Profile
Hamil

saya sedang hamil 4 bulan bolehkah berhubungan dengan kondom?

saya sedang hamil 4 bulan bolehkah berhubungan dengan kondom?

Dok saya mau bertanya, saya kan sedang hamil 4 bulan, nah stlh hamil saya hanya petting sama suami karena takut sperma masuk/berbahaya kalau penis terlalu dalam menancap. Amankah kalau suami saya menggunakan kondom lalu penisnya masuk ke dalam? Makasih banyak dokter

Answers

3 answers

  • Selamat malam dandelion

    Sebenarnya masih tergolong aman bila Anda melakukan hubungan seksual selama kehamilan asalkan kehamilan Anda sehat dan dilakukan dengan nyaman. Terkadang karena kondisi perut yang membesar menyebabkan seperti ada yang mengganjal sehingga tidak nyaman saat berhubungan seksual, sehingga yang penting adalah berkomunikasi dengan pasangan anda dan menentukan posisi berhubungan yang nyaman.

    Berhubungan seksual yang aman bisa menggunakan kondom agar saat risiko infeksi dapat berkurang, selain itu hubungan seksual lewat dubur tidak dianjurkan karena risiko infeksinya lebih besar.

    Namun demikian, ada hal yang perlu Anda ingat. Melakukan hubungan seksual saat usia kehamilan trimester pertama mungkin lebih berisiko karena janin masih rentan, akan tetapi bila sudah melewati trimester pertama maka cukup aman. Bagaimanapun janin sudah memiliki selaput ketuban yang cukup kuat melindungi janin. Orgasme bisa memicu pelepasan prostaglandin yang secara teori bisa menyebabkan kontraksi. Pada usia kehamilan akhir trimester ketiga, seks mungkin jadi menyakitkan karena bisa menginduksi kontraksi sehingga bisa memicu persalinan.

    Hal -hal lain yang menyebabkan seks berisiko tidak aman dilakukan adalah jika Anda memiliki kondisi:
    1. Plasenta previa, kondisi di mana plasenta menutupi seluruh atau sebagian serviks. Ketika penis menyentuh serviks atau Anda mendapat orgasme, ini dapat membuat trauma plasenta dan pendarahan.
    2. Pendarahan vagina
    3. Ketuban pecah. Jika ini terjadi, bayi Anda tidak lagi terlindung dari infeksi.

    Terimakasih

  • dok saya mau tanya, usia pernikahan saya sudah 2 thn tp belum mempunyai anak dan pada saat memasuki 2 tahun pernikahan tersebut saya hamil. tetapi diusia 3 bulan kehamilan, saya usg kedokter kandungan ternyata janin yg saya kandung tidak berkembang dengan baik tidak terlihat titik pembuluh darah dan disebalah kiri terdapat kista ukuran sudah 8 cm sehingga dokter menyarankan untuk segera diopersi kista tersebut dan janin juga dikuret. pertanyaan saya, apakah setelah opersi pengangkatan kista dan kuret janin saya bisa hamil lagi ?? dan waktu yang baik jika hamil pasca operasi tersebut? terima kasih.

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat sore,
    Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi untuk mengurangi kemungkinan timbulnya kista baru. Operasi yang dilakukan bukan operasi besar, seharusnya setelah 2-5 minggu setelah operasi sudah dapat terjadi pembuahan dan kehamilan bila memang hubungan intim dilakukan pada masa subur.

    Namun, Ada beberapa jenis kista ovarium yang memang dapat mengganggu kesuburan, namun tidak selalu terjadi dan sebagian besar jenis kista ovarium tidak menyebabkan gangguan kesuburan (masih bisa hamil). Terdapat beberapa jenis kista ovarium:
    Kista ovarium yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan adalah:
    -Endometriosis
    -PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

    Kista ovarium yang tidak menyebabkan gangguan kesuburan:
    -Kista fungsional
    -Kistadenoma
    -Kista dermoid

    Perlu dikontrolkan lagi ke dokter spesialis kandungan anda terkait hal ini.

    Sedangkan, untuk kuret. Setelah darah berhenti dan rahim kembali ke semula segera bisa hamil lagi. Kira Kira 1-2 minggu.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Lupus adalah penyakit auto imum yang memiliki beberapa gejala seperti persendian bengkak, demam dan kelelahan. Ini yang Perlu Anda Tahu Tentang Lupus, Penyakit yang Diderita Selena Gomez