Profile
Menstruasi

suklis menstruasi tidak lancar

suklis menstruasi tidak lancar
Bandung

Selamat Sore dok, saya 2x keguguran. Keguguran pertama saya dikiret dan tidak minum obat pil KB, haid saya berjalan lancar. Keguguran kedua bulan agustus 2015 saya minum obat saja dan minum pil KB selama satu bulan. Setelah itu haid saya mulai tidak teratur. Oktober 2016 saya haid tgl 28, bln November nya saya tidak haid, Desember saya haid tgl 5, dan sampai tgl 11 januari saya blm haid jg. saya sedang program hamil, dokter SPog saya mengatakan rahim saya bagus, test darah jg bagus saya hanya diberikan obat untuk sel telur saja, nanti pas saya haid pertama baru dikasih obat penyubur. Apa Pil KB yang saya minum tahun kemarin masih berpengaruh atau karna saya minum obat bukan di kiret, apakah saya bisa cepat mempunyai anak jika menstruasi saya tidak teratur dan bagaimana agar menstruasi saya kembali normal seperti dulu (paling telat mes sehari-dua hari saja). Mohon penjelasannya. Terimkasih.

Answers

1 answers

  • Selamat sore

    Siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda ada yang teratur dan ada yang tidak teratur. Rata-rata siklus menstruasi yang normal adalah 21-35 hari dengan lama menstruasi 3-7 hari. Wanita yang memiliki siklus haid yang teratur sekalipun terkadang mengalami haid yang maju atau mundur. Ketidakteraturan menstruasi ini bisa disebabkan karena pengaruh hormonal, akibat lepas kb hormonal, penggunaan pil kontrasepsi darurat, penggunaan obat-obatan hormonal misalnya karena pasca keguguran, pengaruh makanan, stres emosional. Semuanya bisa berkontribusi menyebabkan anda tidak teratur haid.

    Pada wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur maka kehamilan tetap bisa terjadi, anda tidak perlu khawatir. Akan tetapi anda sudah berencana program hamil dan konsultasi ke dokter di mana keputusan itu adalah keputusan yang baik. Anda bisa mengikuti instruksi dari dokter anda. Bila menstruasi anda tidak teratur maka anda dapat melakukan hubungan seksual saat masa subur untuk memperbesar kemungkinan memperoleh keturunan. Anda dapat mengenali masa subur dari gejala-gejalanya yaitu mengeluarkan lendir bening dari vagina yang konsistensinya mirip seperti putih telur dan bila diregangkan tidak mudah putus, anda dapat melakukan hubungan seksual saat itu sehingga kemungkinan kehamilan lebih besar.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil? Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi