MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Ragam Alat Kontrasepsi https://www.meetdoctor.com/article/ragam-alat-kontrasepsi https://www.meetdoctor.com/article/ragam-alat-kontrasepsi Ada beragam alat kontrasepsi atau alat pengontrol kehamilan yang beredar di pasaran. Saking banyaknya ragam pilihan, terkadang orang pun bingung memilih alat kontrasepsi mana yang akan dipakai. Masing-masing alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum menentukan mana alat kontrasepsi yang cocok untuk Anda dan pasangan Anda, sebaiknya Anda mengetahui lebih detil kelebihan dan kelemahan masing-masing alat kontrasepsi tersebut.

Pilihan alat kontrasepsi dan kelebihan serta kelemahannya :

  • Pil kontrasepsi
    Pil ini mengandung hormon yang bisa mencegah ovarium perempuan mengeluarkan sel telur sehingga mencegah kehamilan. Perempuan yang menggunakan kontrasepsi ini harus mengkonsumsi pil tersebut setiap hari, bahkan pada waktu yang sama setiap harinya.

Kelebihan :
Perempuan bisa tetap mendapatkan siklus menstruasi yang teratur dan bisa diprediksi, meskipun ada juga yang tidak mendapatkan siklus teratur.

Kelemahan :
Menimbulkan efek samping, seperti keinginan seksual yang berubah, mual dan muntah.

  • Spiral atau intrauterine device (IUD)
    Pemakaiannya dengan memasukkan alat berbentuk “T” ke dalam rahim yang dilakukan oleh ginekolog, kontrasepsi ini hanya sekali pemasangannya.

Kelebihan :
Efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan untuk jangka waktu 5-10 tahun.
Selain paling efektif, metode ini sifatnya tidak permanen sehingga bisa dilepas jika ingin punya anak lagi.

Kelemahan :
Memiliki risiko infeksi jika terjadi kesalahan dalam pemasangan. Beberapa pengguna IUD juga mengalami perdarahan dan keram dalam beberapa bulan pertamanya.

  • Suntik Hormon
    Suntik hormon dilakukan dengan cara melepaskan hormon ke dalam darah untuk mencegah ovulasi yang bisa mengakibatkan kehamilan. Kelebihan alat kontrasepsi ini adalah tidak perlu repot memasang setiap kali akan berhubungan seks. Kekurangan dari alat kontrasepsi ini adalah bisa menyebabkan iritasi ruam kulit, rasa tidak nyaman dan biasanya menyebabkan kenaikan berat badan.

     
  • Diafragma
    Alat kontrasepsi ini terbuat dari bahan karet yang fleksibel seperti mangkuk yang dipasang di atas leher rahim. Diafragma membuat sperma yang akan masuk ke rahim terhalang di leher rahim. Kelemahan alat kontrasepsi ini adalah penggunaan yang repot. Perempuan yang ingin menggunakan diafragma harus dicocokkan dulu ukurannya oleh dokter kandungan.

​Ragam alat kontrasepsi yang lain dapat diketahui pada bagian selanjutnya.


Kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling murah, mudah didapat, bisa digunakan kapan saja dan mudah untuk digunakan. Namun, kondom mengurangi kenyamanan laki-laki.

  • Vasektomi
    Vasektomi adalah alat kontrasepsi bedah untuk pria dengan cara memutus saluran spermanya. Operasi vasektomi menghambat saluran spermatozoa yang membawa sperma keluar.

     
  • Tubektomi
    Tubektomi adalah alat kontrasepsi bedah untuk perempuan yang mana saluran tubanya diblokir atau dihambat sehingga sel telur yang dikeluarkan tidak bisa masuk ke dalam rahim. 

]]>
Tue, 21 Feb 2017 11:33:42 +0700Kesehatan Seksual
Usia Ibu Hamil Berpengaruh Pada Perkembangan Janin https://www.meetdoctor.com/article/hamil-di-usia-dini https://www.meetdoctor.com/article/hamil-di-usia-dini Kehamilan atau hamil di usia dini memiliki risiko tinggi. Selain dari segi medis juga dari segi emosional. Hal ini dapat membawa pengaruh buruk bagi ibu hamil maupun perkembangan bayi yang dikandung.

Dari segi emosional, perempuan yang mengandung di usia muda memiliki emosi yang belum stabil sehingga mudah tegang. Penolakan secara emosional dapat memicu timbulnya dampak negatif pada kehamilan, tidak saja dari sisi psikologis, bahkan juga gangguan fisik.

Keguguran pada ibu hamil yang mengandung di usia muda dapat terjadi sebagai akibat dari faktor psikologis maupun fisik. Misalnya disebabkan karena rasa cemas dan stres yang berlebihan. Walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi keguguran yang sengaja dilakukan yang dapat menimbulkan efek yang fatal semisal infeksi.

Bayi yang dikandung oleh ibu berusia antara 14- 17 tahun lebih rawan terlahir prematur. Hal ini disebabkan tingkat kematangan alat reproduksi sang ibu yang belum maksimal. Ibu hamil yang berusia muda pun biasanya minim kesadaran dan pengetahuan tentang asupan nutrisi yang dibutuhkan selama proses masa kehamilan.

Kematian ibu pada saat melahirkan banyak disebabkan oleh:

Pendarahan dan infeksi.
Pendarahan saat melahirkan disebabkan karena otot rahim yang terlalu lemah yang menyebabkan perdarahan relatif lebih sulit berhenti. Kondisi lambatnya proses pembekuan darah juga bisa turut memperparah. Penanganan proses persalinan yang tidak steril dapat mengakibatkan terjadinya infeksi yang bisa berakibat fatal.

Proses persalinan yang memakan waktu lama dan sulit.
Pengaruh letak janin dan pertumbuhan panggul sang ibu yang belum sempurna mengakibatkan sang ibu harus mengejan lebih berat.


 


Bahaya bagi bayi yang dilahirkan antara lain:
Kelainan struktur organ janin dari semasa dalam kandungan yang disebabkan kurangnya asupan gizi.
Rentan mengalami kelainan genetik ataupun terinfeksi virus semacam rubella, tokso, dan lain-lain. Kondisi ini disebabkan antibodi dan kematangan organ reproduksi sang ibu yang belum sempurna untuk mengantisipasi sang janin dari ancaman-ancaman penyakit, semasa dalam kandungan.

Dengan memperhitungkan usia yang tepat untuk mengandung, selain akan menjaga kesehatan sang ibu juga dapat menjaga keselamatan sang buah hati. Segala sesuatu yang dipersiapkan secara matang dan penuh perencanaan diharapkan dapat meminimalisasi kemungkinan buruk yang dapat terjadi selama masa kehamilan maupun pada proses persalinan.


]]>
Tue, 14 Feb 2017 14:17:01 +0700Kesehatan Seksual
Bakteri Vaginosis, Infeksi Seksual yang Umum Terjadi Pada Wanita Usia Subur https://www.meetdoctor.com/article/bakteri-vaginosis-infeksi-seksual-yang-umum-terjadi-pada-wanita-usia-subur https://www.meetdoctor.com/article/bakteri-vaginosis-infeksi-seksual-yang-umum-terjadi-pada-wanita-usia-subur Vagina biasanya memiliki keseimbangan terdiri dari sejumlah besar bakteri baik dan sejumlah kecil bakteri berbahaya. Bakteri vaginosis atau BV, terjadi ketika keseimbangan ini berubah. Dalam kondisi BV, ada peningkatan jumlah bakteri yang berbahaya dan penurunan bakteri baik. BV adalah jenis infeksi vagina yang paling umum terjadi pada wanita usia subur.

Tidak banyak yang diketahui tentang bagaimana wanita mendapatkan BV. Tapi ada hal-hal tertentu yang dapat mengganggu keseimbangan normal bakteri di vagina, yang dapat meningkatkan risiko BV:

-Memiliki pasangan seks baru yang tidak atau diragukan riwayat kesehatannya atau berganti-ganti pasangan seks
-Douching
-Menggunakan alat kontrasepsi (IUD) 
-Tidak menggunakan kondom terutama saat melakukan hubungan seks berisiko.

Dilihat dari faktor-faktor di atas, BV lebih umum terjadi di kalangan wanita yang aktif secara seksual.

Anda tidak bisa mendapatkan BV dari:
-Dudukan toilet
-Kolam renang
-Menyentuh benda-benda di sekitar Anda.

Apa tanda-tanda atau gejala BV?
Umumnya, wanita dengan BV memiliki debit cairan vagina yang abnormal dengan bau yang tidak menyenangkan. Beberapa wanita melaporkan bau seperti ikan yang kuat,
terutama setelah berhubungan seks. Debit cairan dapat berwarna putih (susu) atau abu-abu dan mungkin juga seperti berbusa atau lebih cair dari cairan vagina yang normal. Gejala lain mungkin termasuk rasa terbakar saat buang air kecil, gatal di bagian luar  vagina dan iritasi. 

Gejala-gejala ini juga dapat disebabkan oleh infeksi jenis lain sehingga sangat penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikannya. Beberapa wanita dengan BV tidak memiliki gejala sama sekali.

Bagaimana menurunkan risiko BV?
Sampi saat ini, para ahli masih mencari tahu cara terbaik untuk mencegah BV. Tetapi, tetap ada langkah yang dapat diambil untuk menurunkan risiko Anda.

- Membantu menjaga keseimbangan bakteri vagina Anda.
Cuci vagina dan anus setiap hari dengan sabun lembut. Ketika Anda pergi ke toilet, bersihkan area pribadi dari arah vagina ke anus. Jaga area intim tetap kering dengan memakai celana dalam katun dan hindari celana ketat, terutama saat udara lembap dan panas.

-Hindari douche. Douching dapat menghilangkan beberapa bakteri normal dalam vagina yang berfungsi melindungi Anda dari infeksi. Hal ini dapat meningkatkan risiko BV dan memermudah BV kambuh lagi setelah pengobatan.

- Lakukan pemeriksaan panggul rutin. Berbicara dengan dokter tentang seberapa sering Anda perlu melakukan pemeriksaan dan apakah perlu Anda melakukan tes infeksi menular seksual (IMS).

-Selesaikan pengobatan Anda. Jika Anda menderit BV, selesaikan penggunaan obat yang diberikan oleh dokter. Bahkan meski gejala sudajh hilang saaat obat belum habis, teruskan sampai habis sesuai petunjuk dokter. 

-Praktikkan seks yang aman juga sangat penting. Saling setia kepada pasangan, gunakan kondom jika Anda tidak sedang merencanakan kehamilan, terutam jika Anda meragukan kesehatan pasangan seks Anda. Paling baik adalah jangan melakukan hubungan seks dengan orang yang Anda ragukan riwayat kesehatannya.

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Thu, 16 Feb 2017 14:16:20 +0700Kesehatan Wanita
Kehidupan Seks yang Aktif Bikin Kulit Lebih Kencang https://www.meetdoctor.com/article/kehidupan-seks-yang-aktif-bikin-kulit-lebih-kencang https://www.meetdoctor.com/article/kehidupan-seks-yang-aktif-bikin-kulit-lebih-kencang Selain menyehatkan jantung, kehidupan seks yang aktif juga memberi manfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Mulai dari kulit hingga jauh ke dalam hati Anda. 

1. Meningkatkan suasana hati
Orang yang teratur melakukan hubungan intim setiap minggu, terbukti lebih bahagia. Ini menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Toronto-Mississauga terhadap sekitar 30.000 relawan di Amerika. Pemimpin penelitian,  Amy Muise, mengatakan "Temuan kami menemukan bahwa menjaga keintiman dengan pasangan adalah salah satu faktor kebahagiaan. Seks adalah salah satu cara menjaga keintiman. Tetapi, Anda tidak perlu melakukan hubungan seks setiap hari selama Anda menjaga koneksi dengan pasangan."

Jika jadwal pekerjaan Anda sulit untuk diajak kompromi, tiap hubungan intim yang bisa Anda lakukan tetap sangat berarti. Bercinta dapat membuat tubuh Anda dibanjiri hormon serotonin, dopamin dan oksitosin. Semua itu adalah hormon yang membuat Anda merasa bahagia dan dapat memerbaiki suasana hati.  

2. Kognisi yang lebih baik 
Sebuah studi tahun 2010 menemukan bukti bahwa aktivitas seksual merangsang pertumbuhan sel di hippocampus, suatu wilayah otak yang memainkan besar dalam kemampuan memori jangka panjang. Para peneliti di Rutgers University meneliti tentang orgasme wanita selama lebih dari 25 tahun. Mereka menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk melihat kondisi otak wanita pada saat orgasme. Peneliti menemukan bahwa ada lebih dari 30 area otak yang aktif saat orgasme. Ketigapuluh daerah otak ini mereka mengalami peningkatan aliran darah, yang berarti asupan nutrisi dan oksigen juga. Seks adalah makanan untuk otak. 

3. Migrain
Para peneliti di University of Munster, Jerman menyimpulkan bahwa seks bisa membantu mengatasi migrain. Lain kali Anda merasa pusing dengan disertai gejala visual seperti melihat spiral berputar-putar misalnya, lupakan ibuprofen dan sentuh Si Dia di tempat-tempat yang sensitif sebagai gantinya. 

4. Kulit sehat
Hormon lain yang dipicuboleh aktivitas bermesraan adalah dehydroepiandrosterone, atau DHEA. DHEA diproduksi oleh kelenjar adrenal sebagai bagian dari respon stres. Seks termasuk dalam kategori stres tapi stres yang membahagiakan dan menyehatkan. DHEA memainkan peran dalam banyak aspek kesehatan termasuk kulit, rambut, berat badan dan kesehatan adrenal. Seks juga dapat meningkatkan kadar kolagen sehingga kulit nampak lebih muda dan kenyal.  

5. Mengurang kecemasan 
Peneliti di University of Groningen di Belanda melakuan scan PET atau positron emission tomography pada para wanita relawan selama mereka orgasme. Dari hasil scan terlihat bahwa daerah hippocampus dan amygdala menjadi tidak aktif saat orgasme. Keduanya adalah area otak yang berperan dalam mengatur kewaspadaan dan kegelisahan. Penulis penelitian mengatakan, temuan mereka mendukung kepercayaan umum selamaini yang mengatakan bahwa stres dan kecemasan akan menurun dengan aktivitas seksual. Para peneliti memiliki scan otak untuk membuktikannya!

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 


]]>
Fri, 17 Feb 2017 14:20:21 +0700Kesehatan Seksual
Waspada Jamur Kulit di Musim Hujan https://www.meetdoctor.com/article/waspada-jamur-kulit-di-musim-hujan https://www.meetdoctor.com/article/waspada-jamur-kulit-di-musim-hujan Musim hujan membawa kesejukan. Namun, di musim ini juga, penyakit kulit mudah sekali datang. Pasalnya, kondisi lembab jadi tempat yang kondusif bagi bakteri dan kuman berkembang biak.

Kebiasaan sehari-hari yang berubah saat musim penghujan juga bisa jadi penyebab infeksi jamur pada  kulit. Kebiasaan mandi misalnya. Bila pada musim panas, Anda terbiasa mandi dua kali sehari, sekarang Anda mungkin melewatkan mandi dengan alasan malas atau dingin. Tidak ada sinar matahari memungkinkan Anda jadi malas mencuci sepatu dan terpaksa menggunakan kaos kaki atau sepatu yang lembab.

Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti ini tentu saja membuat jamur senang berkembang biak dan tumbuh subur pada kulit. Infeksi jamur ditandai dengan kulit yang kemerahan. Pada sebagian orang, terdapat benjolan-benjolan kecil di tepi kulit yang disertai rasa gatal dan kadang kala terjadi penebalan.

Penyebaran jamur kepada orang lain bisa melalui kontak langsung dari kulit ke kulit, udara, dan melalui media yang dipakai secara bergantian dengan orang lain. Media yang dipakai seperti handuk, pakaian, dan bantal.

Untuk menghindari infeksi jamur, sebaiknya usahakan menjemur handuk di bawah sinar matahari, memakai baju yang kering sempurna, dan tidak menggantung pakaian selama berhari-hari. Karena, meski terkesan sepele, infeksi jamur tentu saja sangat mengganggu kenyamanan dan penampilan Anda.

Selain itu, biasakan pola hidup bersih dan sehat. Seperti misalnya mandi setiap hari, terutama setelah Anda bepergian, mengganti pakaian setiap hari, mengeringkan handuk setelah digunakan, dan hindari memakai pakaian orang lain. Untuk sementara, simpan dulu sepatu tertutup Anda. Ganti dengan alas kaki terbuka untuk mencegah kaki berkeringat dan bersentuhan dengan infeksi jamur. Sering memakai kaus kaki? Stop dulu kebiasaan Anda memakai kaus kaki selama musim hujan. Jika Anda sering berkeringat, sebaiknya gunakan bedak talk pada kaki agar bisa menyerap keringat.

Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur terinfeksi jamur? Anda tidak perlu khawatir. Infeksi jamur kulit bisa ditangani dengan mudah, yaitu dengan memberikan obat anti jamur.

Pastikan obat anti jamur yang Anda gunakan memang efektif untuk mengobati infeksi jamur kulit. CANESTEN efektif mengatasi jamur pada kulit, kurap, panu, dan ruam popok yang disertai dengan infeksi jamur. CANESTEN mengandung clotrimazole, senyawa anti jamur untuk mengobati panu, kadas, kurap, dan kutu air.

Menjaga kebersihan diri adalah salah satu faktor penting mengantisipasi penyebaran infeksi jamur kulit.


]]>
Thu, 23 Feb 2017 10:18:39 +0700Infeksi
Tak Sulit Mengatasi Jamur Kulit https://www.meetdoctor.com/article/tak-sulit-mengatasi-jamur-kulit https://www.meetdoctor.com/article/tak-sulit-mengatasi-jamur-kulit Memiliki jamur kulit memang memalukan dan banyak orang yang enggan mengungkapkannya. Padahal, jamur kulit sebenarnya sangat umum. Siapa pun bisa terkena jamur kulit tanpa pandang usia, jenis kelamin, dan kelas sosial.

Terlebih lagi, jamur kulit sangat menular. Jamur akan cepat tumbuh dan berkembang biak saat seseorang melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat. Jamur juga sangat mudah ditemukan di tempat-tempat umum seperti kolam renang, spa, pusat-pusat rekreasi, bahkan di tempat yang dianggap paling sehat. Seperti pusat kebugaran, misalnya, karena tempat-tempat tersebut sangat lembab.

Jamur bisa hidup di mana saja, terutama di lingkungan yang cocok baginya untuk berkembang biak. Dan kulit manusia adalah objek atau target dari infeksi jamur.

Jenis jamur yang umumnya menginfeksi manusia adalah dermatofit, jamur yang hidup pada lapisan tanduk. Mereka melepaskan toksin dan menyerap keratin sebagai sumber nutrisi. Jamur ini berkembang biak pada kulit, serta kuku dan rambut. Infeksi jamur kulit ini memiliki gejala seperti bercak-bercak warna putih, merah, atau hitam di kulit dengan bentuk simetris. Ada pula infeksi yang berbentuk lapisan-lapisan sisik pada kulit.

[Sumber: Kurniati, Cita Rosita SP. 2008. Etiopatogenesis Dermatofitosis. Berkala Ilmu Kesehatan Kulit & Kelamin. (Online), Vol. 20, No. 3.]

 

Satu hal yang paling penting untuk diingat, selain keratin, jamur juga ‘menyukai’ dua hal: kehangatan dan kelembaban. Inilah sebabnya, jamur ‘senang’ pada kaki yang berkeringat. Umumnya, jamur kulit menular di antara manusia. Namun, hal lain seperti hewan, pakaian, kain, dan bahkan tanah, juga bisa menularkan jamur.

Sebagai negara tropis, Indonesia menjadi lahan subur tumbuhnya jamur. Oleh karena itu, tidak heran bila penyakit-penyakit akibat jamur banyak kita temui di masyarakat. Sayangnya, sebagian besar dari mereka tak menyadari ketika dirinya telah terinfeksi oleh jamur kulit. Selain itu, banyak juga yang masih menganggap remeh penyakit akibat jamur, seperti panu dan kurap. Biasanya, penderita jamur kulit baru berkonsultasi pada dokter ketika penyakitnya tersebut sudah dianggap mengganggu penampilan dan kenyamanan.

Maka dari itu, sekecil apapun infeksi jamur kulit, harus segera diatasi. Pengobatan yang biasanya dilakukan adalah dengan obat anti jamur. Untuk mengatasinya kita bisa gunakan CANESTEN, krim anti jamur yang efektif mengatasi penyakit akibat jamur pada kulit seperti kurap/kadas, panu, kutu air, dan ruam popok yang disertai dengan infeksi jamur. Klotrimazole yang terdapat pada CANESTEN bekerja untuk melawan pembelahan dan pertumbuhan jamur penyebab infeksi panu, kadas, kurap, dan kutu air. Oleskan CANESTEN sampai penyakit kulit hilang dan sembuh benar. Lama pemakaian yaitu 2-4 minggu. Jika sakit berlanjut, konsultasikan kepada dokter.

Agar jamur kulit tidak datang lagi, Anda perlu memerhatikan kebersihan diri. Mandi secara rutin setiap hari, mengeringkan handuk setelah digunakan, memakai alas kaki di tempat lembap seperti sauna dan kamar mandi, serta hindari menggunakan barang pribadi untuk dipakai secara bergantian dengan orang lain. Yuk, cegah jamur kulit dengan membiasakan hidup bersih dan sehat!


]]>
Thu, 23 Feb 2017 10:23:27 +0700Infeksi
Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja https://www.meetdoctor.com/article/ingin-sembuh-dari-insomnia-berkemah-saja https://www.meetdoctor.com/article/ingin-sembuh-dari-insomnia-berkemah-saja Mungkin, selama ini Anda tidak cukup tidur. Banyak orang dewasa tidur  kurang dari setidaknya tujuh jam setiap malam. Tujuh jam adalah angka yang direkomendasikan oleh para profesional kesehatan. Akumulasi kurang tidur dapat menganggu kesehatan dengan  berbagai cara mulai dari depresi hingga diabetes.

Penelitian baru menunjukkan, betapa lingkungan modern bisa berefek buruk pada pola tidur. Namun studi ini juga menawarkan solusi potensial, mendaki atau berkemah untuk setidaknya selama beberapa hari.

Kebanyakan orang yang akrab dengan perangkat modern seperti TV, komputer, ponsel, tablet dan video games,  pernah mengalami gangguan tidur. Sinar biru terang dari alat-alat tersebut memengaruhi otak sehingga otak menyangka bahwa hari masih siang. Ritme sirkadian pun terganggu. Akibatnya, tubuh tidak memicu produksi hormon melatonin yang menyebabkan kita mengantuk. Hormon melatonin diproduksi terutama saat sekeliling kita gelap. Jadi tidak heran, menjauh  dari perangkat-perangkat modern yang bersinar terang itu, akan membantu tubuh  kembali ke siklus alaminya; bangun ketika ada sinar matahari dan masuk mode istirahat saat matahari tenggelam.

Dalam penelitian yang diterbitkan di Current Biology, para peneliti menemukan bahwa berkemah akhir pekan, utamanya pada saat cuaca dingin, sangat membantu mengatur ulang jam internal seseorang.

Makalah ini menindaklanjuti penelitian sebelumnya, di mana tim menemukan bahwa tamasya alam di musim panas selama seminggu  bisa membalikkan jam internal kembali normal. Dengan kata lain, seseorang yang biasa tidur pada pukul 23:00 akan tertidur pada pukul 19:00 di bawah bintang-bintang.

"Ketika melatonin berada pada level tinggi, itulah jam biologis malam  tubuh Anda," kata Kenneth Wright peneliti dari University of Colorado Boulder. "Yang luar biasa adalah bahwa irama tubuh akan sinkron dengan sempurna dengan kegelapan alam."

Wright menjelaskan, hal tersebut tidak terlihat di lingkungan modern. Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda pergi tidur saat matahari terbenam?

Wright dan timnya juga ingin tahu seberapa kuat efek berkemah di musim hujan atau dingin dibanding musim panas atau kemarau.  Jadi mereka mengirim lima relawan  untuk  berkemah selama seminggu. Sebelumnya, selama seminggu pula tim peneliti memantau pola tidur mereka, di mana mereka dalam kondisi normal sering perpapar cahaya buatan dari lampu, gawai dan lain sebagainya, sama seperti kita. 

"Satu-satunya cahaya mereka lihat saat berkemah adalah matahari, bulan, bintang dan api unggun," kata Wright. "Tidak ada pembatasan pada kegiatan mereka sebelum mereka berkemah. Mereka keluar dari rumah, pergi bekerja, pergi ke sekolah, tinggal dan pergi tidur setiap kali mereka ingin. Juga selama seminggu berkemah, mereka bisa mendaki , mengumpulkan kayu bakar, apa pun yang mereka inginkan. "

Ketika Wright dan rekan-rekannya membandingkan jam biologis relawan sebelum dan setelah perjalanan, dengan cara mengambil sample darah untuk mengukur kadar melatonin, peneliti menemukan bahwa para relawan tidur rata-rata -yang mereka ditentukan dengan mengambil 24 jam senilai sampel darah dan mengukur kadar melatoni,mereka menemukan bahwa para relawan tidur sekitar 2,5 jamlebih awal. Secara keseluruhan, para peserta kemah mengalami perbaikan pola tidur sebesar hingga 69 persen dalam waktu satu minggu. 

"Ini adalah topik yang memengaruhi banyak orang," kata Wright. "Kita perlu mencari cara untuk mempertahankan manfaat yang kita dapat dari alam dengan menentukan seberapa banyak cahaya yang  harus bawa ke dalam kehidupan modern kita." 

Jadi, Anda yang selama ini mengalami insomnia, pergilah berkemah dan menyatulah dengan alam. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Fri, 17 Feb 2017 14:05:23 +0700Insomnia
Pengobatan Alami untuk Atasi Demam Berdarah https://www.meetdoctor.com/article/pengobatan-alami-untuk-atasi-demam-berdarah https://www.meetdoctor.com/article/pengobatan-alami-untuk-atasi-demam-berdarah Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah salah satu virus yang banyak membuat orang masuk rumah sakit. 50-500 juta orang terkena virus dengue setiap tahunnya yang ditularkan melalui nyamuk aedes aegypti. Penyakit demam berdarah diketahui hanya melanda daerah-daerah tropis, tetapi sejak pertengahan abad ke-20, virus ini sudah menyebar ke lebih dari 100 negara.

Ada beberapa jenis nyamuk yang dapat menularkan virus ini. Jika Anda dapat bertahan melawan demam berdarah tipe 1, maka Anda biasanya memiliki kekebalan tubuh yang bagus. Namun, jika Anda terkena demam berdarah tipe 2, biasanya ini akan menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Bentuk yang paling efektif dari “pengobatan” adalah pencegahan, tetapi menangkal nyamuk memang cukup sulit. Beberapa pencegahan yang paling efektif adalah menghindari air tergenang karena itulah tempat di mana nyamuk berkembang biak. Pengaplikasian losion anti nyamuk juga bisa menjadi solusi karena Indonesia merupakan negara tropis. Jika memungkinkan, saat Anda tidur pakailah pakaian yang tertutup dan pasang kelambu pada tempat tidur Anda.

Namun, jika Anda telah terinfeksi oleh virus dengue, ikut beberapa pengobatan dari bahan-bahan alami yang dapat Anda coba di rumah:

Rumput Jelai (Barley)

Barley dapat meningkatkan trombosit darah secara signifikan dengan cara menstimulasi produksi sel darah. Anda dapat meminum teh dari daun Barley atau memakannya secara langsung.

Goldenseal

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan atau menyetujui, namun dokter homeopati telah memuji goldenseal karena mampu untuk menghilangkan virus dengue dari tubuh dengan sangat cepat.

Air

Air tampaknya seperti hal yang sudah banyak diketahui. Namun, perlu diingatkan kembali tubuh perlu diisi cairan sebanyak mungkin agar tetap terhidrasi. Selain itu, air dapat membantu racun lebih cepat larut dan dapat mencegah dari virus patogen.

Daun Mimba

Umumnya daum mimba sering dimasukan dalam resep untuk berbagai penyakit, termasuk pula demam berdarah. Anda bisa menyeduh daun mimba dan meminumnya. Daun mimba terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memulihkan kondisi Anda jauh lebih cepat.

Daun Pepaya

Daun pepaya dikenal sebagai obat alami untuk demam berdarah. Campuran nutrisi yang kompleks dan senyawa organik dalam daun pepaya dapat meningkatkan trombosit Anda. Vitamin C yang terdapat dalam daun pepaya juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kelebihan racun dalam darah. Cukup hancurkan dan saring daun papaya dan Anda dapat langsung meminumnya.

Klabet (Fenugreek)

Daun Klabet (Fenugreek) diketahui dapat mengurangi demam, meringankan rasa sakit, serta membuat pasien demam berdarah dapat tidur dengan nyenyak. Daun Fenugreek ini telah digunakan oleh beberapa tempat di dunia.

Daun Kemangi

Mengunyah daun kemangi mungkin terdengar tidak enak, namun daun kemangi dikenal sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan telah lama direkomendasikan dalam pengobatan Ayurveda yang telah dipraktikkan di India untuk mengatasi demam berdarah. Minyak yang terkandung dalam kemangi juga memiliki sifat insektisida alami yang membuat nyamuk tidak tertarik. Ini merupakan salah satu pencegah pula.

Meskipun sebagian besar kasus demam berdarah tidak mengakibatkan kejadian yang fatal, namun DBD dapat berkembang dengan cepat ke tahap yang lebih serius jika gejala awal tidak segera ditangani dan langkah-langkah pencegahan tidak diterapkan.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Mon, 13 Feb 2017 10:24:19 +0700Demam Berdarah Dengue
Waspada Demam Berdarah pada Anak https://www.meetdoctor.com/article/waspada-demam-berdarah-pada-anak https://www.meetdoctor.com/article/waspada-demam-berdarah-pada-anak Demam berdarah dapat menyerang siapa saja, baik dari kalangan anak-anak maupun dewasa. Sebagai orangtua, tentunya perlu teliti terhadap kesehatan buah hatinya. DBD umumnya dimulai dari demam biasa, batuk dan pilek. Orangtua perlu waspada jika sang buah hati memiliki tanda-tanda DBD berikut:

  • Anak Anda memiliki demam tinggi sampai 105.8°F (40°C)
  • Dia mengeluh nyeri sendi
  • Sering sakit kepala dan menggigil
  • Nyeri pada mata bagian belakang
  • Tampak ruam pada bagian kulit
  • Mengalami flu dan batuk

Anda perlu waspada bila anak menunjukkan gejala DBD yang lebih parah, yaitu:

  • Sakit perut
  • Adanya pendarahan di bagian hidung dan gusi
  • Tekanan darahnya rendah
  • Sering muntah atau mual
  • Sesak napas
  • Gatal-gatal pada telapak kaki

DBD ini membuat kondisi buah hati Anda sangat pucat dan lemah. Orangtua sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda ini. Sebab, pada kondisi yang serius, DBD dapat mengakibatkan kematian.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah demam berdarah adalah tidak membiarkan nyamuk berkembang biak di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermainnya.

Lakukan beberapa pencegahan DBD di bawah ini:

  • Menjaga lingkungan yang bersih dan higienis
  • Menyingkirkan semua genangan air yang ada di sekitar rumah, seperti pot bunga. Karena di tempat itulah nyamuk DBD berkembang biak
  • Menutup jendela dan pintu rumah sebelum malam, karena malam adalah waktu ketika nyamuk mencoba untuk memasuki rumah Anda
  • Memasang kawat nyamuk pada pintu dan jendela kamar anak Anda
  • Oleskan krim anti nyamuk pada tangan dan kaki anak pada pagi, siang dan malam hari.
  • Menutupi anak Anda dengan pakaian tertutup, misalnya  memakai celana dan baju berlengan panjang, terutama saat anak bermain di luar rumah.
  • Gunakan obat nyamuk untuk di dalam rumah. Tapi Anda harus pastikan anak-anak tidak menghirup ini. Anda dapat menyemprotkan obat nyamuk di kamar, kemudian tutup kamarnya untuk beberapa waktu sampai aromanya menghilang.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Mon, 13 Feb 2017 11:19:12 +0700Demam Berdarah Dengue
Perawatan Kulit dengan Standar Internasional di Royal Dermatology & Aesthetic Centre https://www.meetdoctor.com/article/perawatan-kulit-dengan-standar-internasional-di-royal-dermatology-aesthetic-centre https://www.meetdoctor.com/article/perawatan-kulit-dengan-standar-internasional-di-royal-dermatology-aesthetic-centre Tampil cantik dengan kulit yang sehat dan bentuk tubuh yang ideal menjadi hak semua orang, baik wanita maupun pria, tua maupun muda. Bagi Anda yang berada di Jakarta Utara, kini tak perlu jauh-jauh mencari klinik kecantikan untuk mengatasi masalah Anda. RS Royal Progress, pada Desember lalu, membuka klinik Royal Dermatology & Aesthetic Centre. 

Pada grand opening yang dilakukan pada 8 Februari lalu, para dokter menjelaskan berbagai perawatan yang bisa dilakukan di klinik yang bertempat di daerah Sunter ini.  Klinik Royal Dermatology & Aesthetic Centre menyediakan berbagai macam perawatan, seperti RF (Radio Frequency), Laser, Microdermabrasi, PRP (Platelet Rich Plasma), dan kperawatan unggulan lainnya. Bahkan, Royal Dermatology juga menyediakan perawatan dermatologist surgery, salah satunya adalah Breast Reduction, Rhinoplasty (Perbaikan Hidung) dan Liposuction (Sedot Lemak). 

Dengan dokter yang kompeten dan teknologi berstandar internasional yang mengutamakan mutu, keselamatan, dan kepuasan pasien, Anda tidak perlu ragu untuk melakukan dermatologist surgery di sini. “Teknologinya sudah canggih, dokter-dokternya juga kompeten, jadi tidak perlu keluar negeri lagi untuk melakukan dermatologist surgery di Indonesia. Tidak perlu khawatir, karena hasilnya tidak kalah bagus dengan di luar negeri,” kata dr. Tomie Hermawan, SpBP-RE. 
 

 


]]>
Tue, 14 Feb 2017 11:23:40 +0700Beauty & Skin Care
6 Makanan Untuk Redakan Nyeri Artritis https://www.meetdoctor.com/article/6-makanan-untuk-redakan-nyeri-artritis https://www.meetdoctor.com/article/6-makanan-untuk-redakan-nyeri-artritis Nyeri rematik sangat mengganggu. Tidak selalu mengonsumsi obat-obatan, dengan bahan alami bisa mengurangi nyeri. Atasi nyeri rematik dan jaga agar sendi Anda tetap sehat dengan memasukkan makanan-makanan ini ke dalam menu harian Anda. 

1. Jus Delima
Persendian lutut, pinggul dan tangan terasa sakit? Cobalah  makan buah delima. Buah delima memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa melindungi tulang rawan Anda. Ketika para peneliti di Case Western Reserve University di Cleveland menempatkan ekstrak buah delima pada sampel jaringan tulang rawan yang rusak akibat osteoarthritis, sesuatu yang baik terjadi. Jus  delima mampu menurunkan tingkat inflamasi terkait dengan kelebihan produksi enzim tertentu. Dalam jumlah normal, enzim ini sangat penting untuk penggantian tulang rawan, tetapi ketika terlalu banyak diproduksi, seperti dalam kasus osteoarthritis, tulang rawan jadi menipis.

2. Makanan Tinggi Asam Lemak Omega-3 
Selama bertahun-tahun, para peneliti telah memperhatikan bahwa orang dengan arthritis yang banyak makan ikan tinggi lemak Omega-3 mengalami pengurangan rasa sakit yang lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak makan sebanyak ikan. Asam lemak omega-3 dalam ikan  meningkatkan produksi  anti-inflamasi terbaru yang disebut Resolvin. Dalam satu studi, baik Omega-3 maupun aspirin terbukti dapat meningkatkan produksi Resolvin yang menghambat aktivitas sel-sel inflamasi. 

3. Makanan Kaya Antioksidan
Para peneliti telah lama meyakini bahwa  radikal bebas,  memainkan peran dalam menyebabkan arthritis. 
Menurut sebuah penelitian di Jepang baru-baru ini, radikal bebas dapat menyabot kemampuan tulang rawan untuk tetap sehat dan memperbaiki diri. Orang dengan arthritis cenderung memiliki lebih banyak radikal bebas dan karena itu harus melakukan upaya ekstra untuk mendapatkan lebih banyak antioksidan, khususnya vitamin C dan beta-karoten dari makanan alami.

Vitamin C seperti yang ada dalam jeruk dan kiwi, serta zeaxanthin, antioksidan yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, juga dapat menurunkan risiko kerusakan tulang rawan. Selain itu,  sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin E. Beberapa studi  menunjukkan bahwa vitamin juga dapat mengurangi rasa sakit osteoarthritis, terutama jika dikombinasi dengan vitamin C (250 sampai 500 miligram perhari).

4. Nanas
Bromelain, enzim protein yang ada dalam nanas dan berguna membantu proses pencernaan, ternyata juga bisa mengurangi peradangan. Bromelain efektif untuk mengurangi nyeri osteoarthritis seperti beberapa obat anti-inflamasi misalnya ibuproen. Beberapa penelitian menyebutkan bahwasuplemen bromelain  juga membantu mengurangi rasa sakit akibat rheumatoid arthritis. Makanlah nanas Anda di antara waktu makan, tidak bersamaan dengan, atau enzim akan habis digunakan untuk membantu mencerna makanan Anda. Pilih nanas segar atau beku nanas, bukan jus atau kalengan.

5. Rempah-rempah Anti-inflamasi
Para peneliti menemukan bahwa banyak rempah-rempah yang dapat kita gunakan untuk melawan peradangan. Jahe dan kunyit misalnya, mengandung senyawa kuat yang disebut curcumin, yang dapat menghambat enzim dan protein yang memicu peradangan.

Beberapa studi juga mengatakan bahwa jahe dan kunyit secara khusus mengurangi rasa sakit dan bengkak pada orang dengan arthritis. Cengkeh mengandung bahan kimia anti-inflamasi yang disebut eugenol.  Cengkeh, kunyit, dan jahe juga mengandung antioksidan, yang penting dalam memperlambat kerusakan tulang rawan yang disebabkan oleh arthritis.

6. Teh hijau dan buah jeruk
Keduanya mengandung senyawa quercetin. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa kimia ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi kuat.
Studi awal pada hewan menunjukkan,  teh hijau dapat membantu mencegah atau meredakan gejala RA. Dan menurut Iowa Women’s Health Study, wanita yang minum lebih dari tiga cangkir teh hijau dalam sehari, risikonya menderita RA berkurang hingga 60 persen.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Thu, 16 Feb 2017 15:14:23 +0700Nyeri Sendi (Osteoartritis)
Hati-Hati, Rheumatoid Artritis Dapat Menyamarkan Tekanan Darah Tinggi https://www.meetdoctor.com/article/hati-hati-rheumatoid-artritis-dapat-menyamarkan-tekanan-darah-tinggi https://www.meetdoctor.com/article/hati-hati-rheumatoid-artritis-dapat-menyamarkan-tekanan-darah-tinggi Bukan rahasia bahwa rheumatoid arthritis (RA) meningkatkan risiko penyakit jantung, atau tekanan darah tinggi yang juga merupakan faktor risiko penyakit jantung. Tapi sayangnya,  tekanan darah tinggi pada mereka dengan RA, sering tidak diketahui dan akhirnya tidak diobati. 

Para peneliti menemukan bahwa rheumatoid arthritis meningkatkan kemungkinan Anda tidak menerima diagnosa tekanan darah tinggi, meski gejala-gejalanya sudah muncul. Itulah temuan dari sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Agustus 2014 di Arthritis Care & Research, yang diikuti 14.974 relawan dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi, tetapi tidak pernah didiagnosa darah tinggi. Dalam kelompok itu, ada 201 orang yang menderita RA. Pada akhir studi, yang berlangsung empat tahun, peneliti menemukan, kemungkinan orang dengan RA mendapatkan diagnosis tekanan darah tinggi hanya 36 persen. Bandingkan dengan 51 persen pada mereka yang tidak menderita RA.

Mengapa Kondisi Hipertensi Bisa Tidak Terdeteksi oleh Dokter?

"Semua pasien dalam penelitian berada dalam sistem perawatan kesehatan yang sama, dan mereka semua memiliki memiliki jumlah kunjungan perawatan primer yang juga sama," kata Christie M. Bartels, MD, penulis utama studi tersebut dan rheumatologist di University of Wisconsin School of Medicine and Public Health di Madison. "Tapi pembacaan tekanan darah yang berulang kali tidak normal,  mungkin kurang mengarah ke diagnosa tekanan darah tinggi atau pengobatan tekanan darah tinggi pada pasien dengan RA. "

"Banyak studi telah mengonfirmasi bahwa RA dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 50 hingga 60 persen," kata Dr Bartels. "Tetapi, bahkan ketika orang dengan RA memiliki tiga kali hasil pemeriksaan tekanan darah lebih dari 140/90, atau dua hasil pemeriksaan 160/100 , mereka tetap tidak terdiagnosa hipertensi.

"Sulit untuk tahu mengapa hipertensi yang tidak terdiagnosa. Tapi, itu mungkin karena fenomena yang kita sebut diagnostik bayangan. Dokter cenderung lebih memperhatikan penyakit primer dan mengabaikan masalah lain. Atau, bisa juga karena dokter perawatan primer dan rheumatologist tidak berkomunikasi," kata Bartels.

Hubungan Antara Rheumatoid Arthritis dan Tekanan Darah

RA adalah penyakit inflamasi yang mempengaruhi pembuluh darah serta sendi. "Ada beban inflamasi yang meningkat pada sistem vaskular," jelas Bartel. "Plak di dalam pembuluh darah terbentuk pada usia dini dan berkontribusi terhadap penyakit jantung dan tekanan darah tinggi."

Menurut Arthritis Foundation, RA menggandakan risiko Anda untuk penyakit kardiovaskular. Faktor lain peningkatan risiko penyakit kardiovaskular meliputi:

- Kolesterol tinggi, yang juga sering diabaikan di RA
- Gaya hidup tidak aktif, yang dapat menyebabkan obesitas dan kesehatan pembuluh darah yang buruk
- Obat-obatan untuk RA seperti NSAIDs atau steroid, juga dapat mempengaruhi pembuluh darah

Apakah Anda Memiliki Tekanan Darah Tinggi?
"Rendahnya diagnosa darah tinggi pada pasien RA menjadi  salah satu situasi di mana pasien harus memberdayakan diri mereka sendiri dan bertanggung jawab atas perawatan kesehatan mereka sendiri," kata Bartels. "Tekanan darah tinggi disebut silent killer karena jarang menyebabkan gejala. Itu berarti Anda perlu tahu angka tekanan darah Anda."

Anda mungkin menghadapi peningkatan risiko   tekanan darah tinggi jika tekanan darah sistolik Anda (tekanan darah atas) di atas 120 dan diastolik (tekanan darah bawah) di atas 80. Periksakan diri Anda dan berkonsultasilah dengan doker cara mengatasinya jika hasil pemeriksaan tekanan darah Anda tinggi.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

 


]]>
Fri, 17 Feb 2017 17:31:07 +0700Radang Sendi (Rheumatoid Arthritis)
Stevia, Si Manis Rendah Kalori https://www.meetdoctor.com/article/stevia-si-manis-rendah-kalori https://www.meetdoctor.com/article/stevia-si-manis-rendah-kalori Penderita diabetes harus selalu mengontrol asupan makanannya, terutama yang mengandung gula. Di Indonesia kesadaran untuk cek gula darah secara rutin masih kurang, maka tidak heran jika Indonesia masuk ke dalam 10 peringkat penderita diabetes tertinggi di dunia, seperti yang dilansir Worldrank Of Diabetes.

Diabetes bukan hanya dari keturunan, tetapi dari pola kehidupan juga. Bahkan, orang yang terkena diabetes, 90% terbukti karena gaya hidup,” jelas dr. Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD dalam acara Tea Time With Tropicana Slim Stevia.

Agar terhindar dari diabetes, lebih baik membatasi konsumsi gula kita sejak dini. Untuk itu lebih baik mengganti gula dengan pemanis rendah kalori seperti, Aspartame, Sucralose, atau Stevia. 

Acara Tea Time With Tropicana Slim Stevia, yang diadakan 9 Februari 2017, memperkenalkan produk terbaru dari Tropicana Slim, yaitu Tropicana Slim Stevia. Gula stevia adalah merupakan pemanis dari bahan alami yang terbuat dari ekstrak daun tanaman Stevia Rebaudiana.

Gula stevia dari Tropicana Slim ini bisa digunakan penderita diabetes tipe 1, untuk di konsumsi ibu hamil pun tidak masalah. Karena, gula stevia sudah dinyatakan aman untuk dikonsumsi oleh berbagai lembaga kesehatan dunia.

Seperti yang disampaikan Noviana  Halim, Tropicana Slim brand manager “Komitmen Tropicana Slim untuk dapat terus menginspirasi masyarakat untuk hidup lebih sehat, mendorong kami berusaha memahami kebutuhan masyarakat akan alternatif pemanis. Sehingga, kehadiran Tropicana Slim Stevia dapat menjadi pilihan bagi konsumen yang memiliki referensi mengonsumsi makanan alami.”

 


]]>
Tue, 14 Feb 2017 11:40:06 +0700Diabetes
Cerita Dorothy: Misi Menurunkan Berat Badan Wanita 56 Tahun https://www.meetdoctor.com/article/cerita-dorothy-misi-menurunkan-berat-badan-wanita-56-tahun https://www.meetdoctor.com/article/cerita-dorothy-misi-menurunkan-berat-badan-wanita-56-tahun Untuk memperingati Hari Perempuan Internasional yang akan jatuh pada tanggal 8 Maret, berikut pengalaman seorang wanita paruh baya yang berusaha menurunkan berat badan agar menjadi lebih sehat.

Sebagai seorang agen dari Biro Investigasi yang telah berumur 56 tahun, Dorothy menyadari bahwa ukuran tubuhnya mulai menggangu kemampuannya untuk beraktivitas. Ia juga bosan selalu memaksa tubuhnya untuk duduk di kursi yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya. Maka dari itu, ia berniat untuk mengubah hidupnya.

Teman-temannya menyarankan agar ia mulai membuat jurnal diet. Dorothy mulai mencari-cari bagaimana cara menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Dorothy memulai program diet dengan berat badan 217 pound atau sekitar 98 kilogram. Sejak saat itu, ia menargetkan beratnya harus turun menjadi 158-146 pound atau sekitar  72-66 kilogram. Ia juga menargetkan badannya harus muat dengan delapan gaun berukuran kecil. Wanita 56 tahun ini memiliki tekad  yang luar biasa.

Membuat Perubahan Kecil

“Saya tahu saya mempunyai kebiasaan makan yang buruk dan selalu makan setiap kali saya merasa bosan, tapi saya juga berpikir bahwa saya harus mulai mengambil langkah-langkah kecil untuk membuat perubahan yang sehat secara permanen. Dengan membuat pola dan jurnal diet membuat diet saya lebih mudah dan tidak membuat saya diet secara berlebihan,” kata Dorothy

Dorothy tidak lagi makan makanan ringan saat sedang bosan. Sebaliknya, ia lebih banyak makan buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, dan ia menikmati tiap suapan yang masuk ke mulutnya.

Mulai berolahraga adalah salah satu kunci lain untuk menyukseskan penurunan berat badan. Ia mulai latihan rutin di tempat kebugaran, berjalan kaki, bersepeda, dan rajin melakukan peregangan di rumah.

Kunci Sukses Diet Dorothy

Dorothy merekomendasikan beberapa tips berikut untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan seperti dirinya:

  • Ikut komunitas diet sesering yang Anda bisa, dan terlibat dengan sesama pelaku diet.

  • Jangan mengharapkan perubahan dalam semalam. Menurunkan berat badan harus secara bertahap dan pelan-pelan.

  • Rajin browsing di internet mengenai tips-tips diet yang dapat Anda lakukan.

- Mulai belajar membaca label makanan sehingga Anda dapat memahami apa yang Anda beli.

- Jangan bereaksi berlebihan ketika Anda melihat kenaikan berat badan Anda yang tinggi. Sebaliknya, pikirkan bahwa ini adalah hal yang normal dari proses penurunan berat badan.

Investasi Jangka Panjang

Kehilangan berat badan telah menjadi hal yang menggembirakan bagi Dorothy. Kini ia telah terbiasa mengonsumsi  makanan sehat dan melakukan olahraga rutin. Dengan perubahan gaya hidup ini, Dorothy berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 71 pound atau sekitar 32 kilogram dalam jangka waktu 15 bulan. Dorothy sadar bahwa berat badan yang ideal dapat memperpanjang umurnya dan menghindarinya dari obesitas.



 

www.webmd.com/

 

]]>
Wed, 22 Feb 2017 15:11:13 +0700Kesehatan Wanita
4 Vaksin Pencegahan yang Dibutuhkan Wanita https://www.meetdoctor.com/article/4-vaksin-pencegahan-yang-dibutuhkan-wanita https://www.meetdoctor.com/article/4-vaksin-pencegahan-yang-dibutuhkan-wanita Banyak orang meninggal akibat penyakit yang seharusnya dapat dicegah dengan melakukan vaksin. Dan banyak dokter pula yang telah menyaksikan pasien-pasiennya meninggal akibat kanker serviks, kanker anus, kanker mulut, radang paru-paru, herpes, sampai penyakit meningitis yang seharusnya itu semua bisa dicegah dengan vaksinasi.

Seperti juga pada anak kecil, orang dewasa juga memerlukan vaksinasi. Vaksinasi polio pada bayi bisa menghindari bayi dari penyakit polio. Namun, bila dilakukan pada orang dewasa, sistem kekebalan tubuh Anda merespon dengan cara yang berbeda. Anda mungkin masih bisa mendapatkan penyakit tetapi kasus yang mendapatkan penyakit setelah vaksinasi lebih sedikit.

Contoh lain, Anda masih bisa terkena flu meskipun Anda telah melakukan vaksinasi flu, tapi Anda tidak mungkin sakit parah hingga harus masuk ruang ICU atau meninggal dari flu biasa. Lalu, yang bisa dilakukan dengan vaksin tersebut adalah mengurangi tingkat keparahan penyakit tersebut.

Berikut ini beberapa vaksin yang Anda butuhkan:

Tetanus, Difteri, dan Pertusis

Mengapa Anda khususnya perempuan dewasa memerlukan vaksin pertusis? Jawabannya untuk mencegah batuk rejan, terlebih jika Anda memiliki bayi. Bayi tidak dapat terus dilindungi sampai mendapatkan vaksinasi ke-4, yaitu sekitar 18 bulan. Di Amerika Serikat, wabah pertusis mengakibatkan kematian pada bayi yang dinyatakan sehat.

Vaksin Herpes Zoster

Herpes Zoster disebabkan oleh virus yang ditandai dengan adanya ruam pada kulit yang menyakitkan terlihat seperti melepuh. Ruam tersebut biasanya sembuh dalam kurun waktu dua sampai empat minggu. Namun, beberapa mengalami hingga nyeri pada saraf yang berkelanjutan hingga berbulan-bulan atau suatu kondisi yang disebut dengan postherpetic neuralgia. Pada mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk dapat kehilangan penglihatan dapat terjadi.

Vaksin HPV

Vaksin ini merupakan pilihan terpenting untuk melindungi diri. Vaksin ini mengurangi risiko kanker serviks, kanker anus, dan kanker mulut, serta mencegah kanker serviks datang kembali jika Anda pernah mengalami kanker serviks bertahun-tahun lalu. Tidak ada batasan usia untuk melakukan perlindungan pada tubuh Anda.

Vaksin Flu dan Pneumonia

Flu dan pneumonia sama-sama berada di peringkat keenam penyebab kematian terbesar di Kanada. Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang membuat jutaan orang di seluruh dunia meninggal setiap tahunnya. Melakukan vaksinasi adalah cara terbaik baik untuk mencegah maupun menurunkan risiko. Vaksinasi juga mengurangi risiko Anda tertular penyakit pneumonia. Informasi terbaru mengenai vaksin pneumonia adalah vaksin ini juga menurunkan risiko penyakit lain seperti serangan jantung.


www.besthealthmag.ca


]]>
Wed, 22 Feb 2017 15:10:10 +0700Kesehatan Wanita
Kecukupan Cairan Tubuh Bantu Penyembuhan Pasien Demam Berdarah https://www.meetdoctor.com/article/kecukupan-cairan-tubuh-bantu-penyembuhan-pasien-demam-berdarah https://www.meetdoctor.com/article/kecukupan-cairan-tubuh-bantu-penyembuhan-pasien-demam-berdarah Sebagai negara tropis, kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia masih tinggi. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia merupakan negara kedua dengan kasus DBD terbesar di antara 30 negara wilayah endemis. Berdasarkan data internal Direktorat Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), pada tahun 2015 penderita DBD di Indonesia sebanyak 129.179 orang, di mana 1.240 di antaranya meninggal dunia.

Demam Berdarah Dengue disebabkan oleh virus dengue yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegepty betina. Meski penyebaran virus dengue tidak mengenal musim, namun ancamannya lebih tinggi ketika terjadi pergantian musim, cuaca yang tidak menentu, dan puncaknya terjadi di bulan Januari sampai dengan Maret.

Gejala-gejala DBD yang patut Anda waspadai di antaranya demam tinggi mendadak (39◦C-41◦C) dan disertai 3 atau lebih dari gejala lainnya seperti sakit kepala, nyeri di belakang bola mata, mimisan, nyeri pada sendi, otot, dan ulu hati. Beberapa penderita juga mengalami mual dan muntah, dan terkadang timbul bintik-bintik merah pada kulit.

Mengapa banyak yang tidak tertolong? Karena gejala DBD yang mirip dengan demam biasa, sehingga banyak yang terkecoh dan terlambat mengetahuinya. Apalagi biasanya demam yang berlangsung naik turun, sehingga banyak yang mengira bahwa penderita sedang menuju kesembuhan. 

Salah satu ancaman dari DBD adalah dehidrasi karena terjadi kebocoran cairan darah yang menyebabkan darah menjadi kental dan proses pematangan trombosit terhambat. Dehidrasi terjadi karena tubuh kehilangan cairan yang terdiri dari air dan ION melalui demam, keringat, perdarahan, dan muntah. Kondisi dehidrasi tersebut akan berakibat fatal jika tidak diatasi secara cepat dan tepat.

Untuk mencegah dehidrasi, penderita DBD membutuhkan hidrasi atau asupan cairan yang tidak hanya mengandung air namun juga ION seperti Pocari Sweat. ION dalam Pocari Sweat lebih cepat diserap oleh tubuh kita dan dapat membantu semua proses kerja organ tubuh sehingga dapat membantu proses penyembuhan pada penderita DBD. Jadi, upayakan asupan cairan dan ION yang cukup saat mengalami DBD, karena jaga ION jaga kondisimu.

Jika gejala yang Anda alami semakin parah, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.


]]>
Fri, 17 Feb 2017 15:19:15 +0700Demam Berdarah Dengue
Inilah Habitat Nyamuk Demam Berdarah https://www.meetdoctor.com/article/habitat-nyamuk-demam-berdarah-perlukah-dibasmi https://www.meetdoctor.com/article/habitat-nyamuk-demam-berdarah-perlukah-dibasmi Nyamuk Aedes Aegypti sangat banyak ditemukan pada area dengan sistem air yang kurang baik dan memakai tempat penyimpanan air, seperti tempayan. Wadah tempat penyimpanan tersebutlah yang menjadi tempat nyamuk-nyamuk bertelur.

Nyamuk betina membutuhkan darah untuk menghasilkan telur atau yang biasa disebut jentik nyamuk, dan sangat aktif pada siang hari. Jentik-jentik nyamuk dapat bertahan hidup pada habitat yang kering untuk jangka waktu yang lama, sehingga jentik-jentik nyamuk tersebut dapat dengan mudah menyebar ke berbagai tempat.

Tempat penampungan air buatan maupun alami seperti pot bunga, ember, kaleng, talang hujan yang tersumbat, dan lainnya yang berada di dalam atau dekat dengan tempat tinggal Anda adalah habitat perkembangbiakan yang sempurna untuk nyamuk. Habitatnya juga ditemukan seperti di tangki yang terbuka, saluran air, sumur, dan tempat-tempat penyimpanan air lainnya.

Jika Anda tinggal atau sedang dalam perjalanan ke daerah tropis yang mana sedang dilanda demam berdarah, ini adalah beberapa cara yang mungkin akan membantu Anda menghindari gigitan nyamuk Aedes Aegypti:

- Berada di ruangan ber AC. Nyamuk yang membawa virus dengue sangat aktif dari fajar hingga terbenamnya matahari, tetapi nyamuk ini juga bisa menggigit pada malam hari.

- Memakai pakaian yang melindungi. Saat Anda berada di tempat nyamuk Aedes Aegypti bersarang, pakailah baju lengan panjang, celana panjang, kaus kaki, dan sepatu.

- Gunakan bau-bau yang nyamuk tidak suka. Permethrin bisa Anda aplikasikan pada baju, sepatu, perlatan berkemah, dan kelambu. Anda juga bisa membeli baju yang sudah mengandung permethrin di dalamnya. Untuk kulit, gunakan losion anti-nyamuk yang mengandung setidaknya 10% dari konsentrasi DEET.

- Membasmi tempat tinggal nyamuk. Nyamuk-nyamuk yang membawa virus dengue biasanya tinggal dan tersebar di sekitar rumah, berkembang biak di air yang terdapat pada perabotan yang sehari-hari digunakan. Dengan membasmi perkembangbiakan nyamuk otomatis menurunkan populasi nyamuk.

 

www.cdc.gov

www.mayoclinic.org


]]>
Wed, 22 Feb 2017 17:53:11 +0700Demam Berdarah Dengue