Profile
Eye & Vision Health

mata sering bergerak/kedutan

mata sering bergerak/kedutan
Yogyakarta, Indonesia

Selamat sore dok.. Saya perempuan telah menikah.. Umur 24th.. Dok.. Mata kiri bagian bawah saya sering bergerak2 atau kedutan dok.. Agak mengganggu tp kedutanny sering hilang kemudian muncul lagi.. Hilang lagi.. Muncul lagi.. Kedutan tidak muncul intens misalny setiap 10 menit sekali kedutan.. Tidak seperti itu.. Cuman kdng tiap kedutan berlangsung selama 5-10an detik. Sehari bisalah merasakan kedutan 6-9kali.. Tapi gak setiap hari jg merasakan kedutan.. Saya hobi nonton dok.. Nonton tv.. Nonton di laptop.. Yaa bisa sampe berjam2 sekali nonton.. Kira2 mata saya kenapa yh dok??apakah krn capek??apakah krn kurang latihan otot mata??atau apakah ada indikasi lain?? Mohon penjelasan dan solusiny dok.. Trimakasih

Answers

2 answers

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Siang.

    Kedutan biasanya akibat kontraksi otot kelopak mata yang tegang. Bila hanya terjadi sementara untuk beberapa hari, maka hal ini umumnya tidak berbahaya dan dapat berhenti / hilang dengan sendirinya. Apalagi jika dilihat dari kegiatan anda bisa jadi kedutan yang terjadi dikarenakan adanya mata lelah dan sebaiknya untuk menghilangkannya dengan mencoba memberikan waktu istirahat atau rileks pada kedua mata anda dari segala aktivitas yang anda.

    Namun bila hal ini menetap dan terjadi selama terus / menerus (lebih dari 2-3 minggu), maka hal ini disebut sebagai kondisi blefarospasme. Hal ini mungkin saja diakibatkan oleh adanya gangguan pada susunan saraf pusat. Bila ini yang terjadi, maka periksakanlah ke dokter spesialis saraf.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu anda.

  • Selamat Pagi

    Kedutan (fasciculation), merupakan kontraksi otot yang terjadi tanpa dapat kita atur. Kontraksi otot yang kecil dapat menyebabkan getaran-getaran namun pada kontraksi yang cukup besar dapat menyebabkan pergerakan.

    Kedutan dapat disebabkan oleh beberapa hal:
    -Kelemahan otot,
    -Kelelahan otot,
    -Ketegangan otot,
    -Terlalu banyak mengkonsumsi zat tertentu (cafein, alkohol),
    -Dehidrasi berat.

    Pada umumnya pada daerah sekitar mata kedutan terjadi dikarenakan mata lelah bekerja. Hal ini dapat disebabkan terlalu lama konsentrasi melihat sesuatu (menonton tv, bermain game HP) atau bisa juga dikarenakan mata sudah membutuhkan kacamata.

    Selain itu dapat juga merupakan pertanda dari penyakit kelainan saraf seperti:
    -Bell's palsy,
    -Distonia,
    -Amyotophic Lateral Sclerosis (ALS),
    -Progressive Muscular Atrophy (PMA),
    -Progressive Bulbar Palsy,
    -Hernia Nucleus Pulposus,
    dan kelainan persarafan lainnya.


    Kedutan merupakan salah satu pertanda kondisi elektrik saraf dan otot yang tidak normal. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata, atau saraf, guna dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui penyebab kedutan.

    Salah satu pemeriksaan penunjang yang kerap digunakan adalah Elektro Myografi (EMG) untuk menilai aktifitas otot yang mengalami kedutan.

    Beberapa tips yang layak untuk dicoba:
    -Istirahat yang cukup,
    -Hindari menatap layar terlalu lama,
    -Makan makanan yang sehat,
    -Hindari rokok,
    -Kompres mata dengan kapas hangat.

    terima kasih dan semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Eye & Vision Health ?
Ask Doctor
Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak