MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Makanan yang Baik dan Buruk Bagi Miss V https://www.meetdoctor.com/article/makanan-yang-baik-dan-buruk-bagi-miss-v https://www.meetdoctor.com/article/makanan-yang-baik-dan-buruk-bagi-miss-v Kesehatan vagina jarang sekali mendapat perhatian. Anda mengonsumsi protein tanpa lemak saat Anda membutuhkan energi, lemak baik untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku, dan biji-bijian untuk menjaga agar sistem Anda tetap berjalan lancar. Tapi apa yang harus Anda makan untuk menjaga vagina Anda dalam kondisi prima? Percaya atau tidak, makanan tertentu dapat membantu wanita tetap bahagia dan sehat, seperti bisa mengurangi kram, melawan infeksi, dan menjaga pH vagina. Sebaliknya, ada pula makanan yang bisa berakibat buruk bagi vagina Anda.

Nah, demi kesehatan Miss V Anda, berikut makanan yang sebaiknya Anda konsumsi dan hindari. 

Yogurt tanpa rasa
Yogurt memiliki kadar kalsium dan protein yang tinggi. Ini adalah probiotik, yang berarti mengandung bakteri  hidup. Dan varietas yang mengandung bakteri yang disebut Lactobacillus acidophilus dapat membantu menjaga pH vagina dalam kisaran asam, menurunkan risiko ragi dan jenis infeksi lainnya, kata Alyssa Dweck, MD, ob-gyn dan co yang berbasis di New York. -pengarang The Complete A to Z untuk V. Makanan probiotik lainnya, seperti kimchi, asinan kubis, dan kefir (minuman fermentasi yang mirip dengan yogurt) mungkin juga membantu vagina Anda dalam menjaga keseimbangan pH yang tepat. "Probiotik sangat membantu," kata Dr. Dweck.

Jus cranberry 
Jus cranberry efektif untuk mencegah atau meringankan infeksi saluran kemih. Sayangnya, jus ini seringkali mengandung gula. Sebagai gantinya, minumlah jus cranberry tanpa gula jika Anda rentan terhadap Infeksi Saluran Kemih (ISK), saran Dr. Dweck. "Ada bahan tertentu dalam cranberry konsentrat yang membuat lapisan licin pada kandung kemih (dan karena itu lebih resisten) terhadap E. coli, bakteri yang terkait dengan jenis infeksi saluran kemih yang paling umum," katanya. Semakin banyak Anda minum, semakin tinggi kemungkinan Anda membersihkan bakteri sebelum berkembang biak dan mulai memicu gejala seperti rasa sakit saat buang air kecil.

air
Tetap terhidrasi dengan baik membantu meningkatkan energi dan sirkulasi, dan memiliki manfaat positif untuk rambut wanita Anda juga, kata Dr. Dweck. Dia merekomendasikan agar wanita yang sedang mengalami kekeringan vagina minum enam sampai delapan gelas air setiap hari.

Teh jahe
Sebuah studi di Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen untuk menghilangkan kram yang berhubungan dengan PMS. Meskipun penelitian ini berfokus pada kapsul jahe, resep teh jahe ini bisa membantu melakukan triknya: tambahkan dua sendok makan akar jahe segar ke air dan biarkan sampai 15 menit.

Kedelai
Produk kedelai seperti tahu dan edamame mengandung isoflavon yang meniru estrogen, kata Dr. Dweck. Meskipun hal ini tidak dibuktikan oleh sains, beberapa ahli berpendapat bahwa estrogen tanaman dapat memiliki efek yang sama seperti estrogen yang diproduksi secara alami oleh wanita, mengurangi kekeringan vagina yang disebabkan oleh perubahan hormon.
"Ya, produk kedelai pada umumnya mengandung fitoestrogen, yang memiliki beberapa kualitas seperti estrogen," dia menjelaskan. "Tapi Anda harus mengonsumsi satu ton kedelai untuk mendapatkan efek estrogenik yang nyata dari makanan." Jika kekeringan adalah sesuatu yang Anda sedang berurusan dengan, Anda mungkin ingin menambahkan produk kedelai ke piring Anda.

Permen
Tentu, sedikit coklat hitam bisa meredakan frustrasi PMS. Tapi secara umum, kelebihan gula tidak ramah terhadap vagina. "Orang yang rentan terhadap infeksi jamur harus mengurangi permen, karena gula dapat meningkatkan pertumbuhan ragi di vagina," jelas Leena Nathan, MD, ob-gyn di Ronald Reagan UCLA Medical Center. Sekresi vagina mengandung gula, kata Dr. Nathan, dan ragi cenderung tumbuh subur di lingkungan yang manis dan lembap.

Alkohol
Seperti gula, alkohol dapat mendorong ragi untuk tumbuh di vagina, kata Dr. Dweck, dan mungkin juga memperburuk kram menstruasi. Menghindari minuman keras sebanyak mungkin merupakan ide bagus bila harus menjaga bagian tubuh wanita lainnya tetap sehat. Studi telah menghubungkan asupan alkohol dengan risiko kanker payudara.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Mon, 11 Sep 2017 13:11:03 +0700Kesehatan Wanita
Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? https://www.meetdoctor.com/article/bisakah-katarak-terjadi-pada-anak-dan-bayi https://www.meetdoctor.com/article/bisakah-katarak-terjadi-pada-anak-dan-bayi Selama ini Anda mungkin mengira bahwa katarak hanya terjadi pada orang dewasa atau mereka yang berusia lanjut. Padahal, katarak juga bisa menyerang anak dan bayi, seperti yang dialami oleh putera kedua dari pesinetron dan komedian Asri Welas, Rayyan Gibran Ridharaharja atau biasa disapa Ibran. Baru berusia lima bulan, Ibran harus menjalani operasi katarak pada kedua matanya. Lewat akun instagramnya, Asri mengungkapkan rasa syukur bahwa operasinya berjalan lancar dan kondisi mata Ibran kini telah lebih baik. 

Katarak memang paling sering menyerang orang dewasa atau lanjut usia karena penyakit ini memang terkait usia. Namun, beberapa bayi juga bisa terlahir dengan katarak, dan anak-anak juga bisa mengembangkannya di usia muda. Ini dikenal sebagai katarak masa kanak-kanak. 

Katarak terjadi saat perubahan pada lensa mata menyebabkannya menjadi kurang transparan (clear). Akibatnya penglihatan menjadi keruh atau berkabut. 
Lensa adalah struktur transparan yang terletak persis di belakang pupil (lingkaran hitam di tengah mata). Hal ini memungkinkan cahaya melewati lapisan jaringan sensitif cahaya di bagian belakang mata (retina).

Katarak masa kanak-kanak sering disebut sebagai:
-Katarak bawaan - katarak hadir saat bayi lahir atau sesaat sesudahnya
-Katarak perkembangan, infantile atau remaja - katarak yang didiagnosis pada bayi atau anak yang lebih tua
Katarak pada bayi dan anak jarang terjadi. Di Inggris, katarak menyerang antara tiga dan empat pada setiap 10.000 anak.  

Kenali gejalanya
Pada anak-anak, katarak dapat mempengaruhi satu atau kedua mata. Bercak berawan di lensa terkadang bisa lebih besar dan lebih bisa berkembang, sehingga penglihatan anak menjadi semakin terpengaruh.

Bila anak Anda masih sangat muda, sulit untuk menemukan tanda-tanda katarak. Namun, biasanya mata bayi  akan diperiksa secara rutin dalam waktu 72 jam setelah kelahiran, dan saat mereka berusia enam sampai delapan minggu. Terkadang, katarak bisa berkembang pada anak setelah tes skrining ini.

Maka itu, sangat penting untuk untuk mengetahui katarak pada anak-anak dengan cepat karena  pengobatan dini dapat mengurangi risiko masalah penglihatan jangka panjang. Oleh karena itu, jangan ragu untuk untuk mengunjungi dokter spesialis anak jika Anda memiliki kekhawatiran tentang penglihatan anak Anda.

Penyebab katarak pada anak
Ada sejumlah alasan mengapa seorang anak terlahir dengan katarak atau mengembangkannya saat mereka masih muda. Meski dalam banyak kasus tidak mungkin menentukan penyebab pastinya, namun ada kemungkinan penyebabnya adalah hal-hal ini: 

-Kesalahan genetik yang diwarisi dari orang tua anak yang menyebabkan lensa berkembang tidak normal
-Kondisi genetik tertentu, termasuk sindrom Down
-Infeksi tertentu yang dialami oleh ibu selama kehamilan, termasuk rubella dan cacar air
- Luka pada mata setelah lahir

Pengobatan katarak pada anak 
Katarak pada anak sering tidak terlalu buruk dan hanya sedikit, atau  malah tidak berpengaruh pada penglihatan mereka.
Namun, jika  mempengaruhi penglihatan anak Anda, katarak dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan pandangan normal mereka. Dalam kasus ini, operasi untuk mengangkat lensa yang terkena katarak biasanya akan direkomendasikan sesegera mungkin.

Mengganti kekuatan fokus lensa sama pentingnya dengan pembedahan untuk melepaskannya. Lensa yang terkena kadang-kadang dapat diganti dengan lensa buatan selama operasi, meskipun lebih umum bagi anak untuk memakai lensa kontak atau kacamata setelah operasi untuk mengkompensasi lensa yang telah dilepas.

Sulit untuk memprediksi seberapa jauh penglihatan anak Anda akan lebih baik setelah perawatan, walaupun kemungkinan akan selalu ada tingkat penglihatan yang berkurang pada mata yang terkena (atau mata). Namun, banyak anak dengan katarak masa kanak-kanak mampu menjalani kehidupan yang normal.

Bagaimana risikonya?
Katarak yang mempengaruhi penglihatan yang tidak cepat diobati terkadang dapat menyebabkan kerusakan ireversibel terhadap penglihatan, termasuk mata yang biasanya malas dan bahkan kebutaan pada kasus yang parah.

Operasi katarak umumnya berhasil, dengan risiko komplikasi serius yang rendah. Risiko yang paling umum terkait dengan operasi katarak adalah suatu kondisi yang dapat mempengaruhi implan lensa buatan yang disebut pelepasan kapsul posterior (PCO), yang menyebabkan penglihatan kabur kembali. 

Risiko operasi lain yang penting adalah glaukoma, dimana tekanan terbentuk di dalam mata. Tanpa pengobatan yang berhasil, glaukoma dapat menyebabkan kerusakan ireversibel pada struktur penting di mata.

Meskipun beberapa kemungkinan komplikasi operasi katarak dapat mempengaruhi penglihatan anak Anda, mereka mungkin bisa diobati dengan obat-obatan atau operasi lebih lanjut.

Bisakah dicegah? 
Biasanya tidak mungkin untuk mencegah katarak, terutama yang diwariskan. Namun, mengikuti saran dari bidan atau dokter umum Anda untuk menghindari infeksi selama kehamilan (termasuk memastikan semua vaksinasi Anda sampai saat ini sebelum hamil) dapat mengurangi kemungkinan anak Anda lahir dengan katarak.

Jika sebelumnya Anda memiliki bayi dengan katarak masa kanak-kanak dan merencanakan kehamilan lain, Anda mungkin ingin berbicara dengan dokter Anda apakah konseling genetik sesuai. Konseling genetik dapat membantu pasangan yang berisiko mengalami kondisi yang diwariskan pada anak mereka. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

 


]]>
Wed, 13 Sep 2017 17:29:47 +0700Katarak
Ini yang Terjadi Saat Anda Berhenti Merokok https://www.meetdoctor.com/article/ini-yang-terjadi-saat-anda-berhenti-merokok https://www.meetdoctor.com/article/ini-yang-terjadi-saat-anda-berhenti-merokok Benarkah merokok bisa bikin relaks dan meredakan stres? Itu cuma mitos. Penelitian malah membuktikan sebaliknya, bebas rokok justru membantu meringankan stres, kecemasan dan depresi. Serta memberi Anda pandangan hidup yang lebih positif. Manfaat ini berlaku untuk semua perokok, tidak hanya mereka yang memiliki masalah kesehatan mental sebelumnya. 

Mudah tersinggung
Banyak perokok yang dengan atau tanpa masalah kesehatan mental, secara salah percaya bahwa merokok akan meningkatkan mood mereka, itu sebabnya mereka tidak bisa meninggalkan rokok. Padahal, menurut ilmuwan  rokok tidak membuat mood meningkat. Perokok cenderung merasa merasa mudah tersinggung, cemas dan mood menurun saat mereka tidak merokok. Perasaan tidak enak ini lalu berubah saat mereka menyalakan sebatang rokok. Itu menciptakan kesan bahwa merokoklah yang telah meningkatkan mood mereka. Padahal pada awalnya merokok itulah yang  menyebabkan gangguan psikologis. 

Studi menunjukkan bahwa kecemasan orang, tingkat depresi dan stres lebih rendah setelah mereka berhenti merokok, bila dibandingkan dengan mereka yang merokok dan kualitas hidup dan mood mereka membaik. Juga, peningkatan kadar oksigen dalam tubuh berarti bahwa mantan perokok dapat berkonsentrasi lebih baik.

Perokok dengan masalah kesehatan mental
 Bagi perokok dengan masalah kesehatan mental, menghentikan merokok membantu gejala kesehatan mental mereka, dan dapat menyebabkan berkurangnya dosis obat anti-psikotik.
Tentu saja ini adalah berita gembira karena orang-orang dengan masalah kesehatan mental terdiagnosis, termasuk kecemasan, depresi atau skizofrenia, dua sampai tiga kali lebih mungkin untuk merokok, dan juga cenderung merokok lebih banyak daripada mereka yang tidak memiliki masalah kesehatan mental. 

Diperkirakan bahwa 30% dari semua perokok memiliki masalah kesehatan mental. Perokok yang hidup dengan masalah kesehatan mental juga memiliki harapan hidup delapan tahun lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki masalah keseahtan mental. Hal ini kemungkinan akibat kerusakan fisik akibat merokok, seperti kanker paru-paru.

Lebih ampuh dari antidepresan 
Bagi orang yang memiliki masalah kesehatan mental, nikotin dianggap sebagai bantuan cepat untuk mengeluarkan mereka dari gejala kegelisahan, depresi atau skizofrenia yang tidak menyenangkan. Padahal, orang dengan masalah kejiwaan cenderung merasa jauh lebih tenang dan positif dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik setelah berhenti merokok. Efek berheneti merokok juga lebih besar daripada terapi antidepresan untuk gangguan mood dan kecemasan. Banyak orang yang hidup dengan masalah kesehatan mental telah berhasil berhenti merokok dan melaporkan berbagai manfaat sebagai hasilnya.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Wed, 13 Sep 2017 16:50:45 +0700Kesehatan Mental
Pentingnya Sarapan Seimbang untuk Anda yang Aktif https://www.meetdoctor.com/article/pentingnya-sarapan-seimbang-untuk-anda-yang-aktif https://www.meetdoctor.com/article/pentingnya-sarapan-seimbang-untuk-anda-yang-aktif Sarapan seimbang sangat penting untuk Anda yang memiliki gaya hidup aktif. Padatnya rutinitas, termasuk ketika terjebak di tengah kemacetan, membuat Anda membutuhkan asupan energi yang tinggi  setiap harinya. Pasalnya, jumlah kalori yang terbakar pun berjumlah besar. Dengan kata lain, aktivitas yang tinggi membutuhkan energi yang juga tinggi. 
Survey dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan angka kecukupan gizi di aspek jumlah energi. Kebutuhan kalori pria setiap harinya 1800-2100 kalori, sedangkan wanita 1500-1800 kalori. 

Menurut Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., Ahli Gizi, sarapan sangat penting karena merupakan sumber energi yang pertama kali masuk. “Setelah hampir tujuh jam saluran pencernaan beristirahat selama tidur, tubuh membutuhkan asupan makanan untuk menyokong energi untuk beraktivitas dari pagi hingga malam hari. Untuk itu, penting bagi seseorang untuk mengonsumsi sarapan seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral,” kata Dr. Samuel, pada acara perkenalan varian terbaru belVITA Breakfast Pisang dan Sereal, di Jakarta (12/9/2017). 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa BMI (Body Mass Index) pada orang yang tidak sarapan lebih tinggi daripada yang sarapan. BMI yang normal berkisar antara 18-22,9. “Jadi, orang yang tidak sarapan justru berpotensi gemuk, karena dia jadi makan berlebihan pada siang dan malam hari,” katanya. 

Di tempat yang sama, pasangan selebriti Indonesia, Bunga Citra Lestari (BCL) dan Ashraf Sinclair, memaparkan keseharian mereka yang aktif. “Kegiatan saya sudah aktif sejak pagi, maka itu saya memerlukan asupan nutrisi yang seimbang untuk mendongkrak mood,” ucap BCL. “Meski sama-sama aktif, kami berdua selalu berusaha menyempatkan untuk sarapa. Kami juga mencoba menerapkan kebiasaan mudah untuk menjalani aktivitas dengan penuh semangat,” tambah Ashraf yang mengajak masyarakat untuk menjalani Tantangan Semangat Pagi dari belVita. 

Tentang varian baru belVITA, Maggie Effendy, Head of Biscuits Mondelez Indonesia memaparkan bahwa belVITA Breakfast Pisang dan Sereal merupakan perpaduan lezat antara gandum utuh dan rasa pisang, sebagai salah satu buah yang paling digemari di Indonesia. 

 


]]>
Tue, 12 Sep 2017 15:09:54 +0700Asupan Makanan dan Diet
Ilmuwan Spanyol Ciptakan Sperma dari Sel Kulit https://www.meetdoctor.com/article/ilmuwan-spanyol-ciptakan-sperma-dari-sel-kulit https://www.meetdoctor.com/article/ilmuwan-spanyol-ciptakan-sperma-dari-sel-kulit Kabar gembira buat pria. Baru-baru ini, tim ilmuwan dari Spanyol berhasil membuat sperma manusia dari sel kulit. Temuan ini menjadi terobosan penting yang berpotensi mengakhiri masalah infertilitas pria. Diperkirakan 3 sampai 7 persen pasangan, sedang berjuang dari masalah ketidaksuburan.

Menurut Carlos Simon, direktur penelitian dari Valencian Infervitility Institute, mereka memprogram kembali sel dewasa kulit dan mengolah menjadi sel gamet atau sel reproduksi. Dalam sebulan, sel kulit ini berubah menjadi sel germ yang dapat dibentuk menjadi sel sperma atau sel telur. Sayangnya, sel yang terbentuk ini belum dapat bereproduksi.  

“Sperma ini membutuhkan pematangan tingkat lanjut untuk bisa menjadi gamet dan bereproduksi. Penelitian ini hanya langkah permukaan saja,” kata Simon. Pasalnya, untuk bisa diimplementasikan pada manusia, masih dibutuhkan proses lanjutan yang panjang. 

Meski demikian, apa yang dilakukan oleh Simon dan timnya sudah selangkah lebih maju bila dibandingkan dengan penelitian sebelumnya di China yang berhasil membuat sperma buatan pada percobaan tikus pada tahun 2016. Tim ilmuwan dari China ini mengumumkan bahwa mereka berhasil ‘menciptakan’ bayi tikus yang sehat dengan cara menyuntikkan sperma buatan ke dalam telur tikus. 

Apa yang dilakukan Simon dan tim terinspirasi dari peneliti Jepang, Shinya Yamanaka dan John Gordon dari Inggris, yang mendapat hadiah Nobel tahun 2012 untuk temuan mereka yang mengubah sel-sel dewasa menjadi sel induk seperti embrio. 

Penelitian ini dipublikasikan pada laporan ilmiah, Journal of Nature. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya  


]]>
Wed, 13 Sep 2017 14:13:52 +0700Kesehatan Pria
Cinta atau Ketergantungan Emosi? Cek Bedanya https://www.meetdoctor.com/article/cinta-atau-ketergantungan-emosi-cek-bedanya https://www.meetdoctor.com/article/cinta-atau-ketergantungan-emosi-cek-bedanya Kata orang cinta itu buta. Begitu banyak orang yang bertahan dengan orang yang salah dengan dalih cinta. Hal ini terutama terjadi pada wanita. Apa pun perlakuan pasangan bisa Anda terima, karena menganggap itu adalah bentuk rasa cinta pasangan pada Anda. 

Menurut terapis hubungan, Margaret Paul, Ph.D, banyak perempuan yang sulit membedakan cinta dan ketergantungan emosi. “Untuk melihat bedanya, Anda harus belajar untuk sangat menghargai dan mencintai diri sendiri, bila tidak, Anda tidak akan melihat bendera merah pada perilaku negatif  pasangan,” jelasnya. 

Berikut ini adalah tanda peringatan yang sebaiknya Anda perhatikan:  

-Di awal hubungan sangat menggebu pada Anda, ingin menghabiskan banyak waktunya dengan Anda. 
-Tidak menghargai batasan Anda, seperti batasan seberapa sering Anda ingin bertemu dengannya, berbicara di telepon dan mengirim pesan. Meski Anda menolak, dia akan tetap memaksa dan memonopoli waktu Anda. 
-Bisa jadi dia sangat menawan, tapi dia tidak bisa mendengarkan Anda dengan baik dan tidak peduli pada perasaan Anda. Sering mencoba membuat Anda merasa bersalah atau posisi Anda yang salah. 
-Banyak tuntutan dalam soal seks.
-Kerap marah, menarik diri atau cemberut saat Anda tidak melakukan apa yang dia inginkan. Tidak terbuka untuk belajar dari konflik hubungan. 
-Anda merasa lelah, energi Anda terkuras karena Anda harus bertanggungjawab atas perasaannya. Anda merasakan kekosongan dalam jiwa Anda. 
-Memiliki latar belakang atau pengalaman perilaku kasar dan belum sembuh dari masa lalu. 
-Jika pernah menikah, ia meninggalkan anak-anaknya.
-Memiliki kecanduan yang tidak bisa Anda terima, seperti merokok, peminum alkohol, judi, dan sebagainya. 
-Tidak jujur. Anda pernah punya pengalaman atas ketidakjujurannya. 
-Memiliki beberapa teman. 
-Gemar menghakimi dirinya dan orang lain. 
-Posesif dan pecemburu. 
-Memiliki sedikit minat dan hobi. 

Percaya Hati Anda 
Setiap orang dibekali perasaan yang tajam. Perasaaan kita adalah bimbingan batin yang andal, dia bisa tahu mana yang baik dan buruk, benar atau salah buat Anda. Jika hati Anda merasa ada yang tidak beres, maka itu berarti benar. Tidak peduli seberapa menarik penampilan luarnya. Atau seberapa besar orang ini mengaku cinta pada Anda. Jika Anda tidak dapat merasakan cinta itu,  Anda sebaiknya memercayai hati Anda untuk menghindari kemungkinan buruk yang terjadi di masa depan.

Jika Anda merasakan kedamaian dan suka cinta dalam sebuah hubungan, itu pertanda bahwa cinta itu ada. Namun, bila hanya perasaan cemas, depresi, rasa bersalah, malu, marah, kekosongan, kesepian, kecemburuan, yang Anda rasakan, itu pertanda bahwa tidak ada cinta dalam hubungan Anda, tapi ketergantungan emosi. 

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 

 


]]>
Fri, 15 Sep 2017 15:38:09 +0700Kesehatan Mental
Detak Jantung Sehat untuk Negeri https://www.meetdoctor.com/article/detak-jantung-sehat-untuk-negeri https://www.meetdoctor.com/article/detak-jantung-sehat-untuk-negeri Penyakit kardiovaskular dan stroke menduduki peringkat pertama dalam penyebab kematian masyarakat di seluruh dunia. Menurut data organisasi kesehatan dunia (WHO), pada tahun 2015, 17,5 juta (30%) dari 58 juta kematian di dunia disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Menurut prediksi WHO, jumlah ini akan terus meningkat sampai tahun 2030, diperkirakan 23,6 juta orang akan meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Menurut dr. Siska Suridanda Danny, Sp.JP (K), usia penderita serangan jantung di Indonesia, 5-10 tahun lebih muda dibandingkan dengan negara-negara Eropa. Mengapa bisa lebih muda? Banyak faktor, di antaranya merokok,  gaya hidup yang tidak sehat, tidak berolahraga, dan kurangnya deteksi dini. “Dulu, jantung identik dengan penyakit orangtua, sekarang usia 30-an pun sudah terkena serangan jantung,” kata dr. Siska pada Konferensi pers Peringatakan Hari Jantung Sedunia 2017 di Kantor Yayasan Jantung Sehat, Jakarta (14/9/2017).

Padahal, setidaknya 80% penyakit kardiovaskular dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat sejak awal. Karena itu, bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia, yang jatuh pada tanggal 29 September,  Yayasan Jantung Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk unjuk kekuatan dalam menjaga jantung sehat dan melakukan pencegahan serangan penyakit kardiovaskular, dan berbagi kepada sesama untuk menjaga kesehatan jantung.

“Share the Power-Detak Jantung Sehat untuk Negeri,” menjadi tema tahun ini. “Pencegahan berfokus pada gaya hidup sehat dalam bentuk Fuel Your Heart (penerapan pola makan dan minum yang sehat), Move Your Heart(aktif bergerak dan berolahraga) dan Love Your Heart (berhenti merokok),” ujar Syahlina Zuhal, Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia.

Untuk memperingati Hari Jantung Sedunia pada tahun ini, Yayasan Jantung Indonesia mengadakan serangkaian kegiatan di beberapa kota di Indonesia. “Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini focus kegiatannya di daerah, seperti di Palembang, Manado dan Samarinda,” ungkap Esti Nurjadin, Ketua Pelaksana Peringatan Hari Jantung Indonesia 2017.

Pada acara yang sama, Yayasan Jantung Indonesia juga memperkenalkan YJI Runners, yaitu tiga orang pelari yang akan berlari di berbagai lomba lari lokal dan internasional selama satu tahun untuk melakukan penggalangan dana bagi Yayasan Jantung Indonesia. 


]]>
Thu, 14 Sep 2017 16:47:42 +0700Penyakit Jantung
Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan https://www.meetdoctor.com/article/gejala-serangan-jantung-yang-tidak-boleh-diabaikan https://www.meetdoctor.com/article/gejala-serangan-jantung-yang-tidak-boleh-diabaikan Hari Jantung Sedunia yang diperingati setiap tanggal 29 September, seperti menjadi pengingat kita untuk memulai gaya hidup sehat. Pasalnya, sampai saat ini penyakit kardiovaskular dan stroke tetap menduduki peringkat pertama dalam penyebab kematian masyarakat di seluruh dunia. 
 
Data dari WHO menunjukkan peningkatan angka kejadian jantung koroner dalam beberapa dekade tahun terakhir. Jantung koroner menjadi pembunuh nomer 2 di dunia setelah penyakit strokedan menyebabkan sepertiga kematian pada orang dengan usia >35 tahun. Peningkatan ini dapat disebabkan beberapa hal, diantaranyaurbanisasi yang cepat secara umum membuat penurunan aktivitas fisik dan perubahan gaya hidup yang tidak sehat.
 
Pengenalan gejala-gejala serangan jantung akut merupakan hal yang sangat penting karena setiap menit keterlambatan penanganan akan berdampak terhadap luas kematian otot jantung sehingga dikenal istilah time is muscle. 
 
Setiap organ di tubuh manusia membutuhkan oksigen dan nutrisi untuk bekerja. Kedua kebutuhan utama ini dibawa oleh darah yang dipompa secara otomatis (tanpa peritah otak), tanpa henti, dan teratur oleh jantung. 
 
Untuk menjalan fungsi yang berat tersebut, jantung juga memerlukan asupan oksigen dan nutrisi melalui pembuluh darah koroner. Jika pembuluh darah koroner ini tersumbat, asupan oksigen ke jantung akan terhambat (iskemia) sehingga fungsi pompa jantung akan terganggu dan suplai oksigen ke seluruh tubuh akan berkurang. Sumbatan ini disebabkan oleh tumpukan lemak, kalsium, protein, dan sel-sel inflamasi yang secara menahun tertanam di dinding pembuluh darah arteri dengan berbagai ukuran dan konsistensi (biasa disebut plak). 
 
Akibat terbentuknya plak yang menyumbat, peningkatan kebutuhan oksigen (seperti pada kondisi olahraga atau stres) tanpa disertai peningkatan suplai oksigen akan menimbulkan gejala nyeri dada yang khas (angina). Nyeri dada ini biasaya berdurasi <20 menit dan berkurang jika penderita beristirahat (kebutuhan oksigen juga berkurang). Keadaan ini disebut angina stabil dan merupakan gejala dini sebelum serangan jantung akut di kemudian hari. 
 
Jika plak tersebut rusak, sumbatan total pada pembuluh darah koroner akan terjadi dan dalam waktu tertentu berakibat terhadap kematian sel otot jantung secara permanen (infark). Kondisi ini dikenal sebagai serangan jantung akut. Penanganan segera untuk membuka sumbatan total tersebut mutlak secara cepat harus dilakukan agar otot jantung dapat dipertahankan. Pencetus serangan jantung tersebut adalah peningkatan intensitas aktivitas secara mendadak (olahraga berat), stres akut yang tiba-tiba dan pagi hari.
 
Gejala khas yang dirasakan disebut sebagai angina tipikal, seperti:
• Rasa tidak nyaman, seperti tertimpa benda berat, nyeri, atau tertekan pada dada atau ulu hati. 
• Rasa tidak nyaman tersebut menyebar ke area punggung belakang, leher, lengan kiri, bahu, atau rahang bawah. 
• Dapat disertai rasa kembung, penuh (fullness), seperti tersedak, atau panas menusuk di dada.
• Berkerigat, mual, muntah, dan kepala berkunang-kunang terasa ingin jatuh (dizziness).
• Kelemahan anggota gerak yang parah, gelisah, atau napas terasa sangat berat
• Detak jantung terasa cepat atau tidak teratur.
• Pingsan
 
Gejala ini dirasakan minimal 20 menit serta tidak dapat berkurang degan istirahat atau pemberian nitrogliserin. 
 
Terdapat beberapa kelompok orang merasakan gejala yang tidak khas pada saat serangan jantung akut, seperti lansia (usia >75 tahun), wanita muda (usia 25-40 tahun), penderita diabetes melitus, gagal ginjal menahun, atau penderita demensia.
 
 Gejala yang tidak khas ini disebut angina atipikal, diantaranya:
• Nyeri dengan penjalaran di daerah angina tipikal
• Rasa gangguan pencernaan.
• Sesak napas tidak spesifik
• Rasa lemah mendadak yang sulit dijelaskan.
 
Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, harap segera datang ke unit gawat darurat atau memanggil tim emergensi untuk evaluasi jantung lebih lanjut. Pemeriksaan yang akan dilakuka adalah rekam listrik jantung, enzim jantung, dan lainnya. Penundaan pertolongan akan meningkatkan risiko kerusakan jantug serta mengurangi angka harapan hidup.
 
Pencegahan Sejak Dini
 
Plak pada pembuluh darah koroner terbentuk sejak usia 20 tahun dan semakin lama akan semakin menebal. Untuk mengurangi risiko serangan jantung, ada beberapa usaha yang dapat dilakukan, seperti:
 
• Jika Anda perokok, mengurangi rokok secara bertahap hingga berhenti merokok.
 
• Mengendalikan kadar gula darah dalam batas normal bagi penderita Diabetes melitus dengan menjaga pola makan yang tepat, olahraga teratur, dan konsumsi obat sesuai resep dokter.
 
• Mengendalikan kadar lemak darah (LDL dan trigliserida) dalam batas normal dengan mengurangi makanan berlemak jenuh seperti santan, otak, usus, hati, kambing, gorengan, kuning telur, susu tinggi lemak,mentega, dan lainnya.
 
• Menjaga tekanan darah dalam batas normal (<120/80mmHg) dengan membatasi asupan garam 6 gram/hari (bagi penderita hipertensi kronis), meningkatkan aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur sebanyak 4-5 porsi per hari, mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan instan, serta menjaga berat badan dalam rentang yang ideal.
 
• Jika Anda memiliki berat badan lebih, mengurangi berat badan dalam rentang indeks massa tubuh yang normal.
 
• Mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan menghindari obat-obatan terlarang.
 
 
 

]]>
Wed, 20 Sep 2017 15:32:54 +0700Penyakit Jantung
Kelebihan Darah Tali Pusat Bagi Penderita Leukemia Berdasarkan Penelitian https://www.meetdoctor.com/article/kelebihan-darah-tali-pusat-bagi-penderita-leukemia-berdasarkan-penelitian https://www.meetdoctor.com/article/kelebihan-darah-tali-pusat-bagi-penderita-leukemia-berdasarkan-penelitian Leukemia merupakan momok yang menakutkan. Kabar baiknya, kanker darah yang menyerang sel-sel darah putih ini bisa disembuhkan dengan menggunakan sel punca atau darah tali pusat. Berbagai penelitian sudah membuktikan keampuhan sel punca dalam menyembuhkan leukemia, seperti penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh sebuah universitas di Amerika Serikat.

Sebuah penelitian di University of Colorado Cancer Center dilakukan untuk membandingkan kondisi pasien leukemia yang menerima transplantasi sel punca selama tahun 2009 – 2014, menemukan bahwa tiga tahun setelah transplantasi, angka kejadian graft-versus-host disease kronik berat pada pasien yang menerima transplantasi darah tali pusat lebih rendah daripada pasien yang menerima transplantasi dari donor yang tidak memiliki hubungan darah namun memiliki kecocokan HLA. Pasien yang menerima transplantasi darah tali pusat juga cenderung tidak lagi membutuhkan imunosupresi dan lebih jarang mengalami infeksi serta perawatan lanjut. Tidak terdapat perbedaan pada angka ketahanan hidup secara keseluruhan antara kedua teknik ini.

“Saat Anda melakukan transplantasi alogenik – di mana orang lain menjadi donor – sistem darah yang baru berpotensi menyerang pasien. Ini yang disebut sebagai Graft-versus-host-disease, yang dapat membahayakan dan bahkan fatal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara jangka panjang, graft-versus-host disease lebih jarang terjadi pada transplantasi darah tali pusat dibanding donor yang tidak memiliki hubungan darah namun memiliki kecocokan HLA,” ujar dr. Jonathan Gutman, peneliti dari CU Center dan Direktur Klinik Transplantasi Sel Punca Alogenik di Rumah Sakit University of Colorado.

Tatalaksana yang umum dilakukan untuk kanker darah adalah dengan menghapus sistem darah leukemik pasien dan menumbuhkan kembali sistem darah yang baru menggunakan sel punca darah donor. Terdapat 4 sumber donor sel : donor yang memiliki hubungan darah dan kecocokan HLA (biasanya anggota keluarga dekat), donor yang tidak memiliki hubungan darah namun memiliki kecocokan HLA (berasal dari data 25 juta orang yang setuju menjadi donor), darah tali pusat (dari bank penyimpanan darah tali pusat), dan transplantasi haploidentik (teknik menjanjikan yang hanya membutuhkan kecocokan HLA sebagian dengan donor yang memiliki hubungan darah). Semakin dekat kecocokan antara sel donor dan sistem darah pasien, semakin kecil kemungkinan sistem darah yang baru menyerang jaringan pasien, dengan kata lain kemungkinan graft-versus-host disease menjadi lebih kecil.

Donor yang memiliki hubungan darah dan kecocokan HLA adalah pilihan pertama yang biasanya diambil. Secara genetik, saudara kandung memiliki peluang kecocokan HLA yang paling besar, yaitu 25%. Sementara bagi mereka yang tidak memiliki donor tersebut, memiliki peluang 70% bagi ras Kaukasia atau hanya 10% bagi ras lain atau etnik campuran untuk menemukan donor yang tidak memiliki hubungan darah namun memiliki kecocokan HLA dari data orang lain yang setuju menjadi donor jika dibutuhkan. Darah tali pusat bersifat imatur dan oleh karena itu tidak membutuhkan kecocokan sempurna untuk diterima sebagai sumber donor (transplantasi haploidentik di luar cakupan artikel ini).

“Sejak dulu, para dokter telah mencadangkan darah tali pusat untuk pasien yang tidak memiliki donor yang cocok,” ujar Gutman

Saat ini, alur pemilihan donor yang biasa dilakukan semakin sering dipertanyakan seiring dengan munculnya data dari penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa darah tali pusat setara atau lebih baik daripada transplantasi dari donor yang tidak memiliki hubungan darah namun memiliki kecocokan HLA.

“Banyak pusat pelayanan mencadangkan transplantasi darah tali pusat untuk kasus terburuk mereka, sehingga tindakan ini awalnya dikenal memiliki angka keberhasilan yang rendah. Tindakan ini juga membutuhkan sejumlah biaya lebih – dibutuhkan waktu sedikit lebih lama bagi sel darah tali pusat untuk mulai bekerja sehingga pasien membutuhkan perawatan lebih lama. Namun, jika Anda melihat melampaui 100 hari pertama - titik di mana banyak pusat berhenti mengumpulkan data – terdapat bukti yang jelas bahwa darah tali pusat melebihi kemampuan sel dari donor yang tidak memiliki hubungan darah namun memiliki kecocokan HLA,” ujar Gutman.

“Sebagai hasilnya, kami memilih menggunakan darah tali pusat sebagai pilihan pertama pada kasus yang tidak memiliki donor dengan hubungan darah dan kecocokan HLA,” kata Gutman. Mengingat pentingnya sel punca bagi penyembuhan penyakit kanker termasuk kelainan darah, maka sangat penting bagi orang tua untuk menyimpan darah tali pusat bayinya. Tidak hanya untuk si bayi, sel punca dari bayi Anda juga bisa digunakan untuk saudara kandungnya. Simpanlah sel punca di bank darah yang memiliki fasilitas standar baku seperti yang disyaratkan oleh American Association of Blood Banks (AABB).

Untuk mendapatkan edukasi lebih lanjut mengenai bagaimana Sel Punca dari Darah Tali Pusat dapat berperan dalam terapi Leukemia, serta mendapatkan Voucher Diskon Penyimpanan Darah Tali Pusat, klik disini.

Diterjemahkan dari:

https://www.sciencedaily.com


]]>
Tue, 19 Sep 2017 09:46:10 +0700Leukimia, kanker darah
Pagi yang Produktif Berawal Dari Ini https://www.meetdoctor.com/article/pagi-yang-produktif-berawal-dari-ini https://www.meetdoctor.com/article/pagi-yang-produktif-berawal-dari-ini Bila Anda sering merasakan hari yang buruk atau pun tidak produktif di tempat kerja, coba telusuri rutinitas pagi hari Anda. Apakah Anda memulai hari dengan terburu-buru berangkat ke tempat kerja? Apakah Anda sarapan dengan benar atau malah Anda sering melewatkan sarapan? Awal yang baik berperan penting dalam meningkatkan mood dan produktivitas.  
Setiap orang memiliki rutinitas pagi yang berbeda. Ada yang langsung ke kamar mandi begitu membuka mata. Ada pula yang mendengarkan musik terlebih dulu, seperti yang dilakukan Bunga  Citra Lestari (BCL). 

Agar hari Anda penuh semangat, cobalah tip berikut ini: 

-Bangun pagi lebih awal 
Bila biasanya Anda bangun pagi pukul 06.00, kali ini cobalah bangun 5-10 menit lebih awal. Manfaatkan waktu ini untuk melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan mood Anda, seperti mendengarkan musik, menyiapkan sarapan, peregangan, meditasi, atau lainnya. Sebaiknya hindari membuka media sosial di pagi hari, karena dapat mempengaruhi mood Anda, apalagi bila yang Anda baca adalah konte negatif. 

-Bersyukur
Sesaat setelah Anda membuka mata, ucapkan rasa syukur atas apa yang terjadi pada Anda. “Sebelum makan atau minum apa pun di pagi hari, saya selalu mengambil tiga menit untuk menemukan rasa syukur karena bisa bangun dan menggerakkan jari kaki saya. Saat memulai hari saya seperti ini, dunia terasa lebih ringan,” kata Lisa Hasyim, M.S., R.D., penulis dan penggemar kesehatan dari Amerika Serikat. 

-Minum air
Segera setelah Anda bangun di pagi hari, minumlah segelas air hangat untuk menyegarkan pikiran serta tubuh Anda. Pasalnya, selama tidur di malam hari, tubuh kehilangan cairan, sehingga Anda perlu menggantinya di pagi hari agar tidak menimbulkan dehidrasi. 

-Mandi pagi
Mandi pagi dengan air dingin lebih menguntungkan bagi kesehatan, terutama dapat ‘mengejutkan’ tubuh dan meningkatkan detak jantung sehingga memicu peredaran darah ke seluruh tubuh lebih cepat. Namun, Anda juga bisa memulainya dengan air hangat. “Mandi air hangat bisa menenangkan sistem saraf. Biasanya saya menambahkan aroma lemon segar untuk ritual mandi di pagi hari,” kata Lisa.  Agar tubuh lebih segar, Anda bisa mengakhiri mandi air hangat dengan air dingin. 

-Pompa jantung dengan kardio
Sempatkan waktu untuk berolahraga setiap pagi, meski hanya 15-20 menit. Anda bisa jogging, jalan santai atau bersepeda. Menurut Lisa, kardio adalah latihan untuk melatih organ-organ vital, khususnya jantung dan peredaran darah. Latihan kardio dapat menjaga dan meningkatkan stamina, serta  meningkatkan sirkulasi darah ke otak. 

-Sarapat sehat
Setelah hampir tujuh jam saluran pencernaan beristirahat selama tidur, tubuh membutuhkan asupan makanan untuk menyokong energi untuk beraktivitas. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengonsumsi sarapan seimbang di pagi hari, yang terdiri dari karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral. Terpenting pilihlah karbohidrat komplek, seperti gandum utuh atau beras merah. Hindari karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan roti di pagi hari karena akan membuat Anda makan berlebihan di siang hari. Selain itu, karbohidrat komplek juga akan membuat Anda mudah mengantuk sehingga pagi Anda tidak produktif. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 

 


]]>
Tue, 19 Sep 2017 11:56:31 +0700Kesehatan A-Z
Bahayanya Obat PCC Bila Dikonsumsi Sembarangan https://www.meetdoctor.com/article/bahayanya-obat-pcc-bila-dikosumsi-sembarangan https://www.meetdoctor.com/article/bahayanya-obat-pcc-bila-dikosumsi-sembarangan Penyalahgunaan obat, apalagi tanpa resep dokter mempunyai efek yang berbahaya bagi tubuh, seperti yang terjadi pada kasus penyalahgunaan obat PCC di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kabarnya puluhan pelajar mengalami kejang-kejang dan berhalusinasi karena mengonsumsi obat PCC.  Saat ini sudah terdapat 60 korban penyalahgunaan obat PCC yang dirawat di tiga RS. 

PCC  merupakan obat antidepresan dan merupakan gabungan dari tiga macam obat, yaitu paracetamol, caffein dan carisoprodol. Obat PCC berbentuk pil berwarna putih dengan merek dagang bernama Somadril Compound. Pil ini  bukan termasuk narkoba, tapi digolongkan sebagai obat yang penggunaannya terbatas, tidak boleh dijual sembarangan atau harus seizin dokter. 

Salah satu kandungan PCC yakni carisoprodol, tergolong dalam obat keras berdasarkan surat keputusan Menteri Kesehatan No. 6171/A/SK/73 tanggal 27 Juni 1973, tentang Tambahan Obat Keras Nomor Satu dan Nomor Dua. Sebenarnya Somadril ini sudah lama ditarik peredarannya oleh BPOM karena efek sampingnya yang berbahaya. Beberapa negara lainnya, seperti Norwegia, Swedia, Uni Eropa, Amerika Serikat dan Kanada, juga telah melakukan hal yang sama. 

Somadril digunakan untuk  mengatasi nyeri pinggang, menghilangkan kekakuan, ketidaknyamanan dan rasa sakit serta untuk mengatasi kejang-kejang. Obat ini bekerja pada sistem saraf pusat, yang pada gilirannya memberi sinyal pada otot, efek yang diinginkan. 

Penggunaan Somadril secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping, termasauk kegelisahan, halusinasi, kebingungan, gemetar, kegembiraan atau kegugupan, kejang, susah tidur, mual atau muntah dan kelemahan otot. Potensi efek samping ini akan meningkat ketika dikonsumsi bersamaan dengan alkohol. Karena Somadril dan alkohol sama-sama menekan saraf otak. 

Efek halusinasi juga ditemukan pada penggunaan obat Tramadol secara berlebihan. Karena itu, penggunaan obat-obat ini sangat ketat.  Anda tidak boleh memulai pengobatan baru atau membelinya tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. 

Pemakaian obat harus dihentikan jika tanda-tanda awal reaksi alergi seperti ruam, gatal, sakit tenggorokan, deman, arthalgia, pucat atau tanda-tanda lainnya muncul, karena jika terjadi bisa berakibat fatal. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Fri, 15 Sep 2017 13:44:29 +0700Kesehatan A-Z