Profile
Vertigo

Ini adalah kenapa penyebab vertigo bisa kambuh dan obatnya

Ini adalah kenapa penyebab vertigo bisa kambuh dan obatnya
Bandung

kalo vertigo penyebab sama solusinya gmna yah dok.,? soalnya ibu saya terkadang penyakitnya timbul / muncul tiba2.,., terimakasih sebelumnya.. :)

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Hai, Nadia.

    Yang pertama harus diketahui, apakah Ibu Anda memang betul-betul mengalami vertigo atau tidak. Apakah sebelumnya sudah pernah memeriksakan diri ke dokter? Lalu, bagaimana rasa sakit kepala tersebut dirasakan? Apakah dirasakan seperti sensasi berputar? Apakah disertai mual atau pun muntah?

    Bila memang betul vertigo, Anda dapat membawa Ibu memeriksakan diri ke dokter THT. Dapat dilakukan suatu metode untuk penanganan vertigo tersebut.

    Semoga bermanfaat.

  • dok, beberapa tahun lalu saya telah ct scan,bagian kepala saya dan hasilnya saya dinyatakan terkena vertigo,sebenarnya saya sudah tau sakit saya itu apa,tp yg jadi masalahnya skarang penyebabnya apa dan apa pantangan(diet)buat orang vertigo saya gak tau. sekarang sakit kepala saya sangat sering kambuh,bahkan rasanya bukan hanya sekedar vertigo lagi,karna saya merasakan sakitnya seperti sebuah cedera(pukulan)perlu dokter ketahui kepala saya pernah kena pukulan yg menyebabkan memar(benjol) apakah itu jg bisa membuat vertigo lebih parah?

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Siang.

    Vertigo dapat dialami setiap orang, terkadang tidak dapat diketahui dengan jelas penyebabnya. Penyebab vertigo yang umum dijumpai adalah vertigo posisional benigna, yang terjadi akibat perubahan posisi. Gejala-gejala lain dari vertigo adalah:

    - gangguan keseimbangan
    - telinga berdenging (tinitus)
    - mual dan muntah

    Penyebab lain dari vertigo adalah penyakit meniere yang menyerang telinga bagian dalam, peradangan saraf vestibular, dan migrain. Vertigo dapat menjadi salah satu tanda adanya gangguan di otak, misalnya stroke ataupun tumor otak dengan kasus yang lebih jarang.

    Pengobatan vertigo akan disesuaikan dengan penyebab yang menimbulkannya. Obat seperti betahistin maupun obat antimual/antimuntah dapat diberikan sesuai kebutuhan. Langkah yang dapat dilakukan:

    - menghindari gerakan kepala secara mendadak, misalnya mendongak
    - hindari gerakan membungkuk untuk mengambil barang
    - perpindahan posisi dari berbaring ke berdiri dilakukan secara perlahan
    - segera duduk ketika pusing agar tidak terjatuh

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/vertigo-penyebab-gejala-dan-perawatannya

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Vertigo adalah jenis sakit kepala yang membuat penderitanya merasa sedang berputar-putar dan kehilangan keseimbangan saat sedang berdiri atau berjalan. Vertigo dapat dipicu oleh hal yang sangat sederhana, misalnya, perubahan posisi kepala yang tiba-tiba, misalnya dari posisi tidur, langsung duduk.
    Vertigo sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

    - Vertigo sentral : akibat gangguan persarafan pada otak kecil (cerebellum)

    - Vertigo perifer : akibat gangguan pada sistem keseimbangan di organ telinga / tulang keseimbanagan (canalis semisirkualris)

    Untuk kasus membedakan kedua jenis vertigo diatas dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan saraf untuk membedakan jenis vertigonya. Kedua golongan vertigo di atas pun, masih dapat dibagi-bagi lagi berdasarkan penyebab vertigonya.
    Serangan vertigo bisa bervariasi, mulai dari pusing yang ringan dan muncul secara berkala hingga yang parah dan berlangsung lama. Serangan yang parah bisa terus berlangsung selama beberapa hari sehingga penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan normal.

    Gejala lain yang berhubungan dengan vertigo adalah kehilangan keseimbangan. Tanda-tanda ini akan memicu pengidap vertigo mengalami kesulitan berdiri atau berjalan, mual, muntah, berkeringat, kadang disertai nistagmus (gerakan mata yang tidak normal) dan pusing.

    Vertigo biasanya disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam. Gangguan ini akan memicu masalah mekanisme keseimbangan tubuh. Sementara penyebab umum lainnya meliputi:
    Vertigo Posisi Paroksismal Jinak atau istilah umumnya Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BBPV) – vertigo yang dipicu oleh perubahan posisi kepala tertentu.
    Migrain – sakit kepala tidak tertahankan.
    Penyakit Meniere – gangguan yang menyerang telinga bagian dalam.
    Vestibular neuronitis, yaitu inflamasi saraf vestibular pada telinga bagian dalam.
    Gangguan pada otak, misalnya tumor.
    Obat-obatan tertentu yang menyebabkan kerusakan telinga.
    Trauma atau luka di kepala dan leher.

    Vertigo sendiri termasuk gejala dan bukan penyakit. Karena itu, cara mengatasi vertigo tergantung pada penyakit yang menyebabkannya.

    Sebaiknya anda menghindari gerakan atau situasi yang memicu vertigo anda, bila setelah menghindari hal tersebut keluhan tetap sering dirasakan, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    berikut artikel tentang vertigo
    http://meetdoctor.com/article/vertigo-kenali-penyebabnya
    http://meetdoctor.com/article/vertigo-dan-cara-mengatasinya

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Vertigo ?
Ask Doctor
Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA Gatal pada payudara dan puting bisa disebabkan oleh masalah kuit, menstruasi, menyusui dan lainnya 9 Sebab Gatal pada Payudara dan Puting