Profile
Menstruasi

Sakit Perut saat menstruasi

Sakit Perut saat menstruasi
Bekasi

dok, kenapa saat menstruasi perut bagian bawah saya terasa begitu nyeri dan sakit sekali, apa kah ada obat atau pun cara untuk bisa mengurangi rasa sakit nya. Terima Kasih

Answers

5 answers

  • Dr. Anthony Evans Dr. Anthony Evans Dokter Umum

    Nyeri dapat terjadi karena kontraksi otot (otot polos) dari dinding uterus/rahim karena ingin meluruhkan lapisan endometrium pada dinding rahim sebelah dalam. Obat untuk mengurangi nyeri tersebut ada. Anda boleh coba mengkonsumsi parasetamol (panadol (R)) 500 mg 3 x 1 tablet, bila tidak hilang bisa mengkonsumsi obat yang mengandung papaverine dan extract belladona dan antalgin seperti SPASMINAL (R) bila terasa nyeri lagi.

  • jadi bisa dengan konsumsi obat itu ya dok.

  • Dr. Anthony Evans Dr. Anthony Evans Dokter Umum

    Bisa

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Yaa, kemungkinan itu adalah endometriosis. Bisa minum obat Asam Mefenamat/Mefinal 500 mg 3x1 utk hilangkan nyeri saat haid.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    nyeri haid disebut dismenore. Nyeri itu ada yang ringan dan samar-samar, tetapi ada pula yang berat, bahkan beberapa wanita sampai pingsan karena tidak kuat menahannya.

    Penyebab nyeri haid bisa bermacam-macam, bisa karena suatu proses penyakit (misalnya radang panggul), endometriosis, tumor atau kelainan letak uterus, selaput dara atau vagina tidak berlubang, dan stres atau kecemasan yang berlebihan. Akan tetapi, penyebab yang tersering nyeri haid diduga karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal dan tidak ada hubungan dengan organ reproduksi.

    Nyeri haid dapat dibagi dua jenis, yaitu:

    1. Nyeri haid primer
    Nyeri haid yang timbul sejak haid hari pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu, dengan lebih stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah menikah atau melahirkan.
    Nyeri haid primer ini adalah sesuatu hal yang normal, namun dapat berlebihan apabila dipengaruhi oleh faktor fisik dan psikis seperti stress, shock, penyempitan pembuluh darah, penyakit yang menahun, kurang darah, kondisi tubuh yang menurun, atau pengaruh hormon prostaglandine. Gejala ini tidak membahayakan kesehatan.

    2. Nyeri haid sekunder
    Nyeri haid ini biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada penyakit yang datang kemudian. Penyebabnya adalah kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan, atau bisa karena kelainan kedudukan rahim yang menetap.
    Ada juga yang disebut dengan endometriosis, yaitu kelainan letak lapisan dinding rahim yang menyebar keluar rahim, sehingga apabila menjelang menstruasi, pada saat lapisan dinding rahim menebal, akan dirasakan sakit yang luar biasa. Selain itu, endometriosis ini juga bisa mengganggu kesuburan.

    Untuk mengatasi Dysmenorrhea (lebih tepatnya, untuk mengurangi rasa nyeri) dapat dikelompokan menjadi 2 cara, yaitu non-obat dan obat.

    Non-Obat
    diketahui bahwa olahraga teratur mampu mengurangi rasa nyeri. Tampaknya, olahraga mampu meningkatkan aliran darah ke organ rahim sehingga gangguan aliran darah yang disebabkan oleh Prostaglandin dapat dikurangi. Olahraga juga mampu meningkatkan relaksasi seseorang sehingga meningkatkan ambang batas terhadap nyeri tersebut. Disamping berolahraga, tidur yang cukup dan latihan relaksasi juga berperan dalam menjaga aliran darah serta meningkatkan ambang batas nyeri wanita.

    Obat
    Pada beberapa kasus Dysmenorrhea, pemberian obat penekan rasa nyeri golongan NSIOs (seperti Ibuprofen, Aspirin, Paracetamol, Asam Mefenamat, dll) dirasa cukup untuk mengatasi Dysmenorrhea. Mengonsumsi 2-3 tablet tersebut dalam sehari masih dikatakan dalam dosis yang wajar.

    Anda dapat mencoba kedua cara diatas untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang Anda alami, sehingga aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan. Bila masih terus berlanjut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mencari tau, kemungkinan adanya gangguan pada organ reproduksi Anda yang menyebabkan rasa nyeri tersebut tidak teratasi.

    Yang menjadi pertimbangan seorang wanita perlu berkonsultasi ke dokter terkait dengan nyeri haid yang dialaminya:
    1.Timbul rasa nyeri hebat, apalagi kalau rasa nyeri tersebut semakin lama semakin hebat.

    2.Jika darah menstruasi yang keluar sangat berlebihan, dan dalam jangka waktu yang lama.

    3.Muncul noktah darah (spotting) antara dua daur menstruasi atau warna darah tidak seperti biasanya, misalnya lebih kecoklatan atau malah merah segar.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan nyeri kepala berdenyut yang umumnya hanya mengenai satu sisi kepala saja. Meski demikian, lama-kelamaan rasa sakit tersebut dapat menyebar ke dua sisi kepala. 5 Tanda Migrain yang Perlu Diwaspadai Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan nyeri kepala berdenyut yang umumnya hanya mengenai satu sisi kepala saja. Meski demikian, lama-kelamaan rasa sakit tersebut dapat menyebar ke dua sisi kepala. 5 Tanda Migrain yang Perlu Diwaspadai