Profile
Kesehatan Wanita

terlambat datang bulan 2 minggu, tapi hasil tes kehamilan negatif

terlambat datang bulan 2 minggu, tapi hasil tes kehamilan negatif
Jakarta

Selamat malam, dokter. Saya sudah terlambat datang bulan sekitar 2 minggu, biasanya saya teratur datang bulan dengan siklus setiap menjelang akhir bulan. Saya terakhir berhubungan dengan suami saya sekitar 1 bulan yang lalu, karena suami saya bekerja di luar kota. Beberapa hari yang lalu, saya sudah mencoba melakukan tes dengan strip uji kehamilan sebanyak 2 kali dengan menggunakan urin pertama saya di pagi hari, tetapi hasilnya negatif. Kenapa bisa seperti itu ya dok? Apa saya hamil? Tapi kenapa 2x hasil tesnya negatif? Apakah strip uji kehamilan tetap akurat walaupun diuji setelah 7 hari lebih dari terakhir berhubungan? Karena saya melihat petunjuk pada alat tsb menganjurkan untuk melakukan tes 7 hari setelah berhubungan. Apa saja yang dapat menyebabkan terlambat datang bulan, dokter? Terimakasih..

Answers

6 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Dear patient,

    Karena hasil test packnya negatif, maka bisa dipastikan bahwa saat ini ibu sedang tidak hamil. Test pack yang dipakai 14 hari setelah hubungan seksual yang terakhir kali sudah cukup akurat dalam menentukan ada / tidaknya kehamilan.

    Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan haid semacam itu. Salah satu faktor yang memang sering terjadi adalah adanya gangguan / ketidak seimbangan hormon.

    Keterangan lengkap tentang kondisi yang anda alami dapat anda baca di link berikut ini :

    http://meetdoctor.com/topic/amenorrhea

    Terima kasih

  • Tanya dok menyangkut pertanyaan diatas, saya terlambat datang bulan 2 minggu dan banyak tanda-tanda kehamilan seperti Suka buang air kecil, namun hasil Test Pack sudah 3x masih menerangkan negatif,

  • Dok saya terlambat datang bulan saya periksain jg gx hamil saya jg dikch obat primolut n

  • Tp sampai skrng saya jg blm haid

  • Selamat pagi,

    Penyebab gangguan haid selain kehamilan adalah gangguan hormonal yang disebabkan karena stres, depresi, penurunan berat badan secara drastis, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit. Selain itu dapat disebabkan oleh gangguan pada organ reproduksi, efek penggunaan kontrasepsi atau penggunaan obat-obatan.

    Gangguan haid seperti ini biasanya bersifat sementara dan dapat dikoreksi dengan pola hidup yang sehat. Namun, bila tidak mendapatkn haid selama 3 siklus haid berturut-turut (3 bulan), sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

    Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gangguan haid sebagai berikut:
    1. Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang
    2. Menghindari aktivitas fisik yang berlebihan
    3. Kelola stress dengan baik
    4. Olahraga teratur
    5. Menjaga keseimbangan berat badan
    5. Menghindari minuman alkohol dan rokok

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    Terlambat haid atau menstruasi tidak selalu berkaitan dengan kehamilan.

    Telatnya menstruasi dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena kelelahan atau banyaknya aktivitas, stres, kurang istirahat, pola hidup tak teratur, pola makan tak sehat yang bisa mempengaruhi hormon, dan sebagainya.

    Namun jika siklus menstruasi Anda memang tidak teratur, maka bukan hal yang aneh jika saat ini Anda mengalami keterlambatan haid.

    Siklus menstruasi dikatakan normal jika berada pada rentan 21-35 hari dengan lama sekitar 3-7 hari. Siklus haid yang di bawah maupun lebih dari 35 hari, dapat dikatakan siklus yang tidak teratur.

    Namun jika siklus Anda masih berada di rentang tersebut, maka tentunya masih dapat dikatakan siklus yang teratur. Adanya kemajuan dan kemunduran jika berada pada rentang tersebut, merupakan hal yang normal dan merupakan suatu variasi saja.

    Jika Anda telah melakukan test pack dan hasilnya negatif, maka bisa saja dikatakan telatnya haid bukan karena kehamilan. Sehingga disarankan untuk Anda merilekskan diri, konsumsi makanan sehat, perbanyak minum air putih 8 gelas per hari.

    Jika Anda sedang melakukan program kehamilaan atau ingin segera hamil, lakukanlah hubungan intim dengan suami saat masa subur sehingga akan meningkatkan kemungkinan Anda untuk hamil.

    Biasanya perdarahan pada tahap awal kehamilan merupakan flek yang hanya berlangsung dalam 1 - 2 hari saja dan tentunya flek tersebut hanya bersifat bercak dan tidak banyak seperti perdarahan saat haid.

    Jika anda menggunakan pembalut dan mengeluarkan darah dalam jumlah yang banyak dan darah tersebut keluar lebih dari 2-3 hari, maka tentunya anda mengalami menstruasi dan apalagi datangnya tepat di saat memang seharusnya jadwal bulanan menstruasi anda berada.

    Jika anda sudah menstruasi, maka tentunya tidak ada kehamilan yang terjadi.

    Untuk informasi lebih lanjut, dapat anda buka link berikut ini :

    http://meetdoctor.com/article/8-penyebab-siklus-menstruasi-tak-teratur
    http://meetdoctor.com/article/flek-saat-kehamilan-berbahayakah

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil?