Profile
Kesehatan A-Z

sakit dada kiri atas

sakit dada kiri atas
Jakarta

Selamat pagi dok, sy mau tanya dada kiri atas sy sakit bget dok smpe ke tulang pundak belakang, apalagi kalo tdr dgn posisi miring sakit bget dok. Smpe kalo sy tarik nafas jg terasa sesak dan skt dada sy dok. Sy memang perokok dok. Pertanya'an sy apa itu ciri2 skt jantung ya dok. Makasih

Answers

4 answers

  • selamat pagi dik,sya mau tnya dada sebelah kiri saya sering nyeri smp sesak nafas,dan buat gerak sdikit sja jg sakit,sya sdh EKG tp hasilnya normal saja...pertanyaan saya apa itu gejala jantung ya dok,terima kasih

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Dear Yulia,

    Nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, tidak selau berasal dari jantung, bisa juga disebabkan dari paru-paru, lambung, atau tulang dan persendian di daerah dada. Hal ini dapat terjadi terutama bila anda berusia muda (kurang dari 40 tahun).

    Apabila gejala nyeri dada hanya muncul saat tidur miring atau posisi membungkuk maka gejala ini mengarah ke diagnosis adanya peradangan pada saraf di daerah iga (intercostal neuritis), kemungkinan diagnosis yang lain adalah peradangan rongga pleura (pleuritis), dan masalah pada persendian iga (costochondral syndrome/ costo-chondritis).

    Apabila masalahnya hanya terletak pada masalah persendian dan otot di dada. Obat anti nyeri seperti ibuprofen (3 x 200 mg) per hari disertai dengan kompres hangat (hot packs) selama kurang lebih 10 menit dan pemijatan di otot dada/ bagian yang sakit biasanya sudah dapat membantu meredakan nyeri.

    Apabila hal di atas tidak membantu, maka saya sarankan anda untuk memeriksakan diri guna mencari tahu penyebab nyeri dada tersebut. Biasanya dokter akan melakukan EKG (elektrokardiografi) dan rontgen dada untuk memeriksa apakah nyerinya berhubungan dengan masalah jantung dan paru atau tidak.

    Demikian semoga membantu, Terima Kasih.

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Dear Anne,

    Apabila EKG hasilnya normal, maka hampir dapat dipastikan bahwa tidak ada masalah gangguan jantung. Anda tidak perlu khawatir.

    Terima kasih

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Keluhan nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai kondisi sehingga sangat penting untuk mengidentifikasi berdasarkan gejala apa saja yang muncul sehingga dapat ditentukan apa sebenarnya penyebab nyeri dada sebelah kiri yang Anda alami dan apakah itu perlu penanganan medis secepatnya atau tidak.

    Berikut ini beberapa gangguan yang dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri.
    1. Serangan jantung
    Jika sakit dada sebelah kiri karena serangan jantung, Anda akan merasa dada Anda ditekan, diremas, dan muncul rasa berat dalam rongga dada. Tidak jarang diiringi dengan rasa seperti terbakar.

    2. Angina
    Gejala yang dirasakan adalah dada terasa sesak atau rasa sakit tajam seperti kram otot pada dada sebelah kiri. Biasanya terjadi setelah aktivitas fisik yang membuat jantung bekerja lebih keras.

    3. Masalah pada organ pencernaan
    Saat banyak gas yang terbentuk di usus dan tubuh belum mengeluarkan semuanya, gas menjadi menumpuk dan mendorong usus sehingga dapat timbul sakit dada. Kondisi ini biasanya disertai oleh gejala perut terasa kembung dan sering bersendawa. Gangguan saluran pencernaan lain adalah GERD (gastro-esophageal reflux disease), yang mana terdapat aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan. Gangguan asam lambung dapat merusak kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati.

    4. Masalah pada paru-paru
    Infeksi paru dapat menyebabkan peradangan paru (pneumonia) dan selaput di sekitar paru (pleuritis). Salah satu gejala yang dapat terjadi adalah sakit dada di sebelah kiri yang makin terasa saat bernapas dan diiringi dengan batuk atau napas yang terengah-engah.

    5. Stres
    Tidak hanya gangguan fisik, stres juga dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan rasa sesak, segera cari tahu cara mengatasi stres. Kondisi ini dapat diperparah dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, obesitas, atau diabetes.

    6. Cedera
    Cedera fisik pada dada, seperti otot yang meregang atau saraf yang tertekan dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Rasa sakit akibat saraf yang tertekan juga dapat menyebabkan mati rasa pada lengan yang sering kali disalahartikan sebagai serangan jantung

    Nyeri dada kiri pada usia muda, jarang disebabkan oleh masalah pada jantung. Namun dengan banyaknya kemungkinan penyebab nyeri dada sebelah kiri, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan bila keluhan nyeri tidak tertahankan, terus berulang atau berlangsung lama.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?