MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Jerawat di Kulit Kepala https://www.meetdoctor.com/article/jerawat-di-kulit-kepala https://www.meetdoctor.com/article/jerawat-di-kulit-kepala Jerawat merupakan kondisi abnormal pada kulit. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada wajah saja, namun dapat juga timbul di kulit kepala. Memang jerawat  di kulit kepala tidak sampai mengganggu penampilan karena tertutup rambut, tapi rasa gatal dan kadang nyeri dapat mengganggu kenyamanan.

Bagaimana terbentuknya jerawat di kulit kepala?

Kulit secara alami menghasilkan lapisan pelindung berupa minyak atau sebum yang diekskresi melalui folikel rambut dan pori-pori kulit. Produksi minyak yang berlebih, sel kulit mati dan partikel lainnya dapat menyumbat ekskresi minyak  sehingga timbul komedo. Komedo bersamaan dengan terperangkapnya bakteri dapat menyebabkan tmbulnya peradangan pada folikel rambut yang ditandai dengan bintil merah yang disebut papul atau bintil kuning dengan dasar merah disebut pustul. Bintil ini dapat berkembang menjadi lebih besar dan nyeri disebut nodul. Papul, pustul dan nodul ini yang biasa disebut jerawat.

Jadi pada dasarnya jerawat terbentuk karena sumbatan pada pori-pori kulit. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada pori-pori kulit kepala, diantaranya yaitu faktor perubahan hormon dan stres. Kedua faktor tersebut dapat memicu produksi minyak berlebih.


Bagaimana mengatasi jerawat di kulit kepala?

Rasa gatal yang ditimbulkan jerawat tentunya membuat kita ingin menggaruk, tetapi menggaruk bukan ide yang baik karena dapat melukai kulit dan peradangan bertambah parah. Pertolongan pertama untuk mengatasi jerawat di kulit kepala adalah rajin keramas terutama jika sering menggunakan penutup kepala atau memiliki tipe kulit kepala berminyak, sampo yang mengandung asam salisilat dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit kepala.

Jika jerawat tidak merespon pertolongan pertama atau sudah pada tahap parah yang ditandai dengan luasnya area peradangan dan banyaknya jerawat, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Jerawat yang sudah tahap parah dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah munculnya jerawat di kulit kepala dapat dilakukan dengan rajin keramas, mengurangi makanan berlemak dan menghindari stres. 

 

*Direview oleh dr R.Aj. Putri Ambarani Paramasari, SpKK yang berpraktik di RS.Pondok Indah


]]>
Wed, 17 May 2017 13:28:25 +0700Beauty & Skin Care
Serba-serbi Si Gigi Bungsu https://www.meetdoctor.com/article/serba-serbi-si-gigi-bungsu https://www.meetdoctor.com/article/serba-serbi-si-gigi-bungsu Apa yang dimaksud dengan gigi bungsu?

Gigi bungsu adalah gigi molar atau geraham ketiga pada bagian atas dan bawah, yang terletak di bagian paling belakang mulut. Dikenal dengan sebutan gigi bungsu dalam bahasa Indonesia karena gigi tersebut merupakan gigi yang paling terakhir muncul. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut wisdom teeth, karena biasanya tumbuh pada saat seseorang berusia antara 17 hingga 21 tahun ataupun lebih tua, sehingga dianggap sudah cukup untuk mendapatkan beberapa "kebijaksanaan". Gigi bungsu yang sehat dan berada dalam posisi yang benar, ataupun gigi bungsu yang masih terpendam dalam rahang tidak akan menimbulkan masalah apapun.

Kegagalan gigi untuk tumbuh dengan baik pada baris jajarannya dikenal sebagai impaksi gigi atau gigi yang tidak tumbuh. Sebenarnya gigi manapun bisa mengalami impaksi, hanya saja yang paling banyak mengalaminya yakni gigi bungsu. Jika tidak berada pada posisi dan fungsi yang tepat, maka gigi tersebut akan dipertimbangkan untuk dicabut karena menyebabkan pengunyahan terganggu, penutupan mulut, gigi menjadi tidak nyaman, sakit kepala, dan adanya bau busuk karena sisa makanan terperangkap.

 

Apa yang menyebabkan terjadinya masalah pada gigi bungsu?

Pada saat tumbuh, gigi bungsu mungkin bisa memecahkan setengah gusi Anda sebagai jalan keluarnyasehingga dapat menyebabkan gigi tersebut tumbuh di atas jaringan gusiyang hampir menutupi separuh gigi yang tumbuh. Pertumbuhan gigi bungsu yang tidakdan belumsempurna dapat menjadi tempat terjebaknyasisa makanan yang dikonsumsi dan apabila tidak dapat terbersihkan dengan baik dapat mengembangkan potensi terjadinya infeksi gusi di sekitar gigi yang akan tumbuh tersebut.

Gigi bungsu juga bisa muncul dalam posisi miring atau salah arah. Jika rahang Anda tidak cukup besar untuk memberi ruang, gigi bungsu dapat memiliki dampak buruk karena tidak mampu menembus gusi Anda untuk mendapatkan posisi tumbuh yang benar. Anda mungkin mengalami kesulitan baik pada saat membersihkan sekitar gigi bungsu, karena gigi tersebut terletak begitu jauh di belakang mulut Anda dan berada pada posisi yang miring.

 

Apa saja gejala yang dapat timbulpada gigi bungsu yang bermasalah?

Gigi bungsu seringkali tidak menimbulkan gejala apapun bila dalam keadaan normal. Namun ada beberapa gejala yang menandakan gigi bungsu Anda perlu dicabut ataupun dilakukan perawatan, antara lain:

  • Terasa nyeri atau terasa kaku pada rahang di sekitar gigi bungsu, sehingga terasa sulit dan atau sakit saat membuka mulut.
  • Terasa nyeri atau iritasi pada gigi yang datang pada posisi salah saat menggosok pipi, lidah, bagian atas dan bawah mulut.
  • Terjadi pembengkakan yang terinfeksi pada jaringan gusi di atas gigi yang telah menembus gusi.
  • Timbulnya karies gigi (lubang gigi) pada gigi bungsu yang baru tumbuh maupun pada gigi geraham di depan gigi bungsu akibat dari posisi gigi bungsu yang miring.

Sebagian besar masalah gigi bungsu akan berkembang pada usia antara 15 dan 25 tahun. Hanya sedikit orang yang lebih tua dari usia 30 tahun yang dapat mengalami masalah gigi bungsu yang perlu dicabut.

 

Bagaimana masalah gigi bungsu dapat didiagnosis?

Dokter gigi akan memeriksa gigi dan gusi untuk mengetahui tanda-tanda gigi bungsu yang baru tumbuh dan untuk mengetahui posisi pasti dari tumbuhnya gigi bungsu. Anda akan disarankan melakukan rongten gigi dengan bantuan sinar-X untuk mengetahui apakah gigi bungsu Anda akan menyebabkan masalah untuk sekarang atau mungkin masalah pada masa mendatang.

 

Bagaimana cara mengatasinya?

Pengobatan paling umum untuk mengatasi masalah gigi bungsu adalah dengan melakukan pengangkatan atau ekstraksi gigi. Para ahli tidak setuju mengenai keputusan mencabut gigi bungsu tidak akan menyebabkan gejala atau masalah di kemudian hari. Namun, ahli bedah oral umumnya sepakat bahwa mencabut gigi bungsu lebih mudah dilakukan pada kalangan usia muda, biasanya sebelum memasuki usia 20 karena akar gigi dan tulang rahang belum berkembang sepenuhnya. Setelah usia 20, tulang rahang cenderung lebih keras, dan penyembuhan biasanya membutuhkan waktu lebih lama.

 

Direview oleh drg. Didin Mirandani,MKes


]]>
Wed, 17 May 2017 11:18:29 +0700Gigi & Kesehatan Mulut
Operasi Kantung Mata https://www.meetdoctor.com/article/operasi-kantung-mata https://www.meetdoctor.com/article/operasi-kantung-mata Kantung mata merupakan masalah banyak perempuan. Sebenarnya, kehilangan elastisitas kulit serta kendurnya otot-otot di sekitar wajah terutama di bagian sekeliling mata merupakan hal yang normal terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Lipatan kulit yang semakin kendur di bagian atas kelopak mata dan semakin mencekung dan bertambah dalam di bawah lipatan mata, tidak lagi sanggup menampung lemak di bawah mata sehingga menyebabkan timbulnya tampilan berkantung. Kantung mata ini akan semakin terlihat buruk dengan adanya paparan sinar matahari, asap dan  faktor keturunan. Akhirnya, tampilan wajah Anda pun menjadi lelah dan lebih tua dari usia Anda. 

Untuk mengatasi kondisi mata berkantung ini, operasi blepharoplasty untuk kantung mata dapat menjadi alternatif pilihan. Perlu diingat bahwa operasi kantung mata ini tidak akan menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata Anda maupun keriput karena pertambahan usia, dan hal ini hanya akan berfokus pada memperbaiki kondisi kantung mata.

Blepharoplasty sendiri memiliki tiga jenis pilihan untuk operasi kantung mata, seperti:
• Upper blepharoplasty, untuk mengatasi kelopak mata atas yang semakin berkantung dan bergelambir
• Lower blepharoplasty, untuk mengangkat dan memperbaiki kantung mata
• Upper and lower blepharoplasty, yang merupakan kombinasi keduanya


Prosedur blepharoplasty sendiri akan meliputi konsultasi sebelum operasi untuk mengetahui tindakan apa saja yang akan dilakukan oleh dokter Anda selama operasi sehingga Anda dapat mengetahui apa yang akan Anda hadapi. Jika bius lokal yang digunakan dalam prosedur ini, maka biasanya Anda diperbolehkan untuk langsung pulang setelah operasi selesai. Luka sayatan akan dilakukan di sepanjang garis alami yang membentuk kantung mata sehingga bekas lukanya akan terletak tepat di lipatan pada mata. Lemak dan kulit berlebih akan diangkat dan luka sayatan kemudian ditutup. 


Setelah dioperasi, area sekitar bekas operasi akan membengkak dan memar, dan Anda kemungkinan akan diharuskan memakai plester steril untuk menutup bekas jahitan. Pemberian salep akan diberikan oleh dokter yang mengoperasi Anda untuk mencegah mata Anda mongering dan mencegah terjadinya infeksi.

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari


]]>
Wed, 17 May 2017 13:17:30 +0700Eye & Vision Health
Kunjungi Website Ini Untuk Informasi Lengkap Seputar Alergi! https://www.meetdoctor.com/article/kunjungi-website-ini-untuk-informasi-lengkap-seputar-alergi https://www.meetdoctor.com/article/kunjungi-website-ini-untuk-informasi-lengkap-seputar-alergi Alergi seringkali dianggap sebagai penyakit yang sepele, padahal gejala yang ditimbulkan dari alergi bisa mengganggu kesehatan, bahkan pada beberapa kasus dapat mengancam nyawa seseorang. Alergi sendiri merupakan respons berlebihan dari tubuh terhadap suatu ‘ancaman’ yang datang dari luar, seperti makanan, udara, debu, dan sebagainya. 

Dulu, alergi dianggap sebagai penyakit orang kaya, tapi sekarang orang yang mengalami alergi tidak  mengenal status sosial, bahkan angka kejadian penyakit dan risiko alergi meningkat dari tahun ke tahun di seluruh dunia, begitu kata DR. Dr. Zakiudin Munasir, SpA(K), Konsultan Alergi-Imunologi Anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di acara peluncuran Alat Edukasi dan Kampanye Mengenai Alergi untuk Dukung World Alllergy Week 2016, di Jakarta, (10/4) lalu.  

“Data World Allergy Organization (WAO) 2011 menunjukkan bahwa angka prevalensi alergi mencapai 30-40 persen dari total populasi dunia,” kata Dr. Zaki. Angka yang cukup besar. Ia juga menambahkan, beberapa faktor risiko alergi pada anak adalah riwayat alergi pada keluarga, kelahiran caesar dan populasi udara serta asap rokok. Risiko alergi akan semakin tinggi bila ada riwayat alergi pada anggota keluarga. Anak-anak dengan kedua orang tua memiliki riwayat alergi memiliki risiko terkena alergi sampai 80 persen. 

Masih minimnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan alergi, terutama alergi pada anak, membuat Sarihusada bekerjasama dengan Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (KK FK UI) dan Unit Kerja Koordinasi (UKK) Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), meluncurkan Allergy Awareness Week, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai alergi serta menyediakan advokasi dalam menangani alergi. 

Peluncuran Allergy Awareness Week ditandai dengan memperkenalkan buku “Mengenal Alergi pada Anak” dan website www.alergianak.com  serta peluncuran kegiatan  ‘Bunda Tanggap Alergi dengan 3K’.

Menurut DR. Dr. Herqutanto, MPH, MARS, Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, alergi memiliki dampak lebih dari gangguan kesehatan tapi juga dampak sosial, seperti harus sering ke dokter, meningkatkan pengeluaran untuk kesehatan, prestasi anak jadi terganggu, dan sebagainya. “Karena itu edukasi dan advokasi untuk memahami pentingnya langkah-langkah yang tepat akan membantu masyarakat untuk menangani alergi,” ujarnya. 

Sebagai sebuah perusahaan yang memiliki komitmen untuk mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak, Sarihusada memperkenalkan website www.alergianak.com. Menurut Ahmad Hamdani, Healthcare Nutrition Director Sarihusada, melalui website alergianak.com, masyarakat bisa mengenali faktor risiko alergi anak dari riwayat keluarga, gejala-gejala awal anak mengalami alergi, tips mengatasi alergi dan nutrisi untuk alergi. Di situs ini, ibu juga bisa berdiskusi tentang alergi Si Kecil pada pakarnya. Dengan kata lain, hanya dengan mengunjungi website www.alergianak.com, ibu sudah mendapatkan pengetahuan yang lengkap tentang alegi Si Kecil. 

Yuk, segera kunjungi www.alergianak.com dan dapatkan informasi lengkap seputar alergi pada anak.  

 

 

 


]]>
Wed, 17 May 2017 10:26:55 +0700Alergi
Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia https://www.meetdoctor.com/article/sering-lelah-dan-pusing-jangan-jangan-anda-menderita-bradikardia https://www.meetdoctor.com/article/sering-lelah-dan-pusing-jangan-jangan-anda-menderita-bradikardia Kadang-kadang, turunnya tingkat energi Anda bukan hanya karena efek samping bertambahnya umur atau karena kurang istirahat. Bisa jadi itu adalah gejala bradikardia.

Barbara Hanson, seorang guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Dallas Amerika Serikat, merasa heran karena dia merasakan detak jantungnya seperti melambat dan dia mulai sering terjatuh lemas.

Saat memeriksakan diri ke dokter, dokter memintanya untuk melakukan pemeriksaan EKG.  Benar saja, hasilnya menunjukkan bahwa Handon menderita bradikardia..,,

Apa itu Bradikardia?

"Bradikardia adalah gangguan irama jantung," kata David Friedman, MD, kepala layanan gagal jantung di Rumah Sakit Franklin North Shore-LIJ di Valley Stream, New York, dan asisten profesor di Hofstra North Shore-LIJ School of Medicine. Gangguan ini ditandai dengan denyut jantung kurang dari 60 denyut permenit, menurut American Heart Association.

Bradikardia mengurangi kemampuan jantung untuk memompa darah yang kaya oksigen ke tubuh," kata Dr Friedman Hasilnya adalah kelelahan, sesak napas, nyeri dada, dan intoleransi olahraga. Pasien juga punya kecenderungan untuk pingsan atau merasa mudah pusing, dua ini adalah gejala awal bradikardia.

Risiko bradikardia cenderung lebih tinggi pada mereka yang memiliki faktor risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.  Tes EKG dapat membantu dokter melihat kondisi tersebut. Pilihan lain: Melacak detak jantung Anda dengan monitor Holter, yang dapat mengidentifikasi gangguan irama jantung.

Bagaimana mengobati bradikardia?

Bradikardia dapat diobati, bahkan disembuhkan. Friedman menjelaskan bahwa obat-obatan tertentu dapat memperlambat denyut jantung seseorang. Menghentikan pengobatan, pada gilirannya dapat menghentikan kondisi bradikardia.

Dokter juga bisa mengobati bradikardia dengan alat pacu jantung. Alat pacu jantung adalah perangkat kecil yang dioperasikan dengan baterai dam ditanamkan ke dada pasien. Alat ini terus memantau sistem listrik jantung dan memperbaiki ritme yang abnormal.

Kekurangan alat pacu jantung adalah, kerjanya bisa terganggu dengan keberadaaan ponsel, mesin MRI, dan detektor logam.

Sekarang, Hanson memakai alat pacu jantung dan merasakan kualitas hidupnya membaik. "Jangan remehkan gejala-gejala yang muncul, apalagi jika usia Anda termasuk senior. Periksakan diri ke dokter jika Anda merasakan gejala yang mencurigakan seperti merasa sesak napas akhir-akhir ini atau lelah yang abnormal seharian," kata Friedman.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf (Dokter Umum)


]]>
Mon, 15 May 2017 17:11:57 +0700Kelainan Ritme Jantung
Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil? https://www.meetdoctor.com/article/bercak-darah-seperti-haid-pertanda-hamil https://www.meetdoctor.com/article/bercak-darah-seperti-haid-pertanda-hamil Salah satu ciri hamil adalah tidak lagi mengalami haid. Namun, jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak tersebut kemungkinan besar adalah bercak implantasi yang merupakan tanda awal kehamilan. Bercak ini biasanya muncul pada hari ke – 6 hingga 12 hari setelah pembuahan. Terkadang tanda ini sering disalahartikan sebagai menstruasi biasa.

Mengapa bisa terjadi?

Setelah sel sperma membuahi sel telur, maka jadilah embrio. Embrio ini akhirnya berlabuh di rahim dan menempel pada dindingnya. Saat embrio ini menempel, pembentukan plasenta (ari-ari) juga dimulai. Saat plasenta terbentuk, vili – saluran makanan seperti jari–pun berkembang. Vili inilah yang menembus rahim untuk bersatu dengan pembuluh darah ibu.

Proses ini normal terjadi. Lewat vili inilah nutrisi dari sirkulasi ibu mengalir ke bayi.  Saat vili menembus rahim, pembuluh darah kecil di rahim pecah dan terjadilah sedikit perdarahan. Darah yang keluar akan berhenti dan menyembuhkan diri dengan sendirinya. Hal ini tidak akan menimbulkan dampak apapun pada perkembangan bayi.

Apa saja gejalanya?

Keluarnya darah yang warnanya lebih terang (terkadang bisa kecoklatan) dan jauh lebih sedikit dibandingkan saat menstruasi. Terkadang Anda dapat merasakan keram di perut, namun tidak berlebihan. Perdarahan ini berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari saja (terkadang 2 – 3 hari).

Bercak darah cenderung lebih cepat muncul dibandingkan gejala mual-muntah (morning sickness)

Bagaimana pengobatannya?

Darah ini akan berhenti mengalir dengan sendirinya. Namun, jika Anda khawatir bahwa Anda berdarah cukup banyak, segera konsultasikan ke dokter. Dokter mungkin akan bertanya mengenai berapa banyak darah yang keluar dan bagaimana warnanya.

Adakah perdarahan lain yang dapat terjadi pada saat kehamilan?

Wanita hamil dapat mengalami perdarahan akibat berbagai macam sebab selain implantasi. Jika perdarahan berlangsung hebat dengan atau tanpa nyeri, atau nyeri perut / keram terus menerus, segera hubungi dokter.

Jika Anda hamil dan melihat darah yang bukan bercak implantasi, hal ini mungkin disebabkan oleh :

Seks. Terkadang hal ini terjadi pada awal kehamilan, meskipun sebenarnya dapat terjadi kapan pun selama hamil. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon. Perdarahan ini akan berhenti dengan sendirinya.

Infeksi. Terkadang infeksi dapat menimbulkan perdarahan. Namun biasanya ada gejala penyerta lain seperti demam, keluar cairan kental terkadang berwarna kuning kehijauan Pemeriksaan inspekulo dapat menentukan apakah perdarahan berasal dari dalam rahim itu sendiri, leher rahim, atau vagina. Jika terdapat infeksi dari vagina, maka akan diberikan terapi untuk meredakan jaringan yang membengkak dan menghentkan perdarahan. 

Kehamilan Ektopik. Kehamilan ektopik adalah keadaan dimana embrio berkembang diluar rahim, umumnya di tuba falopii (saluran sel telur). Namun, kejadiaannya sangat jarang. Hanya sekitar 2% dari kehamilan. Gejalanya yaitu berupa perdarahan terus menerus dan nyeri perut hebat. Keadaan ini cukup berbahaya. Oleh karena itu, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Hamil Anggur. Kehamilan mola atau molahidatidosa atau yang lebih dikenal dengan hamil anggur, kejadiannya cukup langka. Pada hamil anggur, alih-alih bayi, sebuah jaringan abnormal berkembang di rahim. Gejalanya adalah muntah hebat dan rahim membesar drastis. 

Keguguran. Keguguran adalah hal yang paling umum terjadi dan paling ditakuti ibu hamil selama 12 minggu awal kehamilan. Salah satu gejalanya adalah perdarahan terus menerus, nyeri perut bagian bawah, dan/atau keluar jaringan dari vagina. Akan tetapi, lebih dari 90% wanita yang mengalami perdarahan, tidak berujung pada gugur janin, jika segera ditangani oleh dokter.

Adanya bercak darah implantasi ini tidak berbahaya baik bagi ibu dan janinnya dan tidak membutuhkan pengobatan. Namun, jika perdarahan semakin banyak dan berlangsung terus menerus, tentu hal ini patut diwaspadai. Segera konsultasikan ke dokter Anda, terutama jika gejala ini disertai dengan demam, menggigil, atau nyeri perut yang hebat.

 

Ditulis Oleh: dr. Faradhillah A. Suryadi


]]>
Mon, 22 May 2017 11:42:40 +0700Hamil
Program Bayi Tabung Untuk Pasangan Subur https://www.meetdoctor.com/article/program-bayi-tabung-untuk-pasangan-subur https://www.meetdoctor.com/article/program-bayi-tabung-untuk-pasangan-subur Prosedur bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) selama ini dikenal sebagai solusi bagi para pasangan yang mengalami masalah kesuburan sehingga sulit untuk memiliki keturunan. Namun, kini prosedur IVF juga sudah mulai menjadi opsi bagi para wanita yang memiliki kondisi kesuburan atau fertilitas yang normal.

Alasan utama dari dijalankannya prosedur IVF ini pada pasangan yang memiliki kondisi kesuburan normal ini adalah karena kesibukan yang membuat kehamilan dengan cara alami sulit dilakukan. Untuk menghemat waktu dan karena didorong oleh adanya keinginan untuk segera memiliki momongan, alhasil prosedur IVF yang lebih efisien bagi pasangan yang sibuk dan jarang bertemu pun menjadi pilihan yang lebih masuk akal. 

Berbagai alasan sosial seperti ini telah meningkatkan minat pasangan yang memiliki kondisi yang subur sekalipun untuk menjalani prosedur bayi tabung. Fungsi prosedur bayi tabung sudah bergeser dari satu-satunya pilihan untuk bisa hamil menjadi salah satu pilihan pasangan subur untuk bereproduksi. 

Prosedur bayi tabung memang seringkali masih menjadi perdebatan karena caranya yang tidak alami. Namun semuanya kembali lagi kepada kebebasan memilih yang dimiliki oleh setiap pasangan, baik subur maupun tidak subur. Sama seperti zaman ketika alat kontrasepsi pertama kali diperkenalkan dan ditentang habis-habisan sebagai alat penunda kehamilan yang sudah sepantasnya terjadi, hal ini juga dialami oleh prosedur bayi tabung bagi para pasangan yang tidak memiliki masalah kesuburan. Semuanya kembali lagi pada teknologi dan keputusan yang diambil untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin, termasuk dalam prosedur bayi tabung.

Pada akhirnya, prosedur bayi tabung memang dapat membantu mempercepat proses reproduksi pasangan yang memiliki kondisi subur dan seharusnya hal ini tidak menjadi masalah. Jika memang dananya tersedia serta waktu yang untuk melakukannya pun tersedia. Bagi pasangan yang tidak mengalami masalah kesuburan dan ingin cepat punya momongan, menjalani IVF adalah solusinya.


Keputusan ada di tangan tiap pasangan yang sulit bertemu untuk dapat menepatkan waktu berhubungan intim dengan masa subur agar kehamilan terjadi. Meski umur masih muda, prosedur IVF tidak terbatas hanya bagi para wanita yang sudah mencapai usia di mana kondisi kesuburan yang sulit untuk melakukan reproduksi. Saat dokter yang menerima pasien yang tidak mengalami masalah dengan kesuburan dan ingin tetap menjalani prosedur IVF, dokter tidak lantas memiliki hak untuk menolak karena tindakan medis yang bersangkutan tidak akan membahayakan nyawa pasien yang menjalaninya. 

Meski Anda bisa menjalani prosedur bayi tabung kapan saja, namun Anda juga perlu memahami beberapa risiko dari prosedur ini. Di antaranya adalah risiko kehamilan multiple atau janin lebih dari satu. Hal ini akan meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat bayi lahir lebih rendah dibandingkan pada kehamilan normal. Anda juga bisa mengalami persalinan prematur, karena berdasarkan beberapa studi yang telah dilakukan sebelumnya, adanya kecenderungan persalinan prematur atau kelahiran dengan berat badan lahir rendah pada kehamilan melalui prosedur IVF. 


Anda juga akan berhadapan dengan risiko keguguran. Kemungkinan terjadinya keguguran pada wanita yang menjalani program bayi tabung dan pembuahan alami umumnya tidak jauh berbeda, yakni sekitar 15-20%, namun kemungkinan meningkat seiring dengan pertambahan usia. Dan tak bisa diabaikan adalah terjadinya komplikasi saat prosedur pengumpulan sel telur. Penggunaan jarum untuk mengumpulkan sel telur dapat mengakibatkan perdarahan, infeksi hingga kerusakan pada usus, kandung kemih maupun pembuluh darah. 


Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P

 

 


]]>
Wed, 17 May 2017 10:44:50 +0700Hamil
Patah Hati Bisa Berakibat Penyakit Jantung? https://www.meetdoctor.com/article/patah-hati-bisa-berakibat-penyakit-jantung https://www.meetdoctor.com/article/patah-hati-bisa-berakibat-penyakit-jantung Jika selama ini Anda mengenal istilah patah hati sebagai istilah pengganti bagi keadaan putus cinta, maka faktanya secara medis patah hati -atau broken heart- merupakan penyakit jantung yang nyata dan benar terjadi. Terdapat keterkaitan antara kondisi depresi, kesehatan mental serta penyakit jantung yang mempengaruhi kondisi broken heart yang benar-benar menyebabkan penyakit jantung.

Sindrom broken heart dikenal juga sebagai kondisi cardiomyopathy akibat stres, dan dapat dialami oleh mereka yang ada dalam kondisi sehat sekalipun. Kondisi ini lebih umum dialami oleh wanita daripada pria, ditandai dengan rasa sakit pada dada yang mendadak dan intens karena adanya peningkatan pada hormon stres.

Peningkatan hormon stres ini dapat diakibatkan oleh adanya kejadian yang membuat emosi seseorang tertekan secara hebat, seperti adanya kematian atau peceraian, putus hubungan, pengkhianatan maupun penolakan, pendek kata, hal-hal yang membuat hati (jantung) serasa patah, entah karena kesedihan atau karena terkejut. 

Sindrom broken heart ini dapat disalahartikan sebagai serangan jantung karena gejala dan hasil tesnya yang hampir sama. Hasil tes kondisi ini biasanya menunjukkan adanya perubahan dalam ritme jantung yang disertai bukti penyumbatan pembuluh arteri pada jantung.

Dalam sindrom broken heart, yang terjadi adalah adanya bagian jantung yang mendadak membesar untuk sementara waktu dan tidak memompa dengan baik, sementara sisa jantung lainnya berfungsi secara normal dengan kontraksi yang lebih dipaksakan lagi.

Sindrom broken heart sendiri dapat menuntun kepada kondisi gagal otot jantung yang serius, meski dapat segera ditangani dengan kesembuhan total bagi orang yang mengalaminya dengan risiko kecil adanya kekambuhan kondisi. 


Gejala yang paling umum dan dapat diamati dari sindrom ini adalah adanya rasa sakit pada dada (angina) dan sesak napas yang dapat timbul tanpa didahului oleh adanya riwayat penyakit jantung sebelumnya. Terkadang, kondisi detak jantung yang tidak beraturan atau aritmia juga dapat dijumpai pada sindrom broken heart ini. 

Beberapa hal yang membedakan gejala sindrom broken heart dengan serangan jantung meliputi:

1.Gejala sindrom broken heart secara khas timbul mendadak setelah adanya tekanan fisik atau emosional yang ekstrem

2.EKG atau tes yang merekam aktivitas elektrik jantung pada orang yang mengalami sindrom broken heart akan menunjukkan gambaran aktivitas listrik jantung yang berbeda dengan gambaran khas EKG pada penderita serangan jantung.

3.Hasil pemeriksaan darah menunjukkan ketiadaan kerusakan otot jantung pada penderita sindrom broken heart.


4.Tidak terbukti adanya penyumbatan arteri koroner pada penderita sindrom broken heart. 

5.Tes menunjukkan adanya pembengkakan dan gerakan yang tidak biasa pada kamar jantung bagian kiri bawah atau left ventricle.

6.Waktu pemulihan pada penderita sindrom broken heart relatif cepat, hanya dalam beberapa hari atau minggu. Waktu pemulihan pada sindrom broken heart tergoologn lebih cepat bila dibandingkan dengan waktu pemulihan yang dibutuhkan pada penderita jantung. (PA)

Ditinjau oleh: dr.Defffy Leksani Anggar Sari


]]>
Mon, 15 May 2017 17:13:52 +0700Jantung dan Pembuluh Darah
Penderita Bipolar Rentan Melakukan Bunuh Diri https://www.meetdoctor.com/article/penderita-bipolar-rentan-melakukan-bunuh-diri https://www.meetdoctor.com/article/penderita-bipolar-rentan-melakukan-bunuh-diri Beberapa hari ke belakang, dunia maya digegerkan dengan aksi bunuh diri yang dilakukan seorang pria secara live di facebook. Aksi bunuh diri itu mengundang puluhan netizen yang ingin melihat video tersebut. 

Angka bunuh diri terjadi hampir dua kali lipat lebih sering daripada pembunuhan. Setiap tahun, sekitar 36.000 orang di Amerika Serikat meninggal karena bunuh diri. Berdasarkan data dari organisasi kesehatan dunia (WHO), di Indonesia pada 2010 angka bunuh diri mencapai sekitar 5.000 orang per tahun dan pada tahun 2012 meningkat menjadi 10.000 per tahun.

Orang-orang yang melakukan bunuh diri biasanya telah membuat rencana untuk bunuh diri. Kemungkinan dari bunuh diri yang paling serius ketika seseorang telah memiliki rencana untuk bunuh diri. Kebanyakan orang yang serius mempertimbangkan bunuh diri sebenarnya tidak ingin mati. Sebaliknya, mereka melihat bunuh diri sebagai solusi untuk masalah dan cara untuk mengakhiri penderitaan mereka. 

Kebanyakan orang yang serius mempertimbangkan atau berusaha untuk bunuh diri biasanya memiliki satu atau lebih dari risiko berikut:
•    Riwayat keluarga pernah berupaya untuk bunuh diri
•    Riwayat keluarga ada yang berhasil bunuh diri
•    Memiliki kecemasan yang parah, depresi, atau masalah kesehatan mental lainnya, seperti gangguan bipolar atau skizofernia
•    Pecandu alkohol atau bermasalah dengan narkoba

Orang dengan gangguan bipolar rentan melakukan tindakan bunuh diri. Dokter spesialis kedokteran jiwa Nurmiati Amir mengungkapkan, 25-60 persen orang dengan gangguan bipolar pernah melakukan tindakan percobaan bunuh diri satu kali dalam hidupnya.

Menurut WHO, setiap 40 detik, seseorang melakukan bunuh diri di suatu tempat di dunia. Sementara itu, sebagian besar negara dengan angka bunuh diri yang tinggi adalah negara miskin. Beberapa negara maju dan kaya pun memiliki angka bunuh diri yang cukup tinggi. Ratio perbandingan angka bunuh diri antara laki-laki dan wanita adalah 3:1 dengan metode meminum racun, gantung diri, dan senjata api. Berikut adalah 5 negara dengan angka bunuh diri tertinggi:

1.    Guyana 44.2% (70.8% pria – 22.1% wanita)
2.    Korea Utara 38.5% (45.4% pria – 35.1% wanita)
3.    Korea Selatan 28.9% (41.7% pria – 18% wanita)
4.    Sri Lanka 28.8% (46.4% pria – 12.8% wanita)
5.    Lituania 28.2% (51% pria – 8.4% wanita)

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Mon, 22 May 2017 11:45:13 +0700Bipolar Disorder
Ini Saat Tepat Imunisasi Campak https://www.meetdoctor.com/article/ini-saat-tepat-imunisasi-campak https://www.meetdoctor.com/article/ini-saat-tepat-imunisasi-campak Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ruam pada campak sulit dibedakan dengan ruam pada Rubella.

Gejala Campak

          Gejala campak muncul sekitar 7 sampai 14 hari setelah virus masuk ke dalam tubuh. Gejalanya antara lain :

  1. Demam
  2. Nyeri tenggorokan
  3. Hidung meler/pilek
  4. Batuk
  5. Mata memerah
  6. Nyeri otot
  7. Bintik putih kecil di mulut pada hari ke-2 hingga ke-4
  8. Timbul bintik merah pada kulit serta terasa sedikit gatal. Gejala ini muncul pada hari ke-3 dan ke-5

Ruam pada campak sulit dibedakan dengan ruam pada rubella, tetapi gejala pada campak seringkali lebih berat dan tidak berisiko pada ibu hamil. Ruam pada campak  umumnya akan menghilang bertahap dan menyisakan bekas berwarna kecoklatan.

Penyebab Campak

Campak disebabkan oleh virus campak (measles virus). Campak ditularkan melalui droplet atau air liur. Campak dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita atau pun udara yang telah terkontaminasi oleh virus campak.

Pengobatan Campak

Campak disebabkan oleh virus, sehingga dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, campak akan membaik. Tidak ada pengobatan khusus bagi penderita campak. Mula mula penderita diberikan obat penurun demam. Penderita juga disarankan untuk istirahat minimal 10 hari dan makan makanan yang bergizi agar kekebalan tubuh meningkat. Jika terdapat infeksi bakteri, dokter akan memberikan antibiotik.

Cara Mencegah Campak

Pencegahan campak paling efektif adalah dengan imunisasi campak. Vaksin biasanya diberikan dalam bentuk kombinasi (vaksin MMR), yang disuntikkan pada otot paha atau lengan atas.

Jika hanya mengandung campak, vaksin diberikan pada umur 9 bulan, namun jika dalam bentuk MMR, dosis pertama diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun.

Campak juga dapat dicegah dengan menghindari kontak, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, serta menghindari pemakaian alat makan, sikat gigi dan handuk yang bersamaan.

Vaksin Campak

Cakupan vaksin campak untuk anak-anak di Indonesia kerap mengalami penurunan. Di tahun 2015, cakupannya 53,3 persen sedangkan sampai September 2016, cakupannya menurun, di bawah 48 persen. Akibatnya, terjadi letusan kasus campak.

Jenis vaksin campak :

  • Vaksin Campak saja

Vaksin ini diberikan pertama saat usia 9 bulan, kemudian dilanjutkan saat berusia 24   bulan dan terakhir saat SD kelas 1-6.

  • Vaksin MMR

 Diberikan pada anak berusia 15-18 bulandengan jarak imunisasi minimal 6 bulan. Imunisasi ini dapat mencegah campak, gondongan dan rubella. Pemberian ulang atau booster dilakukan saat anak berusia 6 tahun.

  • Vaksin MMRV

Vaksin MMRV adalah suatu kombinasi vaksin MMR dan vaksin cacar air (varicella). Dengan adanya kombinasi ini, maka tata laksana vaksinasi lebih sederhana, karena jumlah penyuntikan lebih sedikit dan lebih murah. Tetapi untuk anak-anak berusia 2 tahun atau kurang, vaksin MMRV lebih memiliki efek samping dibandingkan pemberian vaksin MMR dan vaksin cacar air secara terpisah. Vaksinasi MMRV aman diberikan pada usia 4 sampai 6 tahun. Pada penelitian tidak didapatkan bukti terjadinya kejang demam pada pemberian MMRV di usia 4 sampai 6 tahun.

 

Ditinjau Oleh: dr. Nurul Attikah


]]>
Mon, 22 May 2017 11:45:35 +0700Vaksin
Cara Basmi Jerawat di Bokong https://www.meetdoctor.com/article/cara-basmi-jerawat-di-bokong https://www.meetdoctor.com/article/cara-basmi-jerawat-di-bokong Pernahkah Anda meraba bokong Anda dan mendapati beberapa jerawat? Jika ya, Anda tidak sendirian. Debra Jaliman, dokter kulit dari Kota New York, menjelaskan bahwa benjolan kecil yang Anda dapati adalah folikulitis. “Benjolan kecil tersebut terbentuk oleh sel-sel kulit mati dan bakteri yang terdapat di dalam folikel rambut,” jelasnya. Dan wanita yang bekerja lebih rentan terkena jerawat di bokong.

Simak beberapa penjabaran dari Jaliman untuk membasmi jerawat di bokong Anda.

1.    Gunakan Sabun yang Mengandung Benzoil Peroksida
Bahan ini biasanya digunakan untuk mengobati jerawat. Jaliman juga mengatakan bahwa untuk membasmi jerawat pada bagian ini harus menyingkirkan folikulitis terlebih dahulu karena membuat bagian tersebut mengering dan mengelupaskan kulit mati yang menyumbat folikel.

2.    Buka Pori-Pori Dengan Bantalan Yang Telah Diberi Asam Salisilat
Untuk mencegah perkembangan penyumbatan pori-pori mendatang, bubuhi asam salisilat pada bantalan dan gunakan beberapa kali dalam seminggu. Sekali lagi, apa yang bekerja pada jerawat akan bekerja pada folikel-folikel yang terinfeksi. Jerawat yang terdapat di bokong mungkin tidak sesakit jerawat yang berada pada bagian tubuh lain, tetapi bagian tersebut juga memerlukan pembersihan yang sama seperti bagian tubuh lain.

3.    Gunakan Lotion Yang Mengandung Asam Laktat
Mungkin Anda berpikir bahwa mengolesi body lotion pada bagian bokong tidaklah sesuai, tetapi pada kenyataannya berlainan. Asam laktat yang terdapat pada lotion tertentu akan mengelupaskan sel-sel kulit mati dengan lembut. Seperti yang Jaliman katakan, itu akan membantu Anda untuk menyingkirkan benjolan-benjolan yang mengganggu.

4.    Selalu Mandi Setelah Berkeringat
Apakah Anda tidak mengganti pakaian Anda setelah pergi gym? Dan Anda duduk dengan menggunakan pakaian dalam yang sama? Jaliman mengatakan, kebiasaan buruk itu dapat menyebabkan jerawat pada bokong. “Yang baik adalah mandi setelah berolahraga atau beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat. Jadi, jangan duduk dengan menggunakan pakaian Anda yang basah yang dipenuhi dengan bakteri,” jelasnya. Dia merekomendasikan untuk menggunakan puff yang biasa digunakan untuk mandi. Dengan menggunakan puff tersebut dapat menghilangkan keringat, bakteri, ataupun sel-sel kulit mati yang ada pada permukaan kulit.


]]>
Mon, 22 May 2017 11:44:02 +0700Jerawat
Mitos dan Fakta HIV/AIDS Yang Harus Anda Tahu https://www.meetdoctor.com/article/mitos-dan-fakta-hiv-aids-yang-harus-anda-tahu https://www.meetdoctor.com/article/mitos-dan-fakta-hiv-aids-yang-harus-anda-tahu Di Indonesia terdapat sekitar 60 juta penduduk muda usia 15-24 tahun. Jumlah kasus HIV/AIDS sekarang melonjak di kalangan pemuda. Kasus HIV/AIDS pada kelompok usia 20-29 sebesar 25,2 persen dan 31,9 persen pada kelompok umur 30-39 tahun. 

Kasus HIV/AIDS ditemukan di seluruh Indonesia tanpa membedakan usia, jenis kelamin, ras, ras, agama, dan latar belakang ekonomi maupun orientasi seks. 

HIV atau Human Immunodeficiency-Immune Virus adalah virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia sehingga kemampuan tubuh melawan penyakit jadi berkurang. AIDS atat  Acquired Deficiency Syndrome adalah suatu kumpulan gejala penyakit akibat berkurangnya kekebalan tubuh disebabkan oleh HIV. AIDS bukanlah penyakit turunan namun dapat menular. Simak terus serba-serbi HIV/AIDS hasil olahan MeetDoctor.com bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional dalam program 'Aku Bangga Aku Tahu' berikut ini. 

PENULARAN HIV
Penularan HIV tidak semudah penyakit  lain. HIV menular melalui cairan tubuh yaitu darah,  cairan kelamin dan ASI. Karenanya, penularan HIV terjadi melalui:

1. Hubungan seksual berisiko dengan penderita tanpa pengaman. Namun perlu juga diingat, pengaman tidak menjamin Anda bebas tertular 100 persen.

2. Kontak langsung dengan darah melalui luka terbuka, artinya darah dari penderita mengenai luka terbuka di tubuh Anda. Atau mungkin juga melalui jarum suntik yang tidak steril, transfusi darah yang tidak melalui filter HIV, tato dan tindik dengan peralatan tidak steril, serta kecelakaan dalam lingkungan medis dalam prosedur yang terkait dengan darah penderita.

3. Dari Ibu yang menderita HIV kepada bayinya, sebelum atau ketika melahirkan atau melalui ASI. 

Tiga hal ini sebaiknya dipahami benar-benar karena selama ini banyak informasi yang salah beredar luas. Akibatnya, masyarakat tidak dapat menjaga dirinya dengan cara yang benar dan terjadi diskriminasi yang berlebihan terhadap penderita. 

Inilah mitos-mitos menyesatkan seputar HIV/AIDS: 
1. Mitos: Kita bisa tertular jika bersalaman atau bersenggolan dengan penderita.
Fakta: Salah! HIV hanya menular lewat tiga cairan tubuh yaitu darah, cairan kelamin, dan ASI

2. Mitos: Kita tidak akan tertular jika berhubungan seks sekali saja. 
Fakta: Salah! HIV menular lewat cairan kelamin ODHA (orang dengan HIV/AIDS) meski hanya sekali.


3. Mitos: Berenang bareng, kena batuk atau bersin atau keringat, memakai alat makan dan toilet yang sama dengan ODHA akan membuat kita tertular.
Fakta:  Salah! HIV tidak hidup di ludah, keringat, air seni dan kotoran ODHA.

4. Mitos: HIV menular lewat gigitan nyamuk.
Fakta: Salah! Nyamuk mengisap darah bukan menransfer darah. HIV tidak hidup di dalam tubuh nyamuk.

5. Mitos: pengobatan tradisional dapat mengobati AIDS.
Fakta: Salah! Sampai saat ini HIV/AIDS belum ada obatnya. Namun, terapi antiretroviral dapat membantu melemahkan HIV.


JIKA TERLANJUR TERINFEKSI
Segera ke dokter untuk mendapat terapi antiretroviral atau ARV. ARV terbukti mampu memperlambat reproduksi HIV namun tidak menghilangkannya. ODHA bisa hidup normal dengan minum ARV seumur hidup dan selalu menerapkan pola hidup sehat supaya tubuh tidak semakin mudah lemah. 

Hubungi hotline Komisi Penanggulangan AIDS Nasional untuk info lebih lengkap di 
Website: www.aidsindonesia.or.id, telepon 021-3901758
Facebook: Aku Bangga Aku Tahu
Twitter: @BanggaAkuTahu
atau
Website: www.guetau.com
Twitter: @guetaucom

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan


]]>
Wed, 17 May 2017 13:56:03 +0700HIV
Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi https://www.meetdoctor.com/article/gondongan-bisa-dicegah-dengan-imunisasi https://www.meetdoctor.com/article/gondongan-bisa-dicegah-dengan-imunisasi Gondongan atau disebut juga mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Kelenjar ludah manusia ada dua, terletak di rongga mulut bagian belakang dekat rahang, sebelah kiri dan kanan. Peradangan dapat terjadi pada salah satu atau kedua kelenjar ludah. Penyakit ini sering dialami oleh anak-anak usia 5-10 tahun.

Gejala gondongan antara lain :

  1. Demam
  2. Pembengkakan kelenjar air liur (parotis) di leher
  3. Mulut kering
  4. Nyeri sendi
  5. Lemas, penurunan nafsu makan

Gondongan disebabkan oleh virus Mumps dari keluarga paramyxovirus. Virus mumps ditularkan melalui udara, misalnya apabila kita ikut menghirup udara yang terkontaminasi virus saat berada di dekat penderita gondongan yang bersin atau batuk. Virus juga ditularkan melalui air liur saat memakai alat makan bersamaan. Virus Mumps akan masuk ke saluran pernapasan dan menuju kelenjar air liur untuk berkembang biak dan berinkubasi selama 14 hingga 25 hari.

Pengobatan Gondongan

Tidak ada pengobatan khusus bagi penderita gondongan. Karena disebabkan oleh virus, penyakit akan membaik dengan sendirinya setelah daya tahan tubuh meningkat.

Pengobatan yang dapat diberikan antara lain mengompres bagian yang bengkak dan terasa sakit dengan air hangat. Dianjurkan untuk cukup istirahat dan banyak minum air putih, hindari mengonsumsi minuman yang dapat mengiritasi kelenjar parotis, seperti soda, dan konsumsilah makanan lunak agar terhindar dari rasa sakit akibat mengunyah.

Anda juga bisa memberikan  obat penurun demam dan pereda rasa sakit (misalnya parasetamol atau ibuprofen) yang telah diresepkan oleh dokter sesuai dosis yang dianjurkan. Penyakit gondongan biasa sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Apabila setelah jangka waktu tersebut gejala gondongan tidak memperlihatkan tanda-tanda membaik atau bahkan tiba-tiba memburuk, segera temui dokter kembali

Untuk mencegah gondongan, hindari  kontak dengan  penderita gondong dan tentunya lakukan pencegahan dengan  imunisasi/vaksinasi MMR (Mumps, Measles, Rubella). Ada baiknya penderita gondong diisolasi selama 9 hari sejak munculnya pembengkakan demi mengurangi risiko penularan kepada orang lain.

Vaksin Gondongan

Pencegahan gondongan paling efektif adalah dengan imunisasi bersamaan dengan campak dan rubella (vaksinasi MMR) sebanyak 2 kali dengan selang penyuntikan 1-2 bulan. Anak-anak hanya mendapat kekebalan mumps dari ibu hingga usia 12 sampai 15 bulan saja, sehingga imunisasi pertama dapat dimulai saat usia 12 bulan. Booster diberikan pada usia 5-6 tahun.

Terdapat beberapa jenis vaksin Gondongan, yaitu

1. Jenis vaksin Mumps inaktif atau killed vaccine

Vaksin ini  ditemukan sekitar tahun 1950an, antigen virusnya dimatikan dengan formaline yang dibuat oleh Henle. Bentuk vaksin ini sudah tidak digunakan lagi dikarenakan kurang efektif untuk proteksi gondongan jangka panjang dan diduga dapat terjadi reaksi alergi.

2. Vaksin Mumps / Gondongan Hidup Yang Dilemahkan (Live Attenuated Mumps Vaccines)

Vaksin Hidup yang telah dilemahkam ini telah dipakai dalam jumlah besar diseluruh dunia dengan angka efektivitas 93 – 97%. Daya proteksi vaksin hidup yang telah dilemahkan ini bisa mencapai seumur hidup lamanya. Sehingga tidak diperlukan vaksinasi ulangan setelah menadatkan vaksinasi sebelumnya.

3. Vaksin Monovalent dan Vaksin Kombinasi Mumps / Gondongan

Terkait kepatuhan jadwal vaksinasi gondongan dan untuk kemudahan teknologi, maka vaksin gondongan dibuat dalam bentuk vaksin kombinasi bersama dengan vaksin campak dan rubella. Vaksin kombinasi ini adalah vaksin live attenuated  tri-valent MMR yang dipakai dalam program wajib imunisasi pemerintah saat ini. Selain itu terdapat juga  vaksin kombinasi dengan vaksin Varicella atau cacar air yaitu vaksin tetra valent MMRV.

 

Ditinjau Oleh: dr. Nurul Attikah


]]>
Mon, 22 May 2017 11:40:54 +0700Vaksin
Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan https://www.meetdoctor.com/article/makanan-yang-harus-dihindari-saat-musim-hujan https://www.meetdoctor.com/article/makanan-yang-harus-dihindari-saat-musim-hujan Indonesia sudah memasuki musim penghujan dan cuaca sedang sangat tidak bersahabat. Di bulan-bulan rawan sakit seperti ini, mengatur makanan yang Anda konsumsi agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh Anda mungkin sebaiknya mulai dipertimbangkan. Anda perlu memiliki cukup nutrisi dan vitamin untuk menghalau flu dan demam yang rawan terjadi di peralihan musim. 

Sebenarnya, memakan apa pun boleh-boleh saja, namun terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dikurangi konsumsinya di musim hujan demi alasan kesehatan. Makanan-makanan tersebut antara lain:

1.Sayuran berdaun
Meski sayuran berdaun sudah tidak diragukan lagi kandungan nutrisinya, namun di musim hujan, sebaiknya sayuran dengan dedaunan lebat dihindari karena lembapnya udara dapat membuat kuman berkumpul pada daun-daunnya yang bergizi. Untuk sementara waktu, hindarilah bayam, kubis dan kembang kol selama musim hujan. Selalu cuci sayuran yang hendak ada olah sebersih mungkin sebelum dikonsumsi.

2.Jus segar dan buah dari pedagang di pinggir jalan
Meski segar dan alami, namun buah-buahan yang ditata untuk dijual di pinggir jalan sudah terpapar udara musim hujan sehingga bisa jadi sudah terkontaminasi air hujan. Jika ingin mengonsumsi buah dan jus buah, siapkan sendiri jus buah di rumah dan jangan membeli dari pedagang di luar rumah.

3.Makanan laut
Makanan laut sebaiknya dihindari sepanjang musim hujan karena ikan dan udang yang kurang matang dapat menyebabkan tubuh Anda terkontaminasi bakteri dan kuman di musim hujan. Pilihlah daging ayam sebagai gantinya. Untuk tetap mengonsumsi makanan laut, usahakan jenisnya adalah jenis tersegar dan sudah dimasak hingga benar-benar matang.

4.Gorengan
Tingginya kelembapan udara membuat proses pencernaan dalam tubuh juga terpengaruh dan menjadi lebih lambat. Alhasil, mengonsumsi terlalu banyak gorengan dapat menyebabkan timbulnya komplikasi seperti perut kembung dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya. Gorengan juga biasanya memiliki rasa yang asin, dan garam dalam tubuh dapat menyebabkan berkurangnya cairan tubuh. Jika ingin mengonsumsi gorengan, buatlah sendiri di rumah dan jangan membeli dari pedagang pinggiran.


5.Minuman bersoda
Minuman bersoda terbukti mengurangi kadar mineral dalam tubuh sehingga menyebabkan berkurangnya aktivitas enzim dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan pencernaan semakin melemah, dan kondisi ini tidak sebaiknya dialami di tengah musim penghujan. Selain minuman bersoda, kurangi juga konsumsi produk-produk berbahan baku susu yang dapat membuat pencernaan tertekan.

Untuk mempersiapkan diri dan menjaga kesehatan Anda selama musim penghujan, berikut tips-tips yang dapat Anda praktekkan.

1.Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang tidak terlalu berat untuk kerja pencernaan.
2.Tetaplah rajin berolahraga agar bakteri yang mungkin sempat memasuki tubuh dapat kembali dihalau keluar bersama keringat.


3.Jagalah kebersihan tubuh senantiasa. Segera setelah berada di luar rumah, cuci kaki dan tangan menggunaan sabun dan air. 
4.Segera obati gejala penyakit sekecil apapun yang mungkin terjadi sebelum infeksi bertambah serius.
5.Tetaplah mengonsumsi cukup air meski Anda sedang tidak haus untuk menjaga sistem imun tubuh Anda. (PA)


Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari


]]>
Wed, 17 May 2017 13:44:09 +0700Health A-Z
Obesitas vs Pubertas https://www.meetdoctor.com/article/obesitasvspubertas https://www.meetdoctor.com/article/obesitasvspubertas Obesitas adalah kondisi penumpukan lemak dalam tubuh yang melampaui ambang batas. Lemak memang memiliki fungsi yang berguna bagi tubuh bila masih dalam takaran yang wajar. Beberapa penelitian membuktikan obesitas merupakan penyebab utama dari beberapa penyakit, dari diabetes, hipertensi, gagal jantung hingga cancer .

Bahaya obesitas tidak hanya terjadi sebab lemak yang bertumpuk, obesitas kerap harus bertanggung jawab terhadap terjadinya ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh. Hal ini disenyalir memicu terjadinya pubertas lebih awal pada remaja wanita.

Hasil jajak pendapat menyatakan para remaja wanita yang mengalami pubertas dini rawan mengalami depresi dan gangguan mental lainnya. Kesimpulan tersebut diperkirakan sebab pengaruh kematangan fisik yang terjadi tak seiring dengan kematangan mental. Para remaja biasanya belum siap menangani masalah sosial yang biasanya muncul seiring dengan masa puber di usia terlalu muda (antara 8-12 tahun).

Obesitas secara langsung berdampak buruk bagi kewajaran pubertas dari segi fisik, juga membawa efek tidak langsung bagi perkembangan remaja secara psikologis. Beberapa hal turut diperparah oleh faktor lingkungan yang memojokkan remaja dengan ke-abnormalan pubertas.

 Adapun beberapa makanan yang turut andil memicu pubertas dini, antara lain:

  • Daging merah
  • Makanan siap saji
  • Sayuran yang terlalu lama dimasak
  • Ayam yang disuntik dengan hormon

Kontrol orang tua terhadap bahan-bahan panganan pada anak ada baiknya dilakukan. Sehingga asupan gizi yang dikonsumsi oleh anak dapat dipilih dan dipilah. Obesitas bukan hanya tidak enak dipandang mata tetapi juga tidak memiliki manfaat yang indah bagi kesehatan.


]]>
Mon, 15 May 2017 17:20:51 +0700Kesehatan Seksual
Cara Modern Belanja Susu, Berhadiah dan Bebas Biaya Antar https://www.meetdoctor.com/article/cara-modern-belanja-susu-berhadiah-dan-bebas-biaya-antar https://www.meetdoctor.com/article/cara-modern-belanja-susu-berhadiah-dan-bebas-biaya-antar Belanja adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari sosok Mums. Mulai dari belanja kebutuhan kecil seperti deterjen dan sabun mandi, sayur dan lauk pauk untuk mengisi kulkas, hingga kebutuhan susu yang penting untuk pertumbuhan si Kecil. Karena belanja adalah hal yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan rumah tangga, Mums pasti harus meluangkan waktu cukup banyak untuk pergi ke pasar atau supermarket, terutama di akhir minggu dan awal bulan. Kadang, Mums harus berangkat pagi untuk mengejar ketersediaan barang atau supaya bisa belanja sebelum swalayan penuh. Pulangnya, Mums harus bersusah payah mengangkut barang belanjaan yang berat. Perjuangan sekali, ya, Mums.

Tapi untungnya, sekarang ada cara belanja mudah dan bebas lelah untuk keperluan susu si Kecil. Dengan berbelanja susu Friso, semua bisa dilakukan secara online, bahkan dari smartphone Mums. Cukup duduk manis di rumah dan sign up di www.shop.friso.co.id, Mums bisa memanfaatkan seluruh promo yang ditawarkan dari Friso. Nah, setelah itu, Mums tinggal pilih produk mana yang diperlukan si Kecil.

Menjelang akhir tahun ini, Friso memiliki sejumlah promo menarik. Ada diskon 15 persen untuk pembelian pertama di www.shop.friso.co.id dan berlaku untuk kaleng pertama. Bukan hanya itu, Mums juga bisa mulai menjaga si Kecil dalam kandungan dengan Frisomum Gold melalui promo beli 2 kaleng, gratis 1 kaleng. Sementara untuk si Kecil yang berusia di atas satu tahun, Mums dapat memberikan hadiah payung lucu dari setiap pembelian Friso Gold 3 dan Friso Gold 4 ukuran 900 gram. Promo ini makin meriah dengan bebas biaya antar ke seluruh Indonesia tanpa pembelian minimum. Asyik banget, kan? Cara bayarnya pun simpel dan fleksibel melalui transfer bank, bayar di tempat, bayar dengan kartu kredit.*

Belanja lebih mudah dan hemat dengan Friso. Selain itu, Friso juga dapat membantu memenuhi kecukupan nutrisi ibu dan si Kecil sejak dalam kandungan. Frisomum Gold mengandung prebiotik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi sembelit. Susu hamil Friso juga mengandung ALA, LA, nukleotida, asam folat, kalsium, dan zat besi yang baik untuk perkembangan janin. Sementara, Friso Gold 3 (untuk usia 1-3 tahun) dan Friso Gold 4 (untuk usia 3-12 tahun) ALA, LA, nukleotida, prebiotik, vitamin A, vitamin C, vitamin E, zink, zat besi, dan selenium, yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil pada masa keemasannya. Baiknya lagi, susu Friso diproses dengan Single Process tanpa pemanasan berlebihan agar kandungan gizinya selalu terjaga dan mudah diserap oleh tubuh ibu dan si Kecil.

Jadi, tunggu apalagi, Mums?Jangan sampai ketinggalan ikutan promo menarik ini di www.shop.friso.co.id. Mums bisa belanja lebih hemat dan mudah di akhir tahun, sekaligus tetap menjaga asupan gizi si Kecil tercinta.

*) Syarat dan ketentuan berlaku. Promo berlaku berlangsung selama persediaan masih ada di bulan Desember 2015

Artikel ini hasil kolaborasi dari Friso dan Meetdoctor.

 


]]>
Wed, 17 May 2017 13:58:44 +0700Health A-Z
1-DAY ACUVUE® DEFINE™ : Nyaman Berlensa Kontak https://www.meetdoctor.com/article/1-day-acuvue-define-nyaman-berlensa-kontak https://www.meetdoctor.com/article/1-day-acuvue-define-nyaman-berlensa-kontak Mata merupakan organ yang sangat penting bagi seseorang. Karena, dengan mata kita dapat melihat seluruh isi dunia. Selain itu, mata juga bisa menjadi salah satu faktor pendukung penampilan yang bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Namun, bagaimana jika matanya tidak sehat dan cantik?

Nah, untuk mengatasinya, ACUVUE® Friends bisa menggunakan kontak lensa yang bisa menambah kecantikan mata. Akan tetapi, saat ini banyak sekali beredar di pasaran kontak lensa dengan berbagai jenis. Hal ini bisa menyulitkan untuk memilih mana lensa kontak yang baik, sehat, serta cocok untuk  digunakan. Namun, ACUVUE® Friends tak perlu khawatir karena saat ini telah hadir lensa kontak dari Acuvue yaitu, 1-DAY ACUVUE® DEFINE™! 

Saat ACUVUE® Friends menggunakan lensa kontak, kenyamanan merupakan hal yang paling penting. Dan, 1-DAY ACUVUE® DEFINE™ menghadirkan semuanya dalam satu paket, yaitu “Keindahan” yang tampak alami atau natural serta “Kesehatan” berkat karakteristik Nyaman, Aman, dan Sehat yang dimilikinya. Bukankah ketiga hal tersebut sangat penting pada sebuah kontak lensa?
Ya, dengan ketiga karakteristik tersebut sengaja dirancang khusus untuk para pengguna lensa kontak kecantikan. Berikut penjelasan mengenai ketiga karakteristik tersebut:

1.Nyaman
1-DAY ACUVUE® DEFINE™ didesain dengan sangat nyaman dengan Teknologi Lacreon®, yaitu satu-satunya lensa kontak kecantikan yang memiliki bahan pembasah untuk memepertahankan kelembapan hingga 20 jam. Hal ini bertujuan agar mata ACUVUE® Friends terasa segar dan nyaman sepanjang hari. Teknologi Lacreon® merupakan teknologi yang sudah dimiliki oleh 1-DAY ACUVUE® MOIST®, yang membuat lensa terasa begitu nyaman di mata sehingga berhasil menjadikannya lensa kontak Harian No #1 di Dunia, dan kini teknologi tersebut juga dimiliki oleh 1-DAY ACUVUE® DEFINE™. 

2.Aman
Kenyamanan ini karena teknologi Beauty-Wrapped-In-Comfort™ (BWIC™) yang membungkus pigmen pewarna di antara dua lapisan material lensa yang tipis dan transparan (Etafilcon A) yang dapat mencegah kontak antara pigmen pewarna dengan mata untuk mengurangi iritasi mata. 

Hal tersebut pun dikemukakan oleh Cheni Lee, Professional Affairs Manager, Johnson & Johnson Vision Care Indonesia mengatakan, “Berkat teknologi (BWIC™), letak pigmen warna berada di antara dua lapisan material lensa yang transparan sehingga tetap menjaga kelembutan permukaan lensa serta memastikan bahwa pigmen warna tidak akan pernah memudar dan menyebabkan iritasi mata”. Karena, penggunaan lensa kontak kecantikan yang tidak ideal dapat membuat mata menjadi merah, kering, dan cepat lelah. 

3.Sehat
Karakteristik yang ketiga adalah sehat. Hal ini dikarenakan 1-DAY ACUVUE® DEFINE™ memiliki perlindungan anti-UV, ACUVUE® merupakan satu-satunya merek yang memiliki standar perlindungan anti-UV yang diakui secara internasional. Nah, lensa kontak ACUVUE® anti-UV ini dapat membantu melindungi kornea mata dari radiasi sinar UV yang sangat berbahaya bagi mata ACUVUE® Friends. Hal ini sama dengan kulit yang memerlukan perlindungan dari sinar UV, mata pun membutuhkan perlindungan dari sinar UV agar tetap sehat. 

1-DAY ACUVUE® DEFINE™ hadir dengan berbagai pilihan warna. ACUVUE® Friends bisa menggunakan 1-DAY ACUVUE® DEFINE™ untuk menonjokan kecantikan alami mata sebelum meriasnya dengan make up. Beberapa warna tersebut adalah:

•1-DAY ACUVUE® DEFINE™ Brand Contact Lenses VIVID STYLE (Brown)
•1-DAY ACUVUE® DEFINE™ Brand Contact Lenses ACCENT STYLE (Black)
•1-DAY ACUVUE® DEFINE™ Brand Contact Lenses NATURAL SHINE™ (Gray-Gold)

ACUVUE® Friends bisa mendapatkan produk tersebut di Optik Melawai dan Optik Seis. Untuk mengetahui info menarik terbaru tentang ACUVUE® Indonesia, silakan follow twitter @AcuvueID dan “like” facebook fanpage Acuvue Indonesia atau kunjungi www.acuvue.co.id

 


]]>
Wed, 17 May 2017 13:52:07 +0700Eye & Vision Health
6 Cara Mengusir Bad Mood https://www.meetdoctor.com/article/6-cara-mengusir-bad-mood https://www.meetdoctor.com/article/6-cara-mengusir-bad-mood Setiap orang tentu pernah mengalami bad mood atau kondisi emosi dan  mental negatif. Bosan pada pekerjaan, berjam-jam terjebak macet di jalan, adalah beberapa penyebab datangnya bad mood. Yang menyebalkan, seringkali bad mood datang tanpa penyebab yang jelas. Bila sudah begini, apa yang bisa Anda lakukan? Cobalah cara-cara berikut untuk memperbaiki  suasana hati Anda.

1. Pergilah keluar dari dalam ruangan
Berada di sekitar alam terbuka membantu memperbaiki mood dan merilekskan sistem saraf. Lingkungan di mana terdapat pemandangan hijau membantu menurunkan kadar kortisol, hormon penyebab stres, menurunkan detak nadi, tekanan darah tinggi, meningkatkan aktivitas saraf parasympathetic dan menurunkan aktivitas saraf sympathetic. Manfaatkan taman di gedung perkantoran atau di dekat rumah Anda. Jika pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda untuk sering keluar rumah, letakkan  tanaman meja di ruang atau meja kerja Anda. Atau bawa akuarium kecil ke meja Anda.

2. Dengarkan musik
Musik memiliki kemampuan terapi yang dapat disesuaikan dengan suasana hati. Jika Anda sedang merasa marah, pilihlah musik keras untuk melampiaskannya. Jika setelahnya perasaan Anda terasa membaik, gantilah dengan musik yang lebih santai dan menenangkan. Tidak hanya itu, musik yang berlawanan sepenuhnya dari suasana hati Anda juga dapat membantu. Dengarkan musik yang memotivasi Anda untuk merasa lebih baik dan bersemangat. Jika Anda sedang merasa tidak tenang, cobalah mendengarkan musik yang tenang. Mendengarkan musik ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kecepatan degup jantung dan menurunkan level stres hormon kortisol.

Coba juga memadukan musik yang menenangkan dengan latihan pernapasan pelan untuk membantu Anda merilekskan diri. 30 menit mendengarkan musik klasik sambil melatih pernapasan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak membiarkan stres merajalela.

3. Keluarkan bad mood Anda dengan berekspresi lewat aktivitas tertentu
Cobalah untuk melempar telur, memecahkan barang pecah belah yang sudah tidak terpakai, merobek kertas atau memukul bantal untuk membantu mengeluarkan perasaan negatif dari dalam diri Anda.


4. Cobalah untuk berdiam diri sejenak sambil merenung.
Cobalah mengevaluasi emosi yang Anda rasakan dengan berdiam diri sejenak. Tanyakan pada diri Anda, apa yang membuat Anda kesal dan temukan solusinya dalam pikiran Anda. Turuti kehendak emosional Anda untuk merasa lebih baik lewat istirahat, tidur, berdiam diri sendirian, meminta bantuan atau hal lain yang dapat dilakukan agar pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang.

5. Anggap bahwa diri Andalah yang memegang kontrol.
Orang yang merasa mereka memiliki kontrol penuh terhadap kehidupan mereka cenderung akan merasa lebih berbahagia. Lakukan perenungan terhadap situasi tertentu yang mengganggu emosi Anda dan temukan satu bagian di mana Anda dapat memegang kendali. Sekecil apapun itu, kontrol dapat mengubah emosi Anda secara signifikan.


6. Lakukan aktivitas yang membuat Anda merasa menjadi diri Anda sendiri.
Jika Anda cenderung merupakan orang yang introvert, berikan waktu bagi diri Anda sendiri untuk menyendiri. Jika Anda termasuk orang extrovert, sebaiknya Anda mencari orang lain yang bisa diajak berdiskusi di tempat yang tenang. Jika Anda tidak yakin tipe orang seperti apa Anda, Anda dapat melakukan kedua aktivitas tersebut secara bergiliran.

Ingat selalu bahwa bad mood merupakan hal yang wajar Anda alami dalam dinamika kehidupan dan pengalaman yang Anda temui setiap harinya. Semuanya kembali lagi kepada Anda untuk dapat mengatasinya.


Ditinjau oleh: dr.Deffy Laksani Anggar Sari


]]>
Wed, 17 May 2017 13:50:10 +0700Health A-Z
5 Fakta Risiko Diabetes Yang Perlu Anda Tahu https://www.meetdoctor.com/article/5-fakta-risiko-diabetes-yang-perlu-anda-tahu https://www.meetdoctor.com/article/5-fakta-risiko-diabetes-yang-perlu-anda-tahu Diabetes menjadi persoalan kesehatan serius di dunia, termasuk di Indonesia. Dalam rilisnya, Departemen Kesehatan RI mengatakan, secara epidemiologi, diperkirakan bahwa pada tahun 2030 prevalensi Diabetes Melitus (DM) di Indonesia mencapai  21,3 juta orang, meningkat dari 10,021 juta / sekitar 110%  dari  tahun 2015.

Gaya Hidup Ikut Berperan

Diabetes Mellitus (DM) adalah kondisi yang ditandai dengan kadar glukosa darah tinggi, yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi dan/atau menggunakan insulin. DM terbagi menjadi dua tipe yakni, tipe-1 yang disebabkan keturunan dan tipe-2 yang disebabkan gaya hidup. Secara umum, dari semua penderita diabetes di dunia, sekitar 80%  menderita diabetes tipe-2. Obesitas atau kegemukan akibat dari pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik berperan sebagai penyumbang terbesar diabetes di masyarakat.

Berbeda dengan diabetes tipe 1 di mana pankreas tidak bisa memproduksi insulin, maka pada diabetes tipe 2 , pankreas  memproduksi insulin namun jumlah insulin yang dilepaskan tidak mencukupi. Atau bisa juga terjadi,  tubuh menolak insulin, sehingga glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel-sel tubuh untuk proses metabolisme. Akibatnya, glukosa (gula) di dalam darah meningkat. Nah, ketika gula menumpuk di dalam darah, maka dia akan menyebabkan kerusakan di beberapa area tubuh. Selain itu, karena  tidak mendapatkan gula yang mereka butuhkan, sel-sel tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Karena itu, bila Anda memiliki faktor risiko, seperti ada keluarga dekat mengidap diabetes atau obesitas, penting bagi Anda untuk berkonsultasi pada dokter dan melakukan tes diabetes. Pasalnya, mereka yang obesitas mempunyai risiko dua kali lebih besar terkena diabetes ketimbang mereka yang tidak obesitas.

Poin-poin penting risiko diabetes

Beberapa poin yang penting untuk dipahami mengenai diabetes, terutama tipe-2 adalah:

1. Anda tak perlu kelebihan berat badan untuk bisa menderita diabetes tipe-2.  

Bila Anda berpikir pasien diabetes selalu gemuk dan bergaya hidup tidak aktif, Anda tidak sepenuhnya benar. Sekarang ini, masalah diabetes juga melanda orang-orang muda dan langsing. Sekitar 15 persen penderita diabetes tipe-2 tidak berbadan gemuk, tapi itu tidak berarti mereka pasti sehat. Ada istilah skinny-fat yang artinya meski berbadan langsing dan terlihat sehat dari luar, tapi sejumlah kebiasaan tidak sehat akan membuat bagian dalam tubuh Anda berfungsi seolah-olah Anda gemuk, sehingga membuat Anda tetap berisiko terkena diabetes tipe-2.            

2. Minuman soda, meski berlabel diet soda, kemungkinan bisa menjadi pemicu. Anda tahu bahwa minuman bersoda dan minuman manis dapat meningkatkan risiko diabetes? Menurut sebuah riset yang dipublikasikan oleh jurnal Nature, konsumsi pemanis buatan dapat membuat kadar insulin dan respons glukosa meningkat, yang pada akhirnya berujung pada diabetes.

3. Kegemaran Anda minum kopi (tanpa gula) bisa mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi oleh Harvard School of Public Health, menyebutkan bahwa pecinta kopi , yang minum empat sampai enam cangkir kopi ukuran delapan ons (sekitar 237 ml) sehari, memiliki tingkat risiko diabetes 29-54 %  lebih rendah.

4. Risiko diabetes naik jika Anda sering melewatkan sarapan. Sebuah penelitian menemukan, wanita yang bekerja penuh waktu dan sering melewatkan sarapan, memiliki risiko diabetes 54 %  lebih tinggi dari mereka yang tak pernah melewatkan sarapan. Saat tidur, level gula darah Anda stabil dan akan turun ketika bangun dan Anda melewatkan sarapan. Lalu, kadar gula darah naik drastis ketika Anda makan siang. Fluktuasi ekstrim gula darah inilah yang akan menyebabkan resistensi insulin dan akhirnya diabetes.

5. Pola makan dan olahraga bukan satu-satunya faktor penting untuk mencegah diabetes. Memang benar bahwa jika Anda kelebihan berat badan, tiap kilogram bobot tubuh yang hilang berarti juga risiko Anda menderita diabetes semakin turun juga. Tapi, ada lagi faktor penting pencegah diabetes yang tidak boleh Anda abaikan, yaitu manajemen stres dan cukup tidur. Stres kronis dan kebiasaan tidur kurang dari enam jam tiap malam akan menggandakan risiko diabetes Anda. Konsumsi karbo berlebih adalah salah satu faktor munculnya diabetes. Pasalnya karbohidrat seperti nasi putih, mie dan pasta berubah menjadi gula di dalam tubuh, dan diserap sangat cepat ke dalam darah, sehingga terjadi lonjakan gula darah yang bisa mengakibatka diabetes.

Pada akhirnya, gaya hidup sehat dengan pola makan yang tepat, mengonsumsi banyak sayur dan buah, olahraga secara teratur, tidak merokok dan menjauhi stres, adalah cara-cara yang efektif untuk mencegah diabetes. Mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein seperti kedelai bisa menurunkan risiko diabetes dan menjaga kestabilan gula darah.  

 

www.depkes.go.id

www.womenshealthmag.com


]]>
Wed, 17 May 2017 17:12:26 +0700Diabetes
Pola Hidup Sehat dan Bersih Tingkatkan Rasa Percaya Diri https://www.meetdoctor.com/article/pola-hidup-sehat-dan-bersih-tingkatkan-rasa-percaya-diri https://www.meetdoctor.com/article/pola-hidup-sehat-dan-bersih-tingkatkan-rasa-percaya-diri Pola hidup sehat tidak hanya membuat tubuh Anda bugar tapi juga mampu meningkatkan rasa percaya diri. Terlebih pada wanita, rasa percaya diri sangat penting untuk menunjang aktivitasnya dalam berbagai peran yang dijalankan. Pola hidup sehat tidak hanya terbatas pada makanan dan olahraga. Memelihara  kebersihan tubuh, termasuk area V juga bagian dari gaya hidup sehat.  

Tiara Puspita, psikologi klinis wanita menjelaskan pentingnya kesehatan dan kebersihan pada wanita. “Saat wanita merasa kurang sehat atau pun kurang bersih, tidak hanya produktivitasnya dalam bekerja yang menurun, tapi juga kepercayaan diri mereka dalam menjalankan perannya,” kata Tiara. 

Menjadi percaya diri tidak hanya sebatas pada penampilan yang terlihat tapi juga berasal dari dalam diri wanita itu sendiri. Menurutnya rahasia pesona bagi semua peranan wanita seringkali bukan sesuatu yang besar, tapi yang dekat dengan diri kita, salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan daerah kewanitaan Anda. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Donita, selebriti yang juga istri dari presenter Adi Nugroho.  “Dengan selalu menjaga kebersihan daerah kewanitaan, maka kita akan merasa lebih percaya diri dalam menjalankan peran setiap hari,” ucapnya. Mengenal pembersih area kewanitaan sejak remaja, Donita memiliki beberapa kriteria tertentu dalam memilih pembersih area V yang tepat. “Yang pasti, harus mengandung bahan alami, berbentuk cair, memiliki pH yang sesuai dengan kondisi alami daerah kewanitaan dan telah teruji secara dermatologi sehingga dapat digunakan sehari-hari,” tambah Donita. 

Untuk menjawab kebutuhan wanita Indonesia, beberapa waktu lalu (18/5), Lactacyd meluncurkan inovasi terbarunya, Lactacyd Herbal Pesona Area V, yang mengandung kombinasi yang unik dari ekstrak daun sirih, susu dan bunga mawar. Menurut Debi Widianti, Sr. Category Lead Feminine Hygiene Consumer Health Care Sanofi Indonesia, ekstrak daun sirih telah dipercaya turun temurun dapat membersihkan dan memberikan rasa kesat pada daerah kewanitaan. Kandungan susunya dapat melembutkan kulit di area V dan menjaganya agar tetap sehat. Sedangkan ekstrak mawar dapat memberikan keharuman dan merawat daerah kewanitaan. 

“Kami berharap dengan dengan adanya  Lactacyd Herbal Pesona Area V, setiap wanita dapat lebih memberikan perhatian lebih, khususnya akan daerah kewanitaan sehingga mereka dapat lebih meningkatkan kepercayaa diri mereka dan dapat menjadi apapun yang mereka mau dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,” ucap Debi. 

 


]]>
Tue, 23 May 2017 17:54:05 +0700Kesehatan Wanita