Profile
Anemia

Mengapa saya tidak kuat berdiri terlalu lama?

Mengapa saya tidak kuat berdiri terlalu lama?
Lamongan

Sore Dok saya perempuan berusia 15 tahun,bila saya berdiri terlalu lama saya akan merasakan pusing,pandangan berkunang2 dan rasa pgen muntah hal itu terjadi kembali ketika saya jalan terlalu lama padahal saya sudah sarapan sebelumnya dok,saya juga pernah pingsan di mall ketika saya sudah keliling dalam waktu yang lumayan lama dan saat saya pingsan saya sedang mengatri panjang untuk membeli sebuah minuman.. nah pertanyaan saya apakah itu ciri2 anemia atau itu termasuk gejala penyakit pa?lalu bagaiman cara mengatasinya? terimakasih dok..

Answers

3 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Apa yang Anda alami ada beberapa kemungkinan. Dapat saja karena kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, dan sebagainya. Dibutuhkan pemeriksaan terhadap diri Anda untuk mengetahui apa yang dialami.

    Untuk mengetahui dan mengatasi, tentu perlu diketahui dulu apa yang Anda alami. Karenanya, saya sarankan untuk memeriksakan ke dokter terlebih dahulu.

  • Ok2 dok makasih Insyaallah secepatnya saya akan periksa kedokter untk yg lbih jlasnya mkasih sarannya..

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin, yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Meski anemia adalah penyakit yang tergolong ringan. Namun, jika Anda menyepelekan anemia, penyakit ini bisa berkembang lebih parah.

    Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah yang diperlukan tubuh.

    Gejala gejala Anemia

    Gejala-gejala yang disebabkan oleh kekurangan pasokan oksigen dalam darah ini bervariasi. Anemia bisa menyebabkan kelelahan, kelemahan, kurang tenaga dan kepala terasa melayang.
    Sesak nafas.
    Kulit pucat.
    Tangan dan kaki dingin.
    Jika anemia bertambah parah, bisa menyebabkan stroke
    serangan jantung.

    Penyebab Anemia

    Kekurangan zat besi
    Kekurangan vitamin B12
    Kekurangan asam folat
    Adanya gangguan mekanik pada sel darah merah
    Efek samping dari gangguan pembuluh darah seperti, penyakit hemoglobin

    berikut beberapa makanan yang mecegah timbulnya anemia

    Kedelai
    Kacang-kacangan adalah sumber zat besi yang baik, terutama kacang kedelai. Kacang kedelai juga rendah lemak tapi tinggi protein sehingga bisa mencegah anemia.

    Roti gandum
    Roti gandum adalah sumber zat besi yang baik.

    Telur
    Satu butir telur mengandung 1 mg zat besi serta antioksidan dan protein yang tinggi. Alhasil, telur dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh yang hilang akibat anemia.

    Bayam
    Sayuran hijau seperti bayam adalah sumber zat besi yang baik. Selain itu, bayam juga mengandung serat, vitamin A, B9, C, dan E, kalsium dan beta karoten yang penting untuk tubuh. Anda bisa mengonsumsi bayam dalam bentuk salad atau sup.
    Sayuran hijau lainnya yang bisa digunakan sebagai obat anemia yang alami adalah selada, seledri, dan brokoli.

    Tomat
    Makanan yang kaya akan vitamin C seperti tomat juga dapat membantu mengobati dan mencegah anemia. Pasalnya, vitamin C dapat membantu tubuh menyerap zat besi.

    Daging
    Daging mengandung zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Anemia ?
Ask Doctor
Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA