Profile
Kesehatan Seksual

penggunaan salep

penggunaan salep
Jakarta

dokter.. Saya hamil sembilan bulan. Saya mau tanya knapa vagina saya seperti kena infeksi jamur, gatal dan perih. Ketika saya kedokter umum. Saya tidak diberi obat apa apa. Kecuali obat penahan gatal. Kata dokter tidak disarankan menggunakan salep miconazole disekitar vagina. Atau menggunakan obat yang dimasukkan langsung ke vagina. Kata dokter umum nya gatal jamur bisa hilang ketika melahirkan. Apa itu benar dok. Kira kira obat apa yang harus saya pakai. Karena saya merasa tidak nyaman sekali dengan rasa gatal dan perih... Terima kasih

Answers

1 answers

  • Selamat malam,

    Infeksi jamur mungkin bisa disebabkan oleh kadar hormon estrogen yang meningkat pada saat hamil. Tingginya hormon tersebut bisa membuat vaginamu memproduksi lebih banyak glikogen. Zat ini bisa membuat jamur lebih mudah berkembang di vagina. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan seperti antibiotik, steroid, pil hormon atau pil kontrasepsi, pada penderita diabetes, atau karena hubungan seksual juga bisa menjadi penyebabnya.

    Jika kamu mengalami infeksi jamur, gejala-gejala yang dapat muncul antara lain:

    Keluar cairan berwarna putih atau creamy. Cairan ini tidak berbau.
    Vagina dan labia bisa terasa gatal, nyeri, iritasi, muncul kemerahan, dan muncul sensasi terbakar (terasa perih). Terkadang, pembengkakan pun bisa terjadi.
    Merasa sakit saat buang air kecil dan berhubungan seksual.
    Meski tidak membahayakan kehamilan dan perkembangan bayi yang ada dalam kandungan, menderita infeksi jamur saat melahirkan bisa berdampak negatif bagi Si Kecil. Bayimu mungkin terlahir dengan kondisi sariawan di mulutnya. Maka dari itu, kamu harus mengobatinya jika mengalami infeksi jamur saat hamil.
    Di saat hamil, kamu tidak boleh sembarang mengobati infeksi jamur dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran, namun piliihlah obat yang diproduksi khusus untuk mengatasi kondisi ini. Konsultasikan ke dokter agar bisa mendapatkan obat-obatan yang aman untuk ibu hamil seperti miconazole, butoconazole, terconazole, atau clotrimazole.

    Jika anda ragu, anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan untuk dapat diverikan penanganan yang tepat untuk anda.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?