Profile
Kesehatan Mata dan Pengelihatan

Putihnya mata kotor ada bercak coklat coklatnya

Putihnya mata kotor ada bercak coklat coklatnya

Dok... knp ya dg mata saya? Kyak kotor dok putih2nya ada bercak coklat2nya... itu penyebab dri apa ya dok??bahaya tidak??agar putih bersih gimana caranya dok??tp kepandangan gak ngaruh dok normal kalo dibuat lihat...

Answers

1 answers

  • selamat pagi

    Bercak-bercak yang muncul di sekitar mata seperti yang Anda keluhkan bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti:

    1. Conjunctival nevi atau bintik gelap di bola mata yang biasanya muncul saat masa kanak-kanak. Awalnya bercak tersebut berwarna putih atau sedikit gelap, namun saat pubertas dan masa kehamilan, bercak tersebut dapat berubah menjadi kecoklatan.

    2. Complexion-Associated Melanoma (CAM) atau bintik gelap pada bola mata yang biasanya muncul pada orang berkulit gelap. Bintik hitam tersebut dapat meluas dan semakin gelap. Keluhan bisa muncul pada kedua bola mata.

    3. Primary Acquired Melanomas (PAM) atau bintik hitam pada bola mata muncul saat usia 20 tahunan ke atas dan biasanya pada orang berkulit putih. Keluhan hanya muncul pada sebelah mata dan bisa berkembang menjadi suatu keganasan.

    4. Pengaruh obat-obatan tertentu, baik obat tetes mata, oles, maupun yang diminum dapat mempengaruhi perubahan warna pada mata.

    Untuk memastikan apakah mata Anda terkena salah satu dari kondisi di atas, perlu dilakukan pemeriksaan mata secara lengkap. Saya anjurkan, Anda untuk memeriksakan kondisi matanya ke dokter spesialis mata. Selain itu, Anda juga harus menjaga kesehatan mata dengan cara berikut:

    - Mengonsumsi makanan bergizi terutama yang mengandung vitamin C dan E, Zinc, Lutein dan asam lemak omega-3, sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, dan kacang-kacangan.

    - Jangan terlalu lama menatap komputer, usahakan setiap 20 menit untuk melihat ke area sekitar untuk mengistirahatkan mata.

    - Memakai kaca mata hitam saat keluar dari rumah, terutama jika terpapar matahari secara langsung.

    - Tidak merokok

    - Membuang Make up lama

    - Rajin berolah raga

    - Rutin memeriksakan kesehatan mata dengan dokter mata setiap 2 tahun sekali

    Nah, Anda sebaiknya memeriksakan keluhan tersebut pada dokter mata agar dapat dilakukan pemeriksaan mata yang lebih lengkap ya dan juga diberikan terapi atau pengobatan yang sesuai.

    sekian semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mata dan Pengelihatan ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya