Profile
Myopia

tayangan televisi dan kesehatan mata

tayangan televisi dan kesehatan mata
Jakarta

selain jarak dan waktu konsumsi, apakah ada pengaruh lain menonton tayangan televisi terhadap kesehatan mata? misalnya besarnya layar atau resolusi gambar? terima kasih

Answers

2 answers

  • Tentunya jika layar terlalu besar, dan menonton layar tersebut dalam jarak dekat. Juga dapat berpengaruh.

  • Dr. Artha Latief, SpM Dr. Artha Latief, SpM Spesialis Mata

    Rata-rata ketajaman penglihatan manusia adalah satu arcminute. Tajam penglihatan terkecil yang masih mungkin adalah sebesar 0.4 arcminute.

    Catatan :

    1 arcminute adalah sebuah unit pengukuran angular yang setara dengan 1/60 dari satu derajat. Satu derajat didefinisikan 1/360 dari sebuah rotasi. Arcminute digunakan sebagai unit yang digunakan untuk mengekspresikan sudut-sudut kecil seperti pada astronomi, optometri, oftalmologi, optik, dan navigasi.

    Rentang resolusi yang dapat dilihat oleh mata kita adalah antara 0.4 - 1 arc minute
    Sebuah hal yang harus diperhatikan, besar ukuran pixel akan bervariasi sesuai dengan jaraknya dari mata kita.

    Kemampuan jarak fokus terdekat pada orang dewasa normal adalah sekitar 4 Inchi / kurang lebih 100 mm.

    Besarnya resolusi pixel/dot pada 0.4 arc minutes adalah sebesar 0.0116 mm atau 11.6 mikron dan pada 1 arc minute adalah sebesar kurang lebih 29 mikron

    Satu inchi kurang lebih sama dengan 25.4 mm. Sehingga banyaknya pixel yang muat dalam 1 inchi

    pada 0.4 arc minutes = 2190 ppi (dpi) dan pada 1 arc minute = 876 ppi (dpi)

    ppi = pixel per inch. dpi = dot per inch

    Jadi resolusi maksimum yang dapat dilihat oleh mata orang dewasa normal yang sehat pada media digital atau media cetak, pada jarak 4 inchi / 100 mm dari mukanya adalah sekitar 2190 ppi/dpi.

    Umumnya ukuran piksel yang dipakai adalah sebesar 876 ppi/dpi pada jarak 4 inchi / 100 mm pada pemeriksaan tajam penglihatan.

    Mengenai Resolusi TV.
    Kebanyakan TV LCD dan LED layar lebar mempunyai resolusi sebesar 50 ppi hingga 90 ppi (rata-rata 72 ppi).

    Pada umumnya seseorang menonton TV pada jarak 6 kaki / 1.83 meter. Maka dengan mengambil rentang kemampuan penglihatan mata berdasarkan 0.4 arcminute - 1 arcminute, dimana ppi yang dibutuhkan pada 0.4 arcminute = 120 ppi, dan pada 1 arcminute = 50 ppi.

    Maka sebuah TV 50 inchi dengan resolusi 1920x1080 [ dengan 100ppi pada jarak 1.83m (LCD/LED ] akan menimbulkan gambar yang tajam dan enak dilihat karena berada dalam rentang 50 - 120 ppi tersebut.

    Resolusi yang lebih tinggi dari 120 ppi tidak akan berpengaruh banyak, karena mata pada jarak 1.83 meter (jarak rata-rata menonton TV) tidak akan dapat dengan jelas membedakan dengan resolusi 120 ppi tersebut.

    Semoga informasi ini dapat bermanfaat



    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Myopia ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur