Profile
Kesehatan Seksual

Perubahan pada vagina

Perubahan pada vagina
Aceh

Dok, calon istri saya mengakui kalo dia pernah berhubungan intim tapi hanya sekali saja, dan itu pun sudah 7 tahun yang lalu dok. Yang mau saya tanyakan dok, perbedaan apa yg terjadi pada vagina yg hanya baru 1x dan yg memang sudah sering berhubungan intim dok? Dan pada saat malam pertama saya nanti, apakah yg saya rasakan sakan sama seperti merasakan vagina yg masih perawan karna hubungan intim yg dilakukan calon istri saya sudah 7 tahun yg lalu? Atau bagaimana dok?

Answers

3 answers

  • dr. Nurul Safitri dr. Nurul Safitri Dokter Umum

    Dear Jordi,
    Perbedaan selaput dara vagina pada perempuan yang baru sekali kemasukkan benda tumpul (contohnya penis, jari, atau trauma benda tumpul lainnya) dan yang sudah sering melakukan hubungan seksual bisa dilihat dari tepian selaput dara.
    Jika selaput dara yang baru pertama kali kemasukkan benda tumpul, kelihatan terdapat robekan pada arah tertentu, tepiannya tidak rata, nyeri, dan kemerahan. Berbeda dengan selaput dara yang sudah sering melakukan hubungan seksual, tepiannya akan terlihat rata, halus dan tidak nyeri. Namun hal ini hanya bisa dinilai saat pemeriksaan langsung segera setelah aktivitas seksual dilakukan. Apabila hubungan seksual hanya dilakukan 1x pada 7 tahun yang lalu, dapat menjadi 2 kemungkinan yaitu bisa kembali seperti semula atau tetap robek tetapi telah melalui proses penyembuhan.
    Saya mengerti kekhawatiran Anda yang akan menikah dengan seorang wanita yang telah melakukan hubungan seksual, namun yang dikatakan "terasa seperti perawan" tidak memiliki batasan yang secara jelas. Bagaimana dengan wanita keperawanan yang hilang karena trauma benda tumpul atau aktivitas berat namun belum pernah melakukan hubungan seksual? Tidak perlu khawatir tentang hal ini, rasanya kurang lebih akan sama karena jedanya sudah lama sekali.
    Semoga dapat menjawab kekhawatiran Anda. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi MeetDoctor.

  • Oke, terimakasih dokter Nurul, jawabannya sangat memuaskan

    sebenarnya Yg saya khawatirkan itu dok, kalo dia itu sudah melakukan aktivitas seksual berulang kali, dan hanya menjadikan alasan cuma melakukan 1x hub seksual.

  • dr. Nurul Safitri dr. Nurul Safitri Dokter Umum

    Dear Jordi,
    Saya mengerti kekhawatiran Anda. Daripada mencemaskan apakah calon istri Anda apakah sekali atau sudah berkali-kali melakukan hubungan seksual, justru yang lebih penting diperhatikan dari segi medis adalah apakah terdapat riwayat atau tanda-tanda infeksi menular seksual?
    Ingatlah bahwa pernikahan merupakan babak baru dalam kehidupan Anda dan calon istri, sehingga saling terbuka dan menerima antara kedua belah pihak harus terus ditingkatkan agar kehidupan rumah tangga dapat dijalankan secara harmonis dan penuh berkah.
    Semoga bermanfaat ya..

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Kebiasaan makan kita memengaruhi berat badan. Beberapa kebiasaan makan kita ini sebaiknya dihindari karena berpotensi menaikkan bobot tubuh. 5 Kesalahan Pola Makan yang Masih Sering Kita Lakukan Kebiasaan makan kita memengaruhi berat badan. Beberapa kebiasaan makan kita ini sebaiknya dihindari karena berpotensi menaikkan bobot tubuh. 5 Kesalahan Pola Makan yang Masih Sering Kita Lakukan