Profile
Rambut Uban (Grey Hair)

Rambut Rontok di titik tertentu saja (kerontokan terfokus)

Rambut Rontok di titik tertentu saja (kerontokan terfokus)
Mojokerto, Mergelo, Mojokerto City, East Java, Indonesia

Rambut saya mengalami kerontokan sebesar koin di beberapa tempat dan kerontokan itu dikulit kepalanya halus licin sebesar koin dan ini pernah terjadi sekitar 5tahun lalu berbagai obat penumbuh rambut saya coba namun hasilnya nihil, yg saya tanyakan apa penyebabnya dan apa obatnya atau ke dokter mana yg bisa mengatasi masalah ini

Answers

1 answers

  • Selamat pagi..

    Kerontokan rambut yang berlebihan dapat menyebabkan kebotakan pada kepala. Kondisi ini salah satunya dapat disebabkan oleh alopesia areata, yaitu kerontokan rambut yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang folikel rambut yang merupakan sumber dari pertumbuhan rambut. Penyebabnya tidak diketahui, namun diduga berkaitan dengan faktor genetika dan gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

    Alopesia areata umumnya tidak menyebabkan kebotakan permanen, dan pada sebagian besar kasus rambut dapat tumbuh kembali dalam waktu beberapa bulan. Kendatipun demikian kerontokan rambut dapat terjadi berulang pada area yang lain. Pada sebagian kecil yaitu sekitar 10% kasus dapat pula terjadi kebotakan permanen. Penanganan pada alopesia areata adalah dengan pemberian obat golongan kortikosteroid (baik dalam bentuk injeksi maupun topikal/obat oles), minoxidil, antralin, maupun imunoterapi.

    Namun demikian, perlu diketahui bahwa kerontokan rambut yang berlebihan dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang lain seperti:

    -Infeksi pada kulit kepala, misalnya akibat infeksi jamur atau virus
    -Penyakit autoimun (lupus, lichen planus)
    -Efek samping konsumsi obat-obatan tertentu
    -Anemia berat
    -Hipotiroidisme (hormon tiroid rendah)
    -Penurunan berat badan >9 kg
    -Menderita penyakit kronis
    -Stres psikis
    -Proses kimia di salon (pewarnaan, pengeritingan, pelurusan rambut)
    -Pola gizi yang kurang nutrisi (zat besi, zinc, protein)
    dan sebagainya

    Oleh sebab itu untuk dapat menentukan penanganan yang tepat bagi Anda tentunya terlebih dahulu harus dipastikan penyebabnya.

    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
    Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai kondisi akar rambut dan kulit kepala, serta menganjurkan tes penunjang jika diperlukan (seperti tes darah, biopsi kulit dan sebagainya). Dengan demikian penyebabnya dapat diidentifikasi sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di:
    https://meetdoctor.com/mobile/article/7-penyakit-pemicu-kerontokan-rambut
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Rambut Uban (Grey Hair) ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya