MeetDoctor - Topic Eating Diet https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 11 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Sebelum Tidur https://www.meetdoctor.com/article/11-makanan-yang-sebaiknya-dihindari-sebelum-tidur https://www.meetdoctor.com/article/11-makanan-yang-sebaiknya-dihindari-sebelum-tidur Anda sulit memejamkan mata atau sering terbangun di tengah malam? Mungkin itu ada kaitannya dengan yang Anda makan. Beberapa makanan memang sebaiknya tidak dimakan sebelum tidur, dan bukan karena tingginya kalori atau dapat menggagalkan diet Anda. Tapi karena beberapa makanan ini dapat mengganggu istirahat Anda, membuat terjaga sepanjang malam, atau terbangun. Padahal Anda membutuhkan tidur yang cukup untuk mempertahankan siklus energi alami Anda, menjaga mood, dan mendongkrak metabolisme Anda. Cari tahu makanan mana yang harus Anda hindari jika Anda ingin tertidur begitu kepala Anda menyentuh bantal. 

Sereal 
Kudapan cepat dan mudah ini bisa dimakan kapan saja, kecuali sesaat sebelum tidur. Pasalnya meski ada susunya yang kaya triptofan, kebanyakan sereal yang dijual di pasaran telah dilapisi dengan gula dan sirup. Dengan glukosa darah yang tinggi, Anda akan sulit untuk tertidur. 

Keju 
Meskipun keju memiliki kualitas susu yang menenangkan, namun juga mengandung tyramine-senyawa yang terakumulasi melalui proses fermentasi dan penuaan. Tryraimine akan membangunkan otak Anda, tidak peduli meski itu di tengah malam. 

Cokelat 
Siapa yang tidak suka suka chocolate untuk menutup hari-hari Anda yang berat? Namun, makan cokelat bukan yang bagus bila Anda ingin mematuhi waktu tidur Anda. Cokelat memiliki jumlah kafein yang cukup banyak (terutama pada dark chocolate) dan theobromine, senyawa yang dapat meningkatkan detak jantung dan kewaspadaan Anda. 

Kentang goreng 
Hal ini berlaku juga untuk makanan lain yang digoreng. Kandungan lemak yang tinggi dari kentang goreng dan makanan gorengan lainnya, sulit untuk pencernaan Anda, dan dapat mencegah Anda berbaring dengan nyaman untuk tertidur. 

Buah kering
Buah kering seperti kurma, kacang almond dan kacang-kacangan lainnya memang enak dan memiliki kandungan gizi yang tinggi, namun sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur. Tingginya serat dan konsentrasi gula yang kental di kulit keriput mereka membuat buah kering adalah pilihan buruk jika Anda hendak mematikan lampu. 

Es krim
Dua hal yang harus Anda hindari sebelum tidur adalah mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak. Gula karena meningkatkan energi Anda dan lemak karena sulit dicerna. Dan es krim memiliki keduanya. 

Sayuran mentah
Sayuran mentah, terutama seledri dan brokoli sangat sulit dicerna. Setelah Anda mengonsumsinya, perut Anda akan bekerja keras untuk mencernanya. Dan proses ini akan membuat Anda terus terjaga. 

Daging merah
Sayuran, makanan berlemak dan makanan ringan yang kaya serat, sulit dicerna oleh tubuh, begitu pun dengan daging merah. Makanan-makanan ini cenderung berada cukup lama di dalam perut dan membuat Anda tetap berenergi. Padahal bukan itu yang Anda butuhkan untuk rileks. Apa pun makanan dengan banyak protein, akan sulit dicerna. Sebaiknya konsumsilah sesuatu dengan kandungan protein yang lebih moderat seperti yogurt.

Makanan pedas
Makan cabe atau sesuatu yang pedas sangat sebaiknya dihindari sebelum tidur, karena sejumlah alasan. Pertama dapat meningkatkan detak jantung Anda-bukan hal yang baik untuk menenangkan sistem Anda untuk tidur. Selain itu, makanan yang meningkatkan metabolisme seperti ini dapat merangsang indera Anda dan membuat perut Anda terasa panas dan mulas.

Tomat 
Seperti halnya keju, tomat juga tinggi tyramine. Senyawa ini dapat menginduksi norepinephrine-neurotrainsmiter yang dapat merangsang aktivitas otak. Bila ingin pikiran Anda berpacu saat Anda mencoba tertidur, makanlah beberapa tomat.

Semangka
Buah ini memang menggoda dan menghidrasi karena banyak airnya. Alasan inilah yang membuat semangka sebaiknya tidak dimakan sebelum tidur. Karena saat Anda minum banyak air, Anda pasti akan sering ke kamar mandi, setidaknya sekali pada malam hari. Interupsi yang tidak diinginkan ini tentu saja dapat menyebabkan Anda merasa mengantuk dan tidak beristirahat dengan baik. Bisa jadi inilah salah satu alasan Anda merasa lelah di pagi hari. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 


]]>
Tue, 26 Sep 2017 12:00:07 +0700Asupan Makanan dan Diet
Diet General Motor, Berat Badan Turun Dalam 7 Hari https://www.meetdoctor.com/article/diet-general-motor-berat-badan-turun-dalam-7-hari https://www.meetdoctor.com/article/diet-general-motor-berat-badan-turun-dalam-7-hari Sudah melakukan berbagai pola diet, tapi berat badan tak kunjung turun? Jangan gampang menyerah. Masih ada  program diet yang bisa Anda coba, diet General Motor. Nama diet ini memang unik dan sekarang ini sedang trend di kalangan pelaku diet dan pecinta gaya hidup sehat. 

Diet General Motor (GM) bukanlah program baru, telah ada sejak 1985. Awalnya dikembangkan oleh General Motors, bersama dengan Food and Drug Administration dan United States Department of Agriculture, untuk para pegawainya. Awalnya diet ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dengan membuat pekerja lebih sehat. 

Hasil dietnya sangat mengesankan-berat badan turun hingga 5-8 kg hanya dalam seminggu! Para pekerja mengalami peningkatan efisiensi, kepercayaan diri dan energi yang lebih tinggi.  Diet ini termasuk mudah, tidak ada bahan yang rumit atau tuntutan besar pada rutinitas seseorang. 

Bagaimana cara kerja diet GM? 
Pola makan diet ini adalah mengonsumsi kombinasi karbohidrat kompleks, sayuran rendah kalori dan buah-buahan, dan peningkatan asupan air untuk membantu mencapai penurunan berat badan hingga 8 kg hanya dalam tujuuh hari. 

Berikut adalah panduan konsumsi sehari-hari bagi Anda yang ingin mengikuti diet GM. 

Hari ke-1 
-Semua buah-buahan kecuali pisang. Disarankan untuk makan semangka, melon dan blewah. Tapi buah yang lain seperti apel, jeruk, kiwi dan pepaya juga pilihan yang baik. 

-8-12 gelas air 

Hari pertama diet memungkinkan Anda makan sebanyak mungkin buah yang Anda suka. Tidak ada batasan saat Anda bisa makan. Semangka dan melon adalah buah yang direkomendasikan karena seratnya tinggi. Pilihan sehat lainnya termasuk pepaya, apel, dan jeruk. Anda juga harus mengonsumsi 8 sampai 12 gelas air di siang hari.  Jika Anda merasa lapar, Anda bisa makan beberapa buah dan memuaskan keinginan Anda.

Dianjurkan untuk makan beberapa buah apel dan minum beberapa gelas air untuk sarapan pagi. Melon juga merupakan pilihan yang baik; Anda bisa kehilangan sampai 1,5 kg pada akhir hari 1.

Hari ke-2
-Kentang rebus ukuran besar

-Sayuran matang atau mentah. Beberapa pilihan sehatnya adalah wortel, kacang-kacangan, tomat, mentimun, selada dan kol. Hindari minyak dalam mengolah sayuran. Untuk penyedap rasa, Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau mentega, secukupnya, hanya jika benar-benar dibutuhkan. 

-8-12 gelas air 

Sayuran memiliki semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk menopang tubuh Anda. Kentang memiliki karbohidrat, kacang polong memiliki protein, dan wortel serta kacang-kacangan yang penuh dengan serat dan vitamin esensial. 

Hari ke-3
-Semua buah kecuali pisang

-Sayuran rebus atau mentah (kecuali kentang) 

-8-12 gelas air

Pada hari ketiga, tubuh Anda akan hampir menyesuaikan diri dengan diet baru. Setelah seharian makan hanya sayuran, buah bisa jadi penyegar. Ini juga akan menggabungkan manfaat dari kedua buah dan sayuran, dan memberi Anda serat, nutrisi, dan protein tinggi.

Hari ke-4
-8-10 buah pisang

-3-4 gelas susu

-8-10 gelas air

Disarakan untuk makan delapan buah pisang sepanjang hari yang dimakan pada pagi, siang dan malam hari, serta sebagai kudapan. Selain itu, konsumsi segelas besar susu, tiga kali, sekali masing-masing saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika ini menjadi monoton, Anda juga bisa memasukkan semangkuk sup. 

Hari ke-5
-6 buah tomat

-1 porsi beras merah

-12-15 gelas air

Anda bisa memasukkan sajian ikan atau ayam. Makan 500 gram ayam tanpa kulit yang dipanggang atau digoreng ringan. Gunakan minyak seminimal mungkin. Jangan lupakan 6 buah tomatnya. Untuk mengatasi tingginya jumlah asam urat yang akan diproduksi tubuh, Anda harus meningkatkan asupan air harian Anda sampai 15 gelas.


Hari ke-6
-1 mangkuk nasi merah

-Sayuran matang  atau mentah

-8-12 gelas air

Pada hari ke enam, Anda harus menimbang berat badan Anda dan lihatlah hasilnya. Ini akan memberi Anda motivasi menambahkan untuk menyelesaikan diet yang tinggi. 
Untuk Non-vegetarian: Anda bisa makan sampai 500 gram ayam tanpa kulit dan semua sayuran, tidak termasuk tomat dan kentang. Anda bisa makan ayam / telur atau sup diet GM di pagi hari atau di malam hari.

Hari ke-7
-1 porsi nasi merah

-Sayuran matang atau mentah

-Jus segar

Yeayy! Anda berhasil. Hari ini adalah hari terakhir diet Anda. Anda bisa makan satu porsi nasi merah dan sayuran dalam jumlah tak terbatas. Untuk melengkapi nilai gizi sayura, jus buah tanpa gula harus dikonsumsi setiap habis makan atau ngemil. 

Agar diet ini berhasil, imbangi dengan olahraga secara teratur, seperti joging, jalan kaki, yoga,  dan lainnya. 

Hindari mengikuti diet GM terus menerus. Hal ini akan mengakibatkan kekebalan tubuh, kelemahan otot dan tulang menjadi terganggu, serta memperlambat metabolisme Anda. Diet ini bekerja paling baik bila dilakukan setiap minggu, atau dua minggu sekali. Selamat mencoba. 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf. 


]]>
Tue, 03 Oct 2017 17:54:20 +0700Asupan Makanan dan Diet