Profile
Menstruasi

menstruasi terlalu lama?

menstruasi terlalu lama?
Makassar

Dok, saya baru berumur 13 tahun, kenapa yah saya lama banget berhenti haidnya? saya sudah haid selama 15 hari, apa penyebabnya? bagaimana selusinya?

Answers

5 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Bagaimana siklus haid selama ini? Iya, bila hanya melihat 1 siklus ini terlalu lama. Terdapat gangguan haid. Solusinya memeriksakan ke dokter kandungan.

  • tidak teratur, kadang 3 bulan tidak haid

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Tdk apa2, diawal2. Mendapat haid memang sering gangguan spt itu. Bisa diminumin obat Mefinal 500 mg 3x1 dan Transamin 500 mg tab 3x1 utk mengurangi darahnya


  • makasih dok

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    gangguan siklus haid haid yang datang tidak teratur atau haid yang sedikit sekali, dalam dunia medis disebut oligomenore. Siklus haid normal yaitu 28 hari dengan periode 5-7 hari. Tetapi pada umumnya tidak semua wanita mengalami menstruasi yang sama karena siklus menstruasi dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi, stress, gaya hidup, dll.

    Oligomenore ini merupakan salah satu dari ganggguan haid. Gangguan haid merupakan perdarahan haid yang tidak normal dalam hal panjang siklus haid, lama haid, dan jumlah darah haid. Gangguan pada haid bermacam-macam yaitu :

    • Amenorrhoea dan Oligomenorrhea : tidak ada atau sedikit darah yang dikeluarkan selama menstruasi terjadi
    • Menorrhagia perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari)
    • Metrorrhagia ; perdarahan rahim di luar waktu haid.

    Penyebab dari gangguan biasanya disebabkan oleh beberapa tahun menjelang menopause, gangguan indung telur, stress dan depresi, penurunan berat badan berlebihan, sakit kronis, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit serta penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, aspirin dll. Gangguan haid seperti ini biasanya bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya.

    Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat mengatasi bagaimana agar tidak terjadi gangguan haid:
    1. Konsumsi makanan yang sehat
    2. Menjaga berat badan Anda
    3. Berolahraga
    4. Menghindari dan mengendalikan stress dengan baik

    Namun jika berlangsug terus-menerus sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter Kandungan.

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Ciri-Ciri Kulit Sehat Dan Tidak Sehat Kenali Ciri-Ciri Kulit Sehat (Dan Tidak Sehat) Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?