Profile
Kehamilan Ektopik

Sakit Perut Sebelah Kiri Sampai Pinggang Belakang

Sakit Perut Sebelah Kiri Sampai Pinggang Belakang

Dok saya mau tanya, kmrin sya tahan kencing dok lama banget, knpa prut saya bagian bawah sakit ya dok, smpe skrng sakit trus, itu knpa dok. Apa ada faktor dri saya nahan kencing ya

Answers

2 answers

  • Selamat sore pury ratarasya

    Kebiasaan menahan kencing merupakan kebiasaan yang tidak baik. Sangat tidak disarankan untuk menahan kencing karena lebih rentan untuk terjadinya infeksi saluran kencing, jadi apabila kandung kemih sudah penuh, sebaiknya urine dikeluarkan saja. Semakin lama menahan kencing, kandung kemih menjadi tempat bersarangnya bakteri. Bakteri inilah yang dapat menyebabkan infeksi saluran kencing yang dapat menyebar ke atas sampai ke ginjal bila tidak diatasi.

    Gejala-gejala infeksi saluran kencing yaitu kencing yang sering namun sedikit, anyang-anyangan, nyeri atau terasa panas atau perih saat kencing, demam, nyeri suora simfisis atau perut bawah, nyeri pinggang, bisa sampai ada darah pada kencing. Sebaiknya anda banyak mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari karena air putih dapat membantu eliminasi bakteri melalui kencing, namun kencing tidak baik ditahan-tahan harus segera dikeluarkan, bila keluhan tidak membaik maka anda dapat menemui dokter agar dilakukan terapi misal pemberian antibiotik khusus dan analgetik.

    Terimakasih

  • Salam sehat,

    Sebagai tambahan, Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang mengenai sistem saluran kemih, seperti ginjal, kandung kemih, serta uretra.

    Secara umum infeksi saluran kemih dibagi menjadi dua, yaitu infeksi saluran kemih bagian atas dan infeksi saluran kemih bagian bawah:
    1. Infeksi saluran kemih bagian atas, pada umumnya menyerang dan menimbulkan infeksi padaorgan ginjal.
    2. Infeksi saluran kemih bagian bawah, pada umumnya menyerang pada bagian kandung kemih dan uretra.

    Gejala yang ditimbulkan pada ISK bagian bawah antara lain:
    - Rasa panas atau nyeri saat kencing
    - Terasa ingin kencing terus tapi keluarnya hanya sedikit-sedikit (anyang-anyangan)
    - Air kencing (urin) berdarah
    - Urin keruh
    - Urin bau menyengat
    - Nyeri di bawah pusar

    Sedangkan, gejala ISK bagian atas meliputi:
    - Rasa sakit dan nyeri di punggung atas dan samping
    - Demam
    - Menggigil
    - Mual dan atau Muntah

    Lakukanlah pemeriksaan ke dokter bila mengalami gejala infeksi saluran kemih. Dokter biasanya akan memberikan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab serta analgetik untuk menghilangkan rasa sakit.

    Berikut tips untuk mencegah Infeksi saluran kencing :
    - Minum air yang banyak. Lebih sering buang air kecil akan membantu saluran kencing menjadi lebih sehat. Bakteri di saluran kencing dan sekitarnya akan terbuang bersama dengan urine.
    - Bersihkan vagina dari depan ke belakang, untuk mencegah masuknya bakteri ke vagina. Jangan remehkan kebersihan alat kelamin.
    - Hindari kebiasaan menahan kencing.
    - Hindari penggunaan sabun pembersih khusus vagina, karena dapat membuat uretra dan vagina iritasi.

    Berikut terdapat artikel terkait :
    http://meetdoctor.com/article/infeksi-saluran-kemih

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga membantu.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi