Profile
Asupan Makanan dan Diet

Obesitas

Obesitas

Selamat pagi dokter Saya memiliki masalah dengan berat badan saya. Saya berumur 22 tahun. Saya pernah mencoba diet dengan meminum ramuan herbal dan mengatur pola makan saya. Dan juga saya berolah raga, tapi berat badan saya tak kunjung turun dok. Malah berat badan saya semakin naik. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih

Answers

1 answers

  • Selamat pagi :)
    Terima kasih atas pertanyaannya

    Berat badan ideal selain baik untuk kesehatan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Berat badan ideal dapat dihitung dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT). Cara penghitungannya yaitu dengan Berat badan (dalam kg) dibagi dengan kuadrat Tinggi badan (dalam meter persegi).

    Contohnya anda memiliki berat badan (BB) 60 kg dengan tinggi badan 150 cm. Maka penghitungan IMT yaitu sebagai berikut:
    60 / (1,5 x 1,5) = 26,67

    Interpretasi dari IMT yakni:
    18,5 : BB di bawah normal
    18,5 - 22,9 : BB normal
    23 - 24,9 : BB berlebih (overweight)
    25 - 29,9 : Obesitas derajat 1
    > 30 : Obesitas derajat 2

    Apabila anda termasuk kategori berat badan berlebih atau obesitas, maka penurunan berat badan perlu dilakukan. Adapun cara-cara untuk menurunkan berat badan yaitu sebagai berikut:
    1. Olah raga rutin 30 menit - 1 jam selama minimal 3 kali seminggu. Olah raga yang dapat dilakukan yaitu berlari, berenang, bersepeda, dan sebagainya.
    2. Makan teratur 3 kali sehari dengan selingan sehat di antara makan pagi dan makan siang serta makan siang dan makan malam. Selingan sehat berupa buah dan sayur.
    3. Kurangi konsumsi makanan berlemak misalnya gorengan atau santan, soda, dan alkohol
    4. Banyak minum air putih minimal 2 liter sehari
    5. Cukup tidur

    Apabila setelah menjalankan kegiatan di atas berat badan anda sulit menurun, maka anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.
    Semoga bermanfaat :)

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Demam dan ruam bukan cuma ciri campak, lho. Bisa jadi ini gejala roseola. Demam Tinggi? Awas Roseola! Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam