Profile
Migrain

migrain Berulang

migrain Berulang

Dok, saya wanita umur 23 tahun. Saya sering kali mengalami migrain yang cukup mengganggu. Terkadang sebulan 1 atau 2 kali saya merasakan migrain yang parah sampai terasa mual dan pandangan seperti ada bayang-bayangan cahaya. Pemicunya juga tidak jelas. Apakah hal ini dapat mengacu pada penyakit yang serius dok? Selama ini saya minum obat migrain yang tersedia di apotik saja. Terima Kasih

Answers

1 answers

  • Selamat siang diestalia

    Migrain atau sakit kepala sebelah yang disertai dengan aura visual misalnya kilatan cahaya seperti yang anda alami. Penyakit migrain lazim terjadi karena adanya ketidakseimbangan substansi neurotransmiter di dalam tubuh.

    Untuk mengatasi migrain, anda dapat melakukan hal berikut ini:
    1. Usahakan berada di lingkungan yang tenang dan nyaman
    Ketika gejala migrain mulai muncul, usahakan bisa menyingkir dulu ke tempat yang tidak bising.

    - Matikan lampu. Migrain bisa meningkatkan sensitivitas penderitanya terhadap cahaya dan suara.
    - Aplikasikan terapi temperatur. Kompres kepala dan leher belakang dengan air panas atau es batu.

    2. Tidur cukup dan berkualitas
    Tetapkan waktu tidur yang sama setiap harinya, minimal tujuh di waktu malam dan lebih dari 30 menit untuk tidur siang. Ruangan yang nyaman dan bersih serta bebas distraksi akan membantu Anda tidur lebih cepat. Hindari makan terlalu berat, kafein, nikotin dan alkohol sebelum tidur.

    3. Makanlah dengan bijak
    Konsistenlah terhadap waktu makan setiap hari. Perut yang lapar bisa memicu migrain kambuh. Catat apa saja yang Anda makan untuk menemukan jenis makanan apa yang bisa membuat migrain Anda kambuh. Hindari makanan tersebut.

    4. Rutin berolahraga
    Saat berolahraga, tubuh akan melepas senyawa tertentu yang menghalangi rasa sakit ke otak. Senyawa ini juga membantu mengurangi kecemasan dan depresi, yang dapat membuat migrain lebih buruk. Obesitas juga meningkatkan risiko sakit kepala kronis. Pertahankan berat badan yang sehat melalui olahraga dan diet sehat. Ini dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengelola migrain. Jika dokter Anda setuju, pilihlah jenis latihan yang Anda sukai. Berjalan, berenang dan bersepeda sering pilihan yang baik. Mulai dengan perlahan-lahan, jangan melebihi batas kemampuan Anda. Berolahraga terlalu keras dapat memicu migrain.

    5. Riboflavin (vitamin B2)
    Riboflavin yang juga dikenal sebagai vitamin B2 dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif dan terlibat dalam produksi energi. Dalam sebuah uji coba untuk mengukur efektivitas riboflavin dalam mencegah migrain, 59 persen pasien yang mengonsumsi 400 mg riboflavin setiap hari selama tiga bulan mengalami pengurangan terjadinya migrain sebesar 50 persen.

    6. Periksakan diri ke dokter khususnya ke dokter saraf apabila gejala tidak membaik, mungkin diperlukan pengobatan khusus.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Migrain ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja