Profile
Hamil

mual pada masa subur

mual pada masa subur
Lampung

dok saya wanita 24 thn sudah menikah 6 bulan yg lalu...dok kenapa pada saat masa subur sya mersakan mual2 sama seperti org yg akan hamil. bulan yg lalu saya telat haid 14 hari,pada saat saya telat haid,saya mersakan mual2 dan tersa spt hamil..mual2 mulai pada saat masa subur dan akan berhenti setelah saya mendapatkn haid dok.. ada apa dengan organ reproduksi saya ya dok?kenapa jika mau haid saya juga mual2..pertanda ada penyakit apa y dok?

Answers

4 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat siang,

    Mual tersebut dapat diakibatkan oleh peningkatan kadar hormon progesteron yang terjadi beberapa hari setelah ovulasi ( pada masa subur). Hal ini adalah wajar / normal.

    Hal yang lain yang dapat terjadi adalah sugesti pikiran, terutama bila anda sedang menginginkan terjadinya kehamilan.

    Demikian, semoga membantu. Terima kasih.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Mengenai mual pd masa subur, bgmn ibu tahu pada saat itu masa subur, apakah ibu melakukan pemeriksaan misal ovutest? Krn jarang sekali keluhan mual saat subur. Yg sering adlh keluhan nyeri perut bawah saat ovulasi krn lepasnya oosit disertai regangangan selaput perut/peritoneum yg bikin nyeri. Utk mual menjelang mens memang normal pd bbrp orang yg disebut PMS (PreMenstruual Syndrome)

  • Dok, terakhir saya berhubungan sama suami saya tanggal 27-28. Dan sekarang saya mengalami muntah apakah saya hamil?

  • dr. Fadma Yuliani dr. Fadma Yuliani Dokter Umum

    Selamat pagi dear.
    Tanda awal kehamilan yang paling mudah dilihat dan cukup spesifik adalah adanya keterlambatan atau tidak menstruasi, walaupun tidak selalu bila tidak menstruasi disebabkan oleh kehamilan, ketidakseimbangan hormonal juga dapat menyebabkan hal ini. Namun terkadang saat awal hamil dapat tetap terjadi perdarahan menyerupai menstruasi, sehingga sering membingungkan, ini disebabkan oleh perdarahan saat masuknya sel telur yang telah dibuahi ke dalam dinding rahim, namun perdarahan tersebut umumnya hanya berupa bercak, sedikit dan berlangsung hanya 1-2 hari. Selain terlambat haid, gejala lain yang dapat timbul saat awal kehamilan antara lain:
    *Mual, muntah
    *Pusing
    *Lemas
    *Payudara lebih membesar, disertai puting berwarna lebih gelap dan melebar
    *Sering buang air kecil.
    Namun gejala-gejala diatas tidak selalu muncul pada tiap wanita hamil. Bila Anda telah menikah dan berhubungan intim secara rutin, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan tes pack untuk mengetahui apakah adanya kehamilan atau tidak, bila hasilnya meragukan Anda dapat mengulangnya 3 -7 hari kemudian. Terkadang siklus menstruasi dapat tidak teratur, berupa siklus yang memanjang, memendek, lebih sering atau lebih jarang, ini dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tubuh yaitu estrogen dan progesteron.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan MeetDoctor

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong