Profile
Bayi

MPasi bayi 6 bulan

MPasi bayi 6 bulan
Malang, Malang City, East Java, Indonesia

dokter,,,bayi saya sudah memasuki umur 6 bulan, sudah saatnya memulai mpasi. Apakah boleh saya memberikan puree kacang hijau?.terima kasih

Answers

4 answers

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat siang,
    Boleh ibu,
    Pada usia 6 bulan, Kenalkan makanan pendamping ASI secara bertahap. Mulai dari yang bertekstur lembut dan encer serta hanya terdiri dari satu jenis makanan atau buah seperti pure buah-buahan, kacang hijau yang mudah dicerna dan tidak merangsang. Kemudian meningkat dengan campuran dua macam atau lebih jenis makanan yang dihaluskan seperti bubur saring dan seterusnya.

    Kreasikan campuran dan jenis makanan berbeda sehingga bayi tidak mudah bosan dan tentunya memperkaya perbendaharaan cita rasa bayi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

  • dokter mohon di infokan makanan apa saja yang boleh di berikan untuk baby usia 6 bulan?

  • oh ya dokter nambah lagi,,apakah pengolahannya nanti kulitnya yang warna hijau di buang ato tetap di biarkan.makasih ya dokter

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat siang,
    Kulitnya di kupas untuk memudahkan dicerna.


    Pada usia ini, Anda dapat memberikan buah dan sayur yang dihaluskan. Misalnya, alpukat, ubi atau wortel yang sudah dimasak terlebih dahulu.

    Pilihan lain yaitu bubur dari kacang-kacangan seperti edamame, kacang merah serta bubur dari tahu. Saat ini bayi juga bisa diberikan yoghurt tanpa pemanis dalam porsi kecil.

    Sebagai asupan protein, bayi mulai bisa diberikan ikan tanpa tulang, ayam atau jenis daging yang lain. Potong halus sebelum dikonsumsi bayi.

    Porsi untuk bayi 6-8 bulan yaitu 1 sendok teh bubur buah yang kemudian dapat ditingkatkan ¼ hingga ½ cangkir yang diberikan bertahap dalam 2-3 kali makan. Porsi yang sama berlaku untuk bubur dari sayur. Sementara, sereal lunak atau bubur nasi dapat diberikan sekitar 3-9 sendok makan dalam 2-3 kali makan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Bayi ?
Ask Doctor
Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam Penyakit Diare banyak terjadi di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Cuaca di Indonesia kembali tidak menentu alias musim pancaroba. Waspada Diare Berkepanjangan