lupa berolahraga. Hal itu disebabkan karena dengan berolahraga Anda tak hanya dapat memiliki tubuh yang ideal, tetapi juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. (PR)

Ditinjau oleh: dr. Aria Wibowo


]]>
Mon, 23 Jan 2017 13:45:58 +0700Health A-Z
5 Manfaat Apel untuk Mencegah Penyakit Kronis https://www.meetdoctor.com/article/5-manfaat-apel-untuk-mencegah-penyakit-kronis https://www.meetdoctor.com/article/5-manfaat-apel-untuk-mencegah-penyakit-kronis Anda mungkin sudah sering mendengar berbagai khasiat mengonsumsi buah apel. Buah yang kaya antioksidan dan vitaminnya ini tidak hanya berguna untuk menyehatkan tubuh atau sebagai pemberi nutrisi tambahan, tetapi juga bisa dikonsumsi sebagai makanan pencegah timbulnya penyakit yang cukup kronis dari tubuh kita. Bahkan ada pepatah yang mengatakan “An apple a day keeps the doctor away” yang menggambarkan betapa bermanfaatnya mengonsumsi buah apel untuk menjamin kesehatan tubuh kita.
 
Beberapa khasiat apel sebagai langkah awal untuk memiliki tubuh yang tetap sehat  adalah : 
 
1. Untuk kesehatan otak
Apel memiliki sel neuron yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat menjaga daya kerja otak dan menghindarinya dari penyakit yang dapat menyerang otak seperti alzhaimer.
 
2.Menurunkan kadar kolesterol
Dengan mengonsumsi dua buah apel setiap hari telah dipercaya dan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Lemak jahat yang tidak sehat bagi tubuh ini dapat berkurang sebanyak 16% jika apel dikonsumsi secara teratur.
 
3.Mencegah Anemia
Anemia merupakan kondisi dimana darah kekurangan hemoglobin. Untuk meningkatkannya kembali dibutuhkan asupan zat besi yang sangat kaya terkandung dalam buah apel.
 
4.Mencegah osteoporosis
Penelitian di Perancis menemukan bahwa zat phloridzin yang terkandung pada apel bermanfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis, dan meningkatkan massa tulang. Boron, kandungan lain dari apel juga berfungsi untuk memperkuat tulang. Hal ini karena apel mengandung banyak mineral .Mineral yang terkandung dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.
 
5.Memelihara kesehatan jantung
Apel memiliki kandungan alami senyawa seperti epicatechinepigallocatechinkaempferol, dan quercetin yang berfungsi menjaga dinding arteri dari peradangan. Zat-zat tersebut juga dapat mencegah kolesterol.
 
Selain itu, kulit apel juga memiliki polyphenol yang berperan penting mencegah kerusakan sel yang disebabkan karena radikal bebas. Maka, mengonsumsi apel bersama kulitnya juga bermanfaat. Namun, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu untuk membuang zat-zat kimia yang menempel.
 

]]>
Thu, 09 Feb 2017 15:04:11 +0700Health A-Z
Dehidrasi, Apa Tandanya? https://www.meetdoctor.com/article/dehidrasi-apa-tandanya https://www.meetdoctor.com/article/dehidrasi-apa-tandanya Dehidrasi adalah suatu keadaan dimana Anda akan terus mengalami rasa haus yang tinggi dan terus menerus dan mengeluarkan keringat berlebih. Hal tersebut dikarenakan adanya gangguan pada tubuh akibat kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh.
 
Dehidrasi terjadi karena cairan yang keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan air yang masuk ke dalam tubuh melalui minuman. Walaupun bukan penyakit yang menyeramkan, jika Anda tidak langsung mengatasinya akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh.
 
Mungkin banyak orang yang sering bertanya apa yang menyebabkan dirinya kehilangan cairan tubuh. Padahal banyak faktor yang menyebabkan hilangnya cairan tubuh seperti beberapa faktor berikut ini:
1. Demam dan sakit kepala
2. Olahraga berlebihan
3. Muntah dan diare
4. Buang air kecil meningkat
5. Terkena penyakit diabetes
6. Gangguan kemampuan untuk minum, seperti seseorang yang mengalami koma
7. Luka pada kulit, seperti luka bakar dan mulut
8. Mengalami penyakit kulit yang parah atau infeksi karena air bisa hilang melalui kulit yang rusak
 
Apa cirinya jika Anda terkena dehidrasi berat? Lihat di sini

Seseorang yang sedang mengalami dehidrasi biasanya tidak menyadarinya. Padahal Anda perlu mengetahui tanda-tanda saat Anda mengalami dehidrasi agar segera mendapatkan penanganan lebih lanjut. Berikut beberapa kondisi yang menandakan Anda benar-benar terkena dehidrasi:
1. Mulut kering
2. Haus berlebihan
3. Terasa lemah
4. Pusing
5. Jantung berdebar dan berdegup kencang
6. Mudah bingung
7. Lesu hingga pingsan
8. Warna urin berubah menjadi kuning dan sangat kuning
 
Namun, seseorang mengalami hal tersebut tidak selalu karena mengalami kurangnya asupan mineral tetapi juga akibat keringat berlebih, cuaca panas, aktivitas yang berat, hingga penggunaan obat yang membuat Anda menjadi lebih sering mengeluarkan urin.
 
Selain itu, kebutuhan cairan tubuh tidak hanya Anda dapatkan dari air. Makanan juga dapat menyumbang sekitar 300 mililiter cairan pada tubuh. Namun, sebaiknya Anda dapat mengonsumsi air putih dengan asupannya yang ideal, sekitar 8 hingga 10 gelas dalam satu hari.
 
Direview oleh dr. Adhiatma Gunawan

]]>
Tue, 07 Feb 2017 11:12:06 +0700Health A-Z
Serunya Olahraga dengan Trampolin https://www.meetdoctor.com/article/serunya-olahraga-dengan-trampolin https://www.meetdoctor.com/article/serunya-olahraga-dengan-trampolin Gerakan olahraga melompat dan memantul sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung serta membantu membentuk otot terutama di bagian betis. Selain itu,  memantul-mantul secara konstan dapat membakar sekitar 160 kalori setiap 30 menit. Gerakan memantul paling mudah diwujudkan dengan latihan trampolin yang berukuran mini. Selain menyehatkan, berlompatan di atas trampolin adalah kegiatan yang menyenangkan.

Berdasarkan latihan kebugaran yang diinisiasikan oleh Basheerah Ahmad, pendiri 360 Transformation yang merupakan konsultan kebugaranbagi para selebriti Hollywood, terdapat berbagai cara memaksimalkan berolahraga dengan trampolin. Masukkan kegiatan memantul di atas trampolin dalam program berolahraga selama seminggu setidaknya tiga kali untuk hasil yang maksimal. Berikut beberapa gerakan melompat di atasnya yang baik bagi pembentukan betis.

1.      Berdiri dengan kaki dibuka selebar 6 inci.

2.      Tekuk lengan dan pertahankan posisi siku pada kedua sisi tubuh.

3.      Tekuk sedikit lutut dan secara ringan biarkan tubuh memantul ke atas dan ke bawah. Kaki perlu berjarak 6 inci dari trampolin.

4.      Ulangi sebanyak 30 kali.


Sementara, cara melompat berikut ini dapat memompa jantung dan membuat jantung lebih sehat.

1.      Berdiri di atas trampolin dengan kaki dibuka selebar 6 inci.

2.      Letakkan kedua tangan di pinggang dan tekuk lutut sedikit, memantullah sambil bergantian mengangkat kaki kanan maupun kaki kiri.

3.      Ulangi sebanyak 60 kali (30 untuk masing-masing kaki).

Kemudian, latihan fisik lainnya dengan menggunakan trampolin dapat dikombinasikan dengan squat.

1.      Berdirilah di atas trampolin mini dengan kaki didekatkan dan lengan jatuh pada kedua sisi tubuh.

2.      Lompat ke atas, buka kaki lebih lebar daripada lebar bahu, dan mendaratlah kembali di atas trampoline dengan posisi squat, yaitu posisi lutut ditekuk dan paha sejajar dengan landasan seperti posisi data akan duduk di atas kursi. Lengan diluruskan ke depat.

3.      Kemudian, pantulkan kembali tubuh ke posisi awal dan ulangi hingga 20 kali.


Dalam melakukan gerakan squat secara terpisah, terdapat beberapa gerakan yang perlu diperhatikan sebelum membawa lompatan squat ke atas trampolin yang memantul. Berikut langkah-langkah gerakan squat yang tepat:

1.      Letakkan kedua tangan di belakang kepala dan tarik siku ke belakang agar sejajar dengan tubuh.

2.      Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu.

3.      Pertahankan posisi tubuh yang dilakukan saat akan memulai gerakan.

4.      Tekukkan lutut untuk bersiap melakukan lompatan dalam kondisi tubuh yang tetap diusahakan dalam posisi tegak.

5.      Melompatlah setinggi mungkin. Untuk membantu memaksimalkan lompatan, bayangkan kaki Anda mendorong lantai sejauh mungkin.

6.      Saat mendarat, mendaratlah dalam posisi menungging dan lakukan lompatan berikutnya.

7.      Pertahankan posisi tangan dari awal gerakan hingga akhir.


]]>
Tue, 24 Jan 2017 10:48:51 +0700Health A-Z
Tidak Suka Air Putih? Minum Ini Agar Terhindar dari Dehidrasi https://www.meetdoctor.com/article/tidak-suka-air-putih-minum-ini-agar-terhindar-dari-dehidrasi https://www.meetdoctor.com/article/tidak-suka-air-putih-minum-ini-agar-terhindar-dari-dehidrasi Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa terjadi pada setiap orang. Untuk mengatasinya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air putih 6 sampai 8 gelas setiap harinya. Namun, banyak dari Anda yang mungkin tidak terlalu suka mengonsumsi air putih. 

Lalu, bagaimana menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan jika tidak suka air mineral? Berikut beberapa minuman yang dapat mencegahnya untuk Anda yang tidak menyukai air mineral.

1. Jus Semangka
Jus semangka membantu meringankan nyeri otot pasca latihan. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa L-citrulline (semangka kaya akan asam amino ini) membantu mengurangi denyut jantung pemulihan dan nyeri otot. 

Carilah jus semangka di toko makanan kesehatan, tetapi periksa kembali dan pastikan bahwa itu bukan minuman semangka dengan perasa dan banyak tambahan gula. Lebih baik lagi, jika Anda membuat sendiri di rumah.

2. Jus Tomat
Jus tomat kaya akan lycopene, antioksidan alami yang melindungi kesehatan jantung dan membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga. Tambahkan air jika Anda merasa terlalu banyak serat.

3. Jus Ceri
Jus ceri dapat mengurangi nyeri otot akibat olahraga, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine. Seperti jus semangka, carilah jus kemasan yang tidak memiliki banyak tambahan gula, atau buatlah sendiri dirumah dan encerkan dengan air seperti yang diinginkan.

4. Susu
Susu sama seperti air, sama-sama menghindarkan Anda dari dehidrasi, meningkatkan sintesis protein otot dan daya tahan saat berolahraga, menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of International Society of Sports Nutrition.

Namun, tetap usahakan untuk mengkonsumsi air mineral. Jika Anda tidak menyukai rasa dari air mineral yang tawar, tambahkan potongan lemon, stroberi, atau daun mint ke dalam air. Hal itu, dapat menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Fri, 03 Feb 2017 14:11:50 +0700Health A-Z
Duduk Seharian Bisa Mematikan https://www.meetdoctor.com/article/duduk-seharian-bisa-mematikan https://www.meetdoctor.com/article/duduk-seharian-bisa-mematikan Lebih dari 50% pekerja menghabiskan lebih dari enam jam duduk setiap harinya. Banyak di antara mereka yang tidak menyadari akan bahaya kesehatan yang mengintai mereka. 

Duduk memiliki efek jangka pendek dan jangka panjang pada kesehatan  dan tubuh Anda. Aktivitas yang tampaknya biasa ini ternyata memiliki potensi mematikan.

Berikut hal-hal yang terjadi dari kepala hingga kaki jika Anda duduk seharian.

1.    Otot Gluteus dan Kaki Melemah
Dengan duduk seharian, Anda tidak menggunakan otot bagian bawah Anda. Hal ini menyebabkan melemahnya otot atrofi. Tubuh Anda berisiko cidera tanpa ditopang oleh kaki dan otot gluteus yang kuat untuk menyeimbangkan tubuh Anda.

2.    Berat Badan Bertambah
Bergerak dapat melepaskan molekul seperti lipoprotein lipase yang membantu memproses lemak dan gula yang Anda makan. Anda juga berisiko lebih besar mengalami sindrom metabolik, meskipun Anda berolahraga. 

3.    Pinggul Menjadi Ketat dan Sakit Punggung
Seperti pada kaki dan otot gluteus, pinggang dan punggung Anda akan terkena dampak dari duduk. Duduk menyebabkan otot fleksor menyempit dan posisi duduk yang salah juga bisa menyakiti punggung Anda, terutama jika Anda memiliki postur tubuh yang tidak sesuai dan kursi yang Anda gunakan tidak nyaman. 

4.    Penyakit Jantung
Duduk terlalu lama dapat menyebabkan penyakit pada jantung yang berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular. Para ahli mengatakan orang-orang yang duduk seharian memiliki risiko 147% lebih tinggi mengalami serangan jantung dan stroke.

5.    Risiko Diabetes
Orang-orang yang menghabiskan banyak waktu dengan duduk juga memiliki risiko 112% lebih tinggi mengalami diabetes.

6.    Varises
Duduk dengan jangka waktu yang lama dapat menyebabkan darah berkumpul di kaki. Hal ini dapat menyebabkan varises. Meskipun umumnya tidak berbahaya, tetapi pembuluh darah yang bengkak kurang enak untuk dipandang terlebih jika terjadi pada wanita.

7.    Kaku pada Bahu dan Leher
Seperti pada kaki, bokong, dan punggung bagian bawah, bahu dan leher Anda juga akan mengalaminya jika terlalu lama duduk. Terutama jika Anda membungkuk untuk melihat layar komputer. 

Untuk menyiasati agar duduk lama tidak berujung pada penyakit, cobalah banyak bergerak, misalnya membuat teh di pantry, mengangkat telepon di kubikel sebelah, berjalan-jalan di sekitar kantor saat makan siang, dan sebagainya. 


Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Mon, 06 Feb 2017 16:36:18 +0700Health A-Z
Alasan Alice Norin Memilih Bersalin di MRCCC Siloam Hospital Semanggi https://www.meetdoctor.com/article/alasan-alice-norin-memilih-bersalin-di-mrccc-siloam-hospital-semanggi https://www.meetdoctor.com/article/alasan-alice-norin-memilih-bersalin-di-mrccc-siloam-hospital-semanggi Bagi Alice Norin, hamil dan melahirkan merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Sebagai ibu baru, ia menginginkan proses persalinannya berjalan lancar, aman, dan tentunya nyaman. Maka itu, tidak mudah bagi Alice untuk memilih rumah sakit yang tepat untuk menjadi tempat persalinan pertamanya. Setelah mencari informasi dari berbagai sumber, termasuk dari pengalaman mereka yang telah melakukan persalinan sebelumnya, ia akhirnya menjatuhkan pilihan pada MRCCC Siloam Hospital Semanggi. 

“Alasan saya yang utama karena rumah sakit ini pro ASI, jadi sesuai dengan keinginan saya yang memang ingin memberikan ASI secara eksklusif,” kata Alice. Menurut Alice, dukungan ini ia dapatkan dari para dokter dan suster, dan ditunjang oleh berbagai fasilitas yang membuat Alice nyaman memberikan ASI ekslusif pada putri pertamanya, baby El. 

Memberikan kenyaman pada ibu dan bayinya, memang menjadi tujuan MCRCCC Siloam Hospitals Semanggi. Ruang rawat inap yang terletak di lantai 32 dilengkapi dengan dua ruangan bersalin, fasilitas NICU, 32 kamar rawat inap dengan desain modern dan tambahan pemandangan kota Jakarta dan SCBD, menjadi keunggulan rumah sakit tersier yang berada di pusat jantung Jakarta dengan lokasi strategis ini. 

Pada persalinan pertamanya pada tanggal 24 Januari 2017, Alice menjalani proses persalinan secara Ceasar dan ditangani oleh dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, M. Kes. Menurut dr. Dara, proses ini dilakukan karena bayi macet atau kepala bayi tidak turun, dan Alice terlihat kelelahan. Proses persalinan ini memakan waktu sekitar 1 jam dan berjalan lancar. 

 


]]>
Mon, 06 Feb 2017 10:59:00 +0700Health A-Z