MeetDoctor - Topic Fitness Exercise https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Olahraga di Malam Hari Bisa Menekan Nafsu Makan https://www.meetdoctor.com/article/olahraga-di-malam-hari-bisa-menekan-nafsu-makan https://www.meetdoctor.com/article/olahraga-di-malam-hari-bisa-menekan-nafsu-makan Bagi Anda yang memiliki kesibukan di pagi hari sehingga tidak memungkinkan untuk berolahraga, Anda bisa melakukan olahraga di malam hari. Kontradiktif dengan anggapan yang mengatakan bahwa berkeringat di malam hari justru dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit, berolahraga malam hari adalah hal yang tepat dilakukan untuk mengimbangi gaya hidup yang sibuk tanpa aktivitas fisik.

Berolahraga di malam hari sama menyehatkannya dengan aktivitas fisik yang dilakukan di pagi ataupun sore hari, karena sama-sama memberikan manfaat pembakaran kalori serta melatih kekuatan serta ketahanan tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menyatakan, bahwa berjalan kaki di malam hari selama 45 menit membuat para wanita memiliki ketahanan dan kontrol yang baik terhadap selera makannya daripada pada wanita yang tidak berjalan sama sekali. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menyatakan penyebab kita terjaga di malam hari ada hubungannya dengan perubahan tekanan darah. Menurut penelitian ini, tekanan darah makin tinggi pada pukul 9 malam. Hal ini menjelaskan terjadinya insomnia pada beberapa orang.


Pada saat tekanan darah sedang mengalami peningkatan inilah, aktivitas fisik di malam hari dapat dilakukan dengan hasil terbakarnya lebih banyak kalori. Dengan terbakarnya lebih banyak kalori, maka dimungkinkan terjadi peningkatan stamina secara fisik dan kemampuan fisik secara menyeluruh. Dan bonusnya adalah penurunan berat badan. 

Tambahan lagi, jika berolahraga yang dilakukan adalah seperti kardio, yang juga meningkatkan tekanan darah, maka sirkulasi darah dan oksigen juga akan semakin lancar. Adanya peningkatan ritme sirkadian di malam hari juga memungkinkan adanya usaha yang minimal untuk berolahraga di pagi hari. 


Meski demikian, jika Anda memiliki waktu berolahraga di pagi hari, maka efek berolahraga di pagi hari juga dapat diperoleh untuk memperlancar metabolisme tubuh di siang hari dengan efek penurunan berat badan dan kesehatan yang sama dengan di malam hari. Jam berapapun berolahraga dilakukan, maka efek positif yang diperoleh akan sama, selama tetap rutin dilakukan. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P


]]>
Fri, 20 Jan 2017 14:03:26 +0700Fitness & Exercise
Makanan Penunjang Olahraga https://www.meetdoctor.com/article/makanan-penunjang-olahraga https://www.meetdoctor.com/article/makanan-penunjang-olahraga Berolahraga dan melakukan berbagai kegiatan tentunya menuntut Anda untuk mengeluarkan energi ekstra. Apalagi saat Anda akan melakukan latihan fisik yang cenderung berat dan menguras tenaga, Anda tidak dapat melakukannya tanpa tambahan tenaga dari makanan atau minuman. Perut kosong tidak akan membantu Anda menjalani latihan fisik secara lebih maksimal dan efektif. 

Jika Anda sudah memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dan memperoleh kalori yang cukup (dalam artian tidak lebih dan tidak kurang), sepanjang hari untuk mendukung ragam kegiatan, maka Anda tidak perlu tambahan asupan nutrisi sebelum olahraga. Namun, jika Anda sudah pernah menjalani olahraga terkait dan ternyata energi Anda dirasa kurang, maka Anda perlu menambahnya dengan makan dan minum kudapan ringan yang bisa menambah energi untuk berolahraga. 

Anda perlu memilih makanan yang dapat membantu Anda memperoleh energi yang Anda butuhkan. Pastikan juga Anda cukup memperoleh asupan air sebelum mulai berolahraga. Minumlah setidaknya 3 gelas air putih, 1 hingga 2 jam sebelum Anda mulai berolahraga. Hal ini akan membantu memastikan tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi saat berolahraga, dari awal hingga selesai. 

Berikut ini beberapa camilan atau makanan ringan rendah lemak yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Rata-rata camilan ini mengandung 100 hingga 300 kalori yang siap memberikan energi serta menyediakan manfaat kombinasi protein dan karbohidrat kompleks. 

1.Campuran oatmeal atau bubur gandum dengan taburan bubuk kayu manis dan buah-buahan beri kering atau cranberi. 

2.Roti panggang gandum utuh dan pisang yang diris-iris. 

3.Minuman berupa smoothies atau campuran jus susu dengan buah. Kali ini, gantikan susu dengan untuk nutrisi yang lebih menyehatkan dan penuh diserap tubuh.

4.Yogurt atau susu low fat atau rendah lemak dan campuran buah-buah beri seperti bluberi, stroberi maupun beri hitam.


5.Sayuran mentah, tanpa olahan maupun bumbu apapun yang dicelupkan ke dalam hummus (saus yang terbuat dari sayuran), krim lezat yang bertekstur pekat dan mengenyangkan.

6.Biskuit asin renyah dengan 1 ons keju rendah lemak. Oleskan kejunya pada biskuit kraker asin untuk tambahan rasa alami yang sehat dan berenergi.

7.Keju  dan irisan daging buah apel atau pisang untuk dicampur secara bersama-sama dan dinikmati sebelum berolahraga.

8.Camilan yang dikenal dengan nama trail mix, yang terdiri dari campuran kacang dan buah-buahan yang sudah dikeringkan. 

Berbagai camilan ini secara seimbang mengandung karbohidrat penambah energi serta protein yang berfungsi sebagai bahan bakar pembentuk otot selama berolahraga.


Selain berbagai makanan yang sudah dianjurkan tersebut, terdapat pula beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sesaat sebelum berolahraga maupun beraktivitas fisik. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari sebelum berolahraga biasanya merupakan jenis makanan yang kaya lemak atau serat, yang dapat membuat perut merasa tidak nyaman. Selain itu, makanan kaya lemak maupun serat ini juga dapat memperlambat penghantaran energi yang sangat dibutuhkan saat berolahraga. Akibatnya, Anda yang hendak berolahraga malah bergerak lebih lamban dan tidak dapat secara maksimal menambah intensitas latihan fisik. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Aria Wibowo


]]>
Fri, 20 Jan 2017 15:30:58 +0700Fitness & Exercise