Profile
Diabetes

Nurunin kadar gula darah

Nurunin kadar gula darah

Dok, gimana ya caranya buat nurunin kadar gula darah? Tetapi tetap aman buat tubuh kita... Terima kasih

Answers

2 answers

  • dr. Fadma Yuliani dr. Fadma Yuliani Dokter Umum

    Selamat pagi dear.
    Cara mengontrol gula darah agar tetap sehat.
    1.Makan sehat
    Apa yang Anda makan akan memengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, menjaga asupan makan sangat penting. Dianjurkan untuk mengonsumsi banyak sayuran, buah, sumber serat yang cukup, ikan, dan mengurangi makanan mengandung gula tinggi, daging olahan, makanan olahan, serta makanan olahan yang asin. Jangan lupa untuk turut mengonsumsi biji-bijian utuh dan susu atau daging tanpa lemak serta hindari minuman dengan pemanis tambahan. Pelajari pula bagaimana menghitung ukuran dan porsi karbohidrat.
    2.Olahraga
    Olahraga merupakan bagian penting dalam mengontrol gula darah dan merupakan cara hidup sehat yang mudah. Ketika berolahraga, otot-otot menggunakan gula (glukosa) untuk mendapatkan energi. Tubuh pun menggunakan insulin dengan lebih efisien. Hasilnya, tingkat gula darah akan turun.
    3.Rutin check up
    Lakukan pemeriksaan tubuh setidaknya setiap enam bulan sekali, seperti pemeriksaan penyakit jantung, pengukuran kadar kolesterol dan tekanan darah, pemeriksaan mata, kaki, gigi, dan lain-lain. Mengapa? Ini karena penyakit diabetes dapat menimbulkan berbagai penyakit sampingan lain pada organ-organ ini.
    4.Kurangi stres
    Stres dapat membuat kadar gula darah naik karena hormon yang dihasilkan dalam tubuh saat stres dapat mencegah insulin bekerja dengan baik. Bersantailah dan lakukan sesuatu yang Anda senangi, seperti membaca buku, jalan-jalan,mendengarkan musik, dan lain-lain untuk membantu mengurangi stres. Tak ada salahnya juga jika Anda ingin belajar teknik relaksasi atau sekedar menambah jam tidur.
    5.Berhenti merokok
    Merokok meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung, mata, stroke, ginjal,pembuluh darah, kerusakan saraf, dan kaki. Disarankan untuk berbincang dengan dokter Anda untuk mendapat saran mengenai cara berhenti merokok.
    6.Batasi asupan alkohol
    Tergantung pada seberapa banyak yang Anda minum, alkohol dapat membuat gula darah menjadi naik atau turun. Jika tetap ingin minum alkohol, disarankan untuk tidak minum lebih dari satu gelas, selalu dibarengi dengan mengonsumsi makanan, dan periksa kadar gula darah sebelum tidur.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan MeetDoctor.

  • Selamat siang,

    Diabetes tidak dapat disembuhkan total tetapi dapat dikontrol sampai normal. Artinya, penderita bisa mempertahankan kadar gula darah tetap dalam kadar normal sehingga tidak menyebabkan komplikasi (penyakit lanjutan yang lebih berat dari penyakit awal). Dengan demikian diharapkan penderita tetap hidup normal tanpa muncul gejala diabetes yang mengganggu.

    Diabetes melitus (DM) atau sering disebut kencing manis merupakan suatu keadaan tubuh mengalami gangguan dalam menyeimbangkan kadar gula. Pada kondisi tersebut, kadar gula di dalam tubuh penyandang diabetes berada dalam kadar yang sangat tinggi. Di dalam medis, kondisi tingginya kadar gula di dalam darah disebut hiperglikemia.

    Gejala diabetes yang paling utama berikut ini:
    - Selalu haus (polidipsi),
    - Banyak makan (poliphagi),
    - Sering kencing (poliuri),
    - Badan selalu lemas dan berat badan menurun secara drastis, meskipun penderita makan dan minum banyak.

    Sebagai tambahan informasi, silahkan buka link berikut :
    http://meetdoctor.com/article/mengontrol-gula-darah
    http://meetdoctor.com/article/pengganti-gula-untuk-diabetes

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan