Profile
Bayi

suntik bcg pada bayi

suntik bcg pada bayi

dok saya mau tanya. kn biasanya klo bayi suntik BCG pasti meninggalkan bekas. bagaimana setelah suntik tidak ada bekas. apakah harus di ulang lagi dan apa yang menyebabkan bayi yang telah di suntik BCG tidak terdapat bekas? mksh bnyk atas penjelasannya.

Answers

1 answers

  • Selamat pagi Ibu

    Idealnya suntikan BCG memang berbekas karena penyuntikannya dilakukan di kulit (istilahnya adalah intradermal atau intrakutan). Setelah beberapa minggu (biasanya sekitar 6 minggu), penyuntikan vaksin BCG akan menimbulkan bisul di lokasi penyuntikan. Bisul tesebut akan pecah dan mengeluarkan cairan seperti nanah.

    Mengenai imunisasi BCG yang tidak berbekas ada berbagai kemungkinannya, antara lain: penyuntikannya yang terlalu dalam, tidak intra kutan, sehingga bisul yang timbul setelah suntikan tidak terlihat dan tidak meninggalkan bekas, zat vaksinasinya, ataupun memang tubuh anakmu tidak bereaksi dengan pemberian vaksin BCG.

    Bila imunisasi BCG tidak menimbulkan bekas jaringan parut, hal ini tidak masalah. Vaksin tetap bisa memberi proteksi terhadap terjadinya TB berat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Bayi ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja