Profile
Kanker Serviks

Selamat malam dokter, saya mau bertanya soal keputihan

Selamat malam dokter, saya mau bertanya soal keputihan
Kupang

saya mengalami keputihan dan sudah berobat ke dokter kandungan. saya dikasi obat Floragyn, flucoral, cetirizine, dan lactacyd utk cebok. tp stlah itu keputihan saya berkurang dan tidak banyak lagi. tp msh keluar apalagi ketika akan haid. bayang2 tentang kanker serviks membuat sy takut. tp waktu di USG keadaan uterus dan adneksa saya normal dan baik kata dokter. saya hrs bagaimana dok spaya bsa tau sy bebas kanker serviks atau tidak. apakah hx dg usg cukp?

Answers

5 answers

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat malam,
    Obat Keputihan dihabiskan dulu, setelah itu kontrol lagi ke dokter anda.

    Kanker serviks merupakan jenis kanker yang terjadi pada sel-sel di serviks (leher rahim). Kebanyakan kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak menimbulkan gejala. Tanda dan gejala pada tahap lanjut dari kanker serviks diantaranya:

    -adanya perdarahan dari vagina setelah berhubungan, di antara periode menstruasi, atau setelah menopause
    -nyeri panggul atau nyeri saat berhubungan seksual
    -keluar cairan dari vagina yang berbau tidak enak, dapat mengandung darah

    Tes skrining untuk kanker serviks yaitu dengan pap smear, untuk mengetahui adanya sel abnormal pada serviks, termasuk sel kanker maupun sel yang mengalami perubahan yang meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks. Selain itu dapat dilakukan dengan tes DNA HPV. Jika diduga kanker serviks, dokter akan melakukan pemeriksaan serviks dengan kolposkop dan mengambil sampel sel serviks untuk dilakukan biopsi pada laboratorium. Keputihan yang normal berwarna bening hingga keputih-putihan, tidak berbau, dan tidak menimbulkan gatal. Keputihan dengan gejala berbeda biasanya disebabkan karena infeksi, jamur, bakteri, maupun parasit.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

  • Dokter sya blm pernah melakukan hubungan seksual. wkt itu smpat saya konsultasikan ke dokter ttg ketakutan saya. dokter saya bilang kanker serviks menyerang wanita yg sdah menikah dan prnah melakukan hub seksual.

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat malam,
    Gejala kanker serviks tidak selalu bisa terlihat dengan jelas, bahkan ada kemungkinan gejala tidak muncul sama sekali. Sering kali, kemunculan gejala terjadi saat kanker sudah memasuki stadium akhir. Oleh karena itu, melakukan pap smear secara rutin sangat penting untuk ‘menangkap’ sel pra-kanker dan mencegah perkembangan kanker serviks.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

  • Saya mau bertanya tentang radang di rahin

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat malam,
    Radang serviks atau yang disebut dengan sevisitis merupakan keadaan dimana serviks atau leher rahim mengalami peradangan. Pada umumnya radang serviks ini tidak menimbulkan gejala sehingga jarang terdeteksi. Namun pada keadaan radang yang berat dapat terjadi perdarahan dari vagina di luar masa menstruasi, nyeri dan berdarah saat berhubungan seksual, dan adanya keputihan. Ada beberapa keadaan yang bisa menyebabkan radang serviks ini antara lain:

    - Penyakit menular yang bisa disebabkan oleh virus seperti herpes atau bakteri seperti gonore, dll
    - Reaksi alergi seperti alergi pada alat kontrasepsi , pembersih organ intim, dll
    - Pertumbuhan bakteri yang banyak pada vagina

    Pengobatan yang diberikan akan sangat bergantung padapenyebab radang yang terjadi. Jika peradangan disebabkan oleh bakteri maka dokter akan memberikan antibiotik namun jika disebabkan oleh virus maka dokter akan memberikan pengobatan untuk virus. Penyakit ini bisa sembuh namun diperlukan ketekunan untuk mengkonsumsi obat-obatan, melakukan kontrol dengan dokter setelah obat habis .

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Serviks ?
Ask Doctor
Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil?