MeetDoctor - Topic Health A Z https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 3 Cara Efektif Hadirkan Udara Bersih, Sehat dan Bebas Nyamuk di Rumah Anda https://www.meetdoctor.com/article/3-cara-efektif-hadirkan-udara-bersih-sehat-dan-bebas-nyamuk-di-rumah-anda https://www.meetdoctor.com/article/3-cara-efektif-hadirkan-udara-bersih-sehat-dan-bebas-nyamuk-di-rumah-anda Musim kemarau mulai tiba. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tahun ini puncak musim kemarau terjadi pada bulan Juli, Agustus dan September. Tidak heran belakangan ini cuaca di Jakarta dan beberapa kota di Indonesia terasa panas dan terik.

Cuaca panas membawa pengaruh terhadap kesehatan. Suhu yang tinggi bisa membuat orang yang memiliki alergi ringan menjadi bersin-bersin karena jumlah debu yang ada di udara mengalami peningkatan. Tak hanya itu, gigitan nyamuk juga lebih dahsyat di musim panas. Dan nyamuk di musim panas biasanya lebih banyak muncul di malam hari.

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menghadirkan udara yang bersih, sehat dan bebas nyamuk di rumah Anda dengan cara efektif ini:

Buat Ventilasi

Ventilasi berperan dalam menjaga kelancaran sirkulasi yang sehat di dalam rumah Anda. Ukuran ventilasi berpengaruh besar terhadap kelancaran sirkulasi udara segar dari luar ke dalam rumah Anda, dan mengeluarkan udara panas dan pengap dari dalam ke luar rumah.

Tanam Tanaman Hias

Tanaman di sekitar rumah sangat membantu membuat suhu di dalam rumah menjadi lebih dingin dan teduh. Pohon-pohonlah yang akan melindungi rumah dari paparan sinar matahari langsung, agar tidak masuk ke dalam rumah. Tanam juga beberapa tanaman hias di dalam rumah untuk membuat rumah Anda lebih asri dan sejuk.

Gunakan Air Purifier with Mosquito Catcher dari SHARP

Ini bukanlah air purifier biasa. Tiga aksi dari Air Purifier with Mosquito Catcher dari SHARP ini akan membuat rumah Anda bersih, sehat dan bebas nyamuk.

-Plasmacluster

Teknologi Plasmacluster HD 7000 mampu menghasilkan ion-ion Plasmacluster yang secara aktif menyebar ke seluruh ruangan, untuk menonaktifkan virus, bakteri, jamur, serta bau yang tidak sedap (seperti bau rokok, bau binatang, dll) sehingga udara di dalam ruangan tetap sehat dan segar.

-Bebas Debu

Kombinas HEPA filter, Coanda airflow, dan Back Suction, mampu menjangkau seluruh ruangan, mengisap dan mampu menyaring semua debu, kuman, hingga partikel-partikel terkecil.

-Bebas Nyamuk

Inilah salah satu keunggulan dari Air Purifier with Mosquito Catcher dari SHARP. Teknologi baru pada Air Purifier ini dilengkapi dengan UV Light dan Glue Sheet, dan desain yang elegan berwarna hitam, yang mampu menarik perhatian serta menangkap nyamuk.

Jadi, bila ingin udara di dalam rumah Anda selalu bersih, sehat dan bebas nyamuk, gunakan saja Air Purifier with Mosquito Catcher dari SHARP.


]]>
Tue, 29 Aug 2017 09:38:10 +0700Kesehatan A-Z
Inilah Akibatnya Jika Anda Terlalu Lama Duduk Setiap Hari https://www.meetdoctor.com/article/inilah-akibatnya-jika-anda-terlalu-lama-duduk-setiap-hari https://www.meetdoctor.com/article/inilah-akibatnya-jika-anda-terlalu-lama-duduk-setiap-hari Jika Anda bekerja di belakang meja, berarti Anda duduk selama sekitar 8 jam setiap hari. Di ujung hari kerja, ketika bangun dari tempat duduk, mungkin Anda merasa bokong dan pinggang terasa sakit. Terus mengetik dan minimal bergerak mungkin baik untuk karir, tetapi tidak untuk bokong Anda.

Ini bukan berarti Anda harus keluar dari pekerjaan Anda karena masih ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga bentuk dan kesehatan bokong Anda.

"Duduk sepanjang hari dapat membuat otot gluteus Anda mengerut,"  kata Dan Giordano, D.P.T., C.S.C.S., pendiri Bespoke Treatments Physical Therapy. Hal ini berdampak pada gerakan pinggul, rotasi dan stabilitas panggul. Intinya,  apa yang buruk untuk bokong sebenarnya buruk juga bagi seluruh tubuh Anda.

Otot gluteus yang tidak aktif akan mengencangkan fleksor pinggul dan kurva tulang belakang, memperburuk postur tubuh dan menyebabkan sakit punggung.

Ketika duduk dalam jangka waktu yang lama, terutama dengan sikap tubuh yang buruk, fleksor pinggul Anda akan mengencang dan menyebabkan inhibisi  timbal balik dari glutes. "Bila ini terjadi, panggul tidak dapat memutar ke depan, menyebabkan tekanan di punggung bawah yang dapat menyebabkan nyeri punggung," kata Giordano. Seiring waktu, jika dibiarkan, ini dapat menyebabkan rasa sakit kronis.

Terlalu banyak duduk bahkan dapat mengubah bentuk bokong Anda. Giordano mengatakan, dia telah melihat perubahan ini pada para pasien yang tadinya bergaya hidup aktif lalu terperangkap berjam-jam di belakang meja kerja. "Otot fleksor pinggul yang ketat (menyempit) dapat membuat bokong menjadi datar."

Adam Gallo, pelatih pribadi di Brooklyn Boulders Queensbridge, mengatakan bahwa beberapa klien pribadinya datang khusus mencari cara membalikkan efek negatif akibat duduk terlalu lama setiap hari. Ketika mereka bangun tidur dan melihat ke cermin, mereka melihat betapa banyak perubahan fisik yang terjadi karena kurang gerak. Mulai dari selulit, berkurangnya massa otot hingga kulit wajah mengendur. Hal ini terjadi karena tidak lancarnya aliran darah ke kulit yang menyebabkan hilangnya kolagen."

Untungnya, ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan efek-efek buruk tersebut dan memerbaiki postur tubuh Anda.

Atur ketinggian kursi agar posisi pinggul sedikit di atas lutut dan kaki bisa menapak santai di lantai. Pastikan punggung bawah Anda mendapat dukungan yang baik, baik dengan kursi yang kokoh atau diganjal bantal. Jaga bahu agar rileks tetapi tegak. Usahakan agar letak layar komputer sejajar dengan mata atau sedikit di bawah mata. Jika layar komputer  terlalu rendah, Anda akan terpaksa membungkuk. Siku harus sejajar dengan tinggi meja dan pastikan Anda duduk cukup dekat dengan meja sehingga tidak perlu bersusah payah meraih papan ketik.

Olahraga teratur juga dapat sangat membantu menangkal akibat buruk dari duduk terlalu lama.

Selama Anda dapat membuat otot gluteus bergerak aktif di luar waktu kerja,  Anda tidak perlu khawatir. Giordano merekomendasikan Anda berlatih Pilates untuk memperkuat otot inti dan memperbaiki postur tubuh Anda.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Thu, 24 Aug 2017 12:12:20 +0700Kesehatan A-Z
Manfaat Olahraga yang Sebaiknya Anda Tahu https://www.meetdoctor.com/article/manfaat-olahraga-yang-sebaiknya-anda-tahu https://www.meetdoctor.com/article/manfaat-olahraga-yang-sebaiknya-anda-tahu Tahukah anda bahwa olahraga dapat menyebabkan diabetes tipe 2, penyakit jantung, osteoporosis, gangguan imun dan berbagai masalah kesehatan lainnya??

Tahukah anda bahwa semua orang adalah atlit, dengan tujuan yang berbeda2?

Olahraga adalah salah satu pilar dari gaya hidup sehat. Ibaratnya sebagai obat, dengan berolahraga, kita dapat mengurangi risiko akan penyakit-penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker hingga 50%, serta menurunkan risiko kematian dini hingga 30%. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa aktivitas fisik juga dapat meningkatkan harga diri, mood, kualitas tidur dan energi, serta mengurangi risiko stres, depresi, demensia dan penyakit Alzheimer.

Namun seperti layaknya obat-obatan lainnya, dosis dan cara penerapan olahraga harus tepat dan sesuai dengan masing-masing individu yang memerlukannya. Karena kurang atau lebihnya dosis suatu obat dapat memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Agar tetap sehat, Anda disarankan untuk aktif setiap hari untuk mencapai setidaknya 150 menit aktivitas fisik setiap minggu, melalui berbagai aktivitas.

Bagi kebanyakan orang, cara termudah untuk bergerak adalah dengan membuat aktivitas bagian dari kehidupan sehari-hari, seperti berjalan kaki atau bersepeda. Untuk semua jenis aktivitas dapat memberi manfaat bagi kesehatan Anda, Anda perlu bergerak cukup cepat sehingga detak jantung anda meningkat, bernapas lebih cepat dan terasa lebih hangat. Tingkat usaha ini disebut aktivitas intensitas sedang. Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda bekerja dengan intensitas sedang adalah jika Anda masih bisa berbicara tapi Anda tidak bisa menyanyikan kata-kata untuk sebuah lagu.

Jika aktivitas Anda mengharuskan Anda untuk bekerja lebih keras lagi, ini disebut aktivitas intensitas yang kuat. Ada bukti substansial bahwa aktivitas yang kuat dapat membawa manfaat kesehatan melebihi dan di atas aktivitas moderat. Anda bisa tahu kapan aktivitasnya hebat karena Anda terengah-engah dan cepat, dan detak jantung Anda sudah naik sedikit. Jika Anda bekerja pada tingkat ini, Anda tidak akan bisa mengatakan lebih dari beberapa kata tanpa berhenti bernapas.

Kembali mengenai dosis, bentuk dan intensitas olahraga harus disesuaikan dengan kemampuan, keperluan dan tujuan tiap individu. Seorang atlit Olimpiade memerlukan dosis dan intensitas olahraga yang berbeda dengan seorang businessman. Bukannya sehat, olahraga yang berlebihan dan tidak tepat, malah bisa menimbulkan masalah kesehatan yang fatal seperti serangan jantung dan otoimun.

Agar olahraga menjadi bagian dari gaya hidup sehat anda dan bukan menjadi sesuatu yang mengancam kesehatan Anda, Anda perlu tahu mengenai dosis dan intensitas yang tepat untuk berolahraga dan efek samping yang buruk dari olahraga, khususnya bagi Anda yang menggemari endurance training seperti marathon dan triathlon.

Nah, untuk mendapatkan informasi penting ini, Anda bisa mengikuti acara Breakfast Talk yang akan diselenggarakan pada Sabtu pagi jam 10 pagi s/d selesai, tanggal 16 September, di Ecology Bistro, di Kemang Raya, Jakarta. Mengusung tema Stay at The Top of The Game, with the right dose of training and nutrition, narasumber yang akan memberi materi ni adalah Joseph P. Cleaver, MD, ABAARM dari Amerika Serikat.

Joseph Cleaver adalah pakar dan pembicara yang diakui secara internasional di bidang pengobatan fungsional dan salah satu pendiri Paradigma Wellness Medicine Group Inc., di Dallas TX dan Napa, California. Memiliki sertifikat di pengobatan internal, pengobatan regeneratif dan fungsional, dan rheumatologist yang fokusnya pada terapi regeneratif yang efektif dalam pengobatan artritis sendi, jaringan lunak dan cidera olahraga.

Yuk, dapatkan tubuh yang sehat dengan berolahraga secara tepat.


]]>
Wed, 30 Aug 2017 13:41:38 +0700Kesehatan A-Z
GSK Bangun Pabrik Pasta Gigi di Indonesia https://www.meetdoctor.com/article/gsk-bangun-pabrik-pasta-gigi-di-indonesia https://www.meetdoctor.com/article/gsk-bangun-pabrik-pasta-gigi-di-indonesia GlaxoSmithKline Cosumer Healthcare (GSK) secara resmi menunjuk Li & Fung Beauty (LFB) untuk pembangunan fasilitas pabrik baru dengan nilai investasi mencapai Rp69 miliar. Pabrik  tersebut akan memproduksi dan mensuplai produk pasta gigi Sensodyne.  

“Sektor manufaktur kesehatan Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan di Asia Tenggara yang didukung oleh sejumlah faktor, termasuk tenaga kerja yang terlatih, solusi infrastruktur yang berkelanjutan dan iklim ekonomi yang baik bagi pertumbuhan bisnis,” kata Pawan Sud, President Director, GSK Consumer Healthcare Indonesia. 

Fasilitas dengan luas 3.700 m2 yang berlokasi di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur ini akan menggunakan material lokal sebanyak mungkin untuk proses produksi dan diharapkan dapat meningkatkan akses yang tepat waktu dan efisiensi pasokan untuk menghasilkan 20 juta unit Sensodyne pada tahun 2020. 

Pembangunan fasilitas baru yang akan dibangun LF Beauty untuk GSK ini menjadi bukti bahwa iklim manufaktur berkelanjutan dan ekonomi terbuka Indonesia terus berkembang. “BKPM menyambut kerjasama yang bernilai dan investasi besar, dan berharap terbuka jalan bagi pengembangan talenta lokal,” kata Kepala BKPM, Thomas Lembong, saat menghadiri Groundbreaking Ceremony Sensodyne Facilty, di Jakarta, Selasa (5/9/2017). 

Selain fasilitas manufaktur baru tersebut, GSK juga telah memperluas fasilitas yang telah ada di Pulogadung untuk keseluruhan proses produksi produk-produk GSK, seperti Panadol, Actifed dan Ventolin. 

 


]]>
Wed, 06 Sep 2017 17:07:49 +0700Kesehatan A-Z
Pagi yang Produktif Berawal Dari Ini https://www.meetdoctor.com/article/pagi-yang-produktif-berawal-dari-ini https://www.meetdoctor.com/article/pagi-yang-produktif-berawal-dari-ini Bila Anda sering merasakan hari yang buruk atau pun tidak produktif di tempat kerja, coba telusuri rutinitas pagi hari Anda. Apakah Anda memulai hari dengan terburu-buru berangkat ke tempat kerja? Apakah Anda sarapan dengan benar atau malah Anda sering melewatkan sarapan? Awal yang baik berperan penting dalam meningkatkan mood dan produktivitas.  
Setiap orang memiliki rutinitas pagi yang berbeda. Ada yang langsung ke kamar mandi begitu membuka mata. Ada pula yang mendengarkan musik terlebih dulu, seperti yang dilakukan Bunga  Citra Lestari (BCL). 

Agar hari Anda penuh semangat, cobalah tip berikut ini: 

-Bangun pagi lebih awal 
Bila biasanya Anda bangun pagi pukul 06.00, kali ini cobalah bangun 5-10 menit lebih awal. Manfaatkan waktu ini untuk melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan mood Anda, seperti mendengarkan musik, menyiapkan sarapan, peregangan, meditasi, atau lainnya. Sebaiknya hindari membuka media sosial di pagi hari, karena dapat mempengaruhi mood Anda, apalagi bila yang Anda baca adalah konte negatif. 

-Bersyukur
Sesaat setelah Anda membuka mata, ucapkan rasa syukur atas apa yang terjadi pada Anda. “Sebelum makan atau minum apa pun di pagi hari, saya selalu mengambil tiga menit untuk menemukan rasa syukur karena bisa bangun dan menggerakkan jari kaki saya. Saat memulai hari saya seperti ini, dunia terasa lebih ringan,” kata Lisa Hasyim, M.S., R.D., penulis dan penggemar kesehatan dari Amerika Serikat. 

-Minum air
Segera setelah Anda bangun di pagi hari, minumlah segelas air hangat untuk menyegarkan pikiran serta tubuh Anda. Pasalnya, selama tidur di malam hari, tubuh kehilangan cairan, sehingga Anda perlu menggantinya di pagi hari agar tidak menimbulkan dehidrasi. 

-Mandi pagi
Mandi pagi dengan air dingin lebih menguntungkan bagi kesehatan, terutama dapat ‘mengejutkan’ tubuh dan meningkatkan detak jantung sehingga memicu peredaran darah ke seluruh tubuh lebih cepat. Namun, Anda juga bisa memulainya dengan air hangat. “Mandi air hangat bisa menenangkan sistem saraf. Biasanya saya menambahkan aroma lemon segar untuk ritual mandi di pagi hari,” kata Lisa.  Agar tubuh lebih segar, Anda bisa mengakhiri mandi air hangat dengan air dingin. 

-Pompa jantung dengan kardio
Sempatkan waktu untuk berolahraga setiap pagi, meski hanya 15-20 menit. Anda bisa jogging, jalan santai atau bersepeda. Menurut Lisa, kardio adalah latihan untuk melatih organ-organ vital, khususnya jantung dan peredaran darah. Latihan kardio dapat menjaga dan meningkatkan stamina, serta  meningkatkan sirkulasi darah ke otak. 

-Sarapat sehat
Setelah hampir tujuh jam saluran pencernaan beristirahat selama tidur, tubuh membutuhkan asupan makanan untuk menyokong energi untuk beraktivitas. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengonsumsi sarapan seimbang di pagi hari, yang terdiri dari karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral. Terpenting pilihlah karbohidrat komplek, seperti gandum utuh atau beras merah. Hindari karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan roti di pagi hari karena akan membuat Anda makan berlebihan di siang hari. Selain itu, karbohidrat komplek juga akan membuat Anda mudah mengantuk sehingga pagi Anda tidak produktif. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 

 


]]>
Tue, 19 Sep 2017 11:56:31 +0700Kesehatan A-Z
Bahayanya Obat PCC Bila Dikonsumsi Sembarangan https://www.meetdoctor.com/article/bahayanya-obat-pcc-bila-dikosumsi-sembarangan https://www.meetdoctor.com/article/bahayanya-obat-pcc-bila-dikosumsi-sembarangan Penyalahgunaan obat, apalagi tanpa resep dokter mempunyai efek yang berbahaya bagi tubuh, seperti yang terjadi pada kasus penyalahgunaan obat PCC di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kabarnya puluhan pelajar mengalami kejang-kejang dan berhalusinasi karena mengonsumsi obat PCC.  Saat ini sudah terdapat 60 korban penyalahgunaan obat PCC yang dirawat di tiga RS. 

PCC  merupakan obat antidepresan dan merupakan gabungan dari tiga macam obat, yaitu paracetamol, caffein dan carisoprodol. Obat PCC berbentuk pil berwarna putih dengan merek dagang bernama Somadril Compound. Pil ini  bukan termasuk narkoba, tapi digolongkan sebagai obat yang penggunaannya terbatas, tidak boleh dijual sembarangan atau harus seizin dokter. 

Salah satu kandungan PCC yakni carisoprodol, tergolong dalam obat keras berdasarkan surat keputusan Menteri Kesehatan No. 6171/A/SK/73 tanggal 27 Juni 1973, tentang Tambahan Obat Keras Nomor Satu dan Nomor Dua. Sebenarnya Somadril ini sudah lama ditarik peredarannya oleh BPOM karena efek sampingnya yang berbahaya. Beberapa negara lainnya, seperti Norwegia, Swedia, Uni Eropa, Amerika Serikat dan Kanada, juga telah melakukan hal yang sama. 

Somadril digunakan untuk  mengatasi nyeri pinggang, menghilangkan kekakuan, ketidaknyamanan dan rasa sakit serta untuk mengatasi kejang-kejang. Obat ini bekerja pada sistem saraf pusat, yang pada gilirannya memberi sinyal pada otot, efek yang diinginkan. 

Penggunaan Somadril secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping, termasauk kegelisahan, halusinasi, kebingungan, gemetar, kegembiraan atau kegugupan, kejang, susah tidur, mual atau muntah dan kelemahan otot. Potensi efek samping ini akan meningkat ketika dikonsumsi bersamaan dengan alkohol. Karena Somadril dan alkohol sama-sama menekan saraf otak. 

Efek halusinasi juga ditemukan pada penggunaan obat Tramadol secara berlebihan. Karena itu, penggunaan obat-obat ini sangat ketat.  Anda tidak boleh memulai pengobatan baru atau membelinya tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. 

Pemakaian obat harus dihentikan jika tanda-tanda awal reaksi alergi seperti ruam, gatal, sakit tenggorokan, deman, arthalgia, pucat atau tanda-tanda lainnya muncul, karena jika terjadi bisa berakibat fatal. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Fri, 15 Sep 2017 13:44:29 +0700Kesehatan A-Z