Profile
Alergi

Rhinitis vasomotor

Rhinitis vasomotor

Dear dokter THT Sy mengidap rhinitis vasomotor di hidung sebelah kiri dan sekarang di dua lubang hidung sy. Sy merasa terganggu dengan adanya rhinitis ini setiap pagi hidung sy berlendir bening dan bersin. Sempat ke dokter THT akan di beri obat sprai dan obat minum. Skrg sy tidak konsumsi lg. Sy sempat minum jamu tradisional untuk mengatasinya. Gejalanya berangsur angsur reda dari bersin dan hidung berlendir. Yg sy tanyakan apakah rhinitis ini bisa di operasi ? Atau menggunakan laser? Apabila di operasi masih bisa kambuh lagi?

Answers

1 answers

  • dr. Fadma Yuliani dr. Fadma Yuliani Dokter Umum

    Selamat pagi dear.
    Rinitis vasomotor adalah suatu keadaan yang tidak diketahui penyebabnya, tanpa adanya infeksi, alergi, perubahan hormonal ( hamil, hipertiroid), riwayat penggunaaan obat-obatan (kontrasepsi, antihipertensi, aspirin, obat tetes hidung).

    Terapi rinitis vasomotor pada dasarnya adalah mengurangi frekuensi kekambuhan dan komplikasi yg mungkin ditimbulkan. Terapi yg ada saat ini konservatif dan bedah. Terapi bedah dimungkinkan bila rinitis vasomotor mengakibatkan gangguan anatomis bentuk rongga dan tonjolan hidung yg istilah medisnya ireversibel. Bila konservatif atau dengan obat2an tergantung derajat buntu hidungnya. Yg paling akhir bisa diberikan obat spray berisi kortikosteroid selama 6 bulan terapi . Bila gagal maka perlu dipikirkan tindakan bedah. Selain itu Untuk mengatasinya, anda sebaiknya berolah raga secara teratur di udara terbuka, terutama saat pagi hari. Dengan berolah raga secara teratur diharapkan sistem vasomotor di hidung kita menjadi lebih baik, daya tahan tubuh meningkat.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan MeetDoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia