MeetDoctor - Topic Health A Z https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan https://www.meetdoctor.com/article/makanan-yang-harus-dihindari-saat-musim-hujan https://www.meetdoctor.com/article/makanan-yang-harus-dihindari-saat-musim-hujan Indonesia sudah memasuki musim penghujan dan cuaca sedang sangat tidak bersahabat. Di bulan-bulan rawan sakit seperti ini, mengatur makanan yang Anda konsumsi agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh Anda mungkin sebaiknya mulai dipertimbangkan. Anda perlu memiliki cukup nutrisi dan vitamin untuk menghalau flu dan demam yang rawan terjadi di peralihan musim. 

Sebenarnya, memakan apa pun boleh-boleh saja, namun terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dikurangi konsumsinya di musim hujan demi alasan kesehatan. Makanan-makanan tersebut antara lain:

1.Sayuran berdaun
Meski sayuran berdaun sudah tidak diragukan lagi kandungan nutrisinya, namun di musim hujan, sebaiknya sayuran dengan dedaunan lebat dihindari karena lembapnya udara dapat membuat kuman berkumpul pada daun-daunnya yang bergizi. Untuk sementara waktu, hindarilah bayam, kubis dan kembang kol selama musim hujan. Selalu cuci sayuran yang hendak ada olah sebersih mungkin sebelum dikonsumsi.

2.Jus segar dan buah dari pedagang di pinggir jalan
Meski segar dan alami, namun buah-buahan yang ditata untuk dijual di pinggir jalan sudah terpapar udara musim hujan sehingga bisa jadi sudah terkontaminasi air hujan. Jika ingin mengonsumsi buah dan jus buah, siapkan sendiri jus buah di rumah dan jangan membeli dari pedagang di luar rumah.

3.Makanan laut
Makanan laut sebaiknya dihindari sepanjang musim hujan karena ikan dan udang yang kurang matang dapat menyebabkan tubuh Anda terkontaminasi bakteri dan kuman di musim hujan. Pilihlah daging ayam sebagai gantinya. Untuk tetap mengonsumsi makanan laut, usahakan jenisnya adalah jenis tersegar dan sudah dimasak hingga benar-benar matang.

4.Gorengan
Tingginya kelembapan udara membuat proses pencernaan dalam tubuh juga terpengaruh dan menjadi lebih lambat. Alhasil, mengonsumsi terlalu banyak gorengan dapat menyebabkan timbulnya komplikasi seperti perut kembung dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya. Gorengan juga biasanya memiliki rasa yang asin, dan garam dalam tubuh dapat menyebabkan berkurangnya cairan tubuh. Jika ingin mengonsumsi gorengan, buatlah sendiri di rumah dan jangan membeli dari pedagang pinggiran.


5.Minuman bersoda
Minuman bersoda terbukti mengurangi kadar mineral dalam tubuh sehingga menyebabkan berkurangnya aktivitas enzim dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan pencernaan semakin melemah, dan kondisi ini tidak sebaiknya dialami di tengah musim penghujan. Selain minuman bersoda, kurangi juga konsumsi produk-produk berbahan baku susu yang dapat membuat pencernaan tertekan.

Untuk mempersiapkan diri dan menjaga kesehatan Anda selama musim penghujan, berikut tips-tips yang dapat Anda praktekkan.

1.Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang tidak terlalu berat untuk kerja pencernaan.
2.Tetaplah rajin berolahraga agar bakteri yang mungkin sempat memasuki tubuh dapat kembali dihalau keluar bersama keringat.


3.Jagalah kebersihan tubuh senantiasa. Segera setelah berada di luar rumah, cuci kaki dan tangan menggunaan sabun dan air. 
4.Segera obati gejala penyakit sekecil apapun yang mungkin terjadi sebelum infeksi bertambah serius.
5.Tetaplah mengonsumsi cukup air meski Anda sedang tidak haus untuk menjaga sistem imun tubuh Anda. (PA)


Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari


]]>
Wed, 17 May 2017 13:44:09 +0700Health A-Z
Cara Modern Belanja Susu, Berhadiah dan Bebas Biaya Antar https://www.meetdoctor.com/article/cara-modern-belanja-susu-berhadiah-dan-bebas-biaya-antar https://www.meetdoctor.com/article/cara-modern-belanja-susu-berhadiah-dan-bebas-biaya-antar Belanja adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari sosok Mums. Mulai dari belanja kebutuhan kecil seperti deterjen dan sabun mandi, sayur dan lauk pauk untuk mengisi kulkas, hingga kebutuhan susu yang penting untuk pertumbuhan si Kecil. Karena belanja adalah hal yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan rumah tangga, Mums pasti harus meluangkan waktu cukup banyak untuk pergi ke pasar atau supermarket, terutama di akhir minggu dan awal bulan. Kadang, Mums harus berangkat pagi untuk mengejar ketersediaan barang atau supaya bisa belanja sebelum swalayan penuh. Pulangnya, Mums harus bersusah payah mengangkut barang belanjaan yang berat. Perjuangan sekali, ya, Mums.

Tapi untungnya, sekarang ada cara belanja mudah dan bebas lelah untuk keperluan susu si Kecil. Dengan berbelanja susu Friso, semua bisa dilakukan secara online, bahkan dari smartphone Mums. Cukup duduk manis di rumah dan sign up di www.shop.friso.co.id, Mums bisa memanfaatkan seluruh promo yang ditawarkan dari Friso. Nah, setelah itu, Mums tinggal pilih produk mana yang diperlukan si Kecil.

Menjelang akhir tahun ini, Friso memiliki sejumlah promo menarik. Ada diskon 15 persen untuk pembelian pertama di www.shop.friso.co.id dan berlaku untuk kaleng pertama. Bukan hanya itu, Mums juga bisa mulai menjaga si Kecil dalam kandungan dengan Frisomum Gold melalui promo beli 2 kaleng, gratis 1 kaleng. Sementara untuk si Kecil yang berusia di atas satu tahun, Mums dapat memberikan hadiah payung lucu dari setiap pembelian Friso Gold 3 dan Friso Gold 4 ukuran 900 gram. Promo ini makin meriah dengan bebas biaya antar ke seluruh Indonesia tanpa pembelian minimum. Asyik banget, kan? Cara bayarnya pun simpel dan fleksibel melalui transfer bank, bayar di tempat, bayar dengan kartu kredit.*

Belanja lebih mudah dan hemat dengan Friso. Selain itu, Friso juga dapat membantu memenuhi kecukupan nutrisi ibu dan si Kecil sejak dalam kandungan. Frisomum Gold mengandung prebiotik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi sembelit. Susu hamil Friso juga mengandung ALA, LA, nukleotida, asam folat, kalsium, dan zat besi yang baik untuk perkembangan janin. Sementara, Friso Gold 3 (untuk usia 1-3 tahun) dan Friso Gold 4 (untuk usia 3-12 tahun) ALA, LA, nukleotida, prebiotik, vitamin A, vitamin C, vitamin E, zink, zat besi, dan selenium, yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil pada masa keemasannya. Baiknya lagi, susu Friso diproses dengan Single Process tanpa pemanasan berlebihan agar kandungan gizinya selalu terjaga dan mudah diserap oleh tubuh ibu dan si Kecil.

Jadi, tunggu apalagi, Mums?Jangan sampai ketinggalan ikutan promo menarik ini di www.shop.friso.co.id. Mums bisa belanja lebih hemat dan mudah di akhir tahun, sekaligus tetap menjaga asupan gizi si Kecil tercinta.

*) Syarat dan ketentuan berlaku. Promo berlaku berlangsung selama persediaan masih ada di bulan Desember 2015

Artikel ini hasil kolaborasi dari Friso dan Meetdoctor.

 


]]>
Wed, 17 May 2017 13:58:44 +0700Health A-Z
6 Cara Mengusir Bad Mood https://www.meetdoctor.com/article/6-cara-mengusir-bad-mood https://www.meetdoctor.com/article/6-cara-mengusir-bad-mood Setiap orang tentu pernah mengalami bad mood atau kondisi emosi dan  mental negatif. Bosan pada pekerjaan, berjam-jam terjebak macet di jalan, adalah beberapa penyebab datangnya bad mood. Yang menyebalkan, seringkali bad mood datang tanpa penyebab yang jelas. Bila sudah begini, apa yang bisa Anda lakukan? Cobalah cara-cara berikut untuk memperbaiki  suasana hati Anda.

1. Pergilah keluar dari dalam ruangan
Berada di sekitar alam terbuka membantu memperbaiki mood dan merilekskan sistem saraf. Lingkungan di mana terdapat pemandangan hijau membantu menurunkan kadar kortisol, hormon penyebab stres, menurunkan detak nadi, tekanan darah tinggi, meningkatkan aktivitas saraf parasympathetic dan menurunkan aktivitas saraf sympathetic. Manfaatkan taman di gedung perkantoran atau di dekat rumah Anda. Jika pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda untuk sering keluar rumah, letakkan  tanaman meja di ruang atau meja kerja Anda. Atau bawa akuarium kecil ke meja Anda.

2. Dengarkan musik
Musik memiliki kemampuan terapi yang dapat disesuaikan dengan suasana hati. Jika Anda sedang merasa marah, pilihlah musik keras untuk melampiaskannya. Jika setelahnya perasaan Anda terasa membaik, gantilah dengan musik yang lebih santai dan menenangkan. Tidak hanya itu, musik yang berlawanan sepenuhnya dari suasana hati Anda juga dapat membantu. Dengarkan musik yang memotivasi Anda untuk merasa lebih baik dan bersemangat. Jika Anda sedang merasa tidak tenang, cobalah mendengarkan musik yang tenang. Mendengarkan musik ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kecepatan degup jantung dan menurunkan level stres hormon kortisol.

Coba juga memadukan musik yang menenangkan dengan latihan pernapasan pelan untuk membantu Anda merilekskan diri. 30 menit mendengarkan musik klasik sambil melatih pernapasan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak membiarkan stres merajalela.

3. Keluarkan bad mood Anda dengan berekspresi lewat aktivitas tertentu
Cobalah untuk melempar telur, memecahkan barang pecah belah yang sudah tidak terpakai, merobek kertas atau memukul bantal untuk membantu mengeluarkan perasaan negatif dari dalam diri Anda.


4. Cobalah untuk berdiam diri sejenak sambil merenung.
Cobalah mengevaluasi emosi yang Anda rasakan dengan berdiam diri sejenak. Tanyakan pada diri Anda, apa yang membuat Anda kesal dan temukan solusinya dalam pikiran Anda. Turuti kehendak emosional Anda untuk merasa lebih baik lewat istirahat, tidur, berdiam diri sendirian, meminta bantuan atau hal lain yang dapat dilakukan agar pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang.

5. Anggap bahwa diri Andalah yang memegang kontrol.
Orang yang merasa mereka memiliki kontrol penuh terhadap kehidupan mereka cenderung akan merasa lebih berbahagia. Lakukan perenungan terhadap situasi tertentu yang mengganggu emosi Anda dan temukan satu bagian di mana Anda dapat memegang kendali. Sekecil apapun itu, kontrol dapat mengubah emosi Anda secara signifikan.


6. Lakukan aktivitas yang membuat Anda merasa menjadi diri Anda sendiri.
Jika Anda cenderung merupakan orang yang introvert, berikan waktu bagi diri Anda sendiri untuk menyendiri. Jika Anda termasuk orang extrovert, sebaiknya Anda mencari orang lain yang bisa diajak berdiskusi di tempat yang tenang. Jika Anda tidak yakin tipe orang seperti apa Anda, Anda dapat melakukan kedua aktivitas tersebut secara bergiliran.

Ingat selalu bahwa bad mood merupakan hal yang wajar Anda alami dalam dinamika kehidupan dan pengalaman yang Anda temui setiap harinya. Semuanya kembali lagi kepada Anda untuk dapat mengatasinya.


Ditinjau oleh: dr.Deffy Laksani Anggar Sari


]]>
Wed, 17 May 2017 13:50:10 +0700Health A-Z