Profile
Migrain

Pusing dan mual rasanya pengen muntah

Pusing dan mual rasanya pengen muntah
Jakarta

Dok.... Saya ingin bertanya donk ... Dh 3 hari kpla saya sakit dan mual rasanya pengen muntah ???? Apa krna prkerjaan saya liat handphone trus dn brkendara motor setiap hari ??? Saya sudah priksa k dokter tpi kta dokter lain saya tidak apa-apa .... Saya d beri obat dan vitamin kpla saya tambh sakit dn mual .... Tolong dok ... :'(

Answers

4 answers

  • dr. Andre Sugiyono dr. Andre Sugiyono Dokter Umum

    Selamat pagi,

    Sakit kepala dapat disebabkan banyak hal seperti nyeri kepala tipe tegang, migraine, nyeri kepala kluster, nyeri kepala akibat hipertensi, space occupying lesion (SOL) headache, gejala sakit kepala dari penyakit seperti demam berdarah dan infeksi lainnya dst. Nyeri kepala anda baru berjalan selama 3 hari karena itu kemungkinan penyebabnya adalah penyebab akut. Di manakah nyeri kepala dirasakan? Apakah nyeri kepala memburuk dengan aktivitas? Apakah ada gejala lain di sekitar kepala seperti mata yang pegal, rasa tertekan pada rongga sinus hidung, keluar cairan dari telinga? (bisa merujuk kepada gejala penyakit glaukoma/sinusitis/penyakit infeksi telinga) Apakah nyeri kepala sering dirasakan selama ini di luar 3 hari ini dan semakin bertambah berat? Ada baiknya anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis syaraf apabila obat yang diberikan dokter belum membaik.


    Terima kasih.

  • Sakit kepala mnyebabkan mata saya lelah hanya itu saja dok ...

  • Selamat pagi, Tati

    Apakah selama timbulnya keluhan sakit kepala tsb Anda juga mengalami gangguan pada tajam penglihatan?

    Salah satu penyebab timbulnya sakit kepala antara lain adalah penurunan tajam penglihatan sehingga otot bola mata harus bekerja maksimal agar kita dapat tetap melihat jelas. Untuk dapat menentukannya tentunya diperlukan pemeriksaan tajam penglihatan yang dapat Anda lakukan dengan mengunjungi dokter mata terdekat.

    Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan kesan normal, maka dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk menentukan sumber utama timbulnya keluhan pusing. Jika sakit kepala yang Anda rasakan utamanya dirasakan seperti berputar, maka besar kemungkinan sakit kepala yang Anda rasakan merupakan vertigo. Namun jika sakit kepala yang Anda rasakan hanya dirasakan seperti terikat beban berat, maka besar kemungkinan sakit kepala yang dialami disebabkan oleh kelelahan atau kurangnya istirahat.

    Untuk informasi lebih lengkap, dapat Anda simak pada link berikut : http://meetdoctor.com/mobile/article/10-penyebab-sakit-kepala

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

  • Selamat siang,

    Umumnya, terdapat 2 penyebab sakit kepala yaitu:

    1. Sakit kepala primer: Sakit kepala yang paling banyak dialami orang-orang dan bisa muncul karena stres atau bahkan tanpa pemicu apa pun. Sakit kepala primer, dalam hal ini, tidak menunjukkan adanya masalah medis.
    2. Sakit kepala sekunder: Sakit kepala yang muncul karena adanya penyakit tertentu dalam tubuh yang bisa memicu saraf di otak yang memicu rasa sakit.

    Penyebab sakit kepala primer adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi alkohol, makanan produk daging olahan yang banyak mengandung nitrat (sosis, ham, kornet), stres, postur tubuh yang salah, kurang tidur, atau perubahan pola tidur.

    Berikut ini jenis sakit kepala primer yang perlu Anda ketahui:
    - Tension headache
    Tension headache adalah sakit kepala yang paling umum dan sering kali dianggap wajar. Sakit kepala ini biasanya terasa menekan di bagian depan, puncak, dan kedua sisi kepala. Selain penyebab sakit kepala primer yang telah disebutkan sebelumnya, depresi hingga dehidrasi juga bisa menjadi penyebab sakit kepala jenis tension headache.
    - Sakit kepala sebelah
    Meski jarang terjadi, sakit kepala sebelah atau migrain bisa dialami berulang kali dan membuat penderitanya tak bisa beraktivitas. Rasa sakitnya menusuk di salah satu sisi atau kedua sisi kepala.
    - Cluster headache
    Sakit kepala kluster atau cluster headache adalah sakit kepala yang terjadi di sekitar area salah satu mata. Penderita sakit kepala cluster akan merasa sangat kesakitan.

    Jenis sakit kepala selanjutnya adalah sakit kepala sekunder. Penyebab sakit kepala ini terjadi karena adanya pemicu seperti terlalu banyak minum alkohol, cedera kepala, hingga gegar otak. Beberapa hal lain yang menjadi penyebab sakit kepala sekunder antara lain demam, flu, reaksi alergi, sakit sinusitis. Selain beberapa kondisi medis tersebut, penyebab sakit kepala sekunder adalah efek samping dari konsumsi obat-obatan dan penghilang rasa sakit.

    Dalam pengobatannya, sakit kepala tergantung dari jenis dan penyebabnya. Cobalah untuk meluangkan waktu dengan beristirahat dari segala aktivitas sehingga diharapkan keluhan anda dapat berkurang. Anda dapat pula mengkonsumsi obat yang pereda rasa sakit (analgesik) jika tidak terdapat kontraindikasi. Jika belum ada perubahan, maka ada baiknya kunjungi dan periksakan kesehatan anda kepada dokter terdekat.

    Berikut terdapat artikel terkait sakit kepala :http://meetdoctor.com/mobile/article/10-penyebab-sakit-kepala

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu anda.

Anda punya pertanyaan seputar Migrain ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan