Profile
Menstruasi

Telat menstruation karena obat pelangsing?

Telat menstruation karena obat pelangsing?
Jakarta Barat, West Jakarta City, Special Capital Region Of Jakarta, Indonesia

Dok, saya nana 20thn, single. Dok selama Ini saya melakukan diet agar tubuh saya menjadi ideal. Setiap Pagi saya konsumsi jus lemon Tanpa gula sebelum aktifitas, mengurangi makan karbohidrat Dan di tambah obat pil pelangsing. Kurang lebih 2bulan, tapi sempat berhenti selama seminggu. Namun, baru kali Ini saya telat datang bulan sampai 2minggu. Apakah ada pengaruh nya karena mengonsumsi obat pelangsing? Berbahaya? Bagaimana solusi nya dok?

Answers

5 answers

  • Selamat malam nana

    Terjadinya menstruasi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu sebagai berikut:
    - kondisi hormonal dalam tubuh
    - asupan makanan dan nutrisi
    - kondisi psikis emosional
    - berat badan tubuh

    Interaksi dari berbagai macam hal tersebut berkontribusi terhadap terjadinya menstruasi. Keterlambatan haid yang anda alami bisa jadi karena faktor-faktor tersebut, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada pula pengaruh dari obat-obatan pelangsing yang anda konsumsi. Kandungan yang ada di dalam obat bisa saja mempengaruhi hormon dalam tubuh sehingga jadi telat haid. Selain itu pada pasien yang terlalu kurus, diet berlebih, anoreksia atau bulimia nervosa ada pula ditemukan kasus yang mengalami gangguan menstruasi. Sebaiknya anda melakukan diet sehat dan tidak berlebihan. Apabila keterlambatan haid terjadi hanya sesekali maka anda tidak perlu khawatir, akan tetapi bila terjadi berulang kali dan interval menstruasinya lama bisa beberapa bulan tidak haid maka sebainya periksa ke dokter.

    Terimakasih

  • Apakah diet yang sehat itu dengan tidak makan Nasi atau mengurangi karbohidrat Dan mengurangi makanan berlemak serta santan?

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat malam
    Diet yang sehat untuk menurunkan berat badan tidak dilakukan dengan menghentikan konsumsi nasi (karbohidrat), karena tubuh perlu asupan karbohidrat setiap harinya. Konsumsi karbohidrat porsinya dapat dikurangi atau dengan mengganti sumber karbohidrat dengan nasi merah, roti gandum yang memiliki kandungan serat lebih tinggi sehingga membuat rasa kenyang menjadi lebih lama. Selain itu, kurangi konsumsi lemak, tingkatkan konsumsi protein, sayur dan buah (serat ), konsumsi air putih yang cukup 2 L perhari, hindari konsumsi minuman bersoda. Pada pagi hari sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang (karbohidrat, protein, lemak, vitamin), karena dalam menjalankan aktivitas diperlukan kebutuhan kalori yang cukup. Jadi jika hanya mengonsumsi jus lemon tanpa gula anda akan cepat lelah, mudah lapar, konsentrasi terganggu, bahkan dapat meningkatkan asam lambung.
    Dalam menjalankan program diet, selain kontrol makanan diperlukan aktivitas fisik (Olahraga) rutin 2-3 kali seminggu selama 30-60 menit setiap kalinya, olahraganya dapat berupa senam aerobik, jogging. Selain itu, sebaiknya hindari konsumsi obat pelangsing. Dengan kontrol makanan dan melakukan aktivitas fisik akan dapat membantu anda dalam mendapatkan berat badan ideal dengan kondisi tubuh yang sehat dan fit.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat

  • Dok sekarang saya sudah menstruasi tetep darah yang keluar dikit Dan ada cairan bening seperti keputihan, apakah itu wajar dok?

  • Selamat siang vanessa

    Pada saat awal menstruasi sangat wajar apabila darah yang dikeluarkan masih sedikit yakni berupa flek darah kecoklatan atau darah merah yang sedikit berlendir. Hal tersebut masih tergolong wajar.

    Terimakasih sudah menggunakan layanan meetdoctor.com. Semoga jawaban yang diberikan bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Demam bisa muncul menyerang tiba-tiba. Kenali berbagai penyebabnya dan efek sampingnya berikut ini. Demam, Ini Sebabnya Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja