Profile
Hamil

Pegal

Pegal
Maros, Sulawesi Selatan

Selamat siang dok, pegal pd panggul bagian belakang apakah salah satu tanda kehamilan muda? Terima kasih.

Answers

4 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat siang,

    Pegal / nyeri pinggul bagian belakang dapat terjadi akibat proses kehamilan,namun bukan merupakan tanda pasti kehamilan. Hal ini disebabkan pengaruh hormon relaxin yang dilepaskan oleh tubuh yang berguna untuk melemaskan otot dan sendi guna membantu proses persalinan nanti.

    Demikian, semoga membantu. Terima kasih.

  • Terima kasih dok

  • Selamat siang,

    Untuk mengetahui kehamilan, istri Anda dapat melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack. Test pack memiliki tingkat akurasi 99% dalam mendeteksi kehamilan.

    Gejala pegal pada panggul adalah tanda tidak pasti kehamilan. Gejala ini juga didapatkan pada penyakit lainnya misalnya nyeri otot atau low back pain. Diperlukan pemeriksaan kehamilan untuk mendeteksi kadar hormon HCG dalam urin atau darah. Selain itu Anda dapat melakukan pemeriksaan USG untuk kepastian kehamilan.

    Untuk tambahan informasi, dapat anda buka link berikut ini :
    http://meetdoctor.com/mobile/article/tanda-kehamilan
    http://meetdoctor.com/mobile/article/8-ciri-ciri-orang-hamil

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Beberapa gejala atau tanda kehamilan yang umum dijumpai adalah:

    1. Payudara yang membesar dan (kadang) nyeri. Anda merasakannya seperti saat mendekati menstruasi. Payudara Anda menjadi lebih besar, kadang nyeri jika disentuh. Beberapa wanita bahkan bisa merasakan perbedaannya beberapa hari setelah terjadinya pembuahan.

    2. Mudah lelah. Anda tiba-tiba jadi malas melakukan kegiatan biasanya, ingin tidur seharian, seperti kehabisan tenaga. Jangan coba melawannya, tenang saja, dan biarkan berjalan apa adanya sampai anda membuktikannya nanti.

    3. Mual dan Muntah. Gejala ini identik dengan kehamilan. Perubahan hormon (peningkatan hCG) akan menyebabkan wanita hamil merasa mual dan muntah di pagi hari -dan bahkan di siang dan malam hari. Jika Anda benar-benar positif hamil, tenang saja karena biasanya gejala ini hanya berlangsung di trimester 1.

    4. Penciuman lebih sensitif. Kadang ketika Anda merasa bahwa penciuman menjadi lebih tajam dari biasanya, bisa jadi Anda sedang “mencium” gejala kehamilan. Hal ini mungkin disebabkan karena perubahan hormonal dalam tubuh anda.

    5. Sering Kencing. Perubahan hormon bertanggung jawab penuh atas peningkatan aliran darah, dan juga frekuensi kencing Anda.

    6. Perut kembung. Jika belakangan anda sering merasa perut anda kembung (bloated), bisa jadi perubahan hormon akibat kehamilan adalah penyebabnya.

    7. Tidak haid. Walaupun tidak selalu berarti suatu kehamilan, tapi tidak munculnya haid bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda hamil. Sangat disarankan bagi wanita untuk rajin mencatat tanggal siklus haid mereka.

    8.Kenaikan suhu tubuh. Jika Anda teliti, suhu basal anda (suhu ketika anda baru bangun tidur di pagi hari) akan meningkat hingga 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi, dan ini bisa berlangsung terus jika anda memang hamil.

    9. Spotting. Jika Anda sedang mengharapkan kehamilan, dan kalender sudah menunjukkan anda terlambat haid, jangan keburu panik ketika mendapati bercak darah (spotting). Itu bisa saja akibat penempelan embrio pada dinding rahim, dan itu hal yang normal. Yang perlu Anda lakukan adalah beristirahat, dan mungkin berkonsultasi dengan dokter Anda.

    10. Kram ringan. Kram ringan juga dapat dijumpai pada beberapa wanita hamil dan diduga berkaitan dengan proses implantaasi yang sedang terjadi.

    hal diatas hanyalah gejala saja untuk memastikannya sebaiknya anda melakukan test kehamilan karena keakuratan tes kehamilan terutama dengan test pack bisa mencapai 99% jika dilakukan kira2 7-12 hari setelah berhubungan intim pada masa subur. Dan hasil ini dipengaruhi oleh kadar HCG dalam urin.

    Untuk lebih memastikan, anda bisa melakukan pengecekkan kadar hcg dalam darah pada dokter kandungan atau laboratorium, namun tanda pasti kehamilan hanya dapat dipastikan jika sudah terlihat kantung kehamilan dan janin.

    Kehamilan terjadi apabila sel telur (ovum) yang telah matang dibuahi oleh sel sperma dan hal tersebut hanya mungkin terjadi melalui penetrasi seksual. Mungkin saja yang anda alami merupakan suatu tanda premenstrual syndrome/PMS. Pada dasarnya, baik pada menstruasi ataupun kehamilan sama-sama terjadi peningkatan hormon terutama estrogen dan progesteron. Jadi tidak heran jika kedua kondisi tersebut memiliki tanda yang hampir serupa.

    Tanda pasti yang membedakan kedua kondisi tersebut adalah hasil yang positif (+) pada test pack saat terjadi kehamilan serta terdapat gambaran janin pada pemeriksaan USG.

    Untuk informasi lebih lengkap, dapat Anda simak pada link berikut : http://meetdoctor.com/mobile/article/mengenali-gejala-hamil#/page/1

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA