Profile
Diabetes

waktu yang tepat meminum glibern saat puasa?

waktu yang tepat meminum glibern saat puasa?
Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Dok saya mau tanya. Di saat puasa untuk penderita diabetes minum obatnya di saat sahur atau berbuka?

Answers

3 answers

  • Selamat pagi Yuanita.

    Apakah glibern itu isinya glibenklamid? Jika iya, maka tidak disarankan untuk meminum obat tersebut saat sahur. Bisa diminum saat berbuka.

    Obat yang baik untuk diminum saat sahur adalah golongan DPP4 inhibitor, seperti saxagliptin, sitagliptin, vidagliptin, linagliptin, dsb.

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Kalau obat darah tinggi sebaiknya di minum kapan?

  • Hallo, Selamat pagi,

    Mengenai frekuensi berapa kali obat itu diminum dalam sehari hal itu tergantung dari jenis dan sifat obat Anti hipertensi yang Anda minum. Jadwal pemeberian obat bertujuan agar kadar obat dalam tubuh (bioavailabilitas) berada pada taraf optimal yang memilik efek terapi. Untuk obat yang diminum 1×1 maka diminum per 24 jam, untuk obat yang diminum 2×1 maka diminum per 12 jam, untuk obat yang diminum 3×1 maka diminum per 8 jam, dan seterusnya.

    Pasien hipertensi yang menggunakan pengobatan tunggal atau obat diminum sekali sehari tidak perlu khawatir dengan adanya perubahan jam minum obat, baik setelah buka atau setelah sahur, karena tidak ada perbedaan yang berarti antara 2 waktu tersebut. Yang terpenting Anda meminum obat dengan durasi 24 jam secara kontinue. Hanya sebagai catatan, propanolol,- -obat untuk tekanan darah tinggi,– lebih baik diserap oleh tubuh jika diminum pada pagi hari dibandingkan jika diminum pada malam hari.

    Bagi pasien yang memiliki jadwal minum obat 2 kali sehari atau lebih menghadapi kendala yang lebih sulit karena distribusi obat dalam darah secara optimal tidak akan bisa tercapai dengan baik. Pasien dengan dosis 2 kali minum dapat meminum obatnya pada saat buka dan sahur. Tetapi karena perbedaan jangka waktu antara sahur-buka dan buka-sahur yang melebihi 12 jam, dosis optimal obat dalam darah sulit tercapai. Terlebih lagi pada pasien dengan dosis 3 kali minum obat, kadar optimal obat dalam darah tidak akan tercapai dengan baik.

    Dalam keadaan ini sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan obat Anti hipertensi untuk Anda. Dokter diharapkan dapat memberikan pilihan pengobatan yang sesuai, yaitu dengan mengubah pilihan obat menjadi dosis 1 kali minum atau memilih jenis/kelas obat lain yang sesuai dengan efek eliminasi yang lebih panjang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma